Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Varian Tumor Otak - Meningioma

30 Jul 2021 by Billy Gani
Meninges, jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, merupakan tempat tumor tertentu dimana meningioma dapat ditemukan. Tumor ini cenderung tumbuh perlahan ke bagian dalam. Kebanyakan dari meningioma ditemukan di bagian permukaan luar otak.
 
Meningioma merupakan tumor yang ditemukan di bagian sebelah otak. Penyakit ini berasal dari meninges, yang merupakan lapisan jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, yang paling sering ditemukan dari sel arachnoid. Tumor ini cenderung tumbuh perlahan dan masuk ke dalam. Seringkali, meningioma akan tumbuh cukup besar sebelum dapat didiagnosis. 
 
Meskipun biasanya bersifat jinak (bukan kanker), tumor ini masih bisa tumbuh cukup besar sehingga dapat mengancam jiwa. Tumor yang bersifat kanker disebut ganas. Beberapa pasien mungkin memiliki lebih dari satu meningioma. Dan juga, meningioma menyumbang sekitar sepertiga dari semua tumor otak primer. Ada tiga jenis meningioma berdasarkan tingkatannya:
 
  • Tingkat I, (meningioma jinak), yang tumbuh perlahan

  • Tingkat II (meningioma atipikal), yang tumbuh lebih cepat

  • Tingkat III (meningioma anaplastik/ganas), yang tumbuh dan menyebar dengan cepat.

Jenis tumor ini juga disebut dengan nama yang menunjukkan di mana mereka ditemukan dan dengan jenis sel yang muncul di bawah mikroskop.
 
Di Mana Letak Meningioma Sering Ditemukan?
 
Sebagian besar tumor ini ditemukan di bagian permukaan luar dari otak. Seringkali, tumor ini dapat ditemukan di bagian atas otak dan terkadang, dapat berkembang di bagian dasar dari tengkorak.
 
Apa Penyebab Terjadinya Meningioma?
 
Penelitian telah menunjukkan bahwa sekitar 40% -80% dari semua meningioma memiliki kelainan pada kromosom 22, yang terlibat dalam penekanan dari pertumbuhan tumor. Hal ini dapat terjadi secara spontan atau menjadi bagian dari riwayat keluarga neurofibromatosis tipe 2 atau kanker payudara. Radiasi sebelumnya terhadap bagian kepala juga dapat menjadi  faktor risiko lain dari adanya korelasi antara hormon dan meningioma.
 
Apa Saja Tanda Dan Gejala Dari Meningioma?
 
Tanda-tanda yang paling umum adalah sakit kepala dan kelemahan pada tangan atau kaki. Beberapa gejala terkait secara khusus dengan area otak yang mengalami meningioma.
 
Beberapa gejala lainnya dapat termasuk:
 
  • Kebingungan

  • Rasa Kantuk Berlebihan

  • Masalah dalam penglihatan atau pendengaran

  • Perubahan dari kepribadian

  • Mual dan muntah

  • Kedutan dan kejang

  • Mati rasa atau nyeri pada wajah.
 
Bagaimana Cara Mendiagnosa Meningioma?
 
Mendiagnosis meningioma bisa terasa sulit karena tingkat pertumbuhannya yang lambat. Seringkali, gejalanya dikaitkan dengan penuaan. Pemeriksaan neurologis menyeluruh senantiasa diperlukan, dan diagnosis paling sering dibuat dengan dilakukannya tes radiologis. Pengujian lain seperti tes pendengaran dan penglihatan dapat digunakan untuk menentukan bagaimana meningioma mempengaruhi otak dari pasien.
 
Pengujian Apa Saja Yang Dapat Dilakukan Untuk Mendiagnosa Meningioma?
 
Computed Tomography (CT scan) dan Magnetic Resonance Imaging (MRI) sering digunakan dalam beberapa diagnosis. Diagnosis lengkap mungkin memerlukan biopsi, namun terkadang diagnosis dapat dibuat dengan CT atau MRI saja.
 
Pada kasus tertentu, angiogram serebral dapat digunakan untuk menentukan sumber darah ke tumor, atau bagaimana tumor mempengaruhi aliran darah di otak.

Bagaimana Meningioma Dikelola & Diobati?
 
Radiosurgery dan pembedahan adalah perawatan awal yang paling umum untuk meningioma. Ketika pembedahan digunakan terlebih dahulu, radiasi (baik radiosurgery atau perawatan harian) dicadangkan untuk tumor berulang atau beberapa tumor yang tidak dapat diangkat sepenuhnya dengan pembedahan Tumor anaplastik/ganas yang akan diobati dengan terapi radiasi. Dalam beberapa kasus, manajemen terbaik hanyalah dengan pengamatan secara lebih dekat.
 
Kemoterapi jarang digunakan, dan biasanya hanya digunakan untuk jenis meningioma ganas / atipikal atau meningioma grade 1, ketika gagal menjalani operasi dan atau proses radiasi sebelumnya. Kortikosteroid atau obat antiepilepsi dapat digunakan sebelum dan sesudah operasi.
 
Siapa Saja Yang Berisiko Mengalami Meningioma?
 
Meningioma dapat menyerang siapa saja. Perempuan menyumbang hampir dua pertiga dari hampir seluruh kasus meningioma. Namun, meningioma ganas lebih sering ditemukan pada pria. Dan juga, meningioma paling sering ditemukan pada orang dewasa berusia antara 30 dan 70 tahun. 
 
Tumor dengan jenis ini lebih sering ditemukan di Afrika jika dibandingkan dengan Eropa atau Amerika Utara. Di Amerika Serikat, ada sekitar dua kasus meningioma simtomatik per 100.000 orang per tahun.
 
Apa Prognosis Untuk Seseorang Dengan Meningioma?
 
Hasil yang lebih baik dapat dikaitkan dengan operasi pengangkatan seluruh tumor atau radiosurgery. Semakin muda pasien pada saat diagnosis, semakin baik prognosis jangka panjangnya. Central Brain Tumor Registry of the United States melaporkan 57,4% dan sepuluh tahun tingkat kelangsungan hidup relatif untuk pasien dengan meningioma ganas. 
 
Untuk orang dengan meningioma non-ganas, tingkat kelangsungan hidup relatif berkisar antara 10 tahun adalah 81,4%. Tingkat mungkin berbeda tergantung pada lokasi meningioma. (Dalam hal kanker, tingkat kelangsungan hidup 10 tahun adalah persentase orang yang masih hidup 10 tahun setelah didiagnosis.)
 
Perawatan Untuk Meningioma
 
Perawatan yang Anda terima untuk meningioma tergantung pada banyak faktor, termasuk:
 
  • Ukuran dan lokasi meningioma

  • Tingkat pertumbuhan atau agresivitas tumor

  • Usia dan kesehatan secara keseluruhan

  • Tujuan Anda untuk perawatan.

Pendekatan Dengan Menunggu & Melihat (Wait & See Approach)
 
Perawatan yang segera tidak diperlukan untuk setiap pasien dengan meningioma. Meningioma yang kecil yang tumbuh secara lambat yang tidak menyebabkan tanda atau gejala mungkin tidak memerlukan pengobatan. Jika berencana untuk tidak menjalani perawatan bagi meningioma Anda, Anda mungkin akan menjalani pemindaian otak secara berkala untuk mengevaluasi meningioma Anda dan mencari tanda-tanda pertumbuhan dari meningioma tersebut.
 
Jika dokter Anda menentukan meningioma Anda berkembang dan perlu diobati, Anda memiliki beberapa pilihan pengobatan, seperti :

  • Operasi

    Jika meningioma Anda menyebabkan tanda dan gejala atau menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan, dokter Anda dapat merekomendasikan tindakan operasi. Ahli bedah dapat bekerja sepenuhnya untuk mengangkat meningioma Anda. Tetapi, karena meningioma dapat terjadi di dekat banyak struktur halus pada otak atau sumsum tulang belakang, tidak selalu mungkin untuk mengangkat keseluruhan tumor. Dalam kasus tersebut, dokter ahli bedah dapat mengangkat sebanyak mungkin meningioma.

    Beberapa jenis perawatan, jika ada, yang Anda perlukan setelah operasi tergantung pada beberapa faktor:

    - Jika tidak ada tumor yang terlihat, maka tidak diperlukan perawatan lebih lanjut. Namun, Anda akan menjalani pemindaian lanjutan secara berkala.

    - Jika tumornya jinak dan hanya sebagian kecil yang tersisa, maka dokter Anda mungkin merekomendasikan pemindaian lanjutan secara berkala saja. Dalam beberapa kasus, sisa tumor kecil dapat diobati dengan bentuk pengobatan radiasi yang disebut radiosurgery stereotactic.

    - Jika tumornya atipikal atau ganas, Anda mungkin memerlukan radiasi.

    Tindakan operasi atau pembedahan dapat menimbulkan risiko termasuk infeksi dan perdarahan. Risiko spesifik dari operasi Anda akan tergantung pada lokasi meningioma. Misalnya, operasi untuk mengangkat meningioma yang terjadi di sekitar saraf optik dapat berisiko menyebabkan hilangnya penglihatan. Tanyakan kepada dokter ahli bedah Anda tentang risiko spesifik dari operasi Anda.

  • Terapi Radiasi

    Jika meningioma Anda tidak dapat diangkat sepenuhnya melalui pembedahan, dokter Anda dapat merekomendasikan terapi radiasi setelah atau sebagai ganti pembedahan.

    Tujuan terapi radiasi adalah untuk menghancurkan sel-sel meningioma yang tersisa dan mengurangi kemungkinan meningioma Anda untuk muncul kembali. Terapi radiasi menggunakan mesin besar dilakukan untuk mengarahkan sinar energi bertenaga tinggi ke arah sel tumor.

    Kemajuan dalam terapi radiasi meningkatkan dosis radiasi ke meningioma sekaligus mengurangi radiasi pada jaringan sehat. Pilihan terapi radiasi untuk meningioma meliputi:

    Stereotactic Radiosurgery (SRS) - merupakan jenis perawatan radiasi yang mengarahkan beberapa sinar radiasi kuat pada titik yang tepat. Berlawanan dengan namanya, radiosurgery tidak melibatkan pisau bedah atau sayatan. Radiosurgery biasanya dilakukan dalam pengaturan rawat jalan dalam beberapa jam.

    Radiosurgery dapat menjadi pilihan bagi orang-orang dengan meningioma yang tidak dapat diangkat dengan operasi konvensional atau untuk meningioma yang masih kembali meskipun telah diobati.

    Radioterapi Stereotactic Fraksinasi (SRT) - memberikan radiasi dalam fraksi kecil dari waktu ke waktu, seperti satu perawatan sehari selama 30 hari. Pendekatan ini dapat digunakan untuk tumor yang terlalu besar untuk radiosurgery atau yang berada di area yang tidak dapat mentolerir intensitas radiosurgery yang tinggi — seperti di dekat saraf optik.

    Terapi Radiasi Dengan Intensitas Yang Termodulasi (IMRT) - Tindakan ini menggunakan perangkat lunak komputer untuk memodifikasi intensitas radiasi yang diarahkan ke area meningioma. Hal ini dapat digunakan untuk meningioma yang terletak di dekat struktur otak yang sensitif atau yang memiliki bentuk kompleks.

    Radiasi Sinar Proton
    - Menggunakan proton radioaktif yang ditargetkan secara tepat pada tumor, mengurangi kerusakan pada jaringan di sekitarnya.

 
Berikut adalah beberapa informasi lebih mendalam yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam mengenal tentang Varian Tumor Otak - Meningioma. Jika Anda sedang mencari dokter ahli bedah saraf yang Anda percaya dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam menangani pasien bedah saraf, dokterjoy.id dapat menjadi solusi Anda.
 
Mardjono Tjahjadi, Sp.BS, PhD atau lebih dikenal sebagai ‘dokter Joy’ merupakan Dokter Spesialis Bedah Saraf yang memiliki jam terbang tinggi dalam melakukan operasi otak, terutama kasus tumor otak, perdarahan dan penyumbatan otak pada stroke, aneurisma otak, varises (AVM) otak, dan trigeminal neuralgia serta berbagai kasus sulit lainnya. dokterjoy.id merupakan tempat yang tepat dimana Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi & penanganan profesional dari dokter bedah saraf otak yang berpengalaman dan terpercaya di Jakarta, Indonesia.
 
 
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon