Image

QUICK CONTACT













Image

Sliders in Web Design: To Use or Not to Use?

10 Mar 2021 by Billy Gani
Banyak desainer saat ini yang memiliki opini kuat tentang penggunaan dari slider dan kontrolnya dalam desain website. Beberapa menyukai penggunaannya dan beberapa yang lain tidak. Gambar dalam slider yang tidak tepat dari segi waktu dan otomatisasi dapat mengganggu pengguna dari banyak aspek penting dalam website Anda. 
 
Di sisi lain, slider manual yang digunakan dapat membuat pengguna perangkat ataupun desktop untuk lebih cepat dan mudah dalam bernavigasi melalui serangkaian fitur dan konten yang Anda sajikan. Mari kita lihat beberapa pemahaman lebih dalam tentang slider, kontrol slider dan manfaat penggunaannya dalam desain website Anda.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Slider Website?
 
Slider merupakan kata yang dipakai untuk menggambarkan slideshow yang berada dalam sebuah website. Sebuah contoh dari slider adalah gambar yang bergerak senantiasa dan berisikan produk atau gambar dari hal yang website terkait tawarkan untuk pengguna yang mengunjungi website terkait. Desainer website dapat menggunakan slider ini dalam setiap website yang mereka rancang, tetapi penggunaannya paling efektif jika digunakan oleh bisnis yang ingin menunjukkan konten relevan atau portfolio professional yang mereka miliki. Dan ketika Anda sebagai desainer ingin dengan cepat dapat menunjukkan berbagai opsi dan membantu pengguna mengklasifikasikan isi website Anda, slider hadir untuk membantu mereka dalam mempersempit pilihan yang mereka miliki.
 
Mengapa Banyak Pro & Kontra Dari Penggunaannya?
 
Jika Anda mengumpulkan beberapa informasi tentang slider, hampir di dekat pencarian teratas, Anda dapat menemukan kritik yang kurang menyukai penggunaan slider dari beberapa desainer. Berikut ini contoh penjabarannya.
 
 
Banyak desainer yang mengkritik bahwa slider dapat membingungkan karena kehadirannya memberikan pengguna beberapa opsi sekaligus dan seluruhnya memiliki berat kepentingan yang sama. Karena UX senantiasa harus dibuat agar pengguna dapat memilih pilihan secara lebih jelas, mereka berpendapat bahwa segala sesuatu yang mengakibatkan kebingungan haruslah dihindari. Mereka juga menjabarkan beberapa alasan mengapa slider dapat berpotensi memberikan UX yang buruk, seperti:
 
  • Pengunjung seringkali melihat slider yang sama dan langsung melewatinya ketika sudah berulang beberapa kaliSlider memperlambat muatan halaman, berdampak pada SEO dan tingkat konversi

  • Beberapa slider tidak berjalan dengan mulus pada perangkat tertentu

  • Ruang yang dibutuhkan oleh slider mengurangi ruang untuk konten lain

  • Slider dapat memberikan kesan bahwa bisnis atau perusahaan terkait tidaklah cukup yakin tentang apa yang akan digarisbawahi sehingga mereka menampilkan transisi dari seluruh pilihan secara bersamaan.
Bahkan beberapa dari mereka juga berpendapat bahwa slideshow yang bergerak dapat memiliki dampak negatif yang sama dengan video yang otomatis terputar saat mengunjungi website. Jika dibandingkan dengan menggunakan slider, para kritikus menyarankan untuk menggunakan gambar dan copy yang statis.
 
Kebalikannya, beberapa desainer menyukai penggunaan slider ini dan menjadi salah satu alat favorit mereka untuk merancang desain website. Berikut ini beberapa pendapat desainer yang menyukai penggunaan slider dan dampak positif untuk UX yang mereka katakan:
 
  • Kehadirannya Menyimpan Ruang - Konten yang terkonsolidasi akan lebih mudah terlihat dalam satu tampilan layar

  • Pengguna Senantiasa Terlibat - Pengunjung website cenderung menetap pada satu halaman untuk melihat konten, dan tampilan visual dapat membuat mereka beristirahat sejenak ketika sedang menelusuri halaman tertentu

  • Slider Mengkonsolidasikan Konten - ketika media dalam halaman tertentu dapat memindahkan perhatian pengguna dari teks, slider dapat menempatkan perhatian
  • Pengguna Dapat Mengontrol Konten - Kehadiran slider memperbolehkan pengguna untuk memproses aktivitas mereka melalui slider dalam kecepatan mereka sendiri atau untuk melewati seluruhnya ketika hal tersebut bukanlah hal yang ingin mereka temukan.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Menggunakan Slider?
 
Jika slider tidak senantiasa cocok untuk digunakan setiap website, ada beberapa peningkatan yang dihadirkannya. Mulai dari menganalisa apa yang pengguna Anda cari dan bagaimana setiap halaman dari website Anda dapat membantu mereka dalam menyelesaikan tujuan. Jika slider dapat memperkuat brand Anda dan meningkatkan kepercayaan pengguna, hal tersebut dapat menjadi bagian penting dari UX pengguna Anda. Jika kehadirannya memberikan distraksi dan kebingungan, hal itu dapat memberikan dampak negatif pada konversi website Anda. 
 
Setiap organisasi dari website tentunya berbeda dan unik. Jadi, apa yang berhasil dengan sempurna bagi beberapa orang mungkin berdampak buruk pada orang lain. 
 

 
Hindari penggunaan slider sebagai distraksi dengan meminimalkan transisi dan pilih transisi menghilang yang halus dibandingkan dengan slide yang terlalu menonjol. Buatlah navigasi Anda menjadi lebih mudah dengan menempatkan tombol panah untuk bergeser ke kiri dan kanan. Buatlah pengguna berbasis perangkat mudah untuk menggeser slider Anda. Optimalkan muatan halaman dengan menggunakan ukuran gambar yang paling kecil dan tunggu untuk memuat slide pada slider, karena pengguna mungkin tidak memerlukannya.
 
Gunakan Slider Sebagai Tur Produk Anda
 
Ketika pengunjung website Anda melihat banyak informasi, hal  tersebut dapat membuat mereka kewalahan. Jika Anda menawarkan produk yang bekerja dalam serangkaian langkah, gunakan tab geser untuk menampilkan rangkaian dan menampilkan visual yang tepat untuk pengguna.
 
Contohnya, perusahaan yang menggunakan perangkat smartphone untuk memproses transaksi kartu kredit mungkin menampilkan slider yang menunjukkan gambaran pengguna yang menggunakan kartu sebagai pembayaran, karyawan yang menggesek kartu tersebut melalui perangkat, dan dana akan ditransfer pada akun yang diinginkan. Hanya membutuhkan waktu beberapa menit bagi pengguna untuk membaca teks, dan mereka dengan cepat memahami melalui slider tersebut dalam hitungan detik. Proses yang sama dapat disesuaikan dengan orientasi pengguna untuk website dan aplikasi perangkat milik Anda.
 
Buatlah Konten Terbaru Dari Website Anda Senantiasa Menonjol
 
Pengunjung website Anda saat pertama kali sering ingin mengetahui tentang apa saja pilihan mereka dan apa yang Anda tawarkan. Slider berisikan konten pada halaman homepage memberikan gambaran singkat dan memungkinkan pengunjung membuat keputusan dengan lebih cepat.
 
Jika Anda memperbarui website Anda secara teratur, slider dapat menekankan pembaruan tersebut kepada pengguna. Jika digunakan pada website yang memuat berita, materi terbaru dan sedang naik biasanya menjadi fokus konten berwujud slider mereka. Setiap pembaruan berdiri di garis depan selama hal tersebut merupakan berita terbaru atau penawaran terbaru. Dengan sekilas saja, pengguna dapat mengetahui banyak hal telah berubah di dalamnya.
 
Tampilkan Galeri Foto Dari Brand Anda
 
Terkadang satu gambar saja dapat membuat pernyataan yang kuat tentang brand Anda. Di sisi lain, kumpulan gambar ini juga memberikan bukti kuat tentang kualitas, nilai, dan kepercayaan dari brand atau bisnis Anda. Slider lebih dari sekadar untuk menampilkan gambar. Slider dapat mengatur dan menampilkan gambar terlepas dari apakah Anda memilih galeri foto dengan beberapa gambar kecil atau besar dengan layar grafis berkualitas tinggi pada satu halaman penuh.
 
Galeri foto sangat diperlukan untuk brand yang menjual jasa layanan real estate atau kendaraan. Pembeli rumah tentunya senantiasa ingin melihat beberapa foto rumah sebelum mereka melihatnya secara langsung, dan slider dapat memungkinkan mereka untuk melihat dengan lebih cepat.
 
Beberapa produsen mobil juga menghadirkan layar demi layar slider yang menampilkan kendaraan mereka dengan desain inovatif untuk menarik minat pembeli dalam detail lebih lanjut. Jika dibandingkan dengan harus memilih gambar satu per satu, pembeli dapat dengan cepat menggesernya. Pengurangan gesekan ini tentunya meningkatkan pengalaman pengguna.
 
Tampilkan Portfolio Anda Secara Online
 
Seniman, desainer grafis, dan pengembang website sering kali berusaha mendemonstrasikan produk, keterampilan, dan kemampuan mereka. Klien tentunya juga ingin merasakan atau melihat gambaran singkat yang memungkinkan mereka untuk menilai kualitas dan tone yang diberikan secara keseluruhan. Slider ini dapat memungkinkan desainer untuk menampilkan pekerjaan mereka dalam format yang lebih fleksibel. Pengunjung dapat melihat sebanyak atau sesedikit apapun yang mereka inginkan, tetapi meskipun mereka tidak tinggal lama, mereka meninggalkan kesan yang baik dalam halaman terkait.
 
Menampilkan Opsi E-Commerce Anda
 
Pengusaha berbasis online dapat menampilkan beberapa produk perusahaan yang paling populer atau dapat dikenali untuk menarik pengguna, menekankan variasi baru, atau menampilkan kategori untuk memudahkan pengguna dalam berbelanja. Desainer yang meneliti tren dari desain website e-commerce untuk penjualan yang lebih baik ini senantiasa mengetahui beberapa tata letak yang paling efektif dalam menggunakan pendekatan minimalis dengan banyak ruang putih, sehingga slider dapat dibiarkan bersinar untuk mata pengguna.
 
Setiap website senantiasa berbeda, dan masing-masing menerima jenis pengunjung yang juga berbeda. Desainer yang memulai dengan apa yang dibutuhkan pengguna dan merancang desain konten berdasarkan preferensi dan gaya interaksi mereka menggunakan berbagai alat untuk menyajikan konten. Jika digunakan dengan benar, slider dapat menjadi salah satu alat penerapan yang tepat dalam menciptakan pengalaman penelusuran pengguna yang lebih imersif.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman yang dapat kami berikan mengenai penggunaan slider untuk desain website ataupun aplikasi perangkat Anda. Jika Anda membutuhkan hal tersebut untuk melengkapi website atau membutuhkan bantuan pengerjaannya , kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference : UsabilityGeek

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon