Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Varian Tumor Otak - Medulloblastoma

21 Jul 2021 by Billy Gani
Medulloblastoma merupakan tumor otak kanker yang bersifat ganas dan dimulai di bagian punggung bawah otak, yang biasa disebut dengan otak kecil. Otak kecil terlibat dalam koordinasi otot, keseimbangan dan gerakan dari manusia.
 
Medulloblastoma cenderung menyebar melalui cairan serebrospinal (CSF) - cairan yang mengelilingi dan melindungi otak dan sumsum tulang belakang Anda - ke area lain di sekitar otak dan sumsum tulang belakang. Tumor ini jarang menyebar ke area lain dari tubuh manusia. 
 
Medulloblastoma merupakan jenis tumor embrional - tumor yang dimulai pada sel janin (embrionik) di otak. Berdasarkan jenis mutasi gen yang berbeda, setidaknya ada empat subtipe dari medulloblastoma. Meskipun medulloblastoma tidak diturunkan, sindrom seperti sindrom Gorlin atau sindrom Turcot dapat meningkatkan risiko medulloblastoma.
 
Tanda dan gejala medulloblastoma mungkin termasuk sakit kepala, mual, muntah, kelelahan, pusing, penglihatan ganda, koordinasi yang buruk, berjalan goyah, dan masalah lainnya. Gejala-gejala ini mungkin terkait dengan tumor itu sendiri atau karena penumpukan tekanan di dalam otak. 
 
Medulloblastoma dapat terjadi pada semua usia, tetapi paling sering terjadi pada anak kecil. Meskipun medulloblastoma jarang terjadi, hal ini merupakan tumor otak kanker yang paling umum pada anak-anak. Anak-anak perlu dirawat di pusat yang memiliki tim spesialis pediatrik dengan keahlian dan pengalaman dalam tumor otak pediatrik yang memiliki akses ke teknologi dan perawatan terbaru untuk anak-anak.  
 
Diagnosa
 
Proses diagnosis biasanya dimulai dengan tinjauan riwayat medis dan diskusi tentang tanda dan gejala yang dialami oleh pasien. Pengujian dan prosedur yang digunakan untuk mendiagnosis medulloblastoma meliputi: 
 
  • Pemeriksaan Neurologis 

    Dengan melakukan pemeriksaan neurologis, penglihatan, pendengaran, keseimbangan, koordinasi, dan refleks pasien diuji. Hal ini membantu menentukan bagian otak mana yang mungkin terpengaruh oleh tumor. 

  • Tes Pencitraan

    Tes pencitraan dapat membantu menentukan lokasi dan ukuran tumor otak. Tes ini juga sangat penting untuk mengidentifikasi tekanan atau penyumbatan jalur CSF. pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT) atau pencitraan resonansi magnetik (MRI) dapat dilakukan segera. Tes ini sering digunakan untuk mendiagnosis tumor otak. Selain itu, teknik-teknik canggih seperti MRI perfusi dan spektroskopi resonansi magnetik, juga dapat digunakan. 

  • Tes Sampel Jaringan (Biopsi)

    Biopsi biasanya tidak dilakukan, tetapi mungkin disarankan jika tes pencitraan tidak khas untuk medulloblastoma. Sampel jaringan yang mencurigakan dianalisis di laboratorium untuk menentukan jenis sel. 

  • Pengambilan Cairan Serebrospinal untuk Pengujian (Lumbar Puncture)

    Biasa disebut dengan spinal tap, prosedur ini melibatkan dengan memasukkan jarum di antara dua tulang di tulang belakang bagian bawah untuk mengeluarkan cairan serebrospinal dari sekitar sumsum tulang belakang. Kemudian cairan serebrospinal diuji untuk mencari sel tumor atau kelainan lainnya. Tes ini hanya dilakukan setelah menentukan tekanan di otak atau mengangkat tumor.

Pengobatan

Perawatan untuk medulloblastoma biasanya mencakup pembedahan yang diikuti dengan radiasi atau kemoterapi, atau keduanya. Usia dan kesehatan umum, subtipe dan lokasi tumor, tingkat dan luas tumor, dan faktor-faktor lain juga turut berperan dalam keputusan pengobatan. Beberapa pilihan pengobatan meliputi: 
 
  • Pembedahan untuk Meredakan Penumpukan Cairan di Otak

    Medulloblastoma dapat tumbuh untuk menghalangi aliran cairan serebrospinal, yang dapat menyebabkan penumpukan cairan yang memberi tekanan pada otak (hidrosefalus). Pembedahan ini melakukan pembuatan jalur agar cairan mengalir keluar dari otak (drainase ventrikel eksternal atau shunt ventriculoperitoneal) yang mungkin akan direkomendasikan. Terkadang prosedur ini dapat dikombinasikan dengan pembedahan untuk mengangkat tumor. 


  • Pembedahan untuk Mengangkat Medulloblastoma

    Ahli bedah saraf atau seorang ahli bedah otak anak atau dewasa akan mengangkat tumor, berhati-hati agar tidak merusak jaringan di dekatnya. Tetapi terkadang tumor tidak dapat diangkat seluruhnya karena medulloblastoma terbentuk di dekat struktur kritis jauh di dalam otak. Semua pasien dengan medulloblastoma harus menerima perawatan tambahan setelah operasi untuk menargetkan sel-sel yang tersisa. 

  • Terapi Radiasi 

    Ahli onkologi radiasi anak atau dewasa memberikan terapi radiasi ke otak dan sumsum tulang belakang menggunakan sinar berenergi tinggi, seperti sinar-X atau proton, untuk membunuh sel kanker. Terapi radiasi standar dapat digunakan, tetapi terapi sinar proton tersedia di sejumlah pusat perawatan kesehatan utama di Amerika Serikat - memberikan dosis radiasi yang ditargetkan lebih tinggi ke tumor otak, meminimalkan paparan radiasi ke jaringan sehat di dekatnya. 

  • Kemoterapi 

    Kemoterapi menggunakan obat-obatan digunakan untuk membunuh sel tumor. Biasanya, anak-anak dan orang dewasa dengan medulloblastoma menerima terapi ini sebagai suntikan ke dalam vena (kemoterapi intravena). Kemoterapi dapat direkomendasikan setelah pembedahan atau terapi radiasi, atau dalam kasus tertentu, kemoterapi dijalankan bersamaan dengan terapi radiasi.

    Dalam beberapa kasus, kemoterapi dosis tinggi diikuti dengan penyelamatan sel induk (transplantasi sel induk menggunakan sel induk pasien sendiri) dapat digunakan. 

  • Uji Klinis

    Uji klinis dapat mendaftarkan peserta yang memenuhi syarat untuk mempelajari keefektifan pengobatan baru atau untuk mempelajari cara-cara baru menggunakan perawatan yang ada, seperti kombinasi yang berbeda atau waktu terapi radiasi dan kemoterapi. Studi ini memberikan kesempatan untuk mencoba pilihan pengobatan terbaru, meskipun risiko efek samping mungkin tidak diketahui. Bicaralah dengan dokter Anda untuk meminta nasihat.


Berikut adalah beberapa informasi lebih mendalam yang dapat kami berikan untuk membantu Anda dalam mengenal tentang Varian Tumor Otak - Medulloblastoma. Jika Anda sedang mencari dokter ahli bedah saraf yang Anda percaya dan sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam menangani pasien bedah saraf, dokterjoy.id dapat menjadi solusi Anda.
 
Mardjono Tjahjadi, Sp.BS, PhD atau lebih dikenal sebagai ‘dokter Joy’ merupakan Dokter Spesialis Bedah Saraf yang memiliki jam terbang tinggi dalam melakukan operasi otak, terutama kasus tumor otak, perdarahan dan penyumbatan otak pada stroke, aneurisma otak, varises (AVM) otak, dan trigeminal neuralgia serta berbagai kasus sulit lainnya. dokterjoy.id merupakan tempat yang tepat dimana Anda bisa mendapatkan layanan konsultasi & penanganan profesional dari dokter bedah saraf otak yang berpengalaman dan terpercaya di Jakarta, Indonesia.
 
 
 
Reference : MayoClinic

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon