Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Menjaga Dan Memperpanjang Umur Dari Aki Mobil Anda

15 Jun 2021 by Billy Gani
Aki dari mobil. Hal tersebut merupakan bagian kendaraan yang paling umum diketahui dan membutuhkan penggantian sekitar hampir dua tahun sekali atau saat setidaknya dayanya benar-benar habis. Hal kedua merupakan hal yang paling sering terjadi, membuat Anda terkadang dapat terjebak di pinggir jalan, menunggu bantuan untuk datang. Tetapi, Anda bisa menghindari hal tersebut untuk terjadi.
 
Ketika berbicara tentang mobil, tidak ada yang lebih buruk daripada terjebak dengan baterai yang habis seperti ini. Kita semua pernah berada dalam situasi ini di beberapa titik dalam hidup kita, dan masalahnya sering diperparah dari kenyataan bahwa dengan kendaraan modern hanya memberikan sedikit atau tidak memberikan tanda peringatan yang ditunjukkan sebelumnya – dan mungkin 50% kemungkinan itu akan terjadi saat Anda sedang keluar dan sekitar jauh dari rumah.
 
Sama seperti baterai di ponsel atau laptop Anda, aki pada mobil Anda memiliki masa pakai yang terbatas dan pada akhirnya akan kehilangan kemampuannya untuk menahan muatan yang cukup untuk menghidupkan mobil Anda. 
 
Rata-rata Anda dapat mengharapkan aki mobil untuk bertahan sekitar 42 bulan, tetapi kerangka waktu ini akan bervariasi tergantung pada sejumlah variabel – seperti iklim panas atau dingin, lama perjalanan, dan kinerja sirkuit pengisian daya mobil Anda.
 
Tetapi, terlepas dari kondisi apapun yang dialami mobil Anda, berikut beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan untuk membantu mendapatkan kinerja terbaik dari aki mobil dan memperpanjang umur penggunaannya:
 
Hindari Penggunaan Jarak Pendek Yang Terlalu Sering
 

 
Aki mobil Anda bekerja dengan keras untuk menghidupkan mesin, tetapi akan diisi ulang oleh mesin seiring perjalanan Anda. Jadi, jika Anda hanya mengendarai mobil dalam waktu singkat, akan tidak mungkin untuk mengisi daya ulang dari aki sejumlah yang sama dengan yang dikeluarkan ketika menghidupkan mesin. Dan jika hal ini senantiasa terulang setiap harinya, voltase dari aki Anda akan dengan mudah menyusut dan menyebabkan masa hidup yang lebih pendek untuk kendaraan Anda.
 
Rawatlah aki mobil Anda dengan membawa mobil Anda untuk bepergian dengan jarak jauh dan sering - dan jika Anda jarang menggunakan mobil, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan alat charger agar aki kendaraan Anda senantiasa terawat dan bertahan lama.
 
Jaga Agar Aki Anda Senantiasa Kencang Pada Tempatnya
 

 
Getaran dapat senantiasa mengurangi daya tahan dari aki kendaraan Anda. Hal ini penting untuk Anda ingat - gunakan penjepit aki untuk memastikan bahwa aki Anda berada pada tempatnya saat mobil digunakan. Jika aki Anda tidak secara baik terjaga penempatannya, getaran yang berkelanjutan dari mesin kendaraan Anda dapat merusak komponen internal dari aki Anda - menyebabkan sirkuit pendek yang dapat memperpendek umur dari aki.
 
Tetapi, jangan membuat kesalahan dimana Anda terlalu kencang dalam menempatkan aki atau penjepitnya - hal ini dapat merusak aki Anda lebih parah. Cobalah dengan kekuatan yang tepat untuk mengencangkan penempatan penjepit maupun aki. Ketika sudah merasakan kekencangan yang pas, Anda dapat meninggalkannya, jangan dikencangkan lagi.
 
Minimalkan Penggunaan Daya Ketika Mesin Dimatikan
 

 
Aki kendaraan senantiasa berada pada daya yang optimal ketika 100% terisi. Jadi, biasakan untuk mematikan lampu baik bagian luar maupun dalam mobil ketika sedang tidak digunakan. Menyalakan lampu saat mesin tidak dinyalakan, dapat menghabiskan daya dari aki Anda. Sebelum keluar dari kendaraan setelah Anda berkendara, pastikan setiap fungsi dalam mobil sudah dimatikan.
 
Jaga Agar Aki Anda Tetap Bersih
 

 
Pastikan bahwa bagian atas dari aki kendaraan Anda senantiasa bersih, kering, dan tidak kotor. Aki yang kotor dapat bocor dan menutup bagian rangka - menciptakan sirkuit pendek yang mengurangi daya tahan dari aki.
 
Terminal aki juga akan mengalami korosi seiring waktu, dan menjaganya agar tetap bersih dari penumpukan adalah cara yang bagus untuk memperpanjang umur aki kendaraan Anda. Gosok terminal dengan sikat gigi bekas yang dicelupkan ke dalam campuran soda kue dan air. Kemudian, dengan menggunakan botol semprot berisikan air dingin, bilas campuran dan lanjutkan dengan pengeringan secara menyeluruh dengan kain bersih.
 
Cobalah Untuk Mengurangi Paparan Panas Terhadap Mobil Anda
 

 
Kesalahpahaman yang populer saat ini adalah bahwa cuaca dingin senantiasa dapat mengurangi daya tahan dari aki mobil – tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Aki mobil memang harus bekerja lebih keras untuk menghidupkan mesin Anda selama bulan-bulan jika musim sedang dingin, tetapi banyak alasan tentang mengapa begitu banyak aki yang rusak pada mesin ini, disebabkan karena panasnya mobil dalam musim cerah atau panas sebelumnya.
 
Panas yang ekstrim tidak baik untuk aki Anda karena meningkatkan laju penguapan air dari sel – bahkan pada aki yang tertutup rapat. Suhu dingin setelah itu kemudian mengungkapkan kekurangan aki yang lebih lemah, karena suhu yang lebih rendah menguras sisa daya engkol saat mencoba menghidupkan pada mesin dingin dengan oli kental.
 
Jadi apa yang bisa Anda lakukan? Apapun hal yang dapat Anda pikirkan untuk mengurangi suhu yang dikenakan pada baterai. Memarkir kendaraan Anda di tempat teduh jika memungkinkan dan menyimpan kendaraan Anda di garasi saat tidak digunakan adalah ide yang baik – atau Anda dapat mencari cara untuk membantu melindungi aki kendaraan Anda dari panas yang dihasilkan di dalam ruang mesin.
 
Periksa Voltase Aki Anda Sebulan Sekali
 

 
Masa pakai aki kendaraan akan habis lebih cepat jika semakin lama dibiarkan sebagian atau seluruhnya habis. Maka dari itu, memeriksa voltase dengan voltmeter sebulan sekali merupakan cara yang tepat untuk mengawasi kesehatan dari aki Anda. Aki yang sehat dan terisi penuh harus memiliki tegangan sekitar 12,7 volt atau lebih.
 
Jika voltase turun di bawah 12,5 volt, kami sarankan untuk mengisi ulang aki Anda sesegera mungkin. Penting juga untuk diingat bahwa aki kendaraan dianggap setengah terisi pada 12,4 volt, dan benar-benar datar / mati pada 12,0 volt - jadi senantiasalah berjaga akan hal ini.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam merawat dan memperpanjang umur dari aki kendaraan Anda. Jika Anda mungkin sibuk atau kurang memiliki waktu untuk melakukannya sendiri, ada baiknya Anda untuk mencari tempat servis dan perawatan yang berkualitas bagi kendaraan Anda. Pemeliharaan besar secara keseluruhan untuk mobil Anda senantiasa diperlukan. Jika Anda ragu tentang biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan jasa layanan dari profesional, jangan khawatir. KJS Motor dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
KJS Motor merupakan salah satu bengkel mobil di Jakarta Barat yang profesional dan berkualitas serta menawarkan harga terjangkau untuk melakukan pemeliharaan terhadap mobil Anda. KJS Motor menawarkan berbagai layanan perawatan seperti built up, perbaikan mesin, service transmisi mobil, ganti oli, sampai dengan bongkar mesin mobil. KJS Motor juga menawarkan penawaran gratis untuk check-up kendaraan mobil Anda.
 
 
 
Reference : TopGearBox

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon