Image

QUICK CONTACT













Image

Are These 6 Common Copywriting Mistakes Costing You Sales?

22 Mar 2021 by Billy Gani
Anda mungkin senantiasa menulis, menulis, dan menulis. Anda tidak lupa mempercantik setiap halaman kategori dari website e-commerce Anda dan senantiasa bekerja keras untuk menghasilkan deskripsi produk yang menarik perhatian bagi konsumen. Anda tentunya menulis untuk manusia, tetapi terkadang dapat lupa bahwa Anda juga menulis untuk mesin pencarian.
 
Terkadang juga mungkin Anda berpikir, apakah copy yang Anda produksi sudah bekerja seefektif mungkin? Apakah Anda sudah dapat menarik perhatian calon pembeli potensial?
 
Berikut ini kami berikan beberapa kesalahan penulisan copy dalam website e-commerce yang dapat Anda hindari dan mungkin menghabiskan budget dan waktu Anda secara sia - sia serta cara untuk memperbaikinya.
 
Terlalu Berfokus Pada Produk
 
Masalah ini senantiasa mudah terjadi. Bahkan untuk penulis yang sudah lebih berpengalaman. Seperti seorang sales dan pemilik bisnis, Anda tentunya senang untuk membagikan tentang betapa spesialnya produk Anda dan tentu Anda ingin membagikan fitur unik dan spesifikasi yang terbaik dari produk Anda kepada setiap orang..
Tetapi, apakah Anda tahu bahwa pembeli Anda tidak selalu menyukai dan tertarik akan setiap fitur dan spesifikasi yang Anda berikan. Mereka ingin mengetahui tentang apakah produk Anda akan memberikan manfaat untuk mereka. Setiap kali Anda memberikan daftar fitur apa saja dalam produk Anda, tambahkan nuansa mewah yang dapat membantu mereka menyelesaikan permasalahan yang dialami.
 
Fitur produk merupakan fakta tentang produk Anda, sementara manfaat dari penggunaan produk merupakan apa yang pembeli akan dapatkan dari menggunakan produk Anda. Manfaat ini menjelaskan tentang bagaimana produk Anda meningkatkan kepuasan atau membantu menyelesaikan permasalahan yang mereka alami. Dan hal tersebut merupakan hal yang dicari oleh pembeli dari produk Anda.
 
Contohnya, oven milik Anda, mungkin oven tersebut memiliki fitur dimana oven tersebut dapat dipanaskan secara otomatis terlebih dahulu sebelum digunakan yang membuat Anda lebih nyaman dalam membuat makan malam Anda (manfaat ini mendatangkan lebih banyak rasa puas dan rileks untuk Anda). Dan juga hal tersebut membuat Anda lebih tidak merasakan stres berlebih ketika memasak.
 
Sebelum Anda mulai membuat halaman produk Anda, buat garis besar dari daftar lengkap fitur dan manfaat yang produk Anda miliki. Pertimbangkan manfaat yang meningkatkan kesenangan dan manfaat yang menghilangkan masalah, dan kerumitan yang dimiliki pembeli.
 
Merencanakan apa yang perlu Anda tulis membantu Anda dalam menuliskan copy yang lebih persuasif, dan membantu Anda untuk menulis dengan lebih cepat dari waktu ke waktu.
 
Hal Yang Tidak Terlalu Penting “Mengotori” Halaman Anda
 
Biasanya, kata yang megah seperti “world class”, “market-leading” dan “inovatif” menjadi kata yang seringkali digunakan dan sebenarnya malah kehilangan aspek paling penting yang dimiliki dari penerapannya. Kata-kata tersebut saat ini malah hanya menambah kompleksitas dari halaman Anda tanpa menambahkan informasi atau makna yang berarti.
 
Tempatkan pikiran Anda dan tanyakan pada diri sendiri tentang apa saja kalimat yang perlu Anda masukkan dan tentang apa kata atau kalimat tersebut bermakna. Jika Anda tidak dapat menghasilkan jawaban yang spesifik dari pertanyaan tersebut, potonglah atau susun ulang teks Anda hingga menghasilkan hasil yang lebih konkrit dan bermakna untuk pembacanya. 
 
Omong kosong yang tidak berarti dapat mengganggu dan membuat pembaca deskripsi produk Anda lelah. Sebaliknya, fakta dan angka yang konkrit dapat meningkatkan kredibilitas Anda. Jika memungkinkan, sertakan angka dan tulislah sebagai angka (7) daripada kata (tujuh) karena angka mengalihkan pandangan agar tertuju kepadanya.
 
Anda Terlalu Banyak Menggunakan Kata Sifat
 
Kata sifat membantu Anda untuk menjelaskan tentang bagaimana produk Anda terlihat secara penampilan, apa yang dapat dilakukan oleh produk tersebut (fitur) dan bagaimana cara produk tersebut membuat pembeli merasakan manfaatnya. Kata sifat memanglah membantu, tetapi penggunaannya yang terlalu banyak memberikan pembaca kerumitan, karena sulit untuk dibaca dan dimengerti. Berikut contohnya:
 
Koleksi peralatan masak yang indah, romantis, dan nyaman ini memiliki tampilan unik, senantiasa up-to-date dan senantiasa klasik dengan hasil yang sempurna untuk dapur Anda.”
 
Masalah dari kalimat diatas adalah dengan sedemikian banyaknya kata sifat, hal tersebut memperlambat pembaca dan membingungkan mereka. Bandingkan dengan kalimat di bawah ini:
 
“Koleksi peralatan memasak ini senantiasa cocok untuk berbagai jenis dapur.”
 
Ketika Anda ingin menggunakan kata sifat, Anda dapat menggunakan beberapa praktik penting, seperti:
 
  • Gunakan hanya satu kata sifat sebelum kata benda - Jika dibandingkan dengan menggunakan kata  koleksi santai dan romantis, pilih koleksi romantis.

  • Jangan gunakan kata sifat untuk menyatakan hal yang sudah jelas -  Jangan hanya mendeskripsikan seperti apa produk jika Anda menampilkannya pada gambar.

  • Pilih kata-kata sensorik atau emosional -  Buatlah produk Anda untuk memberikan rasa tertentu kepada pembeli -  Kata-kata seperti bagus, bagus, atau efektif mungkin cukup terasa hambar. Pilihlah kata yang lebih menyenangkan, mempesona, atau menggiurkan untuk mereka.

Terlalu banyak menggunakan kata sifat dalam copy Anda akan membuat deskripsi produk Anda terasa tidak komprehensif. Tetapi jika Anda menggunakannya dengan tepat, copy Anda senantiasa dapat menarik perhatian. 
 
Terlalu Mengandalkan Informasi Yang Faktual
 
Ketika pembeli potensial membaca cerita atau deskripsi dari sebuah produk, mereka dapat lupa bahwa hal tersebut merupakan cara Anda untuk menjual produk. Batasan mereka dengan pesan penjualan Anda senantiasa berjalan bersamaan hingga konten Anda terasa lebih kuat dan persuasif.
 
Setiap orang tidak berpikir abstrak ketika berbicara tentang syarat ketentuan atau fakta. Otak kita senantiasa terhubung dengan cerita tertentu yang kita baca. Cerita ini membuat konten Anda terasa lebih bermakna sehingga kehadirannya membantu pembaca untuk lebih mudah memvisualisasikan produk Anda.
 
Sebuah cerita bisa saja dibuat dalam format yang pendek. Berikut contohnya:

Bayangkan jika Anda menjual kursi kantor dengan penyangga pinggang. Anda dapat menceritakan sebuah cerita sederhana tentang seorang pelanggan yang mencoba kursi yang berbeda dan terus menderita sakit punggung. Sebut saja orang tersebut Sarah. Sarah merasa sulit berkonsentrasi pada pekerjaannya. Ia senantiasa mondar-mandir selama rapat berlangsung. Ia mungkin sedikit rewel karena sakit pinggang yang dirasakan saat bekerja.
 
Kemudian, suatu hari Sarah membeli produk kursi Anda dan setelah 1 bulan sakit punggungnya akhirnya hilang. Rekan-rekannya melihat dia lebih ceria di tempat kerja. Bosnya mengatakan bahwa ia menjadi lebih produktif. Dan ketika dia sampai di rumah, ia tidak lagi lelah dan rewel seperti dulu. 
 
Kisah sederhana seperti ini dapat membantu calon pembeli untuk memvisualisasikan manfaat dari produk Anda — terutama jika produk Anda cukup kompleks untuk dijelaskan -  dan juga menambah kepribadian. Anda dapat menceritakan kisah tentang pengembangan, pengujian, atau sumber bahan produk untuk membuat produk Anda lebih menarik atau untuk meningkatkan persepsi kualitas akan produk Anda.
 
Kekurangan Kepribadian Yang Mendorong
 
Banyak website e-commerce besar terdengar seperti perusahaan besar tanpa jiwa di dalamnya. Mereka tidak terhubung, tidak terlibat, bahkan hampir tidak menjual nilai produk yang mereka tawarkan. Mereka hanya menyediakan produk seperti mentega, bir, dan pasta gigi yang mereka tawarkan.
 
Tetapi, tidak ada orang yang suka mengobrol dengan perusahaan tak berjiwa seperti ini. Tidak ada yang suka menelepon pusat panggilan yang tidak menjawab. Jadi mengapa membuat teks Anda terdengar seperti perusahaan yang membosankan di mata pembeli? Untuk lebih terhubung dengan pembaca Anda, berikan sedikit kepribadian pada website e-commerce Anda. Pikirkan tentang nada suara Anda. Beritahu mereka bahwa website Anda adalah perusahaan sungguhan yang dapat berbicara dan mengerti serta mendengarkan keluhan ataupun pujian dari pelanggannya.
 
Anda Merevisi Copy  Secara Terburu-Buru
 
Copywriter profesional tidak dapat menulis dalam hitungan menit. Mereka senantiasa berencana,menulis, dan mengedit. Kecuali jika Anda merupakan manusia dengan kekuatan super, Anda perlu mengedit konten Anda dengan hati-hati. Bayangkan jika Anda sedang berbicara dengan pelanggan favorit Anda. Sekarang, baca copy Anda dengan lantang. Apakah pelanggan favorit Anda menertawakan frasa bombastis Anda? Apakah ia mulai melirik ponselnya karena Anda membuatnya bosan?
 
  • Keraguan apa yang dimiliki pelanggan favorit Anda untuk membeli produk Anda? Sudahkah Anda membahas setiap keraguan yang mereka miliki?

  • Harga seringkali dapat menjadi masalah, jadi pastikan untuk membenarkan harga Anda dengan menjelaskan seberapa besar nilai yang akan didapat pelanggan Anda.
  • Periksa tingkat keterlibatan Anda. Apakah konten Anda berfokus pada pelanggan Anda? Hitung berapa kali Anda menggunakan "saya", "saya", "kami", dan "kami" versus "Anda".

  • Pastikan Anda telah menyertakan manfaat untuk setiap fitur produk yang Anda miliki.

  • Potong kata-kata yang tidak perlu. Kurangi jumlah kata sifat. Bunuh kata keterangan seperti "hanya", "benar-benar", dan "sebenarnya" karena tidak menambah makna.

  • Baca teks Anda secara terbalik karena ini mempermudah untuk menemukan kesalahan ejaan dan tata bahasa. Lebih baik lagi: mintalah rekan kerja atau profesional untuk mengoreksi teks Anda untuk Anda.

Tidak masalah apakah Anda seorang penulis yang baik atau tidak. Yang penting Anda dapat menjadi editor yang baik dan memahami perbedaan antara copy yang buruk, baik, dan tepat. Setelah Anda mengetahui apa yang membuat copy Anda lebih baik, Anda dapat mulai bekerja untuk meningkatkan produk Anda seiring berjalannya waktu.
 
 
Berikut adalah beberapa kesalahan yang dapat Anda hindari dalam memproduksi copywriting untuk produk Anda. Jika masih membutuhkan bantuan tentang pemasaran berbasis digital dan SEO , kami dapat membantu Anda.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? 
 
Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Shopify

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon