Image

QUICK CONTACT













Image

Progressive Web App: Why E-Commerce Merchants Should Adopt It

15 Apr 2021 by Billy Gani
Upaya pemasaran kurang dapat memastikan kelancaran Anda dalam meraih target konsumen. Aksesibilitas antar perangkat, khususnya pada perangkat seluler, tentunya memainkan peran penting dalam meningkatkan kehadiran online dari e-commerce dan bisnis yang Anda jalankan. Faktanya, berdasarkan perkiraan eMarketer, Statista memperkirakan pertumbuhan signifikan dalam e-commerce perangkat dapat mencapai hampir 73% dari penjualan e-commerce di seluruh dunia - $ 3,5 triliun - pada tahun 2021.
 
Hal ini dapat disebabkan karena e-commerce yang memiliki aplikasi yang sangat menarik dan fungsional, atau dengan menggunakan aplikasi berbasis website yang progresif (progressive web apps). Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang apa itu progressive web apps atau biasa disingkat dengan PWA, mengilustrasikan manfaatnya bagi bisnis berbasis e-commerce dan bagaimana cara Anda untuk mengimplementasikannya ke dalam website atau aplikasi perangkat yang Anda miliki.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Progressive Web Apps (PWA)?
 
Progressive Web Apps merupakan aplikasi berbasis website yang sangat responsif dan dirancang khusus untuk platform perangkat yang juga dapat menjadi alternatif yang baik untuk aplikasi native yang jumlahnya terus bertambah.
 
Tetapi, apakah biaya yang lebih rendah untuk PWA mempengaruhi pengalaman pengguna? Mungkin saja tidak. Jika Anda melihat contoh di bawah ini, dapat terlihat bahwa keduanya tidak terlalu terlihat berbeda. 
 
 
Dan juga, dengan aplikasi perangkat yang lebih didedikasikan dalam pembuatannya memakan ruang 10MB lebih banyak, sementara yang bukan berupa PWA hanya mengambil ruang kurang dari 100kb.
 
Manfaat Dari PWA Untuk Bisnis E-Commerce 
 
Menawarkan Waktu Perilisan Yang Lebih Cepat 
 
PWA dirancang dengan kode yang dapat digunakan kembali dimana para developer dapat menggunakan kode yang sama dalam modul yang berurutan. Dan juga, karena aplikasi tersebut secara langsung mengarah pada website e-commerce yang orisinil, landasannya sudahlah ada. Jadi, untuk Anda yang ingin menawarkan konsumen fitur aplikasi native dalam waktu yang singkat, menerapkan PWA mungkin terbukti menjadi alternatif paling efisien untuk mengembangkan aplikasi seluler native atau website yang responsif.
 
Mengurangi Jarak Antara Bisnis Anda Dengan Konsumen
 
Menurut laporan aplikasi perangkat A.S. ComScore 2017, pengguna seluler di A.S. membatasi penggunaan aplikasi seluler mereka hanya dari tiga hingga sepuluh. Tetapi, di sisi lain, Google mengklaim bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam keterlibatan antara konsumen melalui di tahun 2017 ketika Twitter merilis Twitter Lite PWA. Kesimpulannya adalah jika aplikasi native tampaknya mengganggu kemampuan pelanggan untuk berinteraksi dengan Anda, penerapan PWA adalah solusi yang perlu dipertimbangkan.
 
Menyelamatkan Anda Dari Aplikasi Pihak Ketiga & Berlangganan Pada App Store
 
Aplikasi asli berada di toko aplikasi OS seperti App Store & Google Play Store, yang berarti Anda harus membayar biaya berlangganan. Dengan menerapkan PWA, Anda dapat menghindari biaya ini tanpa mempengaruhi visibilitas dari website Anda.
 
Meningkatkan Visibilitas
 
Aplikasi native Anda akan "tidur" di toko aplikasi sementara pelanggan Anda mungkin menelusuri Anda melalui browser mereka. Pengalihan ini dapat diatas oleh PWA, karena PWA menawarkan fungsi aplikasi yang sama seperti halaman website yang dapat dicari oleh pengguna secara langsung.
 
Apakah Website E-commerce Anda Memerlukan PWA?
 
Memang tidak diragukan lagi bahwa PWA menawarkan banyak manfaat untuk website e-commerce saat ini. Namun, implementasinya bervariasi berdasarkan tantangan tersendiri yang bisnis Anda hadapi. Sebagai contoh, jika bisnis Anda mendapatkan pendapatan dari pengguna iPhone, lebih baik Anda tidak menggunakan PWA karena kurang teroptimalkan untuk platform iOS. Sebaliknya untuk pengguna perangkat seluler berbasis Android, tentunya PWA dapat membawa manfaat yang besar.
 
Mengadopsi PWA dapat menjadi pilihan tepat, jika:
 
  • Bisnis E-Commerce Business Anda Masih Dalam Fase Startup

Startup e-commerce cenderung mengacu pada ide mentah yang menarik. Salah satu hal yang kurang dimiliki adalah biaya dan arah yang tepat untuk memprioritaskan visi. Dengan waktu dan sumber daya yang terbatas, PWA diperlukan untuk menginisiasikan tindakan pengambilan risiko dengan investasi minimal yang dipertaruhkan.
 
  • Android Merupakan Sistem Yang Anda Targetkan

App store-nya merupakan salah satu sumber pendapatan utama Apple. Inilah alasan mengapa butuh waktu bertahun-tahun untuk mengizinkan PWA untuk masuk. Namun, Android telah terbukti sangat akomodatif bagi PWA sejak awal. Sebagian besar website sekarang memiliki PWA untuk file APK (Paket Android) yang sesuai dengan fungsi yang hampir sama.
 
  • Pengalaman m-Commerce Yang Baik Dalam Waktu Singkat

Jika dibandingkan dengan pembuatan aplikasi perangkat, membangun PWA memakan waktu yang lebih sedikit dan membutuhkan lebih sedikit sumber daya. Penggunaannya juga menawarkan pengalaman perangkat yang juga kompetitif. Kehadirannya mudah untuk dirilis dan dapat dipasarkan dengan lebih cepat untuk setiap klien m-commerce Anda.
 
  • Tingkat Konversi Anda Sedang Turun

Kita dapat belajar bahwa setiap website e-commerce berjuang untuk mendapatkan konversi meskipun mereka memiliki website native yang berfungsi dengan baik. Kemudian disadari bahwa aplikasi sangat menuntut konektivitas internet dan database berat yang mereka gunakan.
 
Ada kemungkinan bahwa aplikasi berbasis native Anda dapat merusak brand dan pertumbuhannya. Ambillah kesempatan, terapkan PWA, dan biarkan pelanggan Anda merasakan versi terbaik dari website e-commerce Anda.
 
PWA menjanjikan banyak hal di masa depan. Fitur-fitur seperti kemudahan penggunaan, fungsionalitas ringan, dan permintaan yang lebih sedikit pada sumber daya menghalangi pengguna untuk mencari teknologi alternatif.
 
Tidak ada solusi yang menjamin tingkat keberhasilan 100%, begitu pula dengan PWA. Namun, dengan penelitian mendalam tentang pengguna Anda, traffic, dan sumber rujukan mereka, akan lebih mudah bagi Anda untuk mengetahui apa yang dibutuhkan PWA Anda, saat ini dan seterusnya.
 
 
Jika Anda masih bingung tentang progressive web app dan kegunaannya untuk bisnis Anda, atau bahkan baru mau mulai membuat website untuk bisnis berbasis e-commerce Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate hadir dengan layanan E-Commerce Web Development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Layanan kami senantiasa dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda. 
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam memberikan layanan SEO Digital Marketing dan Website Design di Jakarta dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
 
 
 
 
Reference: SEMRush

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon