Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Varian Tumor Otak - Glioma

30 Jul 2021 by Billy Gani
Glioma merupakan jenis tumor yang terjadi pada bagian otak dan sumsum tulang belakang. Glioma dimulai dari sel-sel pendukung yang lengket (sel glial) yang mengelilingi sel-sel saraf dan membantu mereka berfungsi.
 
Tiga jenis sel glia dapat menghasilkan tumor. Glioma dapat diklasifikasikan menurut jenis sel glial yang terlibat dalam tumor, serta fitur genetik tumor, yang dapat membantu memprediksi bagaimana tumor akan berperilaku dari waktu ke waktu dengan perawatan yang paling mungkin berhasil.
Beberapa jenis glioma, meliputi:
 
  • Astrocytoma, termasuk astrocytoma, astrocytoma anaplastik dan glioblastoma

  • Ependymoma, termasuk anaplastic ependymoma, myxopapillary ependymoma dan subependymoma

  • Oligodendroglioma, termasuk oligodendroglioma, oligodendroglioma anaplastik dan oligoastrocytoma anaplastik.
Glioma dapat mempengaruhi fungsi otak dan mengancam jiwa tergantung pada lokasi dan tingkat pertumbuhannya. Glioma adalah salah satu jenis tumor otak primer yang paling umum. Jenis glioma yang pasien miliki membantu menentukan perawatan dan prognosis yang mereka perlukan. Secara umum, pilihan pengobatan glioma terdiri dari operasi, terapi radiasi, kemoterapi, terapi bertarget dan uji klinis eksperimental.
 
Gejala Yang Muncul Dari Adanya Glioma
 
Gejala terjadinya glioma bervariasi menurut jenis serta ukuran, lokasi dan tingkat pertumbuhan dari tumor. Tanda dan gejala umum glioma meliputi:
 
  • Sakit kepala

  • Mual atau muntah

  • Kebingungan atau penurunan fungsi otak

  • Hilang ingatan

  • Perubahan kepribadian atau terlalu sensitif

  • Kesulitan dengan keseimbangan

  • Inkontinensia urin

  • Masalah penglihatan, seperti penglihatan kabur, penglihatan ganda atau kehilangan penglihatan tepi peripheral

  • Kesulitan bicara

  • Kejang, terutama pada seseorang tanpa riwayat kejang.

Diagnosa
 
Jika dokter perawatan utama Anda mencurigai bahwa adanya tumor otak, Anda mungkin akan dirujuk ke dokter spesialis yang terlatih dalam menangani gangguan otak dan sistem saraf (ahli saraf). Dokter Anda mungkin merekomendasikan sejumlah tes dan prosedur, termasuk:
 
Konsultasi Neurologi
 
  • Pemeriksaan Neurologis

    Selama pemeriksaan neurologis berlangsung, dokter Anda mungkin memeriksa penglihatan, pendengaran, keseimbangan, koordinasi, kekuatan, dan refleks Anda. Masalah di satu atau lebih area ini dapat memberikan petunjuk tentang bagian otak Anda yang dapat dipengaruhi oleh tumor otak.

  • Imaging Tests

    Magnetic Resonance Imaging (MRI) sering digunakan untuk membantu mendiagnosis tumor otak. Dalam beberapa kasus, pewarna (bahan kontras) dapat disuntikkan melalui pembuluh darah di lengan Anda selama studi MRI untuk membantu menunjukkan perbedaan dalam jaringan otak.

    Sejumlah komponen pemindaian MRI khusus - termasuk MRI fungsional, MRI perfusion, dan spektroskopi resonansi magnetik - dapat membantu dokter Anda dalam mengevaluasi tumor dan merencanakan perawatan yang tepat.

    Imaging tests lain yang mungkin termasuk dapat digunakan adalah Computerized Tomography (CT) Scan dan Positron Emission Tomography (PET).

Pemindaian MRI Otak 
 
  • Pengujian Untuk Menemukan Kanker Lain Di Bagian Tubuh Anda

    Untuk menyingkirkan jenis tumor otak lain yang mungkin telah menyebar dari bagian lain dari tubuh, dokter Anda mungkin merekomendasikan tes dan prosedur untuk menentukan dari mana kanker tersebut berasal. Glioma berasal dari dalam otak dan bukan merupakan hasil dari kanker yang telah menyebar (metastasis) dari tempat lain.

  • Mengumpulkan & Menguji Sampel Jaringan Abnormal (Biopsi)

    Tergantung pada lokasi glioma, biopsi dapat dilakukan dengan jarum sebelum perawatan atau sebagai bagian dari operasi untuk mengangkat tumor otak.

    Biopsi jarum stereotactic dapat dilakukan untuk glioma pada area yang sulit dijangkau atau area yang sangat sensitif di dalam otak yang mungkin rusak oleh operasi yang lebih luas. Selama biopsi jarum stereotactic, ahli bedah saraf akan membuat lubang kecil di tengkorak Anda. Jarum tipis kemudian dimasukkan melalui lubang. Jaringan dikeluarkan melalui jarum, yang sering dipandu oleh pemindaian CT atau MRI.

    Sampel biopsi kemudian dianalisis di bawah mikroskop untuk menentukan apakah hal tersebut berupa kanker atau jinak. Biopsi merupakan satu-satunya cara untuk mendiagnosis tumor otak secara definitif dan memberikan prognosis untuk memandu keputusan pengobatan.

    Berdasarkan informasi ini, dokter yang mengkhususkan diri dalam diagnosa kanker dan kelainan jaringan lainnya (patolog) dapat menentukan tingkat atau stadium tumor otak.
Perawatan Untuk Glioma
 
Perawatan untuk glioma tergantung pada jenis, ukuran, tingkat dan lokasi tumor, serta usia, kesehatan, dan preferensi Anda secara keseluruhan.
 
Selain tindakan untuk mengangkat tumor itu sendiri, pengobatan untuk glioma mungkin juga memerlukan penggunaan obat-obatan untuk mengurangi tanda dan gejala tumor Anda.
 
Dokter Anda mungkin meresepkan steroid untuk mengurangi pembengkakan dan mengurangi tekanan pada area otak yang terkena glioma. Obat anti-epilepsi juga dapat digunakan untuk mengontrol kejang.
 
  • Pembedahan

    Pembedahan dilakukan untuk mengangkat tumor sebanyak mungkin dan biasanya menjadi langkah pertama dalam mengobati sebagian besar jenis glioma. Dalam beberapa kasus, glioma berukuran kecil dan mudah dipisahkan dari jaringan otak sehat di sekitarnya, memungkinkan pengangkatan secara bedah. Dalam kasus lain, tumor tidak dapat dipisahkan dari jaringan di sekitarnya, atau terletak di dekat area sensitif di otak Anda dan membuat operasi berisiko lebih tinggi. Dalam situasi ini, dokter Anda akan mengangkat tumor sebanyak mungkin namun tetap dalam kondisi aman untuk Anda.

    Bahkan mengangkat sebagian tumor dapat membantu mengurangi tanda dan gejala yang Anda rasakan. Dalam beberapa kasus, ahli saraf dapat menganalisis sampel jaringan yang diambil oleh ahli bedah dan melaporkan hasilnya saat operasi sedang berlangsung. Informasi ini dapat membantu dokter ahli bedah memutuskan berapa banyak jaringan yang akan diangkat.

    Berbagai teknologi dan teknik bedah dapat digunakan untuk membantu dokter bedah saraf dalam melindungi sebanyak mungkin jaringan otak yang sehat saat mengangkat tumor, termasuk operasi otak dengan bantuan komputer, MRI intraoperatif, operasi otak secara sadar dan laser. Misalnya, selama operasi otak terjaga, Anda mungkin diminta untuk melakukan tugas dengan tujuan memastikan area otak yang mengontrol fungsi tersebut tidak rusak.

    Pembedahan untuk mengangkat glioma membawa risiko, seperti infeksi dan pendarahan. Risiko lain mungkin tergantung pada bagian otak Anda di mana tumor Anda berada. Misalnya, operasi pada tumor di dekat saraf yang terhubung ke mata Anda dapat membawa risiko kehilangan penglihatan.

  • Terapi Radiasi

    Terapi radiasi biasanya mengikuti pembedahan dalam pengobatan glioma, terutama glioma tingkat tinggi. Radiasi menggunakan sinar berenergi tinggi, seperti sinar-X atau proton, untuk membunuh sel tumor. Terapi radiasi untuk glioma berasal dari mesin di luar tubuh Anda (radiasi sinar eksternal).

    Ada beberapa jenis radiasi sinar eksternal yang saat ini digunakan dan sedang dipelajari untuk pengobatan glioma. Jenis glioma yang Anda miliki, tingkatnya, dan faktor prognostik lainnya dipertimbangkan dalam menentukan waktu dan jenis terapi radiasi yang mungkin Anda terima. Seorang dokter yang mengkhususkan diri dalam terapi radiasi untuk kanker (radiation oncologist) akan bekerja sama dengan dokter Anda yang lain untuk merencanakan dan mengkoordinasikan perawatan radiasi yang paling tepat untuk Anda.

  • Kemoterapi

    Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel tumor. Obat kemoterapi dapat diminum dalam bentuk pil (secara oral) atau disuntikkan ke pembuluh darah (intravena).

    Kemoterapi biasanya digunakan dalam kombinasi dengan terapi radiasi untuk mengobati glioma. Obat kemoterapi yang paling sering digunakan untuk mengobati glioma adalah temozolomide (Temodar), yang diminum dalam bentuk pil.

    Efek samping kemoterapi tergantung pada jenis dan dosis obat yang Anda terima. Efek samping yang umum termasuk mual dan muntah, sakit kepala, rambut rontok, demam, dan kelemahan. Beberapa efek samping dapat dikelola dengan obat-obatan.

  • Terapi Obat Dengan Target

    Perawatan obat yang ditargetkan berfokus pada kelainan spesifik yang ada di dalam sel kanker. Dengan memblokir kelainan ini, perawatan obat yang ditargetkan dapat menyebabkan sel kanker mati.

    Salah satu terapi obat bertarget yang digunakan untuk mengobati jenis kanker otak yang disebut glioblastoma adalah bevacizumab (Avastin). Obat ini, diberikan melalui vena (intravena), menghentikan pembentukan pembuluh darah baru, memotong suplai darah ke tumor dan membunuh sel tumor.
 
  • Inovasi Perawatan

    Penelitian kanker otak merupakan bidang studi yang sangat aktif. Para peneliti senantiasa menyelidiki cara-cara baru untuk memberikan obat-obatan pada tumor otak, termasuk pompa yang melepaskan kemoterapi aliran lambat yang berkelanjutan atau terapi obat yang ditargetkan ke tumor. Jenis perawatan ini disebut convection-enhanced delivery (CED).

    Jenis terapi lain menggunakan teknologi yang disebut bidang pengobatan tumor (Optune) untuk mengirimkan medan listrik ke otak, yang dapat membantu menghentikan proliferasi sel kanker. Optune adalah perangkat portabel yang dapat dipakai dan digunakan dalam kombinasi dengan temozolomide untuk mengobati glioblastoma yang baru didiagnosis pada orang dewasa.

    Terapi wafer biodegradable yang ditanamkan (Gliadel) bergantung pada cakram yang ditanamkan untuk melepaskan kemoterapi ke jaringan tumor yang tersisa setelah operasi. Dan dalam terapi nanopartikel, partikel dengan luas permukaan yang luar biasa tinggi membawa kemoterapi melintasi sawar darah-otak langsung ke tumor.
 
Rehabilitasi Setelah Perawatan
 
Karena tumor otak dapat berkembang di bagian otak yang mengontrol keterampilan motorik, bicara, penglihatan, dan pemikiran, rehabilitasi mungkin dapat menjadi bagian penting dari pemulihan. Dokter Anda mungkin merujuk Anda ke layanan yang dapat membantu, seperti:
 
  • Terapi fisik dapat membantu Anda mendapatkan kembali keterampilan motorik atau kekuatan otot yang hilang

  • Terapi okupasi, dapat membantu Anda kembali ke aktivitas normal sehari-hari, termasuk bekerja, setelah tumor otak atau penyakit lainnya
  • Terapi wicara dengan spesialis kesulitan berbicara (patolog wicara), yang dapat membantu jika Anda mengalami kesulitan berbicara

  • Bimbingan untuk anak usia sekolah, yang dapat membantu anak-anak mengatasi perubahan memori dan pemikiran setelah tumor otak.



Berikut adalah beberapa informasi lebih mendalam yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam mengenal tentang Varian Tumor Otak - Glioma. Jika Anda sedang mencari dokter ahli bedah saraf yang Anda percaya dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam menangani pasien bedah saraf, dokterjoy.id dapat menjadi solusi Anda.

Mardjono Tjahjadi, Sp.BS, PhD atau lebih dikenal sebagai ‘dokter Joy’ merupakan Dokter Spesialis Bedah Saraf yang memiliki jam terbang tinggi dalam melakukan operasi otak, terutama kasus tumor otak, perdarahan dan penyumbatan otak pada stroke, aneurisma otak, varises (AVM) otak, dan trigeminal neuralgia serta berbagai kasus sulit lainnya. dokterjoy.id merupakan tempat yang tepat dimana Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi & penanganan profesional dari dokter bedah saraf otak yang berpengalaman dan terpercaya di Jakarta, Indonesia.




Reference : MayoClinic

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon