Image

QUICK CONTACT













Image

Breadcrumb Navigation Design - What You Need To Know

24 Feb 2021 by Billy Gani
Breadcrumbs senantiasa dikenal karena kehadirannya pada hampir setiap website e-commerce. Kehadirannya yang sering digunakan terutama dalam sektor UX - seperti oleh Norman Nielsen Group - dari tahun 1990. Breadcrumbs sudah menjadi salah satu hal yang konstan dalam platform e-commerce dan sangat mudah dikenali tentunya oleh para desainer.
 
Tetapi, mengapa kehadirannya sangat populer? Apakah hal tersebut menjadi hal yang cocok untuk setiap website dan aplikasi ? Dan yang terpenting, bagaimana dan mengapa kehadirannya dapat meningkatkan pengalaman pengguna? 
 
Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa pemahaman yang lebih mendalam tentang desain breadcrumbs - ayo kita mulai.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan Navigasi Breadcrumb?
 
Navigasi website breadcrumb merupakan jenis desain navigasi sekunder yang bertujuan untuk meningkatkan kegunaan dari produk. Cara hal ini bekerja adalah dengan menjelaskan kepada pengguna di mana mereka berada dalam halaman produk tertentu. Hal ini menjadi bagian dari fungsi kegunaan website yang efektif - mengetahui di mana Anda berada setiap saat.
 
Skema navigasi sekunder semacam ini mendapatkan namanya dari dongeng terkenal Hansel dan Gretel, di mana anak-anak menggunakan remah roti untuk mengingat jalan mereka di hutan. Pada zaman modern ini, remah roti ini melakukan hal yang persis sama untuk pengguna.



Secara garis besar, skema navigasi ini cukup mudah -  biasanya digambarkan dengan tautan dalam garis horizontal yang menggambarkan lokasi pengguna dalam suatu halaman produk. Hal ini dapat mencegah pengguna untuk merasa bingung jika mereka mendarat pada halaman tingkat yang lebih rendah dalam sebuah website yang besar dan kompleks, misalnya.
 
Pengguna telah terbiasa melihat navigasi website yang runut dari segi tautan, terutama pada website besar seperti contohnya Amazon. Tetapi, apa yang membuatnya menjadi fitur yang tepat untuk dimiliki dalam sebuah halaman produk? Norman Nielsen membuat argumen yang sangat kuat tentang mengapa navigasi breadcrumbs ini sangat positif dalam penggunaannya.
 
Manfaat Dari Navigasi Website Breadcrumbs
 
Konsistensi & Familiaritas
 
Saat ini, sebagian besar pengguna akan mengenali skema navigasi website yang runut tautannya meskipun mereka tidak tahu apa namanya. Berkat website besar yang telah menggunakannya selama bertahun-tahun hingga sekarang, pengguna hampir berharap untuk senantiasa menemukan breadcrumbs pada setiap website yang disinggahinya.
 
Menurut Norman Nielsen Group, navigasi breadcrumb tidak berubah sejak tahun 1990, itulah sebabnya mengapa navigasi ini menjadi begitu kuat. 
 
Hal tersebut selalu hadir dengan rupa garis horizontal dengan tautan yang mengarah dari halaman tingkat tertinggi ke tingkat terendah. Tautannya sederhana, dengan satu karakter yang memisahkan setiap tautan  simbol ">" yang paling umum digunakan.
 
Karena pengguna sudah sangat akrab dengan navigasi breadcrumb ini, mereka dapat dengan mudah memahami fungsinya. Sisi familiaritas ini merupakan kontribusi langsung terhadap prediktabilitas, yang membuat satu hal lagi tentang website tidak perlu dipelajari pengguna.
 
Konteks & Lokasi Penempatan
 
Hal ini menjadi alasan klasik tentang mengapa banyak desainer menyertakan breadcrumb dalam desain navigasi mereka. Hal ini membantu pengguna untuk memahami lokasi mereka saat berada dalam website - yang sangat membantu dengan website besar seperti pada platform e-commerce.
 
Hal ini juga menawarkan konteks seperti di level mana pengguna berada, dan kemana mereka dapat pergi dari halaman tersebut. Kehadirannya sangat membantu pengguna untuk membuka halaman produk t-shirt, misalnya, dan jika ia ingin menjelajahi kategori t-shirt tersebut secara keseluruhan. Navigasi ini juga membantu pengguna tidak hanya untuk merasa lebih nyaman, meningkatkan kegunaan, tetapi juga berfungsi sebagai jalan pintas - yang membawa kita ke keuntungan berikutnya.
 
Membawa Pengguna Ke Tempat Yang Mereka Inginkan - Dengan Lebih Cepat
 
Ada yang mengatakan bahwa desain navigasi adalah tentang membawa pengguna pada informasi yang mereka cari dalam jumlah klik sesedikit mungkin. Hal ini diperdebatkan secara luas, karena penurunan jumlah klik terkadang dapat mendorong desainer untuk membahayakan fungsi kegunaan dari seluruh produk. Pemikiran semacam ini dapat menyebabkan desainer untuk mencoba membuat jalan pintas ke setiap sudut website yang berada di homepage, misalnya.
 
Breadcrumb dapat berguna untuk tujuan ini, karena memungkinkan pengguna untuk melompat ke kategori yang lebih besar dan halaman dengan level yang lebih tinggi dalam satu kali klik. Salah satu keuntungan besar tentang taktik ini adalah dengan menggunakan navigasi breadcrumb, Anda dapat membuat jalan pintas yang menghabiskan sangat sedikit ruang layar, dan menghindari kesan berantakan.
 
Kapan Anda Dapat Menggunakan Navigasi Breadcrumb Ini?
 
Meskipun navigasi breadcrumb ini cenderung membantu fungsi kegunaan, hal tersebut bukan lah jenis fitur dengan satu ukuran yang tepat untuk semua penempatan. Sebenarnya, tidak semua produk mendapatkan keuntungan dari skema navigasi sekunder ini. Jadi, apa yang membuat sebuah website layak dikunjungi? Perbedaan antara produk yang dapat menggunakan navigasi breadcrumb dari produk yang tidak terletak pada ukuran dan jenis konten yang dimilikinya.
 
Jenis website yang paling diuntungkan dari skema navigasi ini adalah website yang memiliki banyak konten di dalamnya. Akan sangat baik jika konten yang banyak tersebut diatur dengan rapi ke dalam beberapa kategori, sehingga navigasi yang runut dari tautannya tersebut lebih mudah diakses bagi pengguna.
 
Platform e-commerce seperti Amazon menggunakan navigasi breadcrumb. Contoh website ini memiliki beragam produk yang termasuk dalam kategorisasi hierarkis. Bagi pengguna, hal tersebut memberitahu mereka untuk dapat melompat ke kategori tingkat tinggi dengan satu klik, daripada kembali menggunakan browser dan kemudian mencari tautan kategori yang mereka inginkan.
 
Alasan mengapa kategorisasi ini membantu pengguna adalah karena kategorisasi ini adalah urutan logis untuk berpindah dari halaman besar (tingkat tinggi) ke halaman yang lebih kecil (seperti halaman produk). Di sisi lain, website yang tidak mendapatkan keuntungan dari navigasi breadcrumb adalah website yang tidak memiliki terlalu banyak konten atau tidak menggunakan sistem hierarki per halaman. Artinya, website tingkat tunggal tidak dapat menggunakan navigasi breadcrumb karena tidak memiliki pengelompokan logis, tidak ada hierarki logis di dalamnya.
 
Jenis - Jenis Navigasi Breadcrumb
 
Navigasi Breadcrumbs Berbasis Lokasi
 
Navigasi ini merupakan jenis yang paling umum, mengacu pada pengertian klasik dalam mencerminkan hierarki informasi. Dengan menggunakan runut tautan yang berbasis lokasi, Anda menawarkan kepada pengguna pandangan tentang di level produk mana mereka berada.
 
Jenis ini merupakan alat yang ampuh untuk Anda gunakan jika produk memiliki lebih dari dua tingkat, serta sangat mendukung pengguna yang membuka website pada halaman tingkat yang lebih rendah. Hal ini dapat menjadi cara yang tepat untuk menawarkan navigasi ke dalam website yang kompleks, seperti pada platform dukungan yang memiliki banyak konten di dalamnya.
 
Navigasi Breadcrumbs Berbasis Atribut
 
Agak sulit untuk membedakan antara lokasi dan navigasi runut tautan berbasis atribut. Perbedaan utamanya adalah meskipun breadcrumb berbasis lokasi hanya akan menampilkan tingkat halaman dalam produk, navigasi yang berjenis atribut akan menampilkan kategori yang semakin luas.
 
E-commerce besar yang menggunakan skema navigasi semacam ini seperti Amazon dan Best Buy, tidak sulit untuk mengetahui alasannya. Hal tersebut membuat penelusuran produk menjadi jauh lebih mudah.
 
Salah satu hal hebat tentang menggunakan jenis skema navigasi ini pada website e-commerce adalah bahwa pengguna dapat berpindah kategori untuk menjelajahi jenis produk yang sama. Misalnya, jika pengguna yang melihat papan ketik Bluetooth tertentu pada Amazon, ia dapat membuka keseluruhan daftar dari seluruh papan ketik Bluetooth yang tersedia dengan sekali klik.
 
Navigasi Breadcrumbs Berbasis Perjalanan
 
Anehnya, navigasi website breadcrumb berbasis perjalanan ini merupakan satu-satunya jenis skema navigasi yang melakukan apa yang diinginkan Hansel dan Gretel dalam kisah mereka. Dengan jenis navigasi ini, Anda tidak mempertimbangkan tingkat atau jenis kategori apa pun, melainkan langkah yang sebenarnya diambil pengguna.
 
Hal tersebut memiliki arti bahwa skema navigasinya dapat berubah-ubah, dan menunjukkan jalur mereka sendiri kepada setiap pengguna. Jenis navigasi website breadcrumb jenis ini menjadi sumber dari banyak perdebatan di industri desain UX. Masalahnya terutama muncul dari fakta bahwa menggunakan navigasi berbasis jalur ini dapat memiliki manfaat yang sangat terbatas.
 
Misalnya, pengguna mungkin bingung saat melihat dua skema navigasi yang berbeda setelah tiba di halaman yang sama dua kali, dengan menggunakan jalur yang berbeda. Masalah lainnya yang dapat ditemukan adalah bahwa skema ini akan meniru tombol "Kembali" dari browser itu sendiri, dan menawarkan sedikit nilai tambah. Di atas semua itu, ada masalah terpisah yang dapat dialami pengguna dengan diarahkan langsung ke halaman manapun dari penelusuran Google yang tidak  memiliki navigasi breadcrumb sama sekali.
 
 
Berikut adalah beberapa informasi dan pemahaman yang dapat kami berikan mengenai navigasi breadcrumb untuk desain website ataupun aplikasi perangkat Anda. Jika Anda membutuhkan hal tersebut untuk melengkapi website atau membutuhkan bantuan pengerjaannya , kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: JustInMind

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon