Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Mengorganisasikan Notebook Untuk Aktivitas & Pekerjaan Anda Sehari-Hari

09 Jun 2021 by Billy Gani
Bagaimana Anda dapat mengatur segala aktivitas dalam hidup Anda? Apakah Anda berpindah dari sistem kalender ke sistem planner dan sebaliknya tetapi akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa tidak satupun dari keduanya yang sesuai dengan kebutuhan Anda? Anda beralih sudah sepenuhnya pada kalender digital tetapi masih merindukan pengalaman perencanaan dengan tangan Anda sendiri melalui kertas? Kami punya jawaban untuk Anda. Sebuah buku catatan atau biasa kita sebut dengan notebook.
 
Karena hal ini merupakan sistem yang dijalankan secara offline, perencana dengan menggunakan notebook dapat membantu Anda mengosongkan ruang mental dari dunia digital saat Anda menggunakannya. Hal ini memberikan Anda kebebasan dari interupsi – tidak ada risiko pemberitahuan email yang menggagalkan pemikiran Anda, dan tidak ada godaan untuk mengalihkan perhatian Anda ke media sosial sejenak. Anda juga dapat menggunakannya di mana saja, terlepas dari sinyal Wi-Fi atau daya baterai.
 
Namun, hal tersebut tidak harus menjadi pilihan bagi Anda. Bagi banyak orang, cara terbaik untuk menggunakan notebook saat bekerja adalah dengan menggunakannya bersamaan dengan alat digital yang juga membantu memaksimalkan produktivitas. Mungkin dapat berupa menyetel alarm di ponsel Anda untuk membuat tata letak halaman baru pada notebook untuk minggu depan, atau menggunakan referensi silang untuk menautkan informasi di aplikasi catatan ke notebook Anda.
 
Jika Anda memaksimalkan kesempatan tersebut untuk menggunakan notebook dalam bekerja, hal tersebut dapat menambah manfaat untuk hari kerja Anda. 
 
Berikut adalah kumpulan tips praktis yang dapat kami bagikan tentang cara mengatur buku catatan Anda untuk produktivitas yang lebih baik:
 
Ketahui Apa Yang Anda Perlukan Dari Notebook Kerja Anda
 
Setiap proyek yang sukses dimulai dengan tahap perencanaan, dan menciptakan sistem organisasi dengan notebook yang tepat tidak terkecuali. 
Mulailah dengan bertanya pada diri sendiri beberapa pertanyaan untuk membantu mencari tahu bagaimana notebook dan perencanaan Anda dapat menjadi berguna untuk produktivitas Anda.
 
  • Apa tugas rutin yang melibatkan pekerjaan Anda?

  • Apa yang saja hal yang perlu Anda ketahui dan kapan?

  • Seberapa sering Anda dapat menuliskan catatan atau mengulasnya?

  • Siapa lagi (jika ada) yang perlu memahami sistem penulisan dari notebook Anda?

Visualisasikan bagaimana Anda dapat menggunakan notebook dalam rutinitas harian Anda. Apakah Anda akan duduk dan memperbaruinya setiap pagi, atau di penghujung hari? Apakah Anda akan membawanya ke rapat, menyimpannya di tas Anda, atau akan disimpan di desktop atau di laci meja kerja?
 
Memikirkan faktor-faktor ini dapat membantu Anda memilih ukuran dan format notebook yang tepat. Jika notebook Anda akan dimasukkan ke dalam ransel atau dompet Anda, Anda dapat mencari jurnal yang berukuran lebih kecil dengan sampul yang keras  sebagai alternatif.
 
Tinjau Berbagai Opsi Pilihan Untuk Notebook Yang Akan Anda Gunakan
 
Perencanaan yang Anda lakukan dengan menggunakan notebook saat ini masih cukup populer. Masih banyak orang yang menggunakan buku catatan dan jurnal untuk produktivitas dan aktivitas mereka setiap hari. 
 
Luangkan waktu untuk meneliti sistem yang telah dikembangkan orang lain untuk melihat apakah ada pengorganisasian penulisan notebook yang cocok untuk Anda. Jika tidak ada ide pengorganisasian notebook yang cukup sesuai dengan aktivitas atau jadwal, Anda selalu dapat memilih elemen yang sesuai untuk Anda dan membuat sistem Anda sendiri, atau membuat metode Anda sendiri dari awal.
 
Penting untuk memastikan jenis sistem organisasi yang Anda pilih jika dibandingkan dengan menghabiskan waktu dalam menyusunnya secara acak. Jika sistem penulisan notebook Anda tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, ada kemungkinan besar hal tersebut hanya akan berakhir di laci daripada berkontribusi pada produktivitas Anda.
 
Berikan Penomoran Pada Setiap Lembar Halaman Notebook
 
Langkah ini dapat membuat penulisan pada notebook Anda menjadi lebih mudah, apapun tata letak yang Anda tuliskan di dalamnya. Seketika Anda membuka lembaran notebook baru, hal pertama yang dapat Anda lakukan adalah menuliskan penomoran pada tiap halaman. Anda dapat menambahkannya pada setiap halaman, setiap lembar, ataupun bergantung pada ukuran halaman dan untuk apa notebook tersebut digunakan.
 
Berikan Aksesoris Untuk Menambah Keunikan Dari Notebook Anda
 
Anda dapat menambahkan fungsionalitas dan membuat notebook Anda lebih personal atau unik dengan berbagai pernak-pernik tambahan. Note kecil seperti post-it dapat menjadi salah satu cara unik dalam mengorganisasikan berbagai pekerjaan ketika Anda membutuhkannya. Dibandingkan dengan menuliskan langsung pada halaman notebook, Anda dapat menempelkan post-it kecil dan menambahkannya setiap satu minggu sekali atau mungkin setiap hari. Jika prioritas Anda berubah, akan lebih mudah untuk menuliskan ulang, atau menghilangkannya. Post-it ini juga menjadi bagian pembagi yang unik ketika Anda menempatkannya di bagian ujung dari halaman.
 
Stiker, klip atau washi tape juga senantiasa populer digunakan untuk mengkustomisasi jurnal atau notebook Anda. Gunakan pernak-pernik tersebut untuk memberikan kode tertentu atau menggarisbawahi teks, atau bahkan mendekorasi berbagai bulan atau bagian yang berbeda dengan gaya Anda sendiri. 
 
Berikan Pembagian Pada  Notebook Kerja Anda
 
Jika Anda memiliki beberapa proyek besar yang dijalankan secara bersamaan, ketika peran pekerjaan Anda mengharuskan beberapa tanggung jawab di dalamnya, notebook Anda dapat menuliskannya. Sebagai contoh, jika Anda menjalankan blog dan dua akun media sosial yang berbeda , lalu bertugas untuk membuat email pemasaran, Anda dapat membagi notebook Anda menjadi 4 bagian.
 
Hal ini juga dapat membantu untuk membagi notebook Anda dan mengadaptasikannya dengan berbagai cara Anda dalam menggunakannya. Misalnya, Anda dapat mendedikasikan satu bagian untuk daftar tugas, bagian lain untuk mencatat selama rapat, dan bagian lainnya untuk tujuan dan sasaran yang perlu Anda penuhi setiap bulan atau setiap tiga bulan sekali.
 
Gunakan pita penanda atau pembagi untuk membagi notebook Anda ke dalam beberapa bagian yang berbeda sehingga Anda dapat dengan mudah membaliknya.
 
 
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda tentang tips dalam mengorganisasikan notebook untuk aktivitas & pekerjaan Anda setiap harinya. Jika Anda ingin memiliki notebook yang berkualitas dan  dengan desain yang diinginkan serta dengan harga yang terjangkau untuk mendukung produktivitas kerja, Instaprint hadir untuk Anda.
Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis notebook yang Anda butuhkan. Untuk mendukung keinginan custom desain Anda, Instaprint menawarkan jasa cetak notebook di Tangerang berkualitas dengan harga terjangkau dan juga berkualitas.

Instaprint juga menyediakan layanan pencetakan secara online melalui instaprint.id. Anda tentunya memiliki fleksibilitas waktu mencetak yang lebih panjang, bahkan hingga 24 jam di tengah pandemi COVID-19 ini. Dan juga, Anda dapat mengawasi status pemesanan dengan lebih mudah. 
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetakan ke lokasi Anda. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak notebook dengan desain yang Anda inginkan tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan masukkan desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang bervariasi. Dijamin, custom notebook dengan desain yang Anda inginkan dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
Reference: MooBlog

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm