Image

QUICK CONTACT













Image

Make These Changes to Meet Web Design Accessibility Standards

21 May 2021 by Billy Gani
Aksesibilitas merupakan fungsi utama dari setiap desain website atau strategi penggunaan dari aplikasi perangkat. Salah satu contohnya adalah dengan peraturan aksesibilitas pemerintah yang baru diterapkan di Inggris bahwa semua website sektor publik yang dibuat pada atau setelah 23 September 2018, harus dapat diakses. Aplikasi perangkat juga harus dapat diakses sebelum Juni 2021.
 
Desain adalah komponen penting dari website atau aplikasi apa pun, dan seringkali kita dapat melihat beberapa bisnis atau perusahaan yang terkadang terbawa oleh indahnya tampilan visual dan melihat aksesibilitas sebagai fokus yang lebih kecil. Padahal sebenarnya, ada banyak fitur yang perlu dipertimbangkan lebih jauh lagi.
 
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa persyaratan aksesibilitas, mengapa kehadirannya penting, dan fitur yang perlu dipertimbangkan agar lebih dapat diakses secara online dengan lebih mudah.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Aksesibilitas?
 
Aksesibilitas merupakan desain dari sebuah produk, layanan, atau perangkat yang dapat digunakan oleh sebanyak mungkin pengguna. Hal ini juga mencakup setiap orang yang memiliki kekurangan dari segi penglihatan, gerakan, orang dengan kesulitan untuk belajar, atau keadaan tuli.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Aksesibilitas Dalam Desain Website?
 
Hal ini bernilai jauh lebih dari hanya sekedar menyederhanakan desain website Anda. Menciptakan platform yang dapat diakses dengan mudah mempertimbangkan berbagai aspek dan memastikan agar brand Anda senantiasa dapat beradaptasi dengan setiap pengguna yang mengaksesnya. Hal ini juga membuat seluruh fungsi dari website termasuk konten, desain, navigasi dan tata letaknya fleksibel dan menjadi kunci dari platform yang mudah diakses untuk pengguna.
 
Mengapa Aksesibilitas Ini Penting Dalam Sektor Publik?
 
Organisasi atau bisnis yang bergerak dalam bidang sektor publik (layanan yang dioperasikan oleh pemerintah) senantiasa terdampak dari setiap regulasi yang menjadi layanan penting untuk setiap orang, termasuk dengan yang memiliki kekurangan. Dalam beberapa kasus layanan, masih banyak orang yang menemukan bahwa hal ini kurang dapat diakses dengan mudah secara online atau dengan menggunakan aplikasi tertentu.
 
Kelebihan Dari Adanya Aksesibilitas
 
Keuntungan utama dari merancang desain dan platform dengan aksesibilitas adalah membuat aplikasi atau website Anda senantiasa tersedia untuk setiap orang. Berikut ini beberapa manfaat lainnya:
 
  • Menghindari Adanya Diskriminasi - Jika website atau aplikasi Anda sudah dikembangkan untuk membantu setiap orang, Anda sudah membuat platform yang tidak mendiskriminasikan pengguna. Sebagian besar bisnis tidak dengan sengaja mendiskriminasi individu, tetapi beberapa perusahaan atau bisnis mungkin hanya berfokus pada tampilan visual daripada fundamental. Hal ini tentunya sangat penting untuk diperhatikan oleh organisasi dalam sektor publik. Dengan berkonsentrasi pada desain, mereka dapat mengecualikan fungsi atau metode komunikasi tertentu yang penting untuk memastikan akses bagi beberapa kelompok orang. Menciptakan platform yang tidak hanya memenuhi regulasi, tetapi juga dapat beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan semua orang, akan menghindari diskriminasi.

  • Reputasi Brand - Website atau aplikasi yang mudah diakses dapat meningkatkan reputasi brand Anda karena menjangkau lebih banyak audiens dan mendatangkan lebih banyak traffic. Dan juga, aksesibilitas dapat membuat Anda lebih menonjol dibanding kompetitor karena menunjukkan bahwa Anda dapat mengakomodasikan seluruh pengguna. 

  • Kegunaan Yang Umum ( General Usability ) - Dengan memiliki platform yang mudah diakses, Anda tentunya meningkatkan penggunaan bagi setiap pengguna. Dalam proses pengembangan strategi desain yang mudah diakses, Anda dapat menemukan masalah penggunaan yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Hal tersebut memberikan manfaat untuk siapapun yang mengakses konten Anda melalui perangkat, sama seperti pengguna yang lebih berumur yang mungkin memiliki sedikit pengalaman dalam mengakses layanan sektor publik secara online. Pengguna inilah yang akan berupaya dalam menyesuaikan fitur pada platform Anda agar lebih mudah digunakan.

Fitur Yang Dapat Dipertimbangkan Untuk Digunakan
 
Mari kita perdalam pembahasan tentang hal yang perlu Anda pertimbangkan dan panduan tentang bagaimana Anda dapat menghasilkan strategi desain yang mudah diakses bagi siapapun. Berikut ini beberapa daftar elemen yang perlu Anda perhatikan:
 
  • Tata Letak - Pastikan bahwa tata letak yang Anda gunakan senantiasa jelas dan sederhana. Desain yang berantakan hanya akan menghasilkan kebingungan. Pengguna harus dapat bereaksi dengan berbagai ukuran fitur, membuatnya lebih besar jika diperlukan, jadi memiliki tata letak yang responsif tentulah penting.

  • Warna - Palet warna yang dipikirkan secara matang diperlukan untuk memberikan bantuan kepada pengguna yang memiliki kekurangan dalam segi visual. Jangan hanya bergantung pada warna untuk mengidentifikasikan elemen kunci dari antarmuka Anda. Jika hal ini menjadi salah satu masalah yang Anda alami, masukkan teks untuk membantu dalam area ini sehingga seluruh pengguna dapat menginterpretasikan informasi yang ditampilkan dan bernavigasi secara baik.

  • Navigasi - Indikator yang jelas dan alur yang pendek dari tugas memberikan navigasi yang smooth untuk pengguna. Setiap tombol haruslah konsisten, khususnya tombol CTA, dan dengan jelas terlabel. Menu bar dan kotak pencarian juga harus ditempatkan dalam format yang sejenis untuk secara logis menuntun pengguna bernavigasi dalam platform Anda tanpa adanya kebingungan.

  • Aksesibilitas Keyboard - Pertimbangkan pengguna yang mungkin tidak menggunakan mouse. Hal ini berarti bahwa Anda dapat merancang website Anda agar pengguna (jika diperlukan) dapat bernavigasi hanya dengan menggunakan keyboard. Misalnya, Anda dapat menggunakan berbagai tombol seperti panah, space bar dan juga enter. Hal ini penting untuk pengguna yang memiliki kekurangan dari segi mobilitas.

  • Teks - Aksesibilitas akan teks harus senantiasa Anda pikirkan dengan matang. Beberapa pengguna mungkin memiliki kekurangan dalam segi membaca, sehingga Anda dapat meningkatkan formatting untuk teks yang Anda masukkan. Berbicaralah dengan bahasa bawaan yang jelas, jangan menggunakan kalimat panjang atau paragraf dan tidak menggunakan huruf miring atau spasi yang tidak teratur. Dan juga, pikirkan tentang warna dan font yang Anda pilih, apakah keduanya mudah dibaca?

  • Video & Audio - Interaktivitas senantiasa perlu dimasukkan, ketika memang diperlukan, dalam strategi desain Anda. Penting untuk diingat bahwa memasukkan video atau audio memerlukan fitur yang dapat diakses, khususnya dari platform yang bekerja dalam sektor publik. Pengguna harus dapat dengan mudah memutar atau memberhentikan, menyesuaikan volume dan teks terjemahan (subtitle).

    Subtitle ini juga menjadi ide yang tepat untuk mengakomodasikan pengguna yang memiliki kekurangan dalam pendengaran, begitu juga dengan memasukkan versi teks dari file audio. 

Lakukan Pengujian Berulang Kali
 
Ketika Anda sudah menggarisbawahi objek dan desain yang jelas dari platform Anda, langkah selanjutnya adalah menjalankan pengujian. Ada banyak pendekatan untuk hal ini, termasuk alat otomatisasi aksesibilitas yang dapat membantu Anda menemukan kesalahan, meskipun juga masih banyak langkah sederhana yang dapat Anda lakukan sebelum berinvestasi dengan alat ini. 
 
Contohnya, mencabut sambungan mouse dan menavigasikan website Anda hanya dengan menggunakan keyboard dapat membantu menguji aksesibilitas keyboard, atau dengan meningkatkan ukuran dari teks Anda hingga hampir 300% dapat menunjukkan tentang apakah platform Anda dapat mudah diakses bagi pengguna yang memiliki kekurangan dalam penglihatan.
 
Kesalahan manusia dan error juga menjadi salah satu alternatif pengujian lainnya. Uji platform Anda dengan target audiens, mereka yang memiliki kekurangan, dan lihatlah bagaimana cara mereka berinteraksi dengan konten Anda. Mereka dapat membuktikan bahwa fitur aksesibilitas yang Anda berikan bekerja atau tidak. Jika memiliki fitur yang kurang berjalan dengan baik, Anda dapat memperbaikinya atau menggunakan solusi alternatif lainnya.
 
Sektor publik yang tidak dapat diakses dapat mempengaruhi jutaan pengguna khususnya yang memiliki kekurangan dan membatasi mereka untuk menggunakan platform tersebut secara online. Setiap orang tentunya memiliki hak untuk menggunakan internet tanpa harus bergantung dan hal tersebut menjadi tugas dari Anda sebagai designer untuk membantu agar hal ini dapat terjadi.
 
 
Seperti yang sudah kita pahami sebelumnya, banyak hal yang perlu lebih dipertimbangkan ketika berbicara tentang aksesibilitas. Namun, jangan melihat aturan ini sebagai pembatas bagi Anda. Ambillah hal tersebut dan lihatlah kesempatan untuk meraih audiens yang lebih luas dan ciptakan citra positif bagi brand Anda yang dapat berasosiasi dengan siapapun. 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman serta pertimbangan dan strategi yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan standar aksesibilitas dalam penerapannya pada website Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk menerapkannya, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
Dan juga, Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami juga siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens Anda dengan menyerahkan layanan jasa Custom Web Design / Website Development di Jakarta hanya pada Eannovate. 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
Reference: DesignModo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon