Image

QUICK CONTACT













Image

4 Typography Tips For Designers: How to Make Fonts Speak

30 Apr 2021 by Billy Gani
Typography merupakan salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna. Performa visual dan kemudahan sebuah konten dalam produk digital untuk dipindai memiliki pengaruh yang cukup besar dalam pengalaman pengguna (UX). Hoon Kim, salah seorang pakar dalam bidang graphic designer menyebutkan bahwa desain typography dapat terlihat dan terdengar secara baik. Jika anda memiliki skenario yang baik, maka tentunya anda akan memilih aktor yang juga baik bukan?” Dalam hal ini, typography dapat menjadi “suara” dari sebuah desain. Typography yang baik dapat menyuarakan dirinya, mengatur suasana yang tepat, dan menyebarkan pesan tertentu kepada pengguna. 
 
Berikut ini kami berikan beberapa tips untuk membantu anda menggunakan typography dalam desain anda:
 
Hierarki Typography Membuat Desain Anda Berjalan Dengan Baik
 
Untuk memproduksi sebuah desain yang baik dari persepsi pengguna, seluruh elemen di dalamnya harus mudah untuk diorganisasikan dan dapat dinavigasikan dengan jelas. Untuk melakukan hal ini, desainer perlu mengatur struktur yang baik dengan membuat hierarki visual. Hal ini dapat mengorganisasikan seluruh elemen visual sehingga pengguna dapat dengan mudah mempersepsikan konten di dalamnya. 
 
Hierarki visual dapat dibagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya berkaitan dengan elemen yang disebut dengan hierarki typography. Tujuan yang ingin dicapai dari penggunaannya adalah mengorganisasikan konten dengan membaginya ke dalam beberapa tipe seperti judul, sub-judul, copy, captions, dan sebagainya. Perbedaan diantara beberapa jenis copy tersebut adalah regulasi dari keluarga, ukuran,lebar dan warna dari font.
 
Hierarki typography  yang jelas dapat membuat teks lebih mudah dipindai dan dibaca. Bahkan, akan menjadi lebih mudah untuk menggaris bawahi bagian kunci dari teks untuk menarik perhatian dan membawa mereka ke dalam tindakan yang diekspektasikan.
 
Pertimbangkan Konteks & Audiens
 
Saat berbicara tentang pemilihan font, hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah konteks dari copy dan audiens potensial yang anda miliki. Setiap font dapat membawa suasana tersendiri dalam sebuah tampilan seperti ceria, lucu, serius, bisnis dan sebagainya yang sesuai dengan desain tertentu yang anda rancang. 
 
Sebelum anda memilih font apa yang akan anda gunakan, tentunya anda perlu mempelajari terlebih dahulu apa saja tujuan dari klien dan juga preferensi dari target audiensnya. Performa visual dari font dapat mempengaruhi kesan pertama pengguna tentang produk tersebut. Jika jenis font yang digunakan tidak sesuai dengan nuansa yang dituju oleh produk, maka sebuah kesalahpahaman dari pengguna dapat terjadi. Sebagai contoh, jika anda memilih font yang bernuansa ceria untuk website bisnis, pengguna tentunya akan berpikir dua kali apakah perusahaan anda dapat dipercaya. Atau, jika produk anda diperuntukkan generasi muda, janganlah memilih font yang terlalu formal karena akan terlihat membosankan bagi mereka. 
 
Perhatian Khusus Untuk Typography  Dalam Perangkat (Mobile Typography)
 
Desainer terkadang melakukan eksperimen dengan typography untuk project yang asli. Namun, saat berbicara tentang desain UI (tampilan antarmuka), typography hanyalah memiliki sedikit ruang di dalamnya. Layar dari perangkat cenderung kecil yang dapat membuat sebuah tantangan bagi desainer untuk mengatasi batasan tanpa kehilangan fungsi dari desain tersebut. Typography dalam perangkat memerlukan perhatian yang lebih dalam dari setiap detailnya mulai dari ukuran font yang sesuai hingga panjang dari garis.
 
Jika dibandingkan dengan desain web, typography perangkat lebih sulit untuk mencapai tingkat legibilitasnya. Ukuran dari font tidak boleh terlalu kecil karena layar juga kecil. Tetapi jika font terlalu besar, hal tersebut juga tidaklah cocok dengan layar yang kecil. Sebagai tambahan, para desainer perlu memperhatikan tentang tingkat kontras karena layar dengan pencahayaan sekitar dan kontras yang tinggi dapat melukai mata pengguna saat melihatnya.
 
Lebih jauhnya, desainer harus memikirkan fungsi dari typography tersebut. UI dari perangkat smartphone memiliki teks yang dapat di klik dan desainer harus memastikan bahwa pengguna dapat menggunakannya. Jika bagian ini terlalu kecil, pengguna tidak dapat menekannya dengan jari dan dapat menganggu mereka.
 
Font Minimalis Dapat Bekerja Lebih Baik
 
Terkadang, saat desainer memiliki tujuan untuk menunjukkan seluruh aspek dalam produk digital, mereka mencoba untuk menggunakan berbagai gaya dan font dalam sebuah desain. Sebagai hasilnya, terkadang mereka dapat merancang sebuah desain yang terlalu berlebihan dengan detail yang kurang penting dan mengurangi mood pengguna yang melihatnya.
 
Disarankan bagi anda para desainer untuk mencoba menggunakan 2 hingga 3 font dalam sebuah tata letak. Hal ini dapat membuat kontras yang penting antara elemen copy, dapat menyimpan keseimbangan dan menyebarkan pesan dalam desain yang dibuat. 
 
Dan juga, bagian dari konten haruslah tidak membuat pengguna bingung dengan berisikan banyaknya informasi yang tidak penting. Tentunya, hal ini merupakan pekerjaan dari penulis konten untuk memproduksi teks yang dibutuhkan oleh para desainer sehingga mereka dapat menyesuaikannya dengan desain yang mereka buat. 
 
 
Berdasarkan beberapa tips diatas, sudahkah anda mempertimbangkan atau menggunakannya dalam desain yang anda rancang? Sudahkah anda memiliki website yang sesuai dengan tone perusahaan dan target audiens anda? Atau malah anda masih bingung untuk menemukan tone yang tepat bagi website anda? Jangan khawatir. 
 
Ketika mencari bantuan profesional, Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau sebenarnya anda hanya memerlukan website yang sederhana tetapi tetap berkualitas dengan harga yang terjangkau? ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda memerlukan konten yang berkualitas untuk layanan digital marketing di Jakarta? 
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda.
Jika ada pertanyaan mengenai web development dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Tubik Studio
 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm