Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Berbagai Jenis Alat Berat Yang Umum Digunakan Dalam Konstruksi

23 Mar 2021 by Billy Gani
Perlengkapan alat berat senantiasa digunakan untuk berbagai aktivitas besar. Pemilihan berbagai jenis alat berat juga bergantung pada ukuran pekerjaan dan budget dari proyek yang Anda jalankan. Hal ini tentunya membuat Anda dapat bekerja lebih mudah dan cepat. 
 
Sebagian besar alat berat telah ada setidaknya sejak tahun 1950-an, dan inovasi serta penemuan terbaru dalam industri proyek selama 70 tahun terakhir telah lebih berkembang dari segi kapabilitas, efisiensi, dan variasi berkembang setiap tahun. Dengan ekskavator saja, setidaknya ada sepuluh jenis alat berat yang berbeda dan belum termasuk alat tambahan yang dapat Anda gunakan.
 
Alat berat digunakan karena sejumlah alasan, dan dapat sangat menguntungkan untuk pekerjaan dalam proyek Anda jika digunakan dengan tepat. Berikut dibawah ini adalah beberapa 10 jenis alat berat yang umum digunakan dari tujuan, variasinya, dan proyek tempat biasanya digunakan.
 
Excavator
 

 
Ekskavator merupakan salah satu alat yang paling sering digunakan dan paling populer dikenal oleh setiap orang dan dalam setiap industri proyek yang membutuhkan alat berat. Mulai dari model kecil seberat 1,5 ton hingga model dengan berat 350 ton, setiap ukuran eskavator yang dapat Anda bayangkan mampu menyelesaikan hampir semua pekerjaan penggalian. 
 
Excavator menjadi standar dengan arm boom yang melakukan pekerjaan penggalian, yang disambungkan pada kabin yang dapat berputar 360°. Ekskavator juga umumnya memiliki trek, meskipun Anda bisa mendapatkan model dengan roda yang dibuat untuk medan yang lebih ekstrim.  
 
Excavator digunakan dalam semua jenis proyek mulai dari penggalian halaman belakang kecil hingga proyek pertambangan besar. Excavator merupakan mesin yang paling efisien untuk penggalian tetapi juga mampu menyelesaikan berbagai pekerjaan dan tugas lain. Dengan hanya mengubah attachment dengan ripper, grab, rock breaker atau attachment auger dan beberapa attachment yang lebih umum kemampuan excavator Anda dapat menjadi empat kali lipat lebih efisien.
 
Dozer

 
Dozer sering terlihat pada proyek yang lebih besar, seperti pembangunan perumahan, pertambangan dan pekerjaan penggalian, tetapi juga populer pada sektor pertanian sebagai mesin pembersihan lahan. Dozer merupakan pekerja keras dalam dunia alat berat yang memang dirancang untuk bekerja keras dan konsisten dalam waktu yang lama.
 
Dozer dirancang untuk memberikan kekuatan optimal pada bagian depan alat berat dan ke dalam blade yang dimiliki. Hal ini membuat dozer dapat mendorong lebih banyak tenaga jika dibandingkan dengan alat berat lainnya, tanpa memberi tekanan pada bagian mesin utama kerja dozer. Meskipun dozer digunakan pada berbagai proyek, alat ini selalu digunakan untuk pekerjaan dasar yang sama yaitu untuk mendorong material dari satu tempat ke tempat lain.
 
Backhoe
 

 
Backhoe dibuat untuk menjadi alat serbaguna yang multitasking dan sangat cocok untuk proyek kecil agar Anda tidak perlu menyewa dua mesin dan untuk proyek yang lebih besar. Backhoe dilengkapi dengan bucket pemuatan di bagian depan dan boom arm di bagian belakang, yang sedikit lebih kecil dari boom arm excavator berukuran standar. Untuk mengoperasikan kedua sisi mesin, kursi operasi di dalam kabin dapat berputar tergantung pada sisi yang ingin Anda gunakan.
 
Backhoe dapat menggali, baik dengan menggunakan arm boom atau dengan menggunakan bucket, serta mengangkut material di sekitar lokasi dan memuat material tersebut ke dalam alat transportasi Anda.
 
 Meskipun alat berat lain mungkin dapat melakukan salah satu pekerjaan ini dengan lebih efisien, alat berat tersebut seringkali tidak dapat menyelesaikan semua pekerjaan backhoe. Hal ini menjadi salah satu manfaat utama dari penggunaan backhoe, yaitu kemampuannya untuk menyelesaikan setiap aspek pekerjaan yang dijalankan.
 
Grader
 
 
Grader, mirip dengan alat dozer yang merupakan alat berat khusus untuk mengerjakan tindakan tertentu. Alat ini juga dapat ditemukan pada berbagai proyek mulai dari pembangunan jalan hingga pertambangan, dan sebagian besar pada pekerjaan berskala besar. Grader dirancang untuk meratakan dasar proyek pada tingkat tertentu, yang juga disebut dengan grade. Alat ini berperan penting dalam pembangunan jalan, karena permukaan tanah harus diratakan dengan sempurna agar jalan dapat dibangun dengan baik.
 
Grader merupakan alat berat yang tampak tidak biasa, dengan bilah perata yang ditempatkan di antara roda pengartikulasi depan dan kabin serta roda belakang. Alat ini membuat mesin menjadi panjang dengan berbagai gerakan yang cukup mengesankan. Meskipun selalu digunakan dalam konstruksi jalan, grader juga dapat digunakan untuk meratakan dan membersihkan tanah pada proyek infrastruktur, perumahan, dan juga tambang.
 
Front Loader
 
 
Front loader biasanya digunakan pada proyek konstruksi, dan tambang terutama sebagai pengangkut material. Hal ini dikarenakan bucket bagian depannya yang besar yang memungkinkan alat ini membawa lebih banyak material jika dibandingkan dengan kebanyakan alat berat lainnya, dan rodanya juga dapat membuat manuver yang cepat dan mudah pada lokasi.
 
Front loader merupakan salah satu alat berat penting dalam operasi penambangan dan penggalian di mana material tentunya perlu diangkut setiap hari. Alat ini merupakan mesin konstruksi yang paling efisien untuk berbagai jenis pekerjaan pengangkutan, karena alat lain mungkin terlalu lambat atau perlu mendorong material di sepanjang tanah.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman yang dapat kami bagikan tentang berbagai alat berat yang umum digunakan dalam membantu aktivitas industrial Anda. Jika Anda memerlukan alat berat untuk konstruksi yang berkualitas dan dengan harga yang juga bersaing atau sedang mencari distributor dan tempat yang menjual dan menyewakan alat berat berkualitas dan profesional di Indonesia, THI dapat menjadi salah satu pilihan Anda. 
 
Tunas Habibi Indonesia (THI) merupakan salah satu distributor dan penyedia rental alat berat dari semua produk T&H (Technology and Hammer), Liutech Air Compressor, TRD Hydraulic Breaker dan Digga di area Jakarta dan Medan, Indonesia. THI senantiasa berkomitmen untuk menyediakan hydraulic breaker, mobile compressor dan machinery attachment berkualitas premium lainnya di Indonesia. THI juga memberikan layanan prima kepada mitra dalam bidang pertambangan, quarrying, dimensional stone, civil engineering, road construction, demolition, tunneling, industrial, plantation, logging dan lain-lain. Selain itu, THI juga menyediakan jasa penjualan,rental alat berat seperti Liutech mobile compressor di Indonesia untuk kebutuhan anda.
 
 
 
 
 
Reference: EasternPlant

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon