Image

QUICK CONTACT













Image

Memanfaatkan Kemasan Produk Dalam Membuat Brand Anda Lebih Menonjol Di Mata Konsumen

24 Mar 2021 by Billy Gani
Kesan pertama senantiasa penting - dan Anda hanya akan mendapatkannya sekali. Dalam dunia retail dan e-commerce, kemasan produk Anda tentunya berkontribusi besar dalam hal tersebut. Contohnya kita ambil saja dari jam tangan ternama Rolex. Memang jam tangan menjadi aspek terpenting dari pembelian, tetapi bagaimana Anda merepresentasikannya senantiasa penting.
 
Cobalah tanyakan kepada diri Anda sendiri, apakah Anda:
 
  • Memilih untuk mendapatkan pesanan jam tangan Rolex Anda dalam boks putih pucat, tidak berlabel, kemasan yang tidak kuat dengan bubble wrap saja, atau;

  • Mendapatkan jam tangan rolex Anda dalam kemasan boks yang dibuat secara custom dengan label dan stamp Rolex serta desain kemasan yang dibuat khusus dan sesuai dengan tema dari produk tersebut?

Kami yakin Anda akan memilih opsi kedua, bukan?
 
Seperti itulah kemasan produk dan perannya dalam meningkatkan nilai dari brand Anda - bahkan jika Anda tidak menjual produk semewah jam tangan Rolex. Hal tersebut menambahkan nilai, menciptakan pengalaman branding yang lebih konsisten, meningkatkan loyalitas konsumen, dan membuat brand Anda terlihat lebih menonjol. Dan, percaya atau tidak, hal tersebut dapat melengkapi nilai keberlanjutan dari brand Anda. 
 
Ketika produk yang berkualitas datang bersamaan dengan kemasan yang di desain dengan kualitas yang sama baiknya, hal tersebut meningkatkan penjualan Anda. Namun, berbicara akan desain yang berkualitas lebih mudah dari mengaplikasikannya. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa poin yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya pada kemasan produk dari toko Anda dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk membuat brand Anda lebih menonjol di mata konsumen.
 
Mengapa Kemasan Produk Dapat Membuat Perbedaan Untuk  Brand Anda
 
Seperti yang sudah Anda baca sebelumnya, kemasan produk yang berkualitas membuat perbedaan karena memberikan kesan pertama yang kuat. Produk yang kemasannya terlihat elegan (entah jika diletakkan dalam rak toko atau datang dengan bentuk paket ke rumah konsumen) menghasilkan nilai yang juga tinggi. Kemasan produk yang berkualitas inilah yang membuat Anda dapat menonjol di antara kompetitor Anda.
 
Memang, salah satu cara yang dapat dicoba adalah dengan menggunakan warna yang mencolok dan terang - tetapi hal tersebut tidak senantiasa bekerja dengan sistem desain yang Anda miliki. Brand yang menggunakan tone warna yang lebih halus dan gelap tidak mendapatkan manfaat dari penggunaan warna pink yang mencolok. Namun, menggunakan highlight warna dapat menjadi fitur unik dari produk yang dapat membedakan Anda dari kompetitor dan membantu mendatangkan retensi konsumen.
 
Kita lihat contoh dari Raven Coffee di bawah ini:
 
 
Tidak hanya kemasan produknya yang berkualitas, tetapi penggunaan warna yang berbeda untuk setiap racikan yang berbeda menambahkan percikan warna yang terang dan juga tetap senantiasa berada dalam karakter dari brand mereka. Kemasan produk yang berkualitas ini memberitahu konsumen bahwa mereka tidak hanya membeli produk, tetapi juga membeli pengalaman yang diberikan di sekitar produk tersebut.
 
Ciptakan Pengalaman “Unboxing” Yang Berkesan
 
Berfokus pada topik pengalaman di sekitar produk, pengalaman unboxing merupakan elemen dimana setiap toko online dalam e-commerce mulai mendapatkan manfaat. Faktanya, video unboxing menjadi salah satu jenis video terpopuler di YouTube (diestimasikan dari Unbox Therapy - influencer yang mendapatkan lebih dari $4.4 juta per tahunnya).
 
Mungkin terdengar aneh pada awalnya - mereka memvideokan diri mereka sendiri ketika membuka kemasan. Tetapi, disitulah kekuatannya berjalan. Ingatkah Anda saat merayakan Natal saat kecil? Kegembiraan dan antisipasi yang Anda rasakan tentunya meledak-ledak ketika akan membuka hadiah Anda. Dan saat ini, ketika kita sudah dewasa, antisipasi dan kegembiraan tersebut senantiasa masih ada - perbedaannya hanyalah kita saat ini sudah mengetahui apa yang akan kita dapatkan.
 
Dan dalam video unboxing, dalam setiap kemasan produk e-commerce Anda, hal tersebut senantiasa menangkap rasa gembira untuk mendapatkan pengalaman baru pertama kalinya. Jadi, dengan hal ini Anda dapat memainkan peranan penting dalam pemasaran dan juga kesadaran merek yang juga membuat Anda lebih mudah menyadari bahwa dengan hanya memasukkan produk pada kotak biasa dengan stiker dan bubble wrap mungkin merugikan Anda.
 
Produksi Kemasan Yang Eco-Friendly & Sustainable
 
Penggunaan kantong plastik sekali pakai dapat mendatangkan malapetaka mutlak pada saluran air, lautan, dan lingkungan kita secara umum. Sayangnya, kantong plastik sekali pakai juga merupakan solusi tepat bagi banyak brand karena mereka mencoba menekan biaya dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Namun, penelitian menunjukkan bahwa hampir 75% konsumen saat ini bersedia membayar lebih untuk kemasan yang dapat didaur ulang.
 
Hal ini membuktikan bahwa brand Anda tidak hanya dapat menerapkan penggunaan kemasan yang ramah lingkungan saja, tetapi juga dapat menarik perhatian konsumen yang lebih luas dan peduli akan lingkungan saat ini. Tetapi, apa yang sebenarnya dianggap sebagai kemasan yang berkelanjutan?
 
Sayangnya, istilah seperti “sustainability,” “eco-friendly,” dan “hijau” merupakan istilah yang mudah untuk dikaburkan. Contohnya, produsen penghasil plastik berbahan dasar tumbuhan dapat menjadi salah satu alternatif pengganti dari penggunaan kantong plastik berbahan petroleum. Tetapi tidak jika tanaman tersebut berasal dari tanaman yang dulunya merupakan tanaman dari hutan hujan Amazon yang masih asli. Cara terbaik untuk menghindarinya adalah dengan melakukan penelitian.
 
Dan juga, jangan lupa untuk memperhitungkan transparansi Anda. Salah satu contohnya di bawah ini adalah clothing brand Patagonia yang memikirkan transparansi yang menunjukkan bahwa mereka terbuka dan jujur tentang apa yang mereka gunakan dalam produk mereka. Mereka sebisa mungkin menggunakan material yang ramah lingkungan, tetapi juga menggunakan produk berbahan dasar petroleum.
 

 
Ketika sebuah produk memikirkan bahan tertentu, Patagonia memastikan dengan cara mereka sendiri agar konsumen mengetahui bahwa mereka membeli produk yang tidak memiliki bahan daur ulang di dalamnya. Keterbukaan dan transparansi seperti itu merupakan salah satu upaya pemberdayaan, dan ini, bisa dibilang, merupakan cara yang tepat untuk menarik konsumen yang peduli akan lingkungan.
 
Percantik Kemasan Produk E-commerce Dari Brand Anda
 
Setelah adanya pandemi COVID-19 ini, banyak toko yang saat ini beralih pada dunia online yaitu pada e-commerce. Di atas kertas, melakukannya cukup mudah. Tetapi, realitanya, mengatur dan mengelola toko online berbasis e-commerce dengan produk yang sudah ada dan SKU yang unik serta proses manajemen inventarisasi dapat memakan waktu, membuat kelelahan dan tentunya menghabiskan budget Anda.
 
Namun, ketika proses tersebut sudah Anda lewati, Anda akan terpuaskan dengan mengetahui tentang perbedaan yang tidak terlalu jauh dari kemasan produk fisik dan berbasis e-commerce tersebut. Faktanya, kemasan e-commerce milik Anda dapat membantu menambahkan elemen dalam pengalaman unboxing, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Coba kita bayangkan menerima produk dengan kemasan seperti ini, dibandingkan dengan kotak biasa dan bubble wrap:
 
 

 
Setiap orang dapat berargumen bahwa untuk model bisnis e-commerce, kemasan yang berkualitas menjadi lebih penting karena hal ini menjadi titik kontak fisik pertama antara produk dan pelanggan Anda. 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman dan alasan tentang mengapa bisnis Anda perlu menggunakan kemasan yang berkualitas untuk membuat brand Anda semakin menonjol. Jika Anda sudah memiliki bayangan desain yang tepat dan sesuai dari brand Anda dalam bentuk kemasan produk yang tepat, Instaprint hadir membantu Anda untuk mencetaknya dengan kualitas terbaik.
 
Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis pengemasan produk khususnya untuk industri makanan dan keperluan bisnis yang Anda butuhkan. Untuk mendukung bisnis Anda, Instaprint menawarkan jasa pencetakan kemasan produk di Tangerang yang berkualitas dan dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu mengirimkan hasil desain Anda, kemudian Instaprint akan mencetaknya dengan kualitas yang tentunya tidak diragukan. Instaprint juga dapat memotong hasil pencetakan kemasan Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuang tenaga lagi untuk memotongnya.
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak kemasan produk untuk bisnis Anda tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang juga bervariasi. Dijamin, desain kemasan produk untuk bisnis Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan Anda secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
 
 
Reference: Veeqo

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm