Image

QUICK CONTACT













Image

Beberapa Tips dalam Membangun Strategi Ritel Berbasis Omni-Channel

17 Jun 2021 by Billy Gani
Customer pada saat ini tidak hanya mahir dalam hal teknologi, tetapi juga menjadi konsumen yang memiliki berbagai saluran ketika berbelanja (multi-channel). Meskipun sebagian besar penjualan dan kebutuhan masih terpenuhi oleh toko fisik, namun kini saluran online dan media sosial sudah memiliki dampak yang jauh lebih besar pada perilaku customer
 
Customer yang lebih mahir dalam segi teknologi ini senantiasa mencari pengalaman yang lebih memiliki sentuhan personal, konsisten dan juga menarik di setiap saluran yang ia temukan. Karena itulah, Anda sebagai penjual dalam toko online saat ini harus dapat menjadi lebih baik jika dibandingkan dengan hanya menjadi toko online saja. Anda harus dapat meraih perhatian mereka dengan memberikan pengalaman pengguna yang berkualitas pada waktu dan tempat yang tepat.
 
Dalam artikel berikut ini, kami mencoba untuk membahas beberapa detail tentang mengapa ritel berbasis omni-channel menjadi realita dan bagaimana Anda sebagai penjual dapat memanfaatkan berbagai teknologi dan teknik dalam membangun pengalaman berbelanja yang sukses.
 
Mengapa Anda Perlu Memikirkan Omni-Channel Sebagai Salah Satu Strategi Bisnis
 
Pembeli Lebih Memilih Pengalaman Berbelanja dalam Berbagai Saluran
 
Didorong dari penggunaan perangkat seluler dan permintaan ekonomi, konsumen saat ini senantiasa meminta pengalaman berbelanja yang “selalu ada.” Pengalaman seperti itu tidak hanya harus mudah diakses, tetapi juga harus memberikan pilihan produk yang optimal dan opsi pemenuhan yang fleksibel di semua saluran. Meskipun internet telah membuka banyak peluang untuk berbelanja secara online, sebagian besar penjualan memang terkadang masih terbentuk di toko fisik.
 
Namun, perbedaan kuncinya terlihat pada perilaku konsumen yang senantiasa lebih menyukai informasi yang tersedia pada platform online bahkan ketika mereka sedang berbelanja pada toko fisik. Karena itulah, toko fisik Anda harus dapat beradaptasi dengan memanfaatkan toko online dan mendapatkan saluran untuk meraih konsumen dalam platform online.
 
Dampak dari Media Sosial
 
Media sosial masih senantiasa menjadi  salah satu pengaruh terkuat pada dunia ritel saat ini (baik toko online maupun fisik). Customer saat ini tidak hanya mencari banyak saluran untuk berbelanja, tetapi juga menghargai ulasan produk dan respon balik di platform media sosial. Misalnya, ketika customer mengunjungi toko fisik brand tertentu, mereka tentunya tidak akan membeli produk yang hanya memiliki satu bintang.
 
Platform ulasan media sosial memiliki dampak yang sangat besar pada loyalitas customer dari suatu brand dan ulasan buruk dapat menyebabkan efek negatif jangka panjang pada penjualan Anda. Strategi omni-channel yang terencana dengan baik dapat mengintegrasikan media sosial dan bisnis Anda agar berjalan bersamaan dengan mulus untuk memastikan kesuksesan dari bisnis Anda.
 
Korelasi yang Kuat di Antara Toko Fisik & Online
 
Konsumen saat ini menuntut transisi yang mudah antara toko fisik dan online. Misalnya, customer mungkin membeli produk secara online, tetapi ingin mengembalikan produk pada toko fisik atau sebaliknya. Dengan demikian, Anda mungkin kehilangan segmen customer yang berharga jika tidak mengadopsi pendekatan omni-channel untuk menghadapi hal seperti ini.
 
Cara yang Tepat dalam Membangun Strategi Bisnis Berbasis Omni-Channel
 
Dengan munculnya ritel yang berbasis omni-channel, berbagai brand dan bisnis harus dapat meninjau kembali strategi mereka untuk memenuhi keinginan customer yang berkembang saat ini dan menjangkau mereka dengan pengalaman yang paling menarik, berkualitas, konsisten, dan kontekstual dalam semua saluran.
 
  • Memetakan Kebiasaan Pengguna Saat Melakukan Pembelian

    Perilaku konsumen dan perjalanan mereka dalam ritel atau toko online yang berbasis omni-channel relatif lebih kompleks. Dengan beberapa faktor yang mempengaruhi, pembelian dapat dilakukan kapan saja, baik siang maupun malam, baik secara langsung di toko fisik, maupun dalam toko online. Hal ini mengharuskan bisnis Anda untuk senantiasa mengembangkan strategi omni-channel yang baik dan mempertimbangkan jalur konsumen dan pengaruh yang berbeda pada semua saluran.

    Memahami proses pengambilan keputusan konsumen adalah kunci untuk mengembangkan strategi omni-channel yang tepat. Mengumpulkan banyak insight tentang seputar pertanyaan penting yang mungkin dialami oleh customer akan membantu Anda untuk memetakan perjalanan customer dengan jelas untuk memahami sepenuhnya preferensi dan kebutuhan mereka serta memberikan pengalaman yang paling relevan pada waktu yang tepat.
  • Meningkatkan Keterhubungan dengan Customer
Setelah memahami perilaku customer, Anda dapat membuat peta rute customer yang terperinci untuk menyiapkan pemicu yang relevan di seluruh saluran. Tujuan dari pemicu tersebut adalah untuk memaksimalkan keterlibatan konsumen dan mendorong pembelian. Beberapa contoh pemicu untuk konsumen yang dapat digunakan adalah sebagai berikut:
 
  • Mengadakan event terbatas dan menawarkan diskon. Acara dan penjualan dapat meningkatkan ingatan konsumen dan juga dapat digunakan untuk mengingatkan customer untuk melakukan pembelian. Hal ini juga bertindak sebagai tujuan belanja.

  • Kirim pemberitahuan secara berkala. Anda dapat mengirimkan pemberitahuan yang disesuaikan berdasarkan lokasi konsumen. Pemberitahuan seperti itu terbukti sangat relevan dan menghasilkan konversi yang lebih tinggi.


Anda harus dapat beradaptasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik, begitupun juga dalam memuaskan customer. Oleh karena itulah, mengapa manajemen inventaris omni-channel sangat penting. Ingatlah tentang customer Anda sepanjang waktu, dan Anda dapat mulai memaksimalkan bisnis ritel Anda dengan omni-channel yang terintegrasi secara efisien.
 
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi canggih yang dapat mendukung performa Brand Anda di e-commerce yaitu UPFOS.
 
 
UPFOS adalah solusi omni-channel terintegrasi berupa aplikasi manajemen marketplace, yang mampu memberikan pengalaman manajemen online yang mulus serta efisien dalam satu dasbor. Pengelolaan proses bisnis internal dan eksternal yang mudah, pengurangan jumlah budget yang dikeluarkan, dan bahkan peningkatan keuntungan perusahaan merupakan hal yang mungkin dengan UPFOS. Dapatkan UPFOS untuk bisnis Anda di sini. 
 
 
 
 
 
Reference: Beaconstac

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon