Image

QUICK CONTACT













Image

6 Ways to Optimize Your PPC Campaigns

14 Apr 2021 by Billy Gani
Ketika tidak ada rahasia tertentu untuk memproduksi strategi PPC yang sempurna, kita biasanya mengatur faktor kunci dari kampanye kita agar terlihat lebih menarik untuk target audiens yang kita tentukan. Dan sebagaimana pentingnya riset dan perencanaan, mungkin jarang (jika mungkin) untuk memproduksi kampanye PPC yang memiliki jumlah bahan berupa data dan budget yang sesuai di depan mata. Dan faktanya, PPC senantiasa berbicara tentang pengujian dan pengoptimalan sama seperti proses pembuatan iklan pada awalnya.
 
Mengobservasi data dan membuat penyesuaian berdasarkan informasi baru dapat membantu Anda meningkatkan ROA (Return On Ad Spend - Pengembalian Dari Budget Iklan) dari waktu ke waktu. Berikut ini, kami berikan beberapa cara cepat dalam mengoptimalkan iklan Anda untuk meningkatkan performa dari kampanye PPC yang Anda jalankan.
 
Review Lebih Lanjut Tentang Istilah Pencarian
 
Ketika Anda mungkin sudah melaksanakan riset kata kunci sebelum merilis iklan, konsumen biasanya mencari sesuatu dalam cara yang mungkin mengejutkan untuk kita. Untungnya, Anda dapat menangkap beberapa kejutan tersebut dalam dashboard dari Google Ads Anda.
 
Dalam basis reguler, Anda dapat membuka dashboard Google Ads dan melihat bagian istilah pencarian (search terms) yang banyak diklik oleh pengguna untuk memasuki iklan Anda. Jika Anda menyadari adanya hal yang ganjil atau tidak relevan di dalamnya, Anda dapat memasukkan kata kunci tersebut sebagai kata kunci negatif sehingga Anda tidak perlu membayar untuk klik akan kata kunci negatif tersebut.
 
Sebaliknya, jika ada istilah pencarian yang tidak Anda masukkan sebelumnya ke dalam kampanye PPC dan ternyata muncul serta relevan dengan website Anda, Anda dapat menambahkannya secara langsung.
 
Ambil Keuntungan Dari Device Bidding
 
Google Ads memperbolehkan Anda untuk menaruh bid secara berbeda untuk iklan atau kata kunci berbasis perangkat yang menerimanya (desktop, tablet & mobile). Hal ini memberikan Anda kesempatan besar untuk mengulas kembali perilaku dari audiens dalam setiap jenis perangkat sehingga Anda dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik tentang dimana budget iklan Anda dapat diarahkan.
 
Contohnya, jika Anda menyadari bahwa pengguna berbasis desktop yang melihat iklan Anda menghasilkan tingkat konversi yang lebih tinggi, Anda dapat memutuskan untuk meningkatkan bid Anda dalam corong yang rendah, dan menggunakan kata kunci yang tinggi akan konversi untuk pengguna berbasis perangkat desktop. Sedangkan untuk iklan berbasis perangkat seluler mungkin lebih berkonversi tinggi pada corong yang tinggi seperti dengan menggunakan kata kunci yang informasional.
 
Simpanlah Budget Lebih Dengan Menggunakan Pemisahan Hari
 
Anda juga dapat mengubah tentang bagaimana Anda menaruh bid dalam waktu dan hari yang berbeda dalam setiap minggunya. Untuk beberapa bisnis, hal ini dapat menjadi cara yang handal dalam menghindari penghabisan budget yang berlebihan pada waktu ketika pengunjung tidak sedang ingin berbelanja. 
 
Contohnya, jika Anda merupakan bisnis B2B yang bergantung pada pertemuan secara langsung dan via telepon, Anda mungkin dapat mempertimbangkan penurunan bid pada hari libur dan saat jam-jam tertentu dimana Anda tidak buka.
 
Untuk memulai, lihat informasi di pada bagian Ad Schedule Overview Anda. Catat periode yang paling  paling tidak kompetitif atau periode konversi yang paling tinggi, dan buat jadwal yang lebih kompetitif selama periode lalu lintas atau konversi tinggi dan lebih pasif ketika aktivitas audiens mulai mereda.
 
Gunakan Penargetan Lokasi
 
Terakhir, Google mengizinkan Anda mengubah penawaran berdasarkan geografi. Dengan menggunakan penargetan lokasi, Anda dapat menyegmentasikan berbagai iklan bertarget berdasarkan negara, negara bagian, kota, kode pos, atau bahkan radius di sekitar bisnis Anda. Sesuaikan hal ini untuk memastikan bahwa iklan Anda muncul di wilayah geografis yang benar. 
 
Contohnya, jika Anda tidak dapat mengirimkan produk atau memberikan layanan pada daerah di luar Asia, Anda dapat menghapus negara diluar Asia dari penargetan lokasi Anda. Dan jika Anda tidak melakukan pengiriman secara internasional, Anda dapat mengecualikan negara lain dari kampanye Anda.
 
Di sisi lain, Anda dapat memilih untuk meningkatkan penawaran pada lokasi tertentu berdasarkan siapa audiens target Anda atau apakah Anda memiliki bisnis yang dapat dikunjungi secara fisik. Jika Anda memiliki bisnis dan kantor fisik secara lokal, Anda dapat meningkatkan penawaran di area sekitar kantor atau bisnis Anda untuk membantu mendorong traffic dari orang di sekitar Anda. Anda juga dapat memutuskan untuk melihat demografi pendapatan dari lokasi yang mengirimkan traffic terbanyak ke website sehingga Anda dapat menargetkan lokasi tambahan dari tempat tinggal dan demografi terkait.
 
Buat Sitelink Extensions
 
Tautan website merupakan ekstensi iklan yang mengarahkan audiens ke halaman internal tertentu dari website Anda. Hal ini menjadi cara yang tepat untuk mendapatkan visibilitas yang lebih baik pada SERP dan memberikan pengalaman pengguna yang lebih disesuaikan untuk orang-orang yang melihat iklan Anda. Tautan website akan muncul di bagian bawah dari hasil penelusuran utama iklan, dan dapat dicantumkan dalam satu baris, ditumpuk, atau secara bersamaan dengan deskripsi.
 
Pada akhirnya, Google yang memutuskan kapan tautan website Anda akan muncul — dan mereka tidak menampilkannya 100% dari waktu tersebut. Untuk meningkatkan kemungkinan agar Google ingin menampilkan iklan Anda, Anda harus membuktikan bahwa iklan tersebut memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengguna Google (yang juga milik Anda sendiri). 
 
Buat beberapa tautan website yang mungkin berguna bagi berbagai pengunjung, kemudian pastikan halaman arahan untuk tautan website tersebut se relevan mungkin.
 
Jalankan A/B Testing
 
Karena mengamati data dan membuat penyesuaian akan menghasilkan iklan yang dioptimalkan dari waktu ke waktu, Anda dapat mempercepat prosesnya dengan memberikan lebih banyak data untuk Anda kerjakan. Iklan PPC, dengan jumlah karakter yang terbatas dan persyaratan yang cukup konsisten, sangat cocok untuk pengujian A / B. Jalankan beberapa versi dari setiap iklan sekaligus, buat perubahan kecil pada judul, CTA, atau teks iklan untuk melihat iklan mana yang paling ditanggapi pengguna. Setiap kali Anda menemukan pemenang yang jelas dari iklan tersebut, gunakan iklan itu sebagai "kontrol" baru dan ujilah dengan eksperimen lain.
 
Meskipun memiliki iklan yang dioptimalkan dengan sempurna mungkin tampak seperti tujuan besar untuk strategi pencarian berbayar, Anda bisa mendapatkan hasil yang setidaknya mendekati hal tersebut. Yang Anda butuhkan hanyalah waktu, data, dan keinginan untuk menyesuaikan berdasarkan informasi baru.
 
 
Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengoptimalkan kampanye berbasis iklan atau PPC untuk website Anda. Sudah pernahkah Anda melakukan tips-tips tersebut? Atau Anda malah masih bingung untuk menggunakan SEO dalam bisnis dan website Anda? Jangan khawatir, kami dapat memberikan Anda solusinya.
 
Eannovate memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami juga menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Selain itu, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta untuk website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Volusion

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon