Image

QUICK CONTACT













Image

Psychological Design Tactics that Make Brains Tick and Visitors Click

04 Jun 2021 by Billy Gani
Kesan pertama senantiasa dapat membuat Anda memiliki citra positif atau bahkan dapat menjatuhkan Anda. Mulai dari tata letak dari website, warna yang Anda gunakan, copy dan konten atau tombol CTA untuk pembelian di dalam website - desain senantiasa membuatnya lebih terlihat baik ketika berbicara tentang kesan pertama. Itulah mengapa penting bagi Anda untuk memanfaatkan tentang apa saja hal yang membuat pikiran pengguna tertarik akan website Anda dan desain yang estetik dapat membujuk mereka untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan.
 
Berikut ini beberapa taktik desain sederhana yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya:
 
Gunakan Riset Akan Perilaku Pengguna Sebagai Katalisator Dari Desain Anda
 
Mungkin memperhatikan website Anda secara menyeluruh dapat menjadi ide desain yang tepat untuk merancang desain yang berfokus pada perilaku pengguna terlebih dahulu. Lebih penting lagi, Anda harus dapat merancang desain untuk target pasar Anda terlebih dahulu. Hanya karena sesuatu masuk akal bagi Anda, tidak berarti hal tersebut masuk akal bagi pengunjung – atau bisnis Anda. Apa artinya? Nah, mari kita lihat salah satu contoh dari website terpopuler di internet, Craigslist.
 
Craigslist memiliki desain yang terkenal cukup menarik berdasarkan standar di tahun 2015. Bahkan, beberapa orang telah mengambil celah untuk merancang ulang desain yang mereka lihat tersebut. Tetapi, mengapa mereka tidak mengubahnya? Tujuan Craigslist adalah melakukan dua hal: mengunggah iklan, atau menemukan iklan. 
Craigslist merupakan perusahaan berbasis data yang mendasarkan bisnis mereka pada keakraban dan kemudahan penggunaan. Mereka tahu apa target pasar mereka, dan tujuan yang harus dilayani oleh website mereka.
 
Dan, mereka melakukannya dengan sempurna. Premis yang mereka miliki mungkin hampir sama dengan Reddit. Ya, hal ini cukup sederhana – tetapi pengguna tidak membutuhkan (dan dalam banyak kasus, tidak menginginkan) pengalaman desain yang indah untuk apa yang mereka lakukan. Bagaimana cara Anda dapat menerapkan kesederhanaan tersebut dan memberikan rancangan desain yang berfokus pada perilaku pengguna ke dalam website Anda sehingga lebih mudah digunakan oleh pengguna?
 
Warna Dapat Mempengaruhi Pikiran Pengguna
 
Teori penggunaan warna adalah salah satu topik favorit dalam hal desain dan pemasaran. Fakta bahwa warna tertentu dapat menyampaikan begitu banyak emosi dan tindakan yang berbeda sangat menarik untuk dipahami lebih dalam. Ada banyak teori tentang warna – terutama karena banyak hal seperti preferensi pribadi, sejarah, dan sebagainya yang dapat memengaruhi arti warna tertentu. Apa arti merah bagi saya, mungkin berarti sesuatu yang sama sekali berbeda bagi Anda.
 
Karena itu, penting untuk memahami dasar-dasar teori warna ketika berbicara tentang pemasaran. Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh KISSmetrics – mereka menemukan beberapa informasi yang cukup menarik mengenai psikologi warna.
 
  • Merah - Meningkatkan detak jantung, menciptakan rasa urgensi, sering dikaitkan dengan penjualan.

  • Biru - Menciptakan sensasi kepercayaan dan keamanan, sering dikaitkan dengan perbankan.

  • Hijau - Sering dikaitkan dengan kekayaan, warna termudah untuk diproses mata.

Hal lain yang menurut kami penting untuk diingat adalah bahwa dalam penelitian tersebut, KISSmetrics menemukan bahwa 93% pengguna menganggap penampilan visual lebih penting daripada indra lainnya ketika melihat materi pemasaran. Lebih lanjut, mereka menemukan bahwa pria lebih menyukai warna-warna cerah, sedangkan wanita lebih menyukai warna-warna yang lebih lembut dan seperti pastel.
 
Terlalu Banyak Pilihan Tidak Menghasilkan Keputusan Apapun
 
Berapa kali Anda menemukan diri Anda berada pada minimarket dan mencoba memutuskan jenis keripik apa yang akan dibeli? Anda menatap dinding atau rak toko dan memikirkan keripik  untuk Lays atau Chitato yang akan Anda beli, hal ini dapat membuat Anda bingung untuk waktu yang lama. Hal yang sama terjadi pada pengguna website ketika Anda memberi mereka terlalu banyak pilihan di dalam website.
 
Terlalu banyak tautan navigasi, produk untuk dipilih, gambar untuk dilihat, atau bahkan opsi pengiriman untuk dipertimbangkan dapat menjadi terlalu banyak hal yang harus ditangani oleh pengguna. Mereka dapat saja kewalahan, dan akan pergi tanpa menyelesaikan pembelian atau mengambil tindakan yang diinginkan.
 
Ketika berbicara tentang ke desain website – pikirkan beberapa website yang cukup populer dan bagaimana desainnya dirancang. Berapa banyak opsi yang Anda miliki saat mengunjungi Facebook, Twitter, atau bahkan Shopify? 
 
Kemungkinan besar Anda hanya diberi sedikit hal untuk diklik – dan hal yang paling menonjol pada halaman merupakan tindakan yang diinginkan. Baik dengan berupa formulir pendaftaran, gambar, atau tombol CTA untuk pembelian, semuanya digunakan dengan tujuan untuk meminimalkan opsi bagi pengguna.
 
Tampilan Wajah Senantiasa Menggambarkan Kemanusiaan & Ketulusan
 
Anda tentunya senang jika melihat wajah tersenyum, bukan?  Siapa yang tidak? Hal ini mungkin salah satu hal yang paling akrab dan menyenangkan di dunia. Hal ini adalah satu-satunya hal yang dipahami semua orang – tidak peduli bahasa apa yang Anda gunakan, atau apapun latar belakang Anda.
 
Sebuah studi dari Caltech menunjukkan bahwa otak kita memiliki sel yang hanya merespon raut wajah. Bagian otak ini disebut Fusiform Gyrus – dan tidak ada objek, bentuk, atau benda lain yang dapat memicu bagian otak ini. Cukup menarik, bukan? Sekarang, bagaimana Anda dapat membuat bagian otak pengguna di bagian tersebut mulai aktif?
 
Lihatlah bagaimana SkinnyMe Tea menggunakan hal ini untuk menekankan ajakan bertindak mereka dalam hero image utama yang dilihat pengguna.
 

 
Ada begitu banyak cara lain untuk menggunakan tampilan wajah dalam desain dari website. Anda dapat memvisualisasikan dan memunculkan emosi, menciptakan kepercayaan (menggunakan gambar staff Anda), melibatkan pengguna Anda (dengan tampilan seseorang yang menatap mereka), dan banyak lagi.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna dan membuat mereka masuk ke dalam website Anda secara langsung dengan berbagai taktik desain. Jika Anda masih memerlukan bantuan dalam pengoptimalannya, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Shopify

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon