Image

QUICK CONTACT













Image

Improving Your Website’s Mobile Design: Crucial Navigation Tips

19 Apr 2021 by Billy Gani
Sungguh luar biasa untuk berpikir bahwa dalam sepuluh tahun terakhir perangkat seluler secara praktis telah mengalahkan populasi umum. Coba kita pikirkan. Perangkat seluler cerdas (smartphone) dan tablet memungkinkan Anda untuk mengakses informasi dan melakukan pembelian tidak seperti sebelumnya yang masih tradisional. Dan, sebagai bukti bahwa penggunaan perangkat seluler terus meningkat, diperkirakan per Februari 2017, hampir 50% dari semua tampilan halaman website di seluruh dunia dapat dikaitkan dan dibuka melalui perangkat seluler.
 
Statistik menunjukkan bahwa pada tahun 2016 terdapat 4,8 miliar pengguna ponsel, 58% pencarian di Amerika Serikat berasal dari perangkat seluler, konsumsi video melalui smartphone menyumbang hampir 45% dari semua traffic aplikasi (dengan Netflix dan YouTube menjadi pemeran utama), dan diperkirakan pada akhir tahun 2020 kemarin, traffic data seluler secara global  meledak sebanyak tujuh kali lipat.
 
Sebagai pemilik sebuah website, statistik ini mungkin dapat membuat Anda khawatir. Memiliki website yang sepenuhnya responsif dan ramah untuk perangkat seluler tidak lagi menjadi pilihan, melainkan kewajiban. Faktanya, hal ini memang belum berlangsung selama beberapa waktu, namun masih banyak website yang gagal menerapkannya dengan benar untuk pengguna yang mengaksesnya saat berada dalam perjalanan dan menggunakan perangkat seluler.
 
Salah satu bagian terpenting dalam memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa kepada pengunjung website yang mengakses dari perangkat seluler adalah dengan memberikan navigasi website yang lancar. Pengunjung website Anda harus dapat menekan menu navigasi, mengarahkan proses pembayaran, dan melihat konten dan gambar yang Anda berikan tanpa harus menggeser, memperbesar, atau membalik perangkat mereka. Sayangnya, bagaimanapun, meskipun sebagian besar website memiliki fitur navigasi bawaan, tidak semua menggunakannya secara maksimal, terutama dalam hal desain untuk perangkat seluler.
 
Itulah mengapa hari ini kami akan berbagi dengan Anda beberapa cara terbaik untuk menjaga navigasi website Anda tetap tepat sehingga bahkan mereka yang mengunjungi website Anda dengan perangkat kecil, dan layar yang sama kecilnya, dapat melihat apa yang Anda tawarkan tanpa hambatan.
 
Buat Menjadi Lebih Sederhana
 
Mereka yang menggunakan perangkat seluler tidak cenderung memiliki banyak waktu (atau kesabaran) di tangan mereka. Lagi pula, banyak dari mereka sedang dalam perjalanan dan hanya ingin melihat apa yang mereka cari dalam website Anda, tanpa harus menekan banyak opsi untuk sampai ke sana.
 
Ingat, semakin lama waktu muatan dari halaman, terutama jika Anda memaksa pengguna untuk bernavigasi melalui beberapa halaman sebelum mencapai titik akhir yang mereka tuju, semakin besar kemungkinan bagi mereka untuk langsung keluar begitu saja. Targetkan tiga tingkatan dalam navigasi, atau kurang, jika Anda ingin menghindari pengunjung untuk pergi ke tempat lain.
 

 
Perhatikan bagaimana Best Buy diatas menggunakan opsi menu yang bersarang untuk membuat navigasi mereka lebih sederhana. Tips lainnya adalah jangan menawarkan terlalu banyak tombol untuk ditekan oleh pengguna pada perangkat seluler. 
 
Hal ini dapat mengganggu layar, terutama pada perangkat, dan dapat menyebabkan banyak kebingungan. Jika website berbasis desktop Anda memiliki banyak tombol navigasi, cobalah untuk membuat versi perangkat yang memiliki lebih sedikit tombol dengan lebih banyak menu yang bersarang di dalamnya.
 
Jangan Membuat Pengguna Mengetik (Sebisa Mungkin)
 
Jari yang gemuk, keyboard yang kecil, dan gangguan karena harus memasukkan begitu banyak informasi ke dalam website atau aplikasi hanyalah beberapa keluhan yang dimiliki orang tentang tampilan website berbasis perangkat seluler. Dan juga, jangan berasumsi bahwa pengunjung website Anda akan memegang perangkat seluler mereka, dalam mode landscape.
 
Terlepas dari kenyataan bahwa memegang ponsel secara horizontal jauh lebih mudah, terutama saat mengetik, telah dibuktikan bahwa hampir 90% orang akan terus memegang ponsel mereka secara vertikal. Memahami hal ini adalah suatu keharusan bagi Anda.Gunakan menu dropdown daripada meminta pengguna untuk mengetik.
Jika website Anda memerlukan pengetikan, apapun yang terjadi, coba yang berikut ini:
 
  • Terapkan fungsi "Ingat nama pengguna dan kata sandi"

  • Memanfaatkan kemampuan pengisian otomatis untuk meminimalkan pengetikan

  • Berikan layanan geolokasi yang secara otomatis dapat menentukan lokasi pengguna

  • Evaluasi setiap kolom yang perlu diketik dan pastikan memang hal tersebut diperlukan.

Berhati-Hati Dalam Menggunakan Ikon
 
Ikon dapat berdampak besar pada kesuksesan dari website Anda. Lihat beberapa manfaat yang dapat mereka peroleh pada keseluruhan desain dan fungsi website Anda:
 
  • Scalable tanpa mengorbankan kualitas

  • Sepenuhnya dapat disesuaikan

  • 100% responsif dengan desain

  • Cross-browser friendly

  • Dapat digunakan dengan menggunakan mouse dan juga layar sentuh.

Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa tidak banyak ikon yang dikenali secara universal yang dapat membingungkan pengunjung website dan menimbulkan masalah pada navigasi. Misalnya, simbol segitiga dan tombol tutup "x" banyak digunakan pada sebagian website di seluruh dunia. Dan semakin banyak lagi juga dapat ditemukan pada ikon hamburger (Anda tentunya tahu ikon dengan tiga garis yang bertumpuk) menjadi lebih terkenal di seluruh pengguna dengan perangkat seluler.
 
Namun, ikon seperti bintang atau hati dapat memiliki banyak arti dan mungkin memerlukan label ikon sehingga pengunjung memahami dengan jelas apa yang dirancang untuk mereka lakukan.
 
Menulis Secara Jelas
 
Copywriting sangat penting untuk website apa pun. Hal ini membantu menyeimbangkan pesan Anda dengan kredibilitas, membantu brand perusahaan atau bisnis Anda, mempengaruhi persepsi pengunjung tentang Anda, dan melayani tujuan komunikasi dengan audiens yang Anda targetkan.
 
Namun ada sedikit perbedaan dalam hal perangkat seluler dan pengunjung website berbasis desktop agar dapat bernavigasi secara efektif melalui website Anda. Terkadang copywriting menjadi tidak jelas, seperti salah satu contoh dari item menu brand H&M berikut ini.
 

 
Item menu harus menggunakan bahasa yang sederhana yang dengan jelas menjelaskan ke mana pengguna akan dibawa setelah menekannya. Namun, terkadang perusahaan yang cukup besar  membuat hal-hal menjadi terlalu rumit dalam upaya untuk tetap trendi, dan akhirnya kehilangan sebagian besar target audiens mereka karena terlalu banyak menekan tombol dan menjadi kesulitan.
 
Pertimbangkan Penggunaan Opsi Dengan Filter Di Dalamnya
 
Banyak website e-commerce besar saat ini yang memiliki banyak produk dan layanan yang tersedia bagi pelanggan dan menerapkan opsi dengan filter pada website berbasis perangkat seluler mereka untuk mempermudah navigasi melalui halaman dari setiap produk. Pikirkan kategori seperti brand, harga, warna, ukuran, dan rentang usia. Pada akhirnya, kriteria ini akan bergantung pada jenis website yang Anda miliki.
 
Selain itu, coba hindari penyebutan nomor halaman. Saat mencari produk yang sempurna, pengguna tidak ingin dihadapkan pada pikiran bahwa mereka harus bernavigasi melalui puluhan halaman. Memang jelas, kenyataan bahwa ada banyak halaman itu sangat nyata. Namun, menemukan cara untuk menghindari pengguna agar ingat tentang hal tersebut sangat berguna dalam membantu pelanggan yang tertarik untuk terus menjelajahi website Anda. 
 
Anda dapat mencoba menggunakan tombol "Lihat Lebih Banyak Item" atau dengan menerapkan infinite scrolling. Hal ini juga dapat Anda pasangkan dengan filter yang diterapkan dengan tepat yang dapat melakukan performa berkualitas untuk pengalaman pengguna Anda secara keseluruhan.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips dalam meningkatkan desain untuk website berbasis perangkat yang dapat Anda gunakan. Jika Anda masih membutuhkan bantuan untuk menerapkannya, kami dapat membantu.
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Custom Web Design / Website Development di Jakarta dengan FREE Domain dan Hosting, serta Maintenance selama 1 tahun. Kami akan menjamin website Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan penanganan jika terjadi masalah pada website Anda sewaktu-waktu.
 
Dan juga, Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami juga siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens Anda dengan menyerahkan layanan jasa Custom Web Design / Website Development di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
 
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: OneExtraPixel

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon