Image

QUICK CONTACT













Image

5 UX Tips To Build A High Converting Landing Page

19 Apr 2021 by Billy Gani
Dalam cakupan yang lebih luas, sebuah halaman arahan merupakan halaman website dimana pengguna akan mendarat. Halaman homepage biasanya menjadi halaman arahan bagi sebagian besar website, meskipun tidak jarang juga untuk halaman lain menjadi arahan dari website tertentu. Contohnya, jika Anda memasuki website Eannovate karena melihat artikel tertentu yang sedang ingin Anda baca, halaman tersebut adalah halaman arahan yang kami miliki.
 
Dalam dunia pemasaran online, Anda sebagai desainer juga dapat membuat halaman arahan khusus yang melengkapi kampanye iklan yang ditargetkan oleh bisnis Anda. Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, banyak brand yang kini mulai membangun homepage mereka dengan mengikuti prinsip yang sama seperti halaman arahan yang ditargetkan. Praktik ini terutama berlaku untuk brand produk yang tunggal, misalnya seperti aplikasi berbasis website dan perangkat seluler (seperti Telegram, WhatsApp, Evernote, Slack, dan sebagainya).
 
Tujuan bisnis utama dari halaman arahan ini adalah untuk mengoptimalkan tingkat konversi dari website Anda (CRO). Ada banyak praktik yang dapat digunakan untuk meningkatkan rasio konversi (membuat lebih banyak orang mendaftar, mengunduh, membeli, dan sebagainya.). Pada artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa tips dari desain UX yang dapat Anda gunakan untuk membuat halaman arahan dengan konversi tinggi.
 
Ubah Tujuan Utama Dari Bisnis Anda Menjadi Tombol CTA
 
Banyak halaman arahan yang ingin mencapai hasil yang tinggi pada waktu yang cepat. Namun, pengunjung yang mengalami kelebihan informasi berat cenderung menjadi bingung dan pergi meninggalkan website. Sebelum mulai merancang desain dari halaman arahan Anda, pikirkan baik-baik tentang apa tujuan bisnis nomor satu Anda. Apakah Anda ingin orang-orang mengunduh aplikasi Anda? Ingin mereka mendapatkan pengujian beta? Meluncurkan produk baru? Meningkatkan pendaftaran newsletter Anda? 
 
Ketika Anda menemukan jawabannya, ubah tujuan bisnis utama tersebut menjadi tombol CTA  yang menarik.
 
Sebagai contoh, mari kita lihat halaman arahan yang mengarah pada portofolio dari Cryptagon di atas. Anda dapat mengetahui tujuan bisnis utama mereka pada pandangan pertama — mereka ingin orang-orang mengunduh dan mendaftar ke aplikasinya. Pesan mereka senantiasa tetap konsisten pada seluruh halaman dan tidak mengalihkan perhatian pengunjung mereka dengan informasi yang tidak perlu.
 
Spesifikasikan Manfaat Utama Dari Layanan Atau Produk Anda Dalam Headline
 
Judul yang ditulis dengan baik sangat penting jika Anda ingin membuat halaman arahan dengan konversi tinggi. Judul yang tepat berupa judul yang pendek, menarik perhatian, dan tepat sasaran. Hal ini dapat menjadi kesalahan yang sering terjadi pada halaman arahan yang judulnya menentukan manfaat produk dari sudut pandang pemilik website. Namun, hal tersebut sebenarnya dapat berjalan sebaliknya. Judul dapat mengubah pengguna menjadi calon prospek potensial hanya jika menunjukkan keunggulan dari produk atau jasa dari sudut pandang pengguna.
 
 
Contohnya, halaman arahan Uber pada contoh diatas memiliki judul utama yang cukup berkualitas. Judulnya hanya terdiri dari dua kata tetapi menangkap esensi dari layanan yang mereka tawarkan. Slogan "Sampai di sana" dimulai dengan kata kerja yang berupa tindakan kuat ("Dapatkan") dan secara harfiah mengajak pengunjung untuk bertindak. Di bagian bawah judul, juga terdapat subtitle yang memperkuat pesan dan semakin meyakinkan pengguna untuk mencoba layanan Uber.
 
Tunjukkan Lebih Banyak Hal Tentang Produk Atau Layanan Yang Anda Miliki
 
Banyak orang cenderung hanya percaya pada mata mereka sendiri. Menunjukkan secara visual tentang bagaimana suatu produk atau layanan bekerja dapat meyakinkan lebih banyak orang untuk mempertimbangkan pembelian. Metode ini bekerja dengan sangat baik jika Anda menggunakan ilustrasi seperti figur tertentu. Gambar atau figur tertentu, terkadang juga disebut gambar header, merupakan gambar dengan lebar penuh yang berada di bagian atas website dan berfungsi sebagai latar belakang dari headline, terkadang dapat berupa deskripsi singkat, dan tombol ajakan (CTA).
 
 
Halaman arahan dari kartu kredit PayPal diatas menunjukkan cara kerja produk dalam dua cara berbeda pada waktu yang sama. Di bagian depan, Anda dapat melihat foto produk dari dua pembaca kartu dan aplikasi PayPal. Sedangkan pada bagian belakang  (background), ada dua orang, seorang penjaga toko dan seorang pelanggan, di tengah-tengah yang sedang menggunakan produk tersebut. Kedua gambar tersebut saling mendukung dan memberikan rasa aman kepada pengguna bahwa mereka diberikan semua informasi yang mereka butuhkan.
 
Sertakan Logo Dari Brand Ternama
 
Logo dari brand ternama berfungsi sebagai isyarat visual bagi pengunjung yang secara tidak sadar memindai halaman untuk mendapatkan bukti yang terpercaya bahwa produk Anda dibuat oleh perusahaan yang dapat dipercaya. Jangan hanya memikirkan logo klien atau mitra Anda saja saat memasukkan konten visual website Anda. Jika produk atau perusahaan Anda telah diunggulkan dalam publikasi yang kredibel, jangan ragu untuk menambahkan bagian "Featured". Atau, jika produk dan layanan Anda melengkapi atau menyempurnakan brand terkenal, Anda juga dapat menambahkan logonya pada halaman arahan dari website Anda.
 
 
Halaman arahan dari Platforma Web Wireframe Kit secara tepat menggunakan logo perusahaan lain untuk mendapatkan kepercayaan dari pengunjung mereka. Tepat di bawah gambar produk, mereka menampilkan logo alat yang telah mereka gunakan dalam kit wireframe mereka. Semua brand terkenal oleh audiensnya dimasukkan seperti Sketch, Photoshop, atau Adobe Illustrator. Mereka tetap konsisten menggunakan logo pada setiap halaman, misalnya dengan menggunakan bagian "Digunakan oleh" yang mengesankan.
 
Tambahkan Data Atau Statistik
 
Menggunakan data numerik pada halaman site dapat menjadi tren desain yang saat ini populer. Setiap orang saat ini dibombardir dengan banyak informasi setiap hari, oleh karena itu rentang perhatian rata-rata telah menurun drastis selama beberapa tahun terakhir. Menampilkan data pengguna secara visual, baik dengan menampilkan angka atau persentase dan menyertakan grafik / bagan dalam desain, dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan mereka.
 
 
Platform pemesanan Hotelchamp diatas menggunakan teknik desain ini di halaman arahannya. Semua angka tersebut relevan dengan calon pelanggan, karena menunjukkan bagaimana platform tersebut mempengaruhi bisnis pengguna. Secara keseluruhan, ada empat data numerik yang berbeda pada halaman (jumlah hotel, jumlah negara, persentase kenaikan pemesanan, jumlah mesin pemesanan yang terintegrasi dengan aplikasi). Empat merupakan angka yang cukup baik, karena data yang mereka tunjukkan cukup meyakinkan, namun tekniknya masih belum berlebihan.
 
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan dan membangun halaman arahan yang tinggi konversi dengan desain UX dari website ataupun aplikasi Anda. Jika Anda masih memerlukan bantuan dalam pengoptimalannya, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
 Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
 Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
 Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
 Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: OneExtraPixel

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon