Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Merancang Brosur Untuk Promosi Efektif Dari Brand Anda

26 Mar 2021 by Billy Gani
Bagaimana cara Anda membuat brosur pemasaran lebih efektif? Bagaimana cara Anda untuk menuliskan konten yang membuat orang lain tertarik dan melihat ke dalam bisnis Anda secara lebih mendalam?
 
Jika Anda berencana untuk memproduksi brosur penjualan untuk meningkatkan kesadaran konsumen tentang brand atau bisnis Anda, berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan.
 
Pahami Lebih Dalam Tentang Konsumen Anda
 
Sebelum Anda menghabiskan waktu untuk merencanakan atau menulis konten yang tepat didalam brosur pemasaran, pastikan bahwa Anda sudah memahami target konsumen Anda. Mengapa mereka ingin membeli produk Anda? Apa hal terbaik dari produk Anda yang dapat membantu mereka? Dan apakah produk Anda dapat menjawab dan menyelesaikan permasalahan mereka?
 
Jika Anda masih belum tahu jawaban dari pertanyaan diatas, tanyakan terlebih dahulu kepada mereka. Bicarakan hal ini dengan bagian pemasaran dari bisnis Anda agar mereka dapat menanyakan hal ini kepada target audiens Anda. Gunakan jawaban mereka untuk memberikan manfaat dalam merancang desain dari brosur pemasaran Anda.
 
Rencanakan Brosur Anda Untuk AIDA (Attention, Interest, Desire, Action)
 
AIDA merupakan akronim dari Attention, Interest, Desire, Action (Perhatian, Ketertarikan, Hasrat & Tindakan). Untuk menjadi lebih efektif, brosur pemasaran Anda haruslah mendapatkan perhatian, target audiens yang tertarik untuk membacanya lebih lanjut, meningkatkan hasrat pembelian dari konsumen akan produk dan layanan Anda, serta membuat mereka melakukan tindakan seperti membaca lebih banyak, membuat janji, mengunjungi website dan membeli produk Anda. 
 
Jual Produk Anda, Jangan Hanya Sekedar Memberitahu Konsumen 
 
Konsumen Anda tidaklah terlalu peduli dengan perusahaan atau produk Anda. Mereka hanya berfokus dan tertarik dengan bisnis atau masalah yang sedang mereka hadapi. Maka dari itu, untuk menarik perhatian mereka, Anda perlu berfokus dalam memberikan mereka manfaat yang dapat mereka dapatkan dengan membeli produk atau layanan yang Anda berikan. 

Coba kita pikirkan. Seberapa banyak orang yang membeli perangkat seluler karena mereka hanya ingin mengantongi sesuatu di saku mereka, atau karena mereka hanya ingin menggunakannya sehari-hari? Mereka tentunya membeli perangkat tersebut untuk senantiasa terhubung dengan orang lain atau acara tertentu, untuk memberikan informasi dengan gambar, tulisan, untuk mencari jawaban dari pertanyaan secara cepat, dan terkadang hanya untuk menunjukkan kepada rekan mereka seberapa keren perangkat yang mereka miliki. Karena itulah sebagian besar perusahaan penghasil perangkat berfokus dalam memproduksi perangkat yang lengkap untuk mengambil foto,berbagi hasilnya, berkolaborasi atau dengan kapasitas yang besar. 

Sebelum Anda menuliskan copy konten yang sesuai untuk brosur bisnis Anda, buatlah daftar manfaat apa saja yang bisa dimiliki konsumen jika menggunakan produk Anda. Gunakan daftar tersebut untuk menghasilkan copy yang berfokus pada konsumen Anda.  

Gunakan Judul & Grafik Yang Diinginkan Oleh Konsumen Anda

Rata-rata pembaca hanya menggunakan kurang dari 5 detik waktu mereka untuk membaca brosur dan menentukan apakah mereka ingin meneruskan untuk membaca. Jika judul atau gambar yang Anda berikan tidaklah menarik dan membosankan, mereka tidak akan membacanya. 

Misalnya, jika ada foto orang-orang yang menonton presenter menulis di sebuah grafik di atas judul yang bertuliskan, "Matching People & Strategy," kemungkinan besar brosur Anda akan berakhir di tempat sampah. Namun, jika Anda memberikan foto yang memperlihatkan seorang pengusaha yang memberikan acungan jempol kepada sekelompok kecil rekanan dan judul yang bertuliskan, "Latih Tim Anda Untuk Mendapat Penjualan Besar," kemungkinan besar hal tersebut akan menarik perhatian mereka untuk membacanya.

Buat Tampilan Brosur Anda Terlihat Profesional

Bahkan jika brosur Anda sangat baik dalam segi penulisan, kehadirannya tidak akan mendapatkan respon positif jika memiliki desain yang buruk. Tata letak halaman yang membingungkan, font yang terlalu besar ataupun kecil, terlalu banyak variasi penggunaan font atau warna yang berbeda dapat membuat bisnis Anda terlihat kurang profesional. Jika Anda merancang brosur Anda sendiri, gunakan bantuan dari template desain gratis seperti Canva. 

Gunakan Bulatan Sebagai Penanda Poin Penting Dari Produk & Layanan Yang Anda Berikan

Konsumen dan para pemilik bisnis senantiasa terdesak waktu dan memiliki banyak iklan yang saling bersaing untuk mendapatkan perhatian target mereka. Jadi, mereka cenderung membaca dengan cepat. Poin-poin yang kaya akan fitur akan membantu mereka untuk tetap fokus pada apa yang Anda tawarkan dan mengarahkan mereka ke tindakan yang Anda inginkan selanjutnya.

Berfokus Pada Keterbacaan Brosur

Jangan mempersulit orang lain untuk membaca brosur Anda. Brosur dengan warna abu-abu dan latar belakang putih serta warna gelap dengan latar belakang yang juga gelap sulit untuk dibaca. Begitu juga halaman yang memiliki banyak teks dan font yang kecil. 



Jika Anda sudah memiliki desain yang tepat dengan mempertimbangkan beberapa tips diatas untuk brosur Anda, kini saatnya Anda untuk mencetaknya. 
 
Instaprint dapat membantu Anda untuk hal ini. Instaprint merupakan percetakan digital berkualitas yang berpusat di Tangerang. Instaprint menyediakan berbagai macam layanan untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Layanan yang mereka tawarkan mencakup perlengkapan kantor seperti kartu nama bisnis, brosur, stiker dan label produk kemasan, kalender, brosur, cetak dokumen A3, poster, pas photo, blueprint, dan masih banyak lagi. Instaprint juga memiliki layanan pencetakan souvenir dan pelengkap untuk bisnis Anda seperti t-shirt, tote bag, pin, banner dan stiker meteran, hingga kartu souvenir seperti flazz dan e-money. 
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak kebutuhan untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain cetakan untuk bisnis Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 

Reference: Business Know

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon