Image

QUICK CONTACT













Image

Beberapa Tips  Untuk Anda yang Ingin Merilis Bisnis E-Commerce di Tahun 2021

26 Feb 2021 by Billy Gani
2020 telah mengkonfirmasi tentang seberapa penting kehadiran online bagi Anda yang ingin menjual produk secara online. Konsumen menghabiskan lebih banyak waktu mereka pada layar kaca, baik melalui media sosial, maupun marketplace untuk berbelanja online. Oleh karena itu, banyak sekali brand yang menyadari bahwa mereka harus secara serius menerapkan investasi dalam e-commerce. Tahun 2021 ini dapat menjadi tahun konsolidasi dari industri yang sedang marak ini, tetapi bagaimana jika Anda baru ingin memulai bisnis e-commerce Anda sekarang?
 
Produk
 
Sebelum Anda bahkan mulai untuk menjual produk secara online, Anda perlu melakukan riset pasar dan memastikan bahwa produk yang ingin Anda jual tidak berada pada niche yang terlalu penuh dengan produk sejenis lainnya. Anda dapat memeriksa daerah atau pasar tertentu yang Anda jadikan target, atau dengan memeriksa volume riset untuk produk spesifik yang Anda jual.
 
Google Trends dapat menjadi salah satu alat yang kuat dan gratis untuk digunakan dalam membantu Anda memeriksa kata kunci tertentu dengan intensi pembelian produk dalam kurun waktu yang spesifik. Anda juga dapat menggunakan Tokopedia atau Shopee sebagai pembanding untuk melihat apakah niche yang Anda ingin masuki sudah memiliki banyak produk sejenis dengan produk Anda dan apakah produk terkait sudah memiliki banyak ulasan. 
 
Memiliki persaingan belum tentu menjadi  hal yang buruk. Faktanya, hal ini berjalan justru sebaliknya. Tetapi, Anda perlu menyadari dan memahami tentang bagaimana bisnis Anda dapat menawarkan proposisi penjualan yang unik meskipun Anda baru dalam pasar ini.
 
Sarana Penjualan
 
Pertama-tama, Anda perlu memilih platform yang tepat untuk merancang bisnis online Anda. Ada banyak software dan aplikasi yang dapat Anda gunakan saat ini, tetapi Anda juga perlu mempertimbangkan integrasi dan kesempatan yang tersedia dari seluruh platform yang tersebut. Contohnya, Shopify merupakan salah satu platform yang mudah dan berkualitas dengan ekosistem aplikasi e-commerce yang besar. Platform tersebut juga mampu terintegrasi dengan website lainnya, jika sewaktu-waktu Anda perlu meningkatkan skala bisnis e-commerce Anda kedepannya.
 
Selain itu, marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, Bukalapak, JD.ID dan lainnya juga merupakan salah satu platform di mana Anda bisa menjual produk Anda kepada jutaan-hingga milyaran calon customer. Melihat kesempatan yang begitu besar dari marketplace, hal ini tentunya tidak lepas dari adanya daya kompetisi yang juga jauh lebih tinggi dan ketat.
 
Terkadang memasuki marketplace memang cukup sulit dan membutuhkan effort yang cukup besar untuk dapat memenangkan pasar. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan jasa e-commerce service pihak ketiga dari perusahaan enabler seperti Jet Commerce. Hal ini bisa menjadi salah satu opsi terbaik dalam membangun brand Anda memenangkan kompetisi di dalam marketplace
 
Promosi
 
Setiap orang saat ini menghabiskan berjam-jam waktu mereka dalam media sosial setiap harinya. Tetapi, setiap platform tersebut memiliki audiens dan demografis yang berbeda. Facebook dan Instagram memiliki target audiens yang besar dengan beberapa penempatan yang tersedia, tetapi tidak membuat keduanya menjadi opsi terbaik jika Anda memilih target audiens dengan usia yang muda.
 
TikTok, contohnya, menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di kalangan generasi Z saat ini dan Pinterest menjadi opsi terbaik yang dapat Anda gunakan jika menargetkan audiens dengan jenis kelamin perempuan di bawah usia 25 tahun.
 
Pemasaran dengan bantuan influencer juga menjadi salah satu opsi terpopuler untuk menyebarkan informasi tentang brand Anda, dengan sistem mulut ke mulut untuk menciptakan brand awareness yang lebih besar serta menghasilkan penjualan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Google Ads sebagai salah satu cara terbaik dalam meningkatkan penjualan dengan menargetkan konsumen yang mencari produk spesifik.
 
Pada media sosial, Anda dapat menargetkan pembeli yang lebih pasif dan mungkin punya ketertarikan akan produk Anda. Dengan bantuan Google, Anda dapat menargetkan pembeli yang lebih aktif yang sudah pernah mencari tentang sebuah produk, dan memiliki keinginan untuk membelinya. 
 
Layanan Pelanggan (Customer Care)
 
Hal ini mungkin menjadi salah satu hal terpenting dari bisnis e-commerce Anda di tahun 2021. Jika Anda ingin membangun brand dan bisnis e-commerce yang berkelanjutan, Anda perlu berfokus pada layanan pelanggan yang cepat dan efektif. Hal ini sangat diperlukan untuk membuat konsumen dari produk atau layanan Anda senantiasa senang dan loyal terhadap brand/ bisnis Anda.
 
Mungkin awalnya Anda bisa mencoba untuk menggunakan sebuah sistem yang terintegrasi dengan marketplace/ webstore brand Anda, lalu menyewa seseorang untuk menangani hal ini. Namun, jika bisnis Anda sudah semakin besar, menggunakan jasa pihak ketiga untuk menjalankan program CRM (Customer Relationship Management) untuk bisnis Anda bisa menjadi opsi.
 
Pemenuhan Order (Order Fulfillment)
 
Ketika Anda merilis bisnis e-commerce Anda, kelancaran dalam pemenuhan order merupakan salah satu hal yang sangat krusial untuk Anda perhatikan. Seberapa berkualitasnya produk Anda, kepuasan pelanggan sangatlah dipengaruhi oleh kecepatan pemrosesan order, keamanan pengepakan/ pembungkusan, dan kecepatan dalam pengiriman.
 
Sebagai contoh produk Anda diterima oleh pelanggan dalam keadaan rusak/ diterima dalam waktu yang lebih lama dari standar umum, tentunya pelanggan akan langsung kecewa dan bisa saja memberikan rating buruk terhadap pelayanan Anda. Satu saja kesan negatif dari pelanggan bisa mempengaruhi keputusan pembelian dari calon-calon pelanggan Anda selanjutnya.
 
 
Saat Anda baru merintis sebuah usaha di e-commerce, tak jarang masalah-masalah ini muncul padahal perusahaan sedang berkembang dengan pesatnya. Apabila hal seperti ini terjadi, dan Anda merasa sulit untuk mengimplementasikan strategi-strategi yang sudah dijabarkan di atas, mungkin Jet Commerce bisa menjadi solusi untuk strategi pemasaran CRM dan juga pemenuhan order untuk bisnis e-commerce Anda. 
 
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta, Indonesia. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, kami menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce.
 
 Layanan kami meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment center.
 
Jet Commerce Fulfillment Center berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Fulfillment Center kami mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Layanan kami merupakan solusi alternatif bagi Brand, maupun pemilik bisnis yang ingin mengembangkan strategi pemenuhan order (order fulfillment) bagi usahanya di ranah e-commerce.
 
 
 
 
 
Reference: Forbes

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm