Image

QUICK CONTACT













Image

How to Market a Product to Your Existing Customers

14 Jun 2021 by Billy Gani
Ada ratusan tips di luar sana tentang taktik pemasaran. Tetapi, campuran dari beberapa taktik tersebut, seberapapun kreatifnya, terkadang tidak dapat menghasilkan strategi pemasaran yang tepat. Taktik yang berbeda setiap saluran yang berbeda dapat bekerja dengan baik untuk memasarkan produk dan model bisnis Anda. 
 
Pemasaran yang baik harus senantiasa tepat dengan pasar dimana Anda menjalankan bisnis. Pilihlah saluran dan taktik pemasaran berdasarkan perkiraan Anda tentang konsumen dan sesuaikan dengan hasil yang Anda inginkan.
 
Tetapi, sebelum kita berbicara tentang taktik spesifik yang menghasilkan pendapatan untuk Anda, penting untuk mengetahui dan memahami lebih tentang konsumen Anda secara spesifik, produk yang Anda jual, dan apa produk yang memang sesuai dengan keinginan mereka. Hal ini dapat membantu Anda menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk memandu Anda dalam perjalanan bisnis ke depannya.
 
Seperti yang dikatakan oleh pakar e-commerce Drew Sanocki pada Three Multipliers Framework, pemasaran untuk bisnis berbasis e-commerce bergerak dalam tiga dimensi - perkembangan berkelanjutan yang datang dari peningkatan pembelian konsumen, peningkatan rata-rata nilai pemesanan produk, dan peningkatan dari jumlah total konsumen. Pemasaran yang tidak memperhatikan ketiga hal ini, akan sangat sulit untuk berkembang ke depannya.
 
Cara Yang Dapat Digunakan Untuk Memasarkan Produk Anda
 
Kebanyakan brand saat ini berfokus untuk menarik perhatian dari konsumen baru sebanyak mungkin. Tetapi, hal ini juga membutuhkan budget yang senantiasa meningkat. Dan juga, jika konsumen tersebut hanya membeli satu produk Anda, dan tidak pernah kembali, tentunya budget yang Anda keluarkan akan menjadi lebih besar jika dibandingkan dengan pendapatan yang Anda peroleh. Jadi, Anda dapat berfokus untuk meningkatkan profitabilitas dari setiap pembelian konsumen akan produk Anda.
 
Anda dapat menggunakan taktik pemasaran dalam menciptakan hasil yang Anda inginkan - peningkatan nilai pesanan rata-rata dan peningkatan jumlah pesanan per konsumen, serta pelanggan baru dari waktu ke waktu. Upaya pemasaran ini akan bekerja sama untuk mendukung strategi keseluruhan Anda jika dibandingkan dengan bertindak satu per satu.
 
Bagaimana Cara Anda Menghasilkan Pembeli Yang Berulang
 
Basis konsumen Anda dapat diibaratkan sebagai taman. Jika Anda berfokus pada mereka, Anda dapat menumbuhkan nilai yang mereka hargai dan juga nilai yang kembali untuk bisnis Anda di mata mereka. Contohnya, konsumen bisa mendapatkan banyak nilai dari pembelian produk unggulan yang Anda miliki, tetapi membuka produk-produk lain untuk mereka lihat dan senangi juga dapat membantu Anda dalam menjual produk-produk lainnya.
 
Konsumen yang loyal dan berdatangan kembali juga senantiasa menambahkan nilai dalam setiap pembelian mereka. Setelah pelanggan melakukan pembelian kedua, Anda tidak perlu lagi membayar biaya untuk mendapatkan perhatian mereka, dan mereka mungkin merekomendasikan toko Anda kepada teman-teman yang memiliki selera yang sama.
 
Pembelian berulang tidak datang secara gratis. Anda masih perlu berinvestasi secara strategis di area yang tepat. Dan meskipun Anda dapat berargumen bahwa "semuanya" berpotensi mempengaruhi retensi, ada tiga hal utama yang harus dimulai oleh brand Anda:
  • Merchandise


  • Pengalaman Konsumen - Layanan pelanggan yang berkualitas tidak harus membuat Anda menggunakan budget tinggi, tetapi dapat memberikan konsumen nilai tambahan yang tidak terduga. Hal ini dapat terjadi sesederhana ketika pelanggan membutuhkan Anda untuk menawarkan pengembalian gratis untuk pesanan apa pun.

  • Pemasaran - Anda tentunya membutuhkan pemasaran yang tepat untuk pelanggan  pada waktu yang tepat. Taktik yang mungkin Anda gunakan adalah: kampanye pemasaran melalui email, pemasaran , program loyalitas, atau struktur perilisan produk baru yang membuat pelanggan datang kembali untuk mendapatkan lebih banyak produk Anda. 

Saat ini, ketika kita berbicara tentang pemasaran, untuk meningkatkan frekuensi pesanan dari konsumen, Anda perlu memiliki perencanaan khusus. Berikut beberapa taktik pemasaran yang biasanya digunakan:
 
  • Memperkenalkan Program Loyalitas 

    Program loyalitas dapat berbayar maupun gratis. Penggunaannya menghadirkan manfaat khusus bagi pengguna yang berlangganan. Contohnya, anggota dari Altitude Sports membayar biaya bulanan sebesar $34.99 setiap tahunnya. Dengan berlangganan tersebut, mereka dapat menikmati potongan harga 5% untuk hampir setiap produk, penawaran khusus, dan juga mendapatkan gratis biaya pengembalian jika mendapatkan produk yang kurang sesuai.

    Loyalitas program juga dapat bersifat gratis seperti sistem poin, dapat memberikan konsumen hadiah tertentu jika mengumpulkan jumlah poin spesifik. Hal lain yang tidak berbayar juga dapat diberikan seperti diskon harga produk atau dengan gratis memberikan poin.

    Program loyalitas senantiasa efektif karena memberi pelanggan alasan untuk kembali ke toko online Anda, entah untuk menggunakan poin yang telah mereka kumpulkan dan menukarkannya dengan hadiah gratis, untuk mendapatkan pengiriman gratis, atau untuk menerima potongan harga dari pembelian mereka. 

  • Kirimkan Email Atau SMS Berbentuk Kupon Untuk Mendaftar Bagi Konsumen

    Pemasaran berbasis email merupakan cara yang tepat untuk melibatkan kembali pelanggan tetap dan calon pelanggan baru. Untuk membuat orang ikut serta dalam daftar Anda, saat mereka pertama kali mengunjungi website, pertimbangkan untuk menggunakan pop-up yang membagikan penawaran jika mereka ingin berlangganan. Hal ini dapat berupa diskon 10% untuk pesanan pertama mereka atau pengiriman gratis. Anda tidak hanya dapat mengirim email kepada mereka, tetapi mereka juga akan lebih cenderung melakukan pembelian dengan promosi yang baru saja Anda berikan kepada mereka. Anda dapat melakukannya juga melalui SMS.

  • Rilis Produk Terbaru Sesuai Jadwal

    Jika Anda berencana untuk sering menawarkan produk baru, pertimbangkan untuk menjadwalkan peluncuran produk pada hari yang sama setiap minggu, atau hari yang sama setiap bulan. Jika pelanggan Anda mengetahui tanggal peluncuran baru, kemungkinan mereka akan mengunjungi website Anda untuk memeriksa dan melihat apa penawaran yang Anda berikan atau lebih cenderung membuka email pemasaran yang Anda kirimkan.
 
Berikut beberapa informasi yang dapat Anda pahami lebih dalam untuk memasarkan produk Anda kembali kepada konsumen yang sudah pernah membeli pada Anda sebelumnya. Apakah Anda masih bingung untuk menggunakan SEO dalam bisnis dan website Anda? Jangan khawatir, kami dapat memberikan Anda solusinya.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
Reference: Shopify

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon