Image

QUICK CONTACT













Image

10 Tips Memilih Mobile App Developer Yang Tepat Untuk Bisnis atau Project Anda

23 Feb 2021 by Billy Gani
Dengan kemajuan teknologi perangkat saat ini, aplikasi seluler telah menjadi bagian integral dari bisnis setiap harinya. Menurut Comscore, pengguna menghabiskan 87% waktunya pada aplikasi seluler. Dan, seiring dengan pertumbuhan penggunaan, jumlah unduhan aplikasi di seluruh dunia juga senantiasa meningkat. Tidak setiap bisnis memiliki akses dalam bakat internal ini untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Oleh karena itu, permintaan akan perusahaan atau developer aplikasi perangkat juga senantiasa meningkat.
 
Pengembangan aplikasi perangkat bukanlah hanya sekedar proses perancangan desain dari aplikasi dan mengunggahnya ke dalam App atau Play Store.  Anda harus bekerja sama dengan pengembang (developer) yang benar-benar paham tentang apa yang mereka kerjakan, bertanggung jawab terhadap setiap langkah yang mereka kerjakan, hingga aplikasi perangkat Anda go live dan tetap me-maintain aplikasi tersebut bahkan setelah aplikasi Anda sudah berjalan dengan lancar kedepannya. 
 
Ketika Anda sudah memutuskan untuk mencari mobile apps development vendor atau agency bagi project atau untuk kebutuhan bisnis Anda, apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum benar-benar bekerja sama dengan salah satu dari banyaknya pilihan vendor yang tersedia ?
 
Berikut kami berikan beberapa tips dan pemahaman yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu. 
 
Apa Saja Yang Perlu Anda Ketahui Lebih Dalam Dari Vendor / Agency Mobile Apps Development?
 
  1. Scope Of Work  (Cakupan Kerja) - Anda terlebih dahulu perlu mengetahui tentang layanan yang diberikan. Apakah layanan mobile apps development yang diberikan hanya bersifat satu layanan saja (development) atau mencakup konsultasi dan juga desain.

  2. Workflow (Alur Kerja) - Bagaimana alur kerja dari vendor tersebut dalam mengembangkan aplikasi perangkat untuk kebutuhan Anda?

  3. Track Record  (Kinerja Terdahulu) - Anda perlu mengetahui lebih dalam tentang apa saja track record yang mereka miliki dan apakah bersifat positif dan berjalan dengan baik untuk klien-klien sebelumnya yang mereka tangani.

  4. Referensi Dari Klien Sebelumnya - Tanyakan tentang referensi pekerjaan mereka dari para klien yang sudah pernah menggunakan jasa dan layanan mereka. Tanyakan kepada mereka bagaimana rasanya bekerja dengan vendor yang Anda pertimbangkan. Cari tahu apa yang mereka suka dan tidak sukai. Apakah vendor tersebut memberikan hasil yang diharapkan? Apakah pekerjaan mereka diselesaikan tepat waktu dan sesuai budget

    Hal tersebut dapat memberikan Anda tambahan informasi untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk bekerja sama dengan mereka. 

  5. Person In Charge (Siapa Yang Bertanggung Jawab) - Anda perlu mengetahui tentang siapa saja yang akan memegang proyek aplikasi perangkat dan bertanggung jawab atas setiap proses pengembangannya.

  6. Preview / Milestones / Discussion  - Anda perlu mengetahui kapan saja  Anda mendapatkan preview dan milestones dari setiap proses pengembangan aplikasi dan seberapa sering Anda dapat berdiskusi dengan mereka tentang pengembangan aplikasi.

  7. Proses dan Termin Pembayaran - Anda perlu mengetahui lebih dalam tentang bagaimana proses pembayaran terhadap pengerjaan proyek aplikasi perangkat Anda. Apakah dapat diterapkan secara transparan dan jelas, dan sebagainya. 

  8. Testing / Security Process - Bagaimana proses pengujian aplikasi dan keamanan yang diberikan oleh mereka terhadap aplikasi perangkat Anda.

  9. Garansi & After Sales Service - Apakah vendor atau agensi yang Anda pilih tersebut memberikan garansi  layanan after sales service (layanan yang diberikan setelah aplikasi perangkat Anda dirilis / go-live).

  10. Apakah Ada Proyek Yang sudah selesai Tetap Di-Maintain Setelah Go-Live - Anda dapat menanyakan kepada mereka tentang seberapa banyak klien yang mereka masih di-handle dan maintain ketika aplikasi sudah dirilis atau go-live.

Apa Saja Yang Perlu Anda Hindari Ketika Memilih Mobile Apps Developer Agency / Vendor?
 
Freelancer  

Jika bisnis atau proyek Anda bersandar pada aplikasi perangkat ini untuk menyajikan layanan konsumen yang lebih baik, berupa bisnis e-commerce, atau merupakan bagian terpenting dari bisnis Anda, hindari penggunaan jasa dari freelancer. Bukan berarti kami berkata bahwa freelancer tidak memiliki kinerja yang baik, tetapi kami merekomendasikan Anda untuk tidak mengambil resiko, berikut beberapa alasannya:
 
  • Mungkin saja orang tersebut kuat dari segi coding, tetapi mungkin kurang kuat di bagian desain dan tampilan antarmuka.

  • Mungkin saja orang tersebut memiliki banyak proyek yang dipegang dan kesulitan untuk memberikan hasil yang efektif pada deadline yang Anda berikan.

  • Orang tersebut mungkin tidak menawarkan after sales service yang sangat penting untuk keberlangsungan dari aplikasi perangkat Anda.

  • Tidak adanya asuransi yang dapat ia berikan, berbeda dengan vendor atau agensi resmi perusahaan.

  • Bisa saja orang tersebut bersifat “nakal”. Contohnya, jika Anda hanya menggunakan kontak via WhatsApp atau telepon, ketika suatu saat aplikasi Anda mengalami masalah, dirinya bisa saja menghilang tanpa kabar dan membuat Anda pusing untuk menyelesaikan masalah Anda. 

Yes Man

Persaingan di antara pengembang aplikasi perangkat sangatlah ketat. Jika seseorang  atau agensi terdengar terlalu baik dan mengiyakan seluruh permintaan Anda, ia mungkin terlalu menjanjikan hal-hal tertentu hanya untuk mengamankan proyek Anda agar jatuh ke tangan mereka. Hal ini dilakukan mereka hanya untuk sekedar mendapatkan proyek pekerjaan dari Anda saja tanpa memberitahu Anda tentang apakah mereka dapat memberikan apa yang Anda inginkan serta butuhkan dalam bentuk aplikasi perangkat.

Bekerja sama dengan Yes Man harus Anda hindari karena dapat membawa Anda dan proyek yang Anda gunakan menjadi tidak jelas, dan tidak berjalan serta berkembang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan dari bisnis Anda. 
 
Agency / Vendor Yang Tidak Menawarkan After Sales Service
 
After sales service merupakan layanan apa pun yang diberikan setelah pelanggan membeli suatu produk atau layanan tertentu. Layanan ini biasanya senantiasa disediakan disediakan oleh retailer, produsen, atau penyedia layanan pihak ketiga. Biasanya, contoh layanan ini mencakup layanan bantuan terkait garansi atau perbaikan dan peningkatan dari sebuah produk maupun layanan yang diberikan kepada perusahaan atau bisnis yang bersangkutan.
 
Sebuah agensi atau vendor yang bekerja sama dengan Anda harus dapat dihubungi dengan mudah dan memberikan after sales service dalam menjaga agar hubungan Anda dan mereka senantiasa bertahan lama. Pihak mereka haruslah dapat mendengarkan dan berkomunikasi dengan Anda secara efektif untuk me-maintain keberlangsungan dari aplikasi Anda.
 
Jika mereka tidak menawarkan after sales service kepada Anda, maka Anda dapat mempertimbangkan agensi atau vendor lain yang dapat memberikan penawaran yang lebih baik untuk efektivitas dari aplikasi yang Anda kembangkan. 
 
 
Berikut diatas adalah beberapa informasi yang dapat kami berikan mengenai cara memilih vendor atau agensi yang tepat untuk mobile app development dari bisnis atau proyek Anda. Sekiranya dapat membantu dalam pertimbangan pemilihan Anda.
 
Jika Anda membutuhkan bantuan dan mobile app developer yang berkualitas dan dapat memberikan hasil berkualitas untuk mobile app development dari kebutuhan bisnis Anda, kami dapat membantu Anda. 
 
 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Developer di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
  
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps) development ataupun developer, UI UX serta digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di:
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm