Image

QUICK CONTACT













Image

How To Create a Coming Soon Page & Start Marketing Before You Launch

29 Mar 2021 by Billy Gani
Ketika Anda sedang berpikir untuk mengembangkan produk baru, terkadang ada beberapa hal yang menjadi rintangan Anda sebelum benar-benar mengeluarkannya pada dunia nyata. Halaman coming soon atau “akan datang” merupakan salah satu aset yang bernilai dalam hal ini dan bukan hanya sekedang sebagai pengingat bahwa akan ada produk baru yang akan Anda rilis saja.
 
Jika digunakan secara tepat, halaman sebelum peluncuran produk Anda ini dapat memberikan Anda pemahaman, mendapatkan respon balik, dan memulai pemasaran Anda ketika masih menyiapkan perilisan besar Anda.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Halaman Coming Soon & Mengapa Anda Memerlukannya?
 
Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, Anda tentunya dapat menggunakan coming soon page ini. Biasa juga dikenal dengan sebutan halaman pre-launch, halaman “akan datang” ini merupakan halaman arahan dimana Anda dapat mengarahkan pengguna untuk lebih memahami tentang bisnis dan produk, menangkap ketertarikan mereka, bahkan hingga mendapatkan email, dan mendorong mereka untuk meningkatkan jangkauan Anda - semuanya sebelum Anda merilis bisnis atau produk tertentu dalam website Anda.
 
Tidak seperti template dari halaman FAQ, Kontak, Dan About Us, yang menjadi halaman penting yang senantiasa digunakan dalam setiap bisnis online, kekuatan terbesar  dari coming soon page adalah kehadirannya yang bukan merupakan halaman tetap dan hanya bersifat sementara.
 
Sebagai destinasi sementara, halaman coming soon ini dapat menawarkan Anda fleksibilitas untuk:
 
  • Memulai pemasaran Anda - Karena halaman tersebut bersifat tunggal dan bukan keseluruhan website, pengguna dapat mengunjungi “pasar” Anda terlebih dahulu dengan halaman ini hanya dalam beberapa jam.

  • Membangun daftar email perilisan - Tanpa adanya produk yang siap untuk dijual, Anda dapat menggandakan waktu Anda untuk mempersiapkan media sosial dan daftar email yang dapat Anda komunikasikan sembari mempersiapkan perilisan produk terbaru Anda.

  • Mendapatkan respon balik lebih awal - Tempatkan konsep Anda di depan “konsumen masa depan,” kumpulkan ketertarikan mereka dan gunakan respon balik mereka untuk menginformasikan bagaimana Anda membangun ide yang tepat untuk produk Anda bagi mereka.

Halaman coming soon ini memang tidak harus dimiliki oleh setiap bisnis, tetapi tidak juga dapat menjadi alasan penundaan akan perilisan produk Anda. Jika Anda menjalankan bisnis penjualan t-shirt atau bisnis dropshipping, contohnya, Anda dapat melakukan “soft launching” dari toko Anda dalam waktu yang singkat dan membuat perubahan seiring berjalannya waktu. 
 
Namun, bagi orang lain, pengembangan produk, pengumpulan budget, atau membangun brand dapat mendorong tanggal peluncuran yang Anda inginkan hingga beberapa bulan. Jika dibandingkan dengan menunda pemasaran sampai Anda dapat secara resmi membuka pintu digital Anda kepada pelanggan, halaman coming soon ini dapat memungkinkan Anda untuk memulai, membangun dan mempromosikan secara paralel, dan memastikan Anda memiliki audiens untuk peluncurannya.
 
Apa Yang Dapat Halaman Coming Soon Anda Lakukan
 
Halaman coming soon Anda dapat dibuat ringkas dan to the point atau juga dibuat secara lengkap dan informatif seperti halaman penjualan yang membantu Anda untuk mencapai beberapa tujuan secara bersamaan. Hal ini bergantung pada diri Anda - apakah Anda membutuhkan halaman penempatan yang bersifat sementara atau destinasi strategis untuk kampanye pemasaran berjangka panjang ke depannya.
 
Seluruh pemasaran tentunya membutuhkan destinasi. Halaman coming soon Anda merupakan salah satu tujuan tersebut - setidaknya ketika Anda sudah siap untuk merilis bisnis atau produk terbaru Anda. Ketika ada banyak cara untuk melakukannya, beberapa cara di bawah ini menjadi cara yang paling efektif dalam menerapkan halaman coming soon untuk website Anda:
 
Jelaskan Yang Anda Maksud Tentang “Coming Soon” & Kapan
 
Halaman coming soon ini tidak hanya mendatangkan ketertarikan dari pengguna di sekitar ide Anda tetapi juga membantu Anda dalam mengumpulkan permintaan akan konsep yang Anda tawarkan dengan melihat bagaimana pengguna bereaksi akan halaman tersebut, bahkan sebelum produk Anda dapat dibeli. Hal ini dapat menjadi respon balik yang sangat berharga dan dapat menginformasikan tentang bagaimana Anda dapat mengembangkan produk, menentukan posisi, dan merancang website Anda secara lebih baik.
 
Lebih baiknya lagi, halaman coming soon Anda dapat memberikan audiens garis waktu yang lebih konkrit untuk perilisan Anda, entah dengan menampilkan waktu perilisan atau dengan menggunakan countdown timer.
 
Bangun Basis Daftar Email Sebelum Perilisan Produk / Website Anda
 
Jika Anda ingin mendatangkan pengguna pada halaman Anda tanpa memiliki konten yang tersedia untuk segera dibeli, Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki rencana untuk tetap mempertahankan mereka agar tidak meninggalkan halaman tersebut.
 
Disinilah halaman coming soon dapat bekerja dan membantu Anda menangkap audiens dari para konsumen potensial. Dalam kebanyakan kasus, hal ini dapat dilakukan dengan membangun daftar email. Tetapi, hal ini juga dapat dilakukan dengan membangun dan menargetkan kembali audiens Anda untuk mengikuti sistem pre-order yang mungkin Anda terapkan.
 
Anda dapat meningkatkan kesempatan Anda dalam mendapatkan pengunjung untuk bergabung dengan daftar email Anda dengan menawarkan mereka beberapa insentif, seperti:
 
  • Harga yang lebih murah jika mendaftar lebih awal

  • Potongan harga eksklusif atau freebies

  • Konten yang bernilai

  • Memasukkan mereka ke dalam kontes yang Anda selenggarakan

  • Akses behind the scene 

  • Dan sebagainya.


 
Anda mungkin juga dapat mempertimbangkan penggunaan pop-up yang sesuai agar dapat muncul ketika pengunjung sedang menelusuri halaman coming soon Anda dan seketika saat  mereka ingin keluar dari halaman tersebut. Anda dapat berkomunikasi dengan jenis audiens ini untuk mendapatkan respon balik yang beragam, berbagi dengan jaringan mereka, atau untuk memastikan bahwa mereka senantiasa mengingat kapan waktu perilisan dari produk atau website Anda.
 
Beri Calon Pelanggan Kemudahan Untuk Menghubungi Anda
 
Masukan dari pelanggan merupakan sebuah hadiah, tetapi Anda tidak perlu menunggu hingga Anda meluncurkan produk atau website Anda untuk membukanya. Dengan membuka jalur komunikasi melalui email atau media sosial, atau lebih baik lagi live chat, Anda dapat mengajukan pertanyaan pelanggan lebih awal, meyakinkan orang untuk bergabung dengan audiens pra-peluncuran produk Anda dalam percakapan 1-on-1, dan mendapatkan masukan yang jujur tentang konsep Anda.
 
Dorong Pengguna Untuk Menyebarkan Konten Anda
 
Jika banyak pengguna yang menyukai ide Anda, mereka mungkin akan membagikannya dengan teman atau jaringan mereka — terutama jika Anda membuatnya mudah dengan menyertakan tombol berbagi sosial.
 
Namun, Anda dapat mempermudah mereka dengan menambahkan insentif untuk membagikan halaman Anda dengan teman-teman mereka atau untuk terlibat dengan brand Anda pada media sosial. Anda dapat menggunakan aplikasi kontes seperti Gleam, misalnya, untuk menawarkan entri tambahan untuk setiap tindakan sosial yang dilakukan pengunjung dalam halaman coming soon Anda.
 
 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan informasi tentang bagaimana Anda dapat menggunakan halaman coming soon dan memulai pemasaran produk sebelum dirilis. 
Anda baru saja ingin mulai membuat bisnis Anda menggunakan website e-commerce untuk meningkatkan kesadaran pelanggan tentang produk dan layanan yang Anda tawarkan? Masih bingung bagaimana cara memulai penggunaan website e-commerce yang tepat untuk bisnis Anda? Jangan khawatir. 
 
Eannovate hadir untuk memberikan layanan e-commerce website development yang profesional & berkualitas di Jakarta, Indonesia. Dilengkapi dengan Custom UI / UX Design, Optimized CMS, Online Shop, dan Shopping Cart Web Development terbaik untuk kebutuhan bisnis Anda.
 
Selain itu, Eannovate juga hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta dengan FREE SEO Audit. Kami menyediakan layanan digital advertising untuk bisnis anda sehingga website anda dapat muncul pada pencarian page 1 di Google.
 
Copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami siap untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mengaktifkan aktivitas online perusahaan anda. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Jika Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Selain itu, jika ada pertanyaan mengenai e-commerce website development, SEO Digital Marketing, aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Shopify
 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm