Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Beberapa Manfaat Penggunaan Pipa Baja Dalam Konstruksi Bangunan

01 Aug 2021 by Billy Gani
Pipa baja saat ini sudah senantiasa digunakan dalam setiap material di bidang bisnis industrial. Hal ini dipandang menjadi paduan besi yang dapat digunakan untuk setiap pengaplikasian dalam bangunan. Tidak jarang juga bahwa, pipa baja menjadi pilihan utama jika dibandingkan dengan material lainnya. Karena itulah, manfaat dari penggunaan pipa baja dalam konstruksi saat ini penting untuk diperhatikan. 
 
Untuk itu, berikut beberapa manfaat yang dapat kami infokan tentang penggunaan dari pipa baja yang dapat Anda pertimbangkan :

Ketahanan / Durability
 
Ada dua kegunaan utama dari pipa baja dalam konstruksi - struktural dan transportasi. Untuk tujuan struktural, pipa baja dimasukkan jauh di bawah tanah sebelum pondasi diletakkan untuk memberikan stabilitas. Jika Anda melihat gangguan di daerah Anda, kemungkinan besar itu karena pekerja konstruksi sedang memasang pipa baja.
 
Sedangkan untuk transportasi, pipa baja biasa digunakan untuk minyak, gas, limbah, dan air. Di proyek lain, penggunaan pipa baja juga mendukung aliran dari bahan kimia berbahaya. Dalam beberapa kasus, pipa baja digunakan sebagai bollard untuk melindungi perusahaan dan orang-orang dari kecelakaan tabrakan kendaraan.
 
Seluruh pengaplikasian ini menuntut ketahanan dari material. Di sinilah kekuatan pipa baja merupakan manfaat yang didapatkan.
 
Tidak seperti bahan lain, daya tahannya memungkinkannya untuk dapat menahan tekanan tinggi, getaran, dan goncangan. Yakinlah bahwa Anda tidak perlu terus-menerus mengganti pipa baja selama bertahun-tahun setelah pemasangan.
 
Ketahanannya Terhadap Korosi
 
Korosi dapat dibilang salah satu masalah paling umum dalam konstruksi. Bagaimanapun, hal tersebut mengarah pada kompromi integritas dari struktural proyek. Tidak seperti pipa lainnya, pipa baja sangat ideal untuk digunakan karena ketahanannya terhadap korosi.
 
Misalnya, pipa plastik yang mengalami keausan mungkin tidak lagi kondusif untuk digunakan. Fitting pipa tembaga cenderung tidak tahan korosi, membuatnya lebih mungkin menimbulkan bahaya bagi seluruh struktur dari bangunan.
 
Galvanisasi merupakan proses yang melibatkan penerapan lapisan pelapis seng pada pipa baja. Hal inilah yang membuat produk lebih rentan terhadap karat.
 
Dengan lapisan tahan korosi, jauh lebih aman untuk terus menggunakan pipa baja. Pipa baja akan mampu mempertahankan kualitas kinerja yang unggul, menjadikannya sempurna untuk pengaplikasian pada tekanan tinggi.
 
Mudah Untuk Ditempa
 
Para kontraktor senantiasa mencari bahan yang mudah dibuat karena memberi mereka kebebasan dalam hal perencanaan konstruksi. Hal ini juga dapat mengurangi limbah fisik selama perubahan menit terakhir.
 
Sebagai bahan, baja senantiasa fleksibel untuk digunakan. Baja  merupakan logam yang digunakan untuk mencapai berbagai kebutuhan konstruksi karena sangat mudah dibentuk. Benda ini mengacu pada kemampuan material untuk dibentuk menjadi berbagai bentuk tanpa putus.
 
Pipa baja memiliki kekuatan tarik yang tinggi, sehingga cocok untuk menopang semua jenis struktur. Yakinlah bahwa hal tersebut tidak akan mengalami kerusakan saat Anda menggunakannya untuk proyek Anda.
 
Mulai dari ruang komersial, laboratorium, hingga sektor industri – pipa baja menawarkan berbagai manfaat karena kelenturannya.
 
Dapat Didaur Ulang / Recyclable
 
Dengan meningkatnya masalah lingkungan yang mengkhawatirkan, para kontraktor senantiasa diminta untuk mengurangi limbah dan menggunakan bahan yang dapat didaur ulang. Di sinilah daur ulang pipa baja berperan dan menguntungkan untuk digunakan.
 
Baja adalah bahan yang paling banyak didaur ulang di planet ini. Faktanya, material ini lebih dapat didaur ulang daripada semua bahan lain yang digabungkan. Material ini mempertahankan tingkat daur ulang hingga 86%. Menurut sebuah penelitian, 69% baja dapat didaur ulang setelah digunakan di negara Amerika Utara saja.
 
Ketika pipa tidak lagi dibutuhkan, mereka dapat dengan mudah dilebur dan digunakan dari satu produk ke produk lainnya. Materialnya yang memungkinkan untuk didaur ulang secara terus menerus tidak membuat penurunan pada kualitas kinerja dari konstruksi Anda.
 
Tidak Memerlukan Biaya Yang Mahal
 
Menggunakan pipa baja dapat membantu Anda mengurangi biaya proyek konstruksi yang berbeda. Mengingat kekuatan bawaannya, sejumlah logam berukuran kecil sangat membantu dalam menopang fondasi. 
 
Semakin sedikit material yang perlu Anda pasang dalam suatu proyek, semakin sedikit tenaga kerja yang dibutuhkan. Tentu saja, lebih sedikit jam kerja akan menyebabkan lebih sedikit uang yang dihabiskan untuk membayar gaji pekerja Anda.
 
Selain itu, pipa baja secara signifikan lebih murah daripada bahan lainnya. Harganya tetap rendah karena produsen menggunakan baja daur ulang untuk membuat produk baru. Di sisi lain, bahan yang terbuat dari beton tidak dapat didaur ulang.
 
Jangan lupa bahwa pipa baja tidak perlu diganti terus-menerus, menjadikannya pilihan yang hemat biaya untuk setiap proyek konstruksi.
 
 
Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kami informasikan tentang penggunaan pipa baja untuk kebutuhan konstruksi bangunan Anda. Sekiranya, jika Anda memerlukan produsen atau supplier pipa baja yang berkualitas dan juga terpercaya, Bakrie Pipe dapat menjadi pilihan Anda. 
 
PT Bakrie Pipe Industries merupakan pabrik & produsen pipa baja pertama, terbesar, dan terkemuka yang memproduksi berbagai varian pipa baja di Indonesia. Bakrie Pipe senantiasa berkomitmen untuk menjadi steel pipe factory, industry & supplier yang memberikan produk pipa baja berkualitas untuk kebutuhan Anda.
 
 
 
 
Article Reference : SupremePipe

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon