Image

QUICK CONTACT













Image

How to Improve Your Ecommerce Store's User Experience (And Pay Less To Sell More)

22 Apr 2021 by Billy Gani
Evan Williams, co-founder dari Twitter pernah berkata bahwa “UX (pengalaman pengguna) merupakan segalanya, Hal tersebut senantiasa dan selalu penting, tetapi terkadang kurang diperhatikan dan kurang diminati dari segi investasi.” begitu pula dengan pengalaman pengguna dalam setiap bisnis e-commerce. Toko online saat ini senantiasa menggunakan berbagai cara mulai dari memasang iklan pada Facebook Ads, melakukan riset produk, hingga merancang desain yang terbaik untuk performa bisnis mereka. Tetapi, UX masih sering ditinggalkan. 
 
Hal ini dapat menjadi salah satu masalah besar yang dapat mempengaruhi pengunjung, konsumen , dan juga keuntungan dari penjualan bisnis Anda. 
 
Pertama, Apa Yang Dimaksud Dengan UX & Mengapa Anda Perlu Memahaminya?
 
Pengalaman pengguna (UX) merupakan keseluruhan pengalaman dari orang yang mengunjungi toko Anda, mulai dari saat dia masuk ke dalam website hingga saat ia keluar. Sederhananya, UX diukur berdasarkan seberapa mudah dan menyenangkannya pengalaman kunjungan tersebut dan seberapa mudah mereka bernavigasi dalam website Anda, mencari apa yang mereka inginkan, dan menghasilkan transaksi.
 
Ketika berbicara tentang UX, mungkin desain senantiasa muncul dalam benak Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa masih banyak hal positif yang dapat pengguna rasakan ketika berinteraksi dengan desain, contohnya:
 
  • Apakah website Anda dimuat dengan cepat?

  • Apakah website Anda mudah di navigasikan?

  • Apakah website Anda mudah dan nyaman ketika diakses melalui perangkat seluler?

  • Apakah copy yang Anda berikan menarik, spesifik, dan jelas?

  • Apakah setiap ikon memiliki label dan mudah diartikan?

  • Apakah langkah yang kurang penting sudah dihilangkan?

  • Dan sebagainya.

Daftar diatas dapat senantiasa bertambah dari waktu ke waktu. Ada banyak sekali elemen yang dapat berdampak pada seberapa mudah dan nyaman toko online Anda di mata pengguna. Desain, merupakan salah satunya.
 
Karl Gilis dari AGConsult menjelaskan bahwa:

“Kebanyakan orang mengira bahwa UX hanya memiliki hubungan dengan desain. Sedangkan menurut saya, hal ini lebih dari sekedar  itu karena berbicara tentang pengalaman pengguna saat mengunjungi website Anda. Hal tersebut berarti bahwa setiap aspek dari website dan apa yang Anda tawarkan senantiasa mempengaruhi pengalaman pengguna.
 
Hal ini juga menjelaskan tentang mengapa Anda harus peduli - pengalaman buruk kemungkinan besar akan mengakibatkan pengunjung untuk meninggalkan website Anda. Dan hal tersebut tidak pergi begitu saja, pengguna tersebut pergi dengan perasaan negatif tentang brand Anda.
 
Saya harus mengakui bahwa, sebagai orang yang dapat bekerja dalam bidang usability, saya tidak pernah menyukai penggunaan dari kata ‘UX’. Hal ini dikarenakan meskipun saya memiliki pengalaman yang sangat buruk, saya masih memiliki pengalaman pengguna. Tetapi mungkin karena sebagian besar desainer berfokus pada kata ’pengalaman’, dan kata itu tampaknya memicu kepribadian mereka yang lebih artistik dan kreatif. Dan mungkin tanpa disadari mereka melupakan ’pengguna’.
 
Mengapa Seluruh Hal Ini Penting?

Karena setiap pengguna yang berbelanja memiliki banyak opsi, sangat banyak. Ada hampir lebih dari 500.000 toko dalam Shopify di hampir lebih dari 175 negara di dunia. Seluruhnya mendatangkan keuntungan sebesar hampir $34 miliar . Dan juga belum ditambah dengan toko yang tidak menggunakan Shopify atau Tokopedia dan Shopee dan Anda tentunya sebagai pengguna akan merasa kewalahan dengan banyaknya jumlah toko di luar sana.
 
eMarketer memperkirakan bahwa penjualan dalam ritel berbasis e-commerce mencapai $4 triliun pada tahun 2020, menghasilkan 14,6% dari total pengeluaran seluruh ritel pada tahun tersebut. Dengan begitu banyak opsi lainnya, jika UX Anda membuat pengguna frustasi atau benar-benar buruk, mereka tidak akan ragu untuk pergi ke tempat lain. 
 
Jangan meremehkan keinginan pembeli untuk pergi ke tempat lain jika UX Anda masih berada di bawah standar. 57% pembeli sudah meninggalkan keranjang belanja mereka dan menuju toko yang sejenis, terlepas dari kualitas UX yang Anda berikan.
 
Seperti yang dijelaskan Talia Wolf dari GetUplift.co, UX akhirnya menempatkan pelanggan kembali di kursi pengemudi. “UX merupakan seluruh hal yang tidak dimiliki oleh desain grafis dan UI yang kuno. Hal ini didorong oleh data dan pelanggan yang berfokus dalam membantu pelanggan untuk mencapai tujuan mereka. Yang lainnya difokuskan untuk terlihat menarik. UX dibangun berdasarkan penelitian dan validasi. Yang terpenting, ini menempatkan pengguna dalam fokus.
 
Meskipun desain dan UI berfokus pada hal yang tampak menarik di pada halaman website dan brand Anda, UX senantiasa berfokus pada pemahaman yang lebih baik tentang niat pelanggan dan cara membantu mereka dalam memenuhi tujuan tersebut. Keseluruhan tujuan dari UX adalah untuk memastikan bahwa produk dan pengalaman pengguna yang Anda buat memberikan hasil yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda. ”
 
Tips Yang Dapat Anda Perhatikan Tentang  UX
 
Meningkatkan UX dari website Anda senantiasa memberikan banyak manfaat, tetapi inti dari manfaat tersebut adalah mengubah traffic  menjadi pelanggan yang melakukan transaksi. Untuk melakukan ini, Anda harus mendesain toko online Anda dengan mempertimbangkan pelanggan.
 
Memprioritaskan Fungsionalitas 
 
Apakah Anda terbiasa dengan beberapa tren desain ini?
 
  • Parallax scrolling. (Elemen di latar depan bergulir lebih cepat daripada elemen di latar belakang)

  • Gambar yang bergeser secara otomatis

  • Ghost buttons (Tombol transparan)

  • Video yang berjalan di latar belakang

Jenis tren ini cenderung cepat meningkat karena terlihat menarik secara visual. Masalahnya adalah beberapa hal diatas yang tidak selalu berfungsi dengan baik, tergantung pada kualitas penerapannya.
 
  • Parallax scrolling sering kali diterapkan ketika tidak terlalu diperlukan dan buruk

  • Gambar yang bergeser terkadang dapat mengganggu, lambat saat dimuat dan terbukti berkinerja buruk

  • Ghost buttons sesuai dengan namanya, seringkali tampak tidak dapat diklik dan seringkali terabaikan

  • Latar belakang video mengalihkan perhatian dan waktu muat menjadi lebih lambat.

Seperti yang dijelaskan Karl, hal ini tidak berbicara tentang tampilan website Anda, tetapi tentang bagaimana fungsinya berjalan dengan baik.  “Tentu desain itu senantiasa penting. Tetapi, desain tersebut juga harus bersifat fungsional. Hal ini bukan berbicara tentang bagaimana Anda menjadikan website Anda terlihat berkualitas tinggi. 
 
Lihat Google, AirBnB, atau Amazon. Website tersebut bukanlah website-website yang paling kreatif dalam hal desain. Tetapi mereka mungkin jauh lebih populer daripada website yang Anda miliki.
 
Dari segi desain, keduanya memiliki satu kesamaan -  sangat fungsional dan tidak memiliki gangguan visual. Dan itulah desain UX yang berkualitas. Desain bukan hanya berbicara tentang penambahan elemen. Hal ini berbicara tentang bagaimana Anda dapat menjaga elemen-elemen yang menambah keuntungan.

Setiap elemen dalam halaman website Anda perlu mendukung pengunjung dalam mencapai tujuannya. Dan juga - hal tersebut merupakan hal yang perlu Anda sadari terlebih dahulu. Setiap orang yang mengunjungi website,halaman arahan, halaman produk atau artikel blog Anda dengan suatu alasan. Bukan karena mereka tidak punya pekerjaan lain. Desain Anda harus berfokus pada tujuan tersebut. "
 
Copy Yang Berfokus Pada Pengguna Harus Senantiasa Menuntun Desain
 
Mari kita pikirkan sejenak, mana yang harus Anda pilih:
  • Menulis copy website Anda terlebih dahulu dan kemudian merancang (atau menemukan) tema yang melengkapi copy tersebut.

  • Merancang (atau menemukan) tema terlebih dahulu dan kemudian menulis copy berdasarkan alur tema.

Hal ini, tentu saja, menjadi perdebatan yang tampaknya abadi. Jika Anda menginginkan UX yang berkualitas untuk website, Anda harus dapat membuat copy menuntun desain. Anda dapat memilih opsi nomor satu.
 
Mengapa? Karena desain harus mendukung dan memberdayakan copy nya, bukan sebaliknya. Lagi pula, tidak ada yang membeli kaos atau fidget spinner karena website yang menjualnya terlihat baik. Mereka membeli karena copynya meyakinkan mereka.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna ketika mendatangi website e-commerce Anda dan membuat Anda lebih menghemat budget dalam menjalankan bisnis. Jika Anda masih memerlukan bantuan dalam pengoptimalannya, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Shopify

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon