Image

QUICK CONTACT













Image

Is Less Really More? The Truth Of Functional Minimalism In Web Design

04 Mar 2021 by Billy Gani
Less is more” - merupakan frasa yang senantiasa menguasai dunia desain, entah saat Anda mempertimbangkan fashion, desain interior ataupun desain website. Frasa tersebut, tentunya, merupakan refleksi langsung dari teori lama yang berbicara tentang minimalisme. Teori tersebut menjadi salah satu alat pemasaran berbasis desain yang sederhana, elegan, dan tentunya - fungsional.
 
Dan kita dapat dengan mudah mengatakan bahwa minimalisme sedang populer saat ini. Pengaplikasiannya dapat dilakukan dengan dua cara. Yang pertama, tentunya secara estetik dan satunya lagi secar fungsional. Pada artikel berikut ini kita akan membahas tentang pengaplikasian dari minimalisme dalam desain website. Tetapi sebelum itu, mari kita bahas tentang konsep dasar dan sejarahnya. 
 
Konsep Dasar
 
Prinsip utama dari minimalisme adalah hanya menggunakan bagian penting dari sebuah fitur untuk mata pengguna. Dengan cara ini, setiap designer tidak hanya akan memfokuskan perhatian pengguna pada bagian penting dari seni yang ditampilkan tetapi juga meningkatkan keanggunan dari karya tersebut. Menurut Donald Judd, seorang seniman minimalis legendaris, “Bentuk, volume, warna, permukaan adalah hal itu sendiri. Hal ini tidak boleh disembunyikan sebagai bagian dari keseluruhan yang cukup berbeda. Bentuk dan bahan tidak boleh diubah oleh konteksnya."
 
Ketika berbicara tentang desain minimalis, hal tersebut dapat diaplikasikan dengan dua cara. Anda dapat membuat desain minimalis untuk estetika, atau demi fungsionalitas. Mari kita lihat gambar pertama di bawah ini sebagai contoh:
 
 
Desain di atas merupakan desain dari website Alfred Sung, seorang desainer kacamata. Meskipun desainnya minimalis dan terlihat indah secara estetika, desain tersebut gagal dalam memberitahu pengguna tentang tujuan dari website tersebut, kecuali jika mereka bernavigasi dan menggunakan melalui tab menu. Desain website yang minimalis ini hanya dibuat untuk estetika, bukan fungsionalitas.
 
Tetapi, jika kita melihat Gambar kedua di bawah ini, kita dapat melihat pengaplikasian yang sempurna dari desain minimalis yang fungsional dalam desain website dengan menyajikan informasi penting dalam cara yang menyenangkan secara visual.
 
 
Berikut diatas adalah desain dari website Libraton. Antarmuka pengguna yang mulus dan rapi, dilengkapi dengan navigasi yang mudah. Contoh desain ini adalah contoh utama tentang bagaimana desain yang minimalis dan fungsional bekerja. Tidak ada teks tambahan, animasi yang tidak perlu, dan efek ekstra dalam desain. Dengan gambar dan konten yang tepat, kehadirannya dapat dengan mudah memberitahu pengguna tentang apa website mereka berbicara.
 
Ketika berbicara tentang minimalis fungsional dalam desain website, penting untuk menyajikan konten yang diperlukan kepada pengguna dengan cara yang menyenangkan secara visual. Tidak ada tempat untuk teks tambahan, animasi yang tidak perlu, dan efek ekstra dalam desain minimalis. Konten dan desain disajikan apa adanya, tanpa hiasan tambahan, sedemikian rupa sehingga pengguna dapat menemukan apa yang mereka cari, dengan mudah tanpa perlu kesusahan.
 
Sejarah & Evolusi Dari Minimalisme
 
Minimalis sebagai konsep memiliki arti untuk hidup secara lebih efisien. Artinya, Anda dapat lebih berfokus pada tujuan inti, yaitu menyingkirkan semua kelebihan fitur, ornamen, dan hiasan yang tidak penting  Andadari kehidupan. Budaya Jepang dapat menjadi contoh dari minimalisme yang memprioritaskan harmoni kesederhanaan dan keseimbangan dalam gaya hidup mereka, dan Anda dapat melihatnya tercermin dalam seni, serta arsitektur mereka juga.
 
Konsep minimalis telah ada sepanjang sejarah, tetapi benar-benar dipopulerkan setelah Perang Dunia II, melalui karya seniman Frank Stella, dan Robert Rayman. Sebagai efek dari mempopulerkan konsep tersebut, penerapan minimalis senantiasa masuk ke bidang lain seperti arsitektur.
 
Tak lama kemudian, minimalisme juga memasuki dunia desain website. Pada awal mula internet, ada gaya desain website lain yang mendominasi, yang kita kenal sebagai desain web dengan brutalistik. Gaya ini menampilkan tata letak yang tidak teratur, pola geometris yang kaku dan berulang, dan penggunaan berbagai gaya font. Secara keseluruhan, desain website ini tidak mencerminkan keinginan untuk menutupi elemen desain yang jelek sama sekali.
 
Tetapi ketika desain mulai senantiasa berevolusi menjadi lebih baik, minimalisme menjadi hal terdepan dalam website dan mulai menjadi lebih memuaskan secara estetika. Namun, desain brutalist juga dapat kembali sebagai bentuk perlawanan dari gaya desain website yang homogen.
 
Desain Website Minimalis & Fitur Yang Penting Di Dalamnya
 
Penerapan minimalisme dalam merancang desain website merupakan praktik paling populer di kalangan desainer saat ini. Minimalisme telah menjadi sangat populer sehingga hari ini fitur-fiturnya menjadi aturan praktis dalam merancang desain website  yang fungsional. Itulah sebabnya cara terbaik untuk mengetahui desain website yang minimalis adalah dengan mengetahui fitur utama yang berada di dalamnya.
 
  • Fokus Utama - Konten Yang Paling Penting
    Dalam desain website yang minimalis, konten menjadi fokus utama. Antarmuka disederhanakan melalui penghapusan elemen berlebih yang pada akhirnya tidak akan membantu pengguna melakukan tugas apa pun. Inilah sebabnya mengapa memprioritaskan konten merupakan proses penting dalam pendekatan minimalisme ini.

    Dengan memprioritaskan konten, seorang desainer perlu menghapus setiap elemen di halaman website yang mungkin mengganggu pengguna dari konten utama. Setiap elemen yang akan dimasukkan dalam desain senantiasa memiliki fungsi. Namun, ada satu masalah yang mungkin Anda hadapi saat menghapus konten yang berlebihan, dan hal tersebut adalah menghapus konten penting. Jadi, pastikan Anda tidak menghapus konten penting dari halaman tersebut untuk membuat desainnya menjadi minimalis.

  • Typography Yang Dramatis

    Dengan latar belakang minimalis, typography yang kuat senantiasa akan menghasilkan konten terbaik. Dan itulah mengapa banyak desainer yang menerapkan fitur ini untuk menekankan konten mereka.

  • Kontras Dalam Desain

    Penerapan elemen dengan kontras yang tinggi merupakan pilihan yang baik untuk desain minimalis. Dengan cara ini, Anda dapat memaksimalkan elemen desain yang sederhana tanpa harus bersusah payah. Belum lagi, hal ini juga menjadi cara yang paling efisien untuk mengarahkan fokus pengguna ke setiap elemen utama pada halaman terkait.

 

Berikut adalah beberapa pemahaman dan konsep dasar yang dapat kami berikan tentang minimalisme dalam desain website. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dan ingin memahami lebih dalam tentang minimalisme dalam desain website, Eannovate hadir untuk membantu Anda.

Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.

 Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.

Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.

Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di

Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,

Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.




Reference: Usability Geek





 


 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon