Image

QUICK CONTACT













Image

7 Kesalahan Yang Harus Dihindari Saat Membuat Cheesecake

28 Apr 2021 by Billy Gani
Kue keju atau biasa kita kenal dengan nama cheesecake merupakan makanan penutup yang mudah dan sederhana untuk dibuat. Hanya, kue ini memiliki satu resiko yang tentu dapat Anda alami saat membuatnya yaitu dapat retak saat sedang dipanggang. Dan ketika hal tersebut seringkali terjadi pada setiap rumah yang mencoba membuatnya, kali ini kami mencoba untuk membantu Anda dalam mencegah hal tersebut terjadi lagi. Berikut ini tujuh tips yang dapat kami berikan untuk membuat kue keju atau cheese cake untuk keluarga Anda di rumah.
 
Hindari Penggunaan Krim Keju Kocok 
 
Hal pertama untuk memulai adalah hindari penggunaan kocok yang dapat Anda beli dalam wadah plastik. Gunakan potongan krim keju yang utuh berbentuk kotak. Krim keju yang sudah dikocok memiliki angin di dalamnya dan tidak dapat memberikan Anda tekstur yang tepat. Dan juga, krim keju yang tinggi lemak dapat lebih memberikan tekstur yang tepat untuk kue Anda.
 
Perhatikan Agar Bahan Makanan Anda Senantiasa Berada Pada Temperatur Suhu Ruangan
 
Pastikan bahwa setiap bahan yang Anda gunakan - krim keju, krim asam (sour cream), telur, dan bahkan gula yang Anda akan gunakan senantiasa berada dalam suhu ruangan. Hal ini membuat bahan-bahan tersebut lebih mudah tercampur dan menghasilkan kue keju yang lebih lembut. Jika krim keju yang Anda gunakan terlalu dingin, hal tersebut akan menghasilkan kue keju yang kental.
 
Jangan Berlebihan Dalam Mengaduk
 
Anda tentunya ingin mengaduk adonan secara baik untuk menghasilkan kue yang lembut. Jika Anda mengaduk dengan terlalu berlebihan, krim keju Anda dapat pecah ketika Anda memanggangnya. Jika Anda menggunakan mixer, pastikan bahwa kecepatannya berkisar antara rendah hingga sedang saat menambahkan gula, krim keju, telur, dan bahan lainnya. Alat pengaduk dari mixer dapat menjadi alat yang tepat sehingga Anda tidak memasukkan banyak angin ke dalam adonan kue Anda.
 
Gunakan Springform Pan
 
Wajan terbaik yang dapat Anda gunakan untuk memanggang kue keju adalah springform pan. Wajan ini memiliki dua sisi yang dapat dilepas sehingga Anda dapat melepaskan kue Anda tanpa harus membalik keseluruhan loyang. Dengan kue keju yang lembut, membalik wajan dapat menjadi bencana bagi Anda. Pastikan untuk mengolesi bagian bawah dan sisi wajan sebelum Anda menekan remah-remah biskuit ke bagian bawah dan tuangkan ke dalam adonan. Mentega leleh sangat baik dipakai untuk mengolesi wajan, tetapi Anda dapat menggosoknya dengan sedikit mentega dingin terlebih dahulu. Beberapa springform pan memiliki lapisan antilengket, tetapi Anda dapat melakukan langkah ekstra ini agar senantiasa tetap aman.
 
Jaga Agar Kue Anda Tetap Lembab
 
Kue keju yang bertekstur kering akan lebih mudah pecah. Untuk mencegahnya, panggang kue keju Anda dengan panci berisi air di dalam oven. Hal ini akan menghasilkan uap untuk membantu mencegah kue keju Anda mengering. Sama halnya dengan cara kita memanggang crème brûlée dalam bak air — baik crème brûlée maupun kue keju pada dasarnya adalah puding yang dipanggang. 
 
Anda juga dapat memanggang kue keju pada bak air, tetapi Anda harus membungkus springform pan Anda dengan aluminium foil terlebih dahulu untuk memastikan agar air tidak meresap ke dalam kue dan membuatnya basah. Lakukan hal ini dengan aman dan letakkan wajan pemanggang berisi air di rak bagian bawah dan panggang kue keju Anda di bagian atas.
 
Jangan Membuka Tutup Oven Anda
 
Kami tahu hal tersebut menggoda Anda, tetapi jangan membuka oven saat Anda memanggang. Anda tidak ingin membiarkan semua udara panas beruap di dalam keluar. Perubahan suhu yang drastis selama memanggang dapat menyebabkan kue keju Anda retak atau melesak ke dalam di bagian tengah.
 
Jangan Menekan Kue Anda
 
Jangan mencolok apapun pada bagian tengah kue keju Anda untuk melihat apakah kue tersebut sudah matang. Karena kue keju tidak dapat diuji kematangannya seperti kue biasa, yang dapat Anda lakukan hanyalah membuat lubang di dalamnya. Hal tersebut juga berlaku jika Anda menggunakan termometer instan untuk membaca suhu. 
 
Sebaliknya, lakukan goncangan terhadap kue keju Anda. Jika bagian tepinya kokoh dan masih sedikit bergoyang di tengah, berarti kue tersebut sudah matang. Jika masih encer, Anda dapat memanggangnya beberapa menit lagi.
 
Skenario terburuk yang dapat terjadi dari memanggang kue keju adalah keretakan, tetapi untuk rasanya, mungkin masih enak. Anda dapat menutupi retakan ini dengan dengan buah, sour cream frosting, atau hiasan kue lainnya. 
 
Jika menggumpal, Anda dapat berjanji pada diri sendiri bahwa Anda akan membiarkan bahan-bahan yang Anda pakai berada pada suhu kamar lain kali. Jika Anda tidak dapat mengeluarkan kue tersebut dari loyang atau wajan, pakailah garpu dan langsung ambil kue tersebut lalu pindahkan ke dalam piring untuk Anda santap langsung.
 
 
Nah, jika Anda sudah lebih memahami tentang cara membuat kue keju yang enak dan juga lembut, sudahkah Anda mencoba untuk membuatnya? Jika Anda ingin mulai membuat kue keju, kami memiliki rekomendasi cream cheese yang tepat untuk Anda gunakan.
 
Jika Anda sedang mencari produk mentega dan susu yang berkualitas untuk membuat makanan Anda menjadi lebih enak, Dairy Diary hadir untuk Anda.
 
Dairy Diary (Anchor Food Professionals) merupakan distributor bahan baku kue di Indonesia yang menyediakan berbagai produk Anchor food professional berkualitas dan terbaik seperti mentega/ Anchor butter, cream cheese (krim), milk (susu), natural cheese dan processed cheese (keju) sebagai wujud persembahan dari PT Fonterra Brands Indonesia. Dairy Dairy merupakan salah satu bentuk komitmen Fonterra Indonesia dalam memajukan bisnis food service khususnya dalam bidang bahan baku kue & produk mentega di Indonesia.
 
 
 
 
 
Reference: The SpruceEats

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm