Image

QUICK CONTACT













Image

Good UX Practices to Improve Your Conversion Rate

22 Feb 2021 by Billy Gani
UX (pengalaman pengguna) merupakan salah satu elemen utama yang menarik perhatian pengunjung dan membuat mereka tetap senantiasa terlibat dalam website Anda. Tetapi, apakah Anda mengetahui praktik UX terbaik untuk meningkatkan rasio konversi Anda?
 
Memiliki halaman website atau aplikasi yang berkualitas dengan desain grafis yang baik tidaklah cukup. Jika website Anda tampak berkualitas tetapi pengguna tidak menemukan apa yang mereka cari, Anda tentunya akan kesulitan dalam berkonversi. Pada akhirnya, tujuan Anda adalah mendapatkan prospek, pelanggan, penjualan, dan sebagainya, bukan?
 
Pada artikel berikut ini kami akan mencoba menjelaskan lebih dalam tentang apa yang dimaksud dengan UX dan cara serta tips dalam meningkatkan tingkat konversi untuk website Anda.
 
Apa Yang Dimaksud Dengan UX?
 
UX merupakan cara persepsi, perasaan, atau interaksi dari pengguna terhadap sistem atau layanan yang Anda berikan. Hal ini berbicara tentang memberikan sensasi pada pengguna saat mereka berhubungan dan berinteraksi dengan website, aplikasi, atau sistem. Segala sesuatu yang Anda rasakan saat membeli produk secara online, menjelajahi halaman website, atau berpindah melalui opsi antarmuka digital merupakan bagian dari UX. Tetapi UX bukan hanya tentang kegunaan, visual yang berkualitas pada layar memang berguna, tetapi tidak selalu menghasilkan UX yang baik untuk pengguna.
 
Bayangkan contoh berikut ini saat mengakses website Anda, calon pelanggan ingin tahu cara menghubungi salah satu staf penjualan Anda. Dia menghabiskan waktu yang lama untuk menemukan tautan untuk halaman kontak, tetapi tautan tersebut rusak dan ia membutuhkan tiga kali percobaan untuk menyelesaikan permintaan penawaran yang Anda berikan.
 
Menurut Anda, pengalaman seperti apa yang dimiliki pengguna ini? Selama pencarian, dia mungkin sudah frustasi. Sebenarnya dalam situasi seperti itu, sebagian besar pengguna tidak akan repot-repot mencoba masuk tiga kali seperti apa yang ia lakukan, kecuali memang sangat memerlukan layanan yang Anda berikan.
 
Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang pentingnya UX, berikut beberapa statistik pendukungnya:
 
  • 32% pelanggan berhenti mengikuti brand yang mereka sukai setelah mengalami pengalaman buruk (PWC).

  • 39% pengguna melepaskan konten jika gambar tidak dimuat dengan cepat (Adobe).

  • 88% pengguna cenderung tidak kembali pada sebuah website setelah pengalaman pengguna yang buruk (Toptal).

  • Hanya 55% bisnis yang melakukan uji pengalaman pengguna (Skyhook).

Dengan kata lain, UX sangat penting untuk bisnis Anda. Melihat produk dari sudut pandang pengguna, bagaimana mereka berinteraksi dengannya, bagaimana mereka menikmatinya dan menavigasi melalui hal tersebut merupakan sebuah elemen kunci untuk membuat pengguna menghabiskan waktu pada website Anda dan berinteraksi dengan brand Anda. UX yang baik juga senantiasa dapat membantu menghasilkan lebih banyak prospek dan mendapatkan lebih banyak kerjasama antara Anda dengan pengguna.
 
UX & Konversi
 
Website Anda dapat hidup atau mati tergantung pada tingkat konversi yang dimiliki. Tingkat konversi yang baik dapat diartikan dengan lebih banyaknya penjualan dan pendapatan, sementara tingkat konversi yang buruk dapat diartikan dengan bisnis tanpa masa depan yang bersemangat.
 
Karena mempertahankan rasio konversi yang sehat sangat penting untuk mempertahankan bisnis online, Anda harus memeriksa dan menguasai salah satu faktor paling signifikan yang mempengaruhi konversi, yaitu UX dari website. Ada beberapa konsep terpenting yang harus Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:
 
  • Penggunaan (Usability) - Penggunaan merupakan salah satu faktor kunci untuk pengguna. Hal tersebut berfokus pada kemudahan penggunaan dan interaktivitas. Hal ini memastikan bahwa pengguna tidak akan tersesat dalam website Anda. Faktanya, fungsi penggunaan ini merupakan atribut kualitas yang dinilai pengguna dari seberapa mudahnya website Anda untuk diakses.

  • Aksesibilitas (Accessibility) - Hal ini berkonsentrasi pada seberapa mudah akses ke dalam konten dan website Anda. Hal ini berfokus dalam memberikan halaman website yang mudah digunakan oleh sebanyak mungkin pengguna, tanpa bergantung pada seberapa tinggi pengetahuan dan kemampuan yang mereka miliki.

  • Interaksi - Hal ini merupakan hubungan langsung antara website dan pengguna, bagaimana pengguna mempersepsikan website, dan sensasi yang mereka rasakan dari persepsi tersebut. Faktor ini menjadi salah satu penentu yang dipertimbangkan pengguna saat ingin membuat keputusan yang berkaitan dengan website Anda. 

  • Riset Pengguna -Riset pengguna merupakan kunci dalam memahami pengguna. Anda perlu mengetahui serta memahami keinginan dan kebutuhan mereka untuk membuat mereka puas dengan cara yang paling optimal. Untuk melakukannya, Anda perlu mengumpulkan informasi dari pengguna (berdasarkan target audiens dari produk atau brand Anda), mengumpulkan dan menganalisis datanya.

Tips Dalam Meningkatkan Pengalaman Pengguna (UX) Dari Website Anda
 
Semuanya Berada Pada Tempatnya
 
Ada beberapa standar dan ekspektasi dalam desain website yang harus Anda pertimbangkan. Misalnya, pengguna mengharapkan logo untuk berada di bagian kiri atas, menu kontak berada pada header (langsung: telepon, email) atau media sosial yang berada pada bagian footer.
 
Untuk kegunaan dan pengalaman yang lebih baik, Anda harus mengikuti standar ini dan tidak mengubahnya terlalu banyak karena dapat membuat pengguna tersesat atau merasa tidak nyaman (hindari berpikir berlebihan). Anda harus membuatnya semudah mungkin bagi pengguna Anda.
 
Desain Yang Intuitif & Efisien
 
Less is more. Desain yang minimalis, sederhana, ringkas dan jelas akan selalu memudahkan fungsi penggunaan dan pengguna akan merasa nyaman dalam menemukan apa yang mereka cari.
 
Bahkan jika Anda ingin menjadi lebih kreatif dan inovatif, jangan mencari solusi baru untuk masalah yang sudah ada solusinya. Singkatnya, dunia desain interaksi adalah tentang tidak menciptakan kembali roda yang berputar. Berfokuslah pada hal yang berhasil Anda terapkan.
 
Ada frasa yang sangat representatif dari Jakob Nielsen tentang subjek ini yang mengatakan bahwa "pengguna menghabiskan sebagian besar waktunya pada website lain. Hal ini berarti bahwa pengguna lebih menyukai website Anda dan bekerja dengan cara yang sama seperti pada seluruh website lain yang sudah mereka kenali".
 
Dan juga, senantiasa ingat untuk menghilangkan gangguan. Terlalu banyak pengalih perhatian yang membebani sebagian besar pengguna, dan dengan cara ini, pengguna dapat berhenti dalam merasa dibombardir dan menjadi lebih relax. Mereka tidak lagi harus memproses banyak informasi dan mereka dapat berfokus pada tujuan utama halaman, yaitu membeli, berlangganan, atau hanya tinggal dalam website Anda.
 
Gambar Yang Besar & Berkualitas
 
Gambar dengan ukuran dan detail yang besar sangat penting bagi pengguna saat membeli suatu produk. Tentu saja, Anda harus mengoptimalkan gambar untuk menghindari waktu muatan yang berlebihan. Gambar pada website Anda harus menarik. Jadi, gunakan gambar yang menarik emosi pengguna Anda, dengan bingkai yang berani dan warna yang hidup. Jadilah orisinal, mata pengguna senantiasa menyukai hal yang berbeda. Namun jangan lupa bahwa warna gambar Anda harus menjaga hubungan yang harmonis dengan rentang warna dari brand Anda.
 
Typography Yang Terbaca & Ejaan yang Benar
 
Typography yang memadai dan terbaca dengan baik serta ejaan yang cermat menghasilkan kepercayaan diri dan keamanan dalam website Anda. Memiliki font yang terbaca meningkatkan keterbacaan dan retensi pengguna pada website Anda. Ingatlah bahwa praktik terbaik dari keterbacaan adalah dasar untuk menyampaikan pesan. Jika tidak, keterbacaan yang buruk akan menyebabkan pengabaian website dan mengurangi kemungkinan pengguna kembali ke dalamnya.
 
 
Berikut adalah beberapa contoh praktik dari UX yang dapat membantu dalam meningkatkan tingkat konversi dari website yang Anda miliki. Jika Anda masih memerlukan bantuan dalam UI / UX untuk website , kami dapat membantu. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: Punchy

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm