Image

QUICK CONTACT













Image

Several Ways to Write Product Descriptions that Inform and Persuade Your Customers

26 Mar 2021 by Billy Gani
Deskripsi produk merupakan copy pemasaran yang senantiasa menjelaskan tentang sebuah produk dan mengapa produk tersebut layak dimiliki oleh konsumen Anda. Tujuan dari deskripsi produk ini adalah untuk membuat konsumen memahami informasi penting dari setiap fitur dan manfaat yang diberikan dari produk Anda sehingga mereka tertarik untuk membelinya.
 
Namun, saat ini banyak dari pemasar dan juga pebisnis yang masih melakukan kesalahan dalam menuliskan deskripsi produk. Bahkan penulis profesional pun juga dapat melakukan kesalahan ini yaitu menulis deskripsi yang hanya berbasis penjelasan dari produk Anda.
 
Mengapa hal ini salah? Karena setiap deskripsi produk yang berkualitas perlu menambahkan halaman produk Anda dengan secara langsung menjual produk Anda pada konsumen nyata, tidak hanya bertindak sebagai dispenser penghasil informasi untuk mesin pencarian (meskipun memang hal ini juga dibutuhkan).
 
Mari kita lihat beberapa cara sederhana di bawah ini untuk meyakinkan pengunjung toko online Anda dengan deskripsi produk yang menjual:
 
Berfokus Pada Pembeli Ideal
 
Ketika Anda menuliskan deskripsi produk dengan luasnya konsumen dalam benak Anda, deskripsi yang Anda tuliskan mungkin menjadi kabur dan tidak berfokus pada siapapun. Produk deskripsi terbaik yang dapat Anda tuliskan harus dapat berfokus pada target audiens Anda secara langsung dan personal. Anda dapat menanyakan dan menjawab pertanyaan ibarat sedang berbicara langsung dengan mereka. Anda dapat memilih kata yang tepat yang pembeli ideal Anda sering gunakan. 
 
Berikut contoh dari ThinkGeek yang menawarkan senter LED mereka dalam deskripsi produknya:
 
Apakah Anda tahu hal yang menyebalkan tentang senter pada umumnya? hanya tersedia dalam dua warna: putih atau putih kekuningan yang mengingatkan kita pada gigi seorang peminum kopi. Apa menyenangkannya senter semacam itu? Kami akan menjawabnya: TIDAK MENYENANGKAN SEKALI. Anda tahu apa yang menyenangkan? Menggunakan Senter LED Multi-Warna untuk memancarkan cahaya hijau di wajah Anda saat menceritakan kisah zombie di sekitar api unggun. Tidak ada api unggun? Buat yang palsu dengan lampu oranye dari kami!”
 
Ketika menulis deskripsi produk Anda sendiri, mulailah dengan membayangkan pembeli ideal Anda. Jenis humor apa yang mereka senangi (jika ada)? Kata-kata apa yang sering mereka gunakan? Kata-kata apa yang mereka tidak sukai? Apakah mereka baik-baik saja dengan kata-kata yang buruk? Pertanyaan apa yang mereka ajukan yang harus dapat Anda jawab?
 
Pertimbangkan bagaimana Anda akan berbicara dengan pembeli ideal Anda jika Anda menjual produk Anda di toko, secara tatap muka. Sekarang coba dan gabungkan bahasa tersebut ke dalam website e-commerce Anda sehingga Anda dapat melakukan percakapan online yang serupa dan beresonansi lebih dalam dengan pembeli ideal Anda.
 
Tarik Perhatian Pengguna Dengan Manfaat Produk Anda
 
Ketika kita menjual produk kita sendiri, tentunya kita menjadi senang untuk mendeskripsikan spesifikasi dan fitur dari produk terkait. Kita tentunya hidup untuk membuat perusahaan, bisnis, website dan produk kita senantiasa dicintai dan dibutuhkan oleh orang banyak.
 
Masalahnya, pembeli potensial saat ini kurang tertarik dengan fitur dan spesifikasi yang duniawi tersebut. Mereka ingin mengetahui tentang apakah produk tersebut bermanfaat untuk mereka - dan bagaimana produk Anda tersebut dapat menyelesaikan masalah yang mereka alami. Itulah mengapa Anda perlu menggarisbawahi setiap manfaat dan fitur dari produk yang Anda tawarkan.
 
Berikut ini contoh dari Method Home dalam mendeskripsikan sabun cuci tangan yang mereka tawarkan:
 
Terkadang keharuman dari sabun cuci tangan yang Anda gunakan merupakan hal yang Anda perlukan untuk meningkatkan jiwa liburan Anda ketika sudah penat dari kesibukan dan aktivitas sehari-hari. Tersedia dalam berbagai varian wewangian, sabun cuci tangan gel kami secara natural dapat memberikan kelembutan pada tangan, bersih, dan siap untuk diselipkan ke dalam sarung tangan Anda.”
 
Pertimbangkan manfaat dari setiap fitur produk Anda. Bagaimana produk Anda membuat konsumen lebih senang, sehat, atau produktif? Masalah & gangguan apa yang dapat produk Anda bantu selesaikan? Jangan hanya menjual produk Anda, tawarkan juga pengalaman yang lebih baik untuk konsumen Anda.
 
Hindari Penggunaan Kata “Ya-Ya”
 
Ketika Anda kehabisan kata dan tidak tahu apa yang perlu Anda tambahkan dalam deskripsi produk, kita terkadang menambahkan kata yang datar seperti “kualitas produk terbaik” 
 
Anda menjadi kurang persuasif ketika calon pembeli membaca deskripsi produk Anda dan mulai mengatakan ya, ya kepada diri mereka sendiri. Untuk menghindari reaksi ini sespesifik mungkin. Zappos, misalnya, mereka tidak mendeskripsikan kualitas sepatu mereka sebagai kualitas yang sangat baik. Sebaliknya mereka menjelaskan setiap detail teknis ditambah manfaatnya.
 

 
Tidak ada poin di atas yang menyebutkan kualitas produk secara langsung, tetapi setiap poin memberi Anda kesan akan kualitas produk yang ditawarkan. Setiap poin juga mengikuti pola yang mudah dalam menyoroti fitur dan juga manfaat - Detail produk yang menambah kredibilitas. Detail produk menjual produk Anda. Anda tidak dapat memasukkan terlalu banyak detail teknis dalam deskripsi produk Anda. Bersikaplah dengan lebih spesifik.
 
Tariklah Perhatian Dari imajinasi Pembeli 
 
Penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa jika seseorang memegang suatu produk di tangan mereka, keinginan mereka untuk memilikinya senantiasa meningkat. Anda menjual produk Anda secara online, sehingga pengunjung website Anda tidak dapat memegang secara langsung produk Anda. Gambar atau video yang besar dan jernih dapat membantu, tetapi ada juga trik copywriting yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan keinginan mereka yaitu dengan membiarkan mereka membayangkan bagaimana rasanya memiliki produk Anda.
 
Berikut ini contoh dari ThinkGeek yang memutar imajinasi Anda dengan deskripsi dari alat panggang serbaguna mereka:
 
Ada orang yang menjadi pahlawan setiap saat berbicara tentang BBQ dan memasak bersama dengan keluarga, Grill Master. Kita senantiasa menunggu saat ibu atau ayah kita memanggang makanan dan menunggu saat dimana kita dapat memanggangnya sendiri dan membiarkan kelezatan aroma steak yang Anda panggang keluar bersamaan dengan gurihnya topping yang Anda gunakan. Sekarang, ketika kita sudah dewasa, inilah saatnya kita memanfaatkan teknologi terkini yang memiliki dan menggunakan alat serbaguna untuk membuat orang lain terkesan seperti apa yang kita lihat dahulu.”
 
Untuk mempraktikkan teknik copywriting ini, mulailah dengan menggunakan kalimat dengan kata membayangkan, dan selesaikan kalimat Anda (atau paragraf) dengan menjelaskan bagaimana perasaan pembaca Anda saat memiliki dan menggunakan produk Anda.
 
Tarik Perhatian Dengan Kata-Kata Yang “Menggoda”
 
Restoran telah mengetahui hal ini sejak sejak lama: kata-kata sensorik meningkatkan penjualan, karena kata-kata tersebut melibatkan lebih banyak kekuatan pemrosesan otak dari manusia. Berikut contoh dari produsen cokelat Green and Black:
 

 
Kata sifat sensorik dari brand Green and Black tidak hanya mengacu pada rasa, tetapi juga suara dan sentuhan: renyah dan halus. Kata sifat merupakan kata-kata yang rumit. Seringkali kata-kata tersebut tidak menambah arti pada kalimat Anda, dan lebih baik Anda menghapusnya. Namun, kata sifat sensorik adalah kata-kata yang kuat karena membuat pembaca merasakan copy Anda saat membaca.
 
Pukau pembaca Anda dengan deskripsi produk yang jelas. Pikirkan kata-kata seperti beludru, halus, tajam, dan cerah dalam deskripsinya.
 
 
 
Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan copy pemasaran yang lebih baik dan meyakinkan konsumen bahwa produk Anda wajib mereka miliki. Jika masih membutuhkan bantuan tentang pemasaran berbasis digital dan SEO , kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? 
 
Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
Reference: Shopify

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm