Image

QUICK CONTACT













Image

How Using White Space Improves Your Designs

17 Mar 2021 by Billy Gani
Saat mendengar istilah ruang negatif, pikiran Anda mungkin tersirat pada tampilan  sidebar kosong putih yang mengapit konten di tengahnya. Namun, ruang putih, (atau ruang negatif) juga mengacu pada area kosong di sekitar gambar Anda atau elemen lain pada halaman selain spasi antara huruf dalam judul dan teks yang Anda gunakan pada website atau aplikasi.
 
Menggunakan beberapa ruang negatif penting untuk hampir setiap desain website (tidak termasuk situs seperti The Million Dollar Homepage). Dan jika dijalankan dengan tepat, hal ini dapat memberi website Anda tampilan yang lebih smooth tanpa mengorbankan terlalu banyak konten dalam layar yang berharga. Tidak meyakinkan? Atau mungkin Anda berpikir bahwa Anda tidak membayar jasa pengembang untuk membangun ruang kosong dalam website atau aplikasi Anda?  Nah, berikut ini beberapa alasan tentang hal tersebut yang mungkin dapat membuat  Anda berubah pikiran.
 
Menarik Perhatian
 
Mari kita mulai dengan yang paling sederhana. Ketika strategi terbaik untuk meraih perhatian pengguna secara online masih diperdebatkan, kita dapat setuju dengan apa hal yang tidak menarik perhatian sama sekali. Hal ini membuat ruang negatif menjadi salah satu metode efektif dalam mendatangkan dan memfokuskan perhatian karena Anda menggunakannya untuk menarik perhatian hingga titik dimana perhatian tersebut didapatkan dengan lebih cepat. 
 

 
Contohnya, Anda dapat sedikit mengacaukan halaman dengan teks dan gambar lalu menggarisbawahi elemen terpenting dari halaman tersebut. Atau, Anda dapat meninggalkan lebih banyak ruang di sekitar gambar utama atau membuat font yang Anda gunakan berukuran lebih besar (meningkatkan penggunaan ruang negatif dan spasi antar kata) untuk membuat kehadirannya lebih menonjol di mata pembaca dengan gaya yang lebih rapi. 
 
Anda dapat melakukannya untuk setiap jenis halaman seperti homepage, halaman arahan (landing pages), corong konversi, halaman portfolio, dan sebagainya.
 
Kuncinya cukup sederhana - ruang negatif di sekitar objek utama memfokuskan perhatian pengguna karena tidak ada elemen lainnya yang menghasilkan distraksi di sekitarnya.

Menetapkan Tatanan Visual
 
Bagaimana cara Anda mengetahui perbedaan antara logo dan homepage splash dari sebuah website? Hal yang paling jelas dan mungkin berada dalam pikiran Anda adalah ukuran elemen di dalam halaman terkait. Mungkin sedikit kurang jelas, tetapi sangat penting dari sudut pandang desain, adalah ukuran ruang negatif yang mengelilingi elemen tersebut. Elemen dengan prioritas lebih tinggi memiliki lebih banyak ruang negatif di sekitarnya dan hal tersebutlah yang membuatnya muncul dan menarik perhatian pengguna.
 
Berikut salah satu contoh yang mendemonstrasikan hierarki visual diatas:
 

 
Perhatikan tentang tampilan diatas yang tidak memiliki garis, warna, atau pemisah untuk memisahkan bagian yang berbeda? Namun Anda masih dapat membedakan elemen navigasi dari opsi pada layar, judul, tombol share, dan informasi kontak. Bagaimana caranya? Satu kata: ruang negatif.
 
Dengan menerapkan hierarki prioritas visual ini dan memanfaatkan ruang negatif, desain Anda dapat menunjukkan aliran visual yang mulus dan menghilangkan ambiguitas. pengguna dapat langsung mengetahui bagian yang penting dan kemana mereka harus pergi selanjutnya.
 
Halaman arahan biasanya merupakan contoh yang tepat dalam hal ini. Anda memiliki judul besar yang berisi lebih banyak spasi daripada teks berikutnya. Dan teks tersebut  selanjutnya diarahkan pada tombol “Subscribe Now” yang memiliki ruang negatif paling banyak di sekitarnya. Ini adalah contoh yang cukup umum yang dapat dilihat dalam pengalaman Anda menjelajahi mesin pencarian setiap harinya.
 
Mari kita lihat contoh dari GTmetrix berikut ini:
 

 
Homepage GTmetrix memanfaatkan ruang negatif untuk membangun tatanan visual yang kuat. Saat Anda membuka website tersebut, Anda langsung diarahkan pada judul dan tombol analisis yang mereka berikan. Tata letak yang simetris dan ukuran font yang besar mendorong pengguna untuk menggunakan alat analisis kecepatan website yang mereka sediakan.
 
Mengatur Grup Secara Terpisah
 
Jika Anda masih berpikir bahwa ruang negatif dan pemborosan ruang itu sama, izinkan kami menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda benar-benar dapat menghemat ruang dengan menggunakannya. Jika Anda menemukan diri Anda kehabisan layar dari bagian website Anda namun produk, layanan, atau hal lain yang Anda inginkan agar perhatian pemirsa terus menumpuk, maka Anda berisiko untuk menempatkannya bersama-sama di ruang sisa dan menempatkan produk-produk tersebut dengan posisi yang terlalu berdekatan. Hal ini menyebabkan beberapa produk di bagian tersebut tampak serupa atau mendapat sedikit perhatian karena bercampur dengan produk lainnya secara berantakan.
 
Solusinya dapat Anda lakukan dengan dibandingkan menyoroti produk Anda, Anda hanya mengukurnya dengan berbeda, mengubah tata letak dan orientasinya, atau kombinasi keduanya. Hal ini akan membuat beberapa ruang negatif di antara objek, membedakannya satu sama lain, dan memudahkan pengguna untuk memahaminya.
Mari kita lihat bagaimana CoSchedule merancang desain dari bagian fitur websitenya.
 

 
Bagian fitur dari website CoSchedule mengikuti tata letak yang memungkinkan mereka menampilkan fitur website satu per satu. Secara individual fitur tersebut terdiri dari deskripsi singkat dan gambar. Karena Anda hanya dapat melihat satu fitur pada satu waktu, fitur ini menarik perhatian Anda dan menyimpannya di sana.
 
Anda juga dapat mengelompokkan bidang serupa pada formulir dengan memanfaatkan ruang negatif. Hal tersebut membuat formulir lebih mudah dibaca dan mendorong pengguna untuk mengisinya. Formulir dengan sedikit atau tanpa ruang negatif terlihat berdesakan dan tampaknya sulit untuk diisi.
 
Tingkat Keterbacaan Yang Lebih Jelas
 
Last but not least, ruang negatif menjadi tulang punggung dari tingkat keterbacaan teks yang baik. Anda tidak akan dapat membaca seluruh teks di bawah ini jika seluruhnya dijejali dengan spasi yang sangat minim.
 
 
Ruang negatif yang terlalu sedikit membuat teks terlihat sempit dan sulit dibaca. Jika Anda meninggalkan terlalu banyak ruang dan Anda membuang ruang selain risiko teks terlihat terputus-putus. Inilah alasan mengapa beberapa desainer ternama sangat menekankan penggunaan  font dan typography yang sesuai.
 
Contoh Google Fonts di atas menggambarkan dua font - BioRhyme Expanded & Cookie. BioRhyme Expanded menggunakan terlalu banyak spasi sedangkan Cookie agak sulit dibaca karena karakter individualnya tidak diberi spasi yang cukup.
 
Sekarang mari kita bandingkan keduanya dengan dua font yang seimbang berikut ini:
 
 
Font yang berbeda menggunakan jumlah ruang negatif yang berbeda bergantung pada gayanya. Namun, faktor utama lainnya adalah ukuran font. Judul lebih besar memanfaatkan lebih banyak ruang agar terlihat menonjol di mata pengguna. Beberapa area lain yang menggunakan ruang negatif berfungsi untuk meningkatkan pengalaman membaca termasuk spasi baris dan margin paragraf.
 
 
Singkatnya, ruang negatif dalam desain merupakan salah satu tempat pertemuan seni dan sains. Aplikasi ilmiah dari seni ini diperlukan agar desain website Anda menjadi lebih efektif. Hal ini merupakan satu langkah menuju website yang lebih efektif melalui kesederhanaan yang menawarkan lebih banyak hal melalui lebih sedikit tampilan visual.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman yang dapat kami berikan mengenai penggunaan ruang negatif untuk desain website ataupun aplikasi perangkat Anda. Jika Anda membutuhkan hal tersebut untuk melengkapi website atau membutuhkan bantuan pengerjaannya , kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: UsabilityGeek

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm