Image

QUICK CONTACT













Image

How To Win Users And Influence Conversions With UX For App Design

20 Apr 2021 by Billy Gani
Bagaimana cara Anda memastikan strategi yang tepat ketika merancang desain dari aplikasi perangkat? App Store dari Apple menawarkan pengguna hampir 2 juta aplikasi, dan Google Play lebih dari 2.2 juta setiap harinya. Dan menurut data dari GO-Globe, hampir 52% waktu pengguna dihabiskan untuk melihat konten digital yang diakses melalui perangkat seluler.

Pengguna mengapresiasi Anda ketika aplikasi yang Anda berikan dapat memberikan mereka kenyamanan, tetapi jika tidak berjalan sesuai dengan ekspektasi mereka, tentunya dengan cepat juga mereka akan menghapus instalannya.

Maka dari itu, Anda atau designer dari aplikasi perangkat Anda dapat mempelajari bagaimana Anda menggunakan aplikasi perangkat untuk mengimplementasikan solusi yang menarik untuk setiap pengguna.
 
Review Statistik & Tren Aplikasi Perangkat Yang Sedang Berjalan
 
Setiap orang tentunya mengunduh aplikasi karena fungsinya, dan bisnis senantiasa merancangnya karena hal tersebut menghasilkan keuntungan. 
 
  • 89% waktu yang dihabiskan dalam media sosial berasal dari penggunaan aplikasi berbasis perangkat seluler.

  • 500 pedagang terkemuka melaporkan 42% penjualan melalui perangkat seluler berasal dari aplikasi. Pendapatan ini senantiasa berkembang setiap tahunnya. Pada tahun 2015, hampir $45 miliar dihasilkan dari aplikasi berbasis perangkat seluler. Pada tahun 2016, jumlahnya meningkat menjadi $58 miliar. Dan pada akhir tahun 2017, angka tersebut  meningkat cukup tinggi hingga berkisar antara $77 miliar.

  • Game merupakan salah satu jenis aplikasi yang paling sering digunakan, yang juga diikuti oleh aplikasi media sosial. Aplikasi dengan konten musik adalah kategori yang tumbuh paling cepat & 85% pengguna lebih memilih aplikasi berbasis perangkat seluler jika dibandingkan dengan menggunakan website yang dibuka dari perangkat seluler mereka.
Aplikasi senantiasa mendorong keterlibatan pengguna dan meningkatkan rasio konversi untuk bisnis Anda.
 
Golongan yang berada pada usia belasan akhir dan awal 20-an kemungkinan besar senantiasa menggunakannya, tetapi jumlahnya tidak terlalu berbeda jika dibandingkan dengan pengguna berusia 50 dan 60-an. Namun, tidak semua aplikasi dapat berhasil menjangkau seluruh generasi ini. Ketika pengguna memiliki jutaan pilihan, sangat penting bagi Anda untuk dapat mengembangkan strategi UX yang tepat agar menjangkau setiap kalangan.
 
Lacak Tentang Hal Apa Yang Sedang Digemari Oleh Pengguna
 
Pada tahun 1998, ponsel Nokia dilengkapi dengan game "Snake". Hal tersebut menjadi salah satu varian varian dari game arcade yang mereka miliki sejak tahun 1976. Nokia mengambil hal yang populer dari tahun-tahun sebelumnya dan menciptakannya kembali untuk mengubah cara berpikir pengguna tentang ponsel mereka.
 
Langkah ini mengubah permainan mereka. Hingga saat tersebut, setiap orang hanya menggunakan perangkat mereka untuk menelepon dan mengirimkan pesan teks - tetapi sekarang, kehadirannya juga menjadi salah satu hiburan dari perangkat seluler.
 
Kompetitor Anda tentunya dengan cepat juga senantiasa m mengembangkan permainan mereka sendiri. Nokia 3310 dapat menjadi contoh dari salah satu ponsel terlaris yang pernah ada. Dan pada ini, Nokia kembali merilis versi klasiknya, lagi-lagi dengan "Snake".
 
Lacak tentang yang telah efektif di masa lalu bagi bisnis Anda dan rancang aplikasi perangkat Anda berdasarkan apa yang sudah berhasil Anda lakukan terlebih dahulu. Buatlah rasa akrab dengan menemukan kembali hal favorit dari pengguna atau dengan menghubungkan aplikasi Anda dengan tren yang saat ini sedang berkembang.
 
Sederhana & Fresh
 
Prioritaskan antarmuka pengguna (UI) yang terasa jelas dan terbuka. Rencanakan setiap keputusan berdasarkan fakta dimana hal tersebut akan dilihat pada layar dengan tinggi sekitar hingga dan enam inci. Analisa tentang bagaimana hal tersebut mengubah ukuran pada berbagai perangkat seluler dan pilihlah desain UI yang minimalis.
 
Pengguna hanya akan menginstal dan menyimpan aplikasi Anda jika aplikasi Anda dinilai yang paling efektif dan menarik yang dapat mereka temukan. Bisnis lain yang mirip dengan milik Anda juga senantiasa menawarkan aplikasi mereka pada demografis yang sama. 
 
Jika aplikasinya Anda atau mereka gagal, hal itu mungkin karena terlalu rumit untuk digunakan. Tarik perhatian pengguna dengan menjelaskan apa yang dilakukan oleh aplikasi Anda. Bantu pengguna mencapai tujuan yang mereka inginkan dalam langkah sesedikit mungkin. Desain UX yang juga intuitif dapat mengelompokkan konten dalam beberapa bagian dan  membuat setiap langkah mudah diikuti dengan pilihan yang ditandai dengan jelas.
 
Buat elemen dalam tampilan antarmuka Anda menjadi lebih besar. Saat Anda mencoba untuk mengecilkan elemen dan menempatkan sebanyak mungkin di layar perangkat, pengguna cenderung akan kewalahan, dan setiap elemen lebih sulit untuk berinteraksi dengan mereka.
 
75% interaksi dengan dilakukan dengan ibu jari. Lakukan sebanyak mungkin langkah yang dapat diselesaikan hanya dengan jari tersebut. Pengguna mengakses aplikasi perangkat ketika mereka bergerak. Uji kemudahan penggunaan aplikasi Anda saat berjalan, makan, dan dalam pencahayaan yang buruk. Semakin sulit mengoperasikannya saat bergerak, semakin banyak penggunaan aplikasi yang sepertinya berhasil. Kekacauan membuat pengguna lebih mungkin secara tidak sengaja memilih sesuatu yang tidak mereka inginkan dan mengabaikan kunjungan mereka.
 
Jika dibandingkan dengan mengharuskan pengguna untuk mengetik data untuk login  pada keyboard kecil mereka, izinkan mereka untuk login dengan tombol besar yang menggunakan Facebook atau Google. Kurangi kemungkinan kesalahan dan frustasi yang dihasilkan yang dapat menyebabkan mereka meninggalkan aplikasi Anda.
 
Jika aplikasi Anda mengharuskan pengguna memasukkan informasi pribadi, gunakan pelengkapan otomatis untuk mengurangi frekuensi mereka harus memasukkannya. Isi kota dan negara bagian secara otomatis berdasarkan kode pos, simpan informasi kartu kredit untuk penggunaan yang lebih mudah di lain waktu, dan pilih otomatis opsi paling populer, seperti pengiriman gratis.
 
Pilih Palet Warna Terbaik Untuk Aplikasi Anda
 
Warna senantiasa terikat dengan emosi. Di negeri Tionghoa, warna merah senantiasa dikaitkan dengan kebahagiaan. Begitu juga dengan pengguna di daerah Timur Tengah yang menyukai warna hijau zamrud. Kenali audiens Anda lebih dalam untuk menggunakan skema warna yang mendorong respons dan meningkatkan konversi.
 
Sebagai contoh, beberapa penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang mengaitkan warna oranye dengan hal yang tidak mahal. Hal ini menciptakan perasaan yang senang atau antusias. 
 
Pada aplikasi perangkatnya, Amazon mengumumkan pengiriman dan pengembalian yang gratis untuk produk yang tidak sesuai  dengan menggunakan kolom dan tombol checkout dengan warna oranye yang sesuai. Pengguna senantiasa mendapatkan penawaran yang menarik, jadi mereka harus melanjutkan dan menyelesaikan transaksi yang mereka lakukan.
 
Berikan Orientasi Progresif Kepada Pengguna
 
Jika pengguna harus menyelesaikan serangkaian langkah untuk mulai menggunakan aplikasi Anda, jangan buat mereka mengetahuinya sendiri. Tambahkan perintah yang menunjukkan kepada mereka tentang apa yang harus dipilih dan di mana mereka memasukkan informasi selangkah demi selangkah. Pengguna seharusnya merasa aplikasi tersebut terungkap secara sendirinya, dan setiap langkah yang mereka selesaikan akan membuka hal baru yang berguna untuk mereka.
 
Opsi orientasi lainnya melibatkan tampilan fitur terbaik dalam aplikasi Anda atau menjelaskan secara singkat fungsi dari fitur terkait kepada pengguna. Perlu diingat bahwa beberapa pengguna malah akan mulai menggunakan aplikasi Anda tanpa gangguan dengan hal ini. Izinkan mereka untuk memilih keluar dari proses orientasi juga jika memang mereka mungkin merasa ingin keluar lebih dulu sebelum proses muatan Anda selesai.
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman tentang bagaimana Anda dapat memenangkan perhatian pengguna dan mempengaruhi konversi dengan UX dari desain aplikasi perangkat. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam mengelola dan mengembangkan aplikasi perangkat yang sesuai dan diperlukan untuk bisnis Anda dengan harga yang bersaing dan juga kualitas yang tidak diragukan, Eannovate hadir untuk Anda.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: UsabilityGeek
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon