Image

QUICK CONTACT













Image

5 Tips Dari CDC Untuk Menjaga Agar Masker Anda Lebih Protektif Ketika Digunakan

21 Apr 2021 by Billy Gani
Vaksin memang sangat dibutuhkan saat ini hingga nanti saat akhir pandemi. Tetapi, masker juga menjadi salah satu hal terpenting yang senantiasa digunakan dan dibutuhkan saat ini sebagai salah satu senjata yang kita miliki dalam menghindari virus COVID-19. Dengan masih menyebarnya virus COVID-19 di penjuru dunia saat ini, banyak pakar kesehatan yang menekankan tentang pentingnya penggunaan masker yang berlapis dan juga tersegel rapat.
 
Kesimpulannya adalah, Anda tentunya ingin menjaga agar mata, hidung dan mulut Anda agar tidak terpapar dari virus atau bakteri apapun yang berada di udara ketika berpapasan dengan orang lain,” kata Dr. Alice Sato, seorang ahli epidemiologi dari Children’s Hospital & Medical Center di Omaha, Nebraska, kepada Insider. Tetapi tidak semua masker dirancang dengan tingkat perlindungan yang sama.
 
CDC (Centers for Disease Control and Prevention) merilis lima tips yang bermanfaat untuk membuat masker yang Anda gunakan menjadi lebih protektif. Kebanyakan tips ini memang berbicara tentang masker bedah umum, yang juga sangat efektif untuk digunakan - ketika dipakai dengan cara yang benar - dalam memblokir droplet dan partikel udara yang lebih kecil yang sering disebut sebagai aerosol.
 
Lapisan Penyangga Pada Atas Hidung Memberikan Segel Yang Lebih Kuat
 
Menutup bagian dari hidung Anda merupakan salah satu elemen terpenting dari menggunakan masker. Studi yang dipublikasikan di bulan Mei menemukan bahwa sel-sel di dalam hidung lebih mungkin terinfeksi dan melepaskan virus COVID-19 jika dibandingkan dengan sel-sel pada bagian tenggorokan atau paru-paru.
 
Tetapi, hidung sedikit sulit untuk dilindungi. Terkadang masker dapat merosot dari bagian hidung karena adanya celah dari nose bridge. Dan untuk alasan ini, CDC merekomendasikan agar Anda menggunakan masker dengan nose wire, atau menggunakan logam kecil berbentuk strip yang berada di bagian hidung atas. Dengan menyesuaikan logam ini pada masker,  Anda dapat memastikan bahwa masker yang sedang Anda gunakan tersegel erat sehingga tidak ada droplet atau aerosol yang dapat masuk dan mengenai atau keluar bagian wajah Anda.
 
Nose wire ini juga dapat menjaga agar kacamata (jika Anda menggunakannya) tidak mudah beruap, sebuah tanda yang baik dari penyegelan hal tersebut.

Mask Braces Dapat Meningkatkan Tingkat Filtrasi Hingga 90%
 
Masker bedah terbuat dari bahan kain yang tidak ditenun (non-woven fabric), jadi hal masker ini menjadi salah satu pilihan teraman yang dapat Anda gunakan jika tidak memiliki masker N95, standar emas dalam menutup wajah. Tetapi, bahkan masker bedah inipun tidak menawarkan segel yang sempurna. Studi terbaru dari National Institute for Occupational Safety and Health menemukan bahwa bahwa masker prosedur dengan tingkat medis hanya memblokir sebanyak 59% aerosol pernapasan dari batuk yang dihasilkan oleh setiap orang.
 
Namun, penelitian menunjukkan bahwa jika Anda melapisi penjepit atau penguat masker di bagian masker medis, Anda dapat membuatnya kurang lebih hampir setara dengan kualitas penggunaan dari masker medis N95.
 
Mask braces, juga dikenal sebagai mask fitters, biasa digunakan dengan beberapa subtitusi lain, seperti nose wire. Alat ini dapat membantu Anda untuk menciptakan segel yang lebih baik di sekitar sisi wajah Anda, di mana terkadang Anda bisa merasakan nafas hangat yang Anda keluarkan.
 
"Mask braces ini telah dibuktikan secara ilmiah dan dapat meningkatkan kinerja penyaringan sebanyak 90% atau lebih, yang, sekali lagi, masuk ke dalam kisaran efisiensi penyaringan yang serupa dan diberikan oleh respirator N95," menurut Dr. John Brooks, kepala petugas medis untuk CDC’s COVID -19.
 
Teknik “Simpul & Selip” Juga Dapat Mengurangi Kebocoran Udara
 
Kebanyakan masker medis memiliki satu ukuran yang cocok untuk semua orang, tetapi CDC baru-baru ini menguraikan cara yang dapat Anda terapkan sendiri untuk mendapatkan segel yang lebih rapat saat menggunakan masker. Mulailah dengan melipat masker Anda menjadi dua bagian, dari ujung ke ujung. Kemudian ikat kedua lilitan pada bagian sehingga simpul yang Anda buat berada sedekat mungkin dengan masker Anda. Terakhir, buka masker dan selipkan kain ekstra di bawah bagian simpul dari masker.
 
"Anda dapat mengetahui bahwa masker tersebut pas atau tidak di wajah Anda karena masker bergerak masuk dan keluar saat Anda bernapas," ujar Emily Sickbert-Bennett, direktur pencegahan infeksi di Rumah Sakit UNC, dalam sebuah video yang menguraikan proses tersebut. Metode "knot and tuck", tambahnya, dapat meningkatkan filtrasi masker Anda hingga 20%.
 
Menggandakan Masker Kain Diatas Masker Medis Dapat Menghalangi Lebih Dari 92% Partikel Dari Batuk
 
Peneliti Linsey Marr dan Monica Gandhi membuat sebuah studi kasis untuk menggandakan penggunaan masker dalam studi November yang masih menunggu tinjauan dari pakar lainnya. Kombinasi masker kain yang ditempatkan di atas masker bedah ditemukan oleh mereka bahwa lebih dari 70% efektif dalam menyaring partikel kecil (kurang dari 0,3 mikrometer) dan lebih dari 90% efisien dalam menyaring partikel 1 mikrometer dan lebih besar.
 
Masker bedah bertindak sebagai filter sedangkan masker kain membantu memastikan penutup wajah Anda yang lebih rapat. CDC juga sudah merekomendasikan kombinasi ini. 
 
Dikatakan bahwa "masker kedua harus mendorong tepi dari bagian masker yang berada di dalam untuk lebih menutup wajah Anda." Dalam tes laboratorium dengan boneka, peneliti CDC menemukan bahwa penyamaran ganda memblokir lebih dari 92% partikel yang dihasilkan dari batuk jika dibandingkan dengan 42% dari penggunaan masker medis saja. 
 
"Fakta bahwa  92% efektivitas ini dapat diartikan bahwa ada efek dari kesesuaian yang sangat ditingkatkan dalam mencegah kebocoran keluar dari samping," kata Marr  kepada Insider. "Hal ini dapat menjadi kombinasi dari filtrasi dan kecocokannya."
 
Ketika Ragu, Periksa Celah Masker Dengan Menangkupkan Tangan Di Sekitar Tepinya Saat Menarik & Membuang Nafas
 
Masker yang tidak pas akan memiliki celah di bagian atas atau bawah, atau di sepanjang sisinya. Itulah mengapa pakar kesehatan senantiasa menyarankan agar Anda tidak menggunakan bandana atau syal sebagai penutup wajah. 
 
"Jika masker yang Anda gunakan pas, Anda akan merasakan udara hangat masuk melalui bagian depan masker dan mungkin bisa melihat bahan masker bergerak masuk dan keluar dengan setiap tarikan napas," kata CDC.
 
Pada akhirnya, masker apa pun lebih baik jika dibandingkan dengan tidak menggunakan apapun sama sekali. "Masker terbaik adalah masker yang pas dan nyaman ketika Anda kenakan," kata Sato.
 
 
Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda pahami dalam menggunakan masker sebagai bagian dari atribut wajib yang melengkapi keseharian dari aktivitas Anda jika bepergian keluar saat ini. Jika Anda ingin memiliki masker yang aman dan  dengan desain yang Anda inginkan serta harga yang terjangkau, Instaprint hadir untuk Anda.
Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis masker kain yang Anda butuhkan. Untuk mendukung keamanan dan keinginan custom desain Anda, Instaprint menawarkan jasa cetak masker kain di Tangerang berkualitas dengan harga terjangkau dan juga aman.

Instaprint juga menyediakan layanan pencetakan secara online melalui instaprint.id. Anda tentunya memiliki fleksibilitas waktu mencetak yang lebih panjang, bahkan hingga 24 jam di tengah pandemi COVID-19 ini. Anda juga dapat mengawasi status pemesanan dengan mudah. 
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak masker kain dengan desain favorit tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan pilih desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang bervariasi. Dijamin, masker kain yang aman dengan desain favorit Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
 
 
Reference: BusinessInsider

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon