Image

QUICK CONTACT













Image

6 Tips To Secure Your Ecommerce Website

17 May 2021 by Billy Gani
Kebocoran dari keamanan website e-commerce secara online saat ini sudah menjadi tema mainstream yang senantiasa terjadi dan menjadi ancaman tentunya untuk para pebisnis hingga saat ini. Contohnya seperti tindakan yang terjadi pada Dyn hingga pemilihan presiden Amerika Serikat yang baru dapat diinvestigasi beberapa minggu setelahnya, hal ini senantiasa memperingatkan kita tentang betapa bahayanya celah keamanan dari setiap website di internet.
 
Jika Anda merupakan salah satu orang yang memiliki website dalam menjalankan bisnis melalui website berbasis e-commerce, peningkatan ancaman yang senantiasa dapat dengan mudah kita temukan ini dapat menjadi salah satu hambatan dari pemetaan strategi bisnis Anda kedepannya. 
 
Untungnya, ada beberapa tips yang dapat Anda terapkan langsung ke dalam website untuk meningkatkan keamanan dari website Anda dan menurunkan kesempatan bagi para hacker untuk menyerang website Anda. 
 
Berinvestasi Dalam Layanan Hosting Yang Terpercaya
 
Pemilik website terkadang dapat kurang memandang kepentingan dari keputusan mereka saat memilih layanan hosting website yang berkualitas untuk mendukung kinerja dari website mereka. Meskipun memang banyak opsi yang lebih murah dari segi budget , ada beberapa detail kunci yang perlu Anda lihat terlebih dahulu dibandingkan dari harga tersebut. Keamanan tentunya hal terpenting dari berbagai detail tersebut yang perlu diperhatikan.
 
Layanan hosting yang Anda gunakan harus menyediakan platform yang aman dan tidak hanya mencegah agar para hacker tidak dapat mengaksesnya dari website Anda, tetapi juga harus memiliki sistem pencadangan yang juga memadai untuk membuat website Anda tetap dapat berjalan dengan normal ketika terjadi kebocoran data suatu saat.
 
Host website yang aman menyediakan jaminan yang tinggi, pusat data yang aman, program pencadangan yang cukup, proteksi data RAID, dan reboot manual. Periksalah penyedia hosting Anda saat ini untuk memastikan bahwa layanan mereka memberikan Anda seluruh hal diatas. Jika tidak,Anda mungkin perlu mencari provider lain yang lebih baik dan aman dalam menyediakan platform untuk website Anda.
 
Dukung Pengguna Untuk Menjaga Informasi Akun Mereka
 
Salah satu titik yang memiliki celah besar dari sebuah website adalah portal login pengguna. Ketika hacker sudah dapat meretas dan mengakses informasi admin atau konsumen, mereka dapat menyebabkan kekacauan besar. Inilah mengapa penting bagi Anda untuk memastikan bahwa pengguna website Anda senantiasa melakukan tugas mereka dalam menjaga agar website Anda senantiasa aman.
 
Tentunya, menjaga agar kata sandi Anda tidak terlihat saat memasukkannya dalam portal login atau akses admin website Anda serta memegang kunci tentang bagaimana pengguna memasuki website Anda penting, tetapi Anda juga harus memastikan agar konsumen tersebut juga memahami hal tersebut. Anda mungkin dapat mengirimkan pesan otomatis yang muncul dalam email mereka secara berkala atau bahkan dapat dengan membuat proses login mereka menjadi otomatis. Hal ini dapat Anda lakukan dengan membuat sistem yang mengharuskan pengguna untuk mengubah kata sandi mereka setiap beberapa bulan sekali sehingga menjadi lebih efektif.
 
Anda juga dapat membuat sistem yang mengharuskan pengguna untuk mengisikan kata sandi yang lebih aman untuk semua login kredensial pada website Anda. Pastikan bahwa setiap kata sandi untuk website Anda minimal meminta 8 karakter dan memiliki setidaknya angka, simbol, huruf kecil, dan huruf besar di dalamnya.
 
Untuk admin dari website, Anda harus lebih berhati-hati dengan bagaimana Anda memegang kunci informasi login terhadap website karena senantiasa terhubung langsung pada CMS. Pastikan bahwa setiap langkah penting dari upaya pengamanan website Anda dilaksanakan oleh setiap karyawan dan memastikan agar mereka juga senantiasa menjaga informasi mereka saat login.
 
Perbarui Website E-Commerce Anda Dengan SSL / TLS
 
SSL merupakan singkatan dari Secure Socket Layer dan TLS dari Transport Layer Security. Keduanya merupakan protokol keamanan yang penting untuk diterapkan dalam setiap website untuk mencegah adanya celah bagi hacker dalam mencari informasi sensitif yang ditransportasikan dari website ke dalam aplikasi lainnya.
 
Data SSL dan TLS dienkripsikan di antara aplikasi dan server untuk memastikan bahwa setiap informasi terproses dengan aman dan memiliki sertifikat integrasi SSL. Anda dapat mulai menggunakannya dengan mengakses pemeriksa SSL. Jika website Anda terindikasi tidak memilikinya, Anda tentunya harus memperbarui sistem website Anda dengan SSL atau TLS dalam lebih menjaga website Anda. Google juga membantu Anda dengan memberikan panduan yang menunjukkan tentang bagaimana proses ini dapat berjalan.
 
Jangan Menyimpan Data Pengguna Yang Tidak Anda Perlukan
 
Hal ini berjalan dengan cukup sederhana - Jika Anda tidak ingin menyimpan informasi yang dimiliki oleh pengguna, maka jangan lakukan. Untuk menghindari adanya isu kebocoran dan tanggung jawab terhadap pengguna jika terjadi peretasan, jangan menyimpan informasi sensitif yang sebenarnya tidak Anda perlukan. 
 
Jelas, hal ini mungkin memang sedikit rumit untuk website yang berbasis langganan (subscription-based), tetapi sebagian besar website dapat mencoba untuk menghindari penyimpanan data informasi tentang pembayaran ataupun informasi tentang identifikasi personal dari pengguna. 
 
Dengan menjaga agar tidak adanya informasi sensitif yang dapat menjadi bahan retas dari website, Anda dapat dengan mudah juga mencegah agar data pengguna tidak dapat diakses oleh orang lain yang tidak berwenang.
 
Menjalankan Pengujian Kerentanan Website
 
Mengidentifikasikan kerentanan dari website Anda secara berkala dapat membantu untuk mengelola dan menjaga agar website Anda senantiasa aman dengan titik masuk yang serendah mungkin. Salah satu cara terbaik dalam memastikan pengujian kerentanan website Anda berjalan dengan baik adalah dengan menempatkan proses otomatisasi dengan menggunakan software pemindaian. Program yang tepat dapat memindai jaringan dan website Anda untuk mengidentifikasikan bahaya dan mendapatkan daftar prioritas yang memberitahu Anda masalah mana yang perlu Anda selesaikan dan bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.
 
Beberapa sistem bahkan dapat mengotomatisasi proses dari perbaikan masalah dan mengidentifikasikannya pada pemindaian mereka sendiri. 
 
Enkripsikan Komunikasi Operasional
 
Enkripsi merupakan kunci yang tidak hanya digunakan untuk melindungi website Anda melalui protokol SSL / TLS, tetapi juga merupakan tindakan pencegahan penting yang harus Anda lakukan untuk mengamankan komunikasi online lainnya yang dimiliki oleh perusahaan atau bisnis Anda.
 
Untuk situs website berbasis e-commerce, Anda dapat memulainya dengan mengenkripsi seluruh email antara perusahaan Anda dan vendor yang Anda gunakan - terutama dalam hal pemrosesan kartu kredit. Informasi apa pun yang mungkin menarik bagi pencuri online harus dikirim melalui email yang terenkripsi, dan tidak melalui email teks biasa yang dapat diakses dengan mudah.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan panduan tentang bagaimana Anda dapat mengamankan website e-commerce untuk bisnis yang Anda jalankan agar berjalan dengan lebih baik. 
 
Anda baru saja ingin memulai membuat bisnis Anda menggunakan website e-commerce untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan? Masih bingung bagaimana cara memulai penggunaan website e-commerce yang tepat dan aman untuk bisnis Anda? Jangan khawatir. 
 
Eannovate hadir untuk memberikan layanan e-commerce website development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.
 
Selain itu, Eannovate juga hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Jika Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Selain itu, jika ada pertanyaan mengenai e-commerce website development, SEO Digital Marketing, aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon