Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Beberapa Tips Dalam Merawat Transmisi Kendaraan Anda

17 Feb 2021 by Billy Gani
Kebanyakan dari Anda yang merupakan pemilik kendaraan tentu senantiasa mengingat bahwa mobil Anda memerlukan pemutaran ban dan penggantian oli setiap 5000 km. Anda tentunya tahu bagaimana cara memeriksa level dari oli dengan tongkat celup dan mengganti saringan udara juga. Atau mungkin Anda membawa mobil Anda langsung pada tempat layanan pemeliharaan kendaraan untuk melakukan tune up atau perawatan secara rutin.
 
Namun, memperhatikan transmisi kendaraan seringkali menjadi hal yang cukup rumit untuk Anda lakukan dan pertimbangkan. Mesin kendaraan memang hal terpenting dari kendaraan, tetapi transmisi lah yang menggerakkan kendaraan Anda. Hal tersebut juga memerlukan perawatan secara rutin. Dengan melakukan perawatan secara rutin, kendaraan Anda tentunya akan lebih terawat dan bekerja dengan baik serta mencegah datangnya masalah yang lebih besar pada bagian transmisi. 
 
Untuk mencegah masalah yang dapat terjadi pada transmisi tersebut, berikut ini beberapa tips yang dapat kami berikan bagi Anda dalam merawat transmisi dari kendaraan:

Merawat Sistem Pendingin Dari Kendaraan
 
Transmisi kendaraan memiliki ratusan bagian yang bergerak dan menghasilkan panas yang besar. Kunci dari cairan transmisi adalah untuk mendinginkan panas tersebut. Dan karena cairan transmisi sekarang ini bersifat kompleks, penggunaannya juga masih memerlukan bantuan. Hal tersebut dilakukan oleh sistem pendingin dari mesin kendaraan Anda. 
 
Radiator dan atau pendingin eksternal memang dirancang untuk menerima panas dari cairan transmisi dan mendinginkannya sebelum mengembalikannya pada transmisi kendaraan. Sama seperti komponen lain dalam kendaraan, sistem pendingin harus secara rutin diperiksa dan dirawat. Jika radiator kendaraan kekurangan cairan, yang biasa disebut dengan coolant, hal tersebut tidak dapat mendinginkan cairan transmisi dari kendaraan Anda. Hal ini akan menyebabkan transmisi kendaraan menjadi terlalu panas.
Dan juga, cairan yang mengalir dari dan menuju transmisi melalui radiator perlu diperiksa senantiasa dalam mencegah kebocoran. Kebocoran kecil dari waktu ke waktu pada transmisi dapat menyebabkan kurangnya cairan. Dan karena hal tersebut, tentunya volume cairan menjadi kurang dan tidak dapat menyerap panas yang dihasilkan dari transmisi dan akan menjadi terlalu panas (overheat).
 
Hindari situasi seperti ini dan pastikan sistem pendingin Anda diperiksa dan dirawat secara teratur.
 
Pemeriksaan Berkala Untuk Kendaraan Anda
 
Transmisi merupakan bagian dari mesin kendaraan yang paling rumit. Masuk akal untuk senantiasa melakukan perawatan secara berkala. Layanan perawatan transmisi harus mencakup pembersihan wadah transmisi, menyelesaikan pengurasan sebagian cairan, mengganti filter transmisi, dan mengganti paking pada bagian-bagian dari transmisi. Antara sepertiga hingga dua pertiga dari fluida asli harus senantiasa tetap berada pada transmisi karena cairan dari konverter torsi tidak keluar selama prosedur pengurasan dan pengisian.
 
Hal ini ideal bagi kendaraan yang jarak tempuhnya lebih jauh karena cairan yang baru dimasukkan pada sistem dan dicampur dengan cairan lama akan meminimalkan potensi guncangan pada transmisi.
 
Layanan perawatan rutin biasanya dapat Anda lakukan setiap 50.000 km. Jika kendaraan Anda digunakan untuk mengangkut beban berat, beroperasi pada lalu lintas yang padat, atau melakukan perjalanan yang jauh dan senantiasa berubah, perawatan yang lebih berkala diperlukan.
 
Mengganti Cairan Transmisi Dengan Cairan Yang Tepat (OEM & Berkualitas Tinggi)
 
Ada banyak cairan transmisi yang diformulasikan untuk banyak transmisi kendaraan di jalan raya saat ini. Memang tidak dapat kita asumsikan bahwa semua cairan transmisi adalah sama dan memasukkan cairan transmisi generik ke dalam kendaraan Anda menjadi hal yang buruk - tetapi hal ini akan menjadi kesalahan yang cukup merugikan Anda.
 
Cairan transmisi memiliki sifat khusus yang terlibat dalam manajemen suhu, pengaktifan kopling, dan operasi hidrolik, di antara berbagai tanggung jawab lainnya terhadap mesin kendaraan Anda. Ubah pengaturan manual Anda menuju ke spesifikasi OEM untuk jenis cairan transmisi yang diperlukan dan, jika ada, tingkatkan mutu dan kualitas dari cairan tersebut.
 
Cairan bermutu rendah banyak tersebar di pasaran sana, tetapi hal tersebut menjadi tempat yang buruk untuk menghemat pengeluaran Anda. Meningkatkan cairan transmisi yang Anda gunakan dengan cairan sintetis penuh atau bahkan sintetis premium merupakan investasi yang dapat mengurangi risiko dari kegagalan transmisi dan kendaraan miring bagi kendaraan Anda. Bengkel kendaraan khusus pada umumnya atau layanan perawatan kendaraan yang kredibel harus dapat berbicara dengan cerdas tentang opsi cairan untuk kendaraan Anda.
 
Memeriksa Tingkat Cairan Secara Berkala
 
Hal ini tentunya sudah menjadi hal umum yang Anda ketahui - jika ada kebocoran pada sistem transmisi Anda, segeralah bawa kendaraan Anda pada jasa perbaikan profesional dan terpercaya. Dan juga, jika kendaraan Anda memiliki tongkat celup, Anda dapat memeriksa tingkat cairan transmisi setiap bulannya bersamaan dengan cairan lainnya dari kendaraan Anda seperti power steering, cairan rem, oli, air radiator, dan sebagainya. Dalam beberapa kasus, kebocoran pada transmisi hanya terjadi ketika kendaraan bergerak, maka dari itu jarang sekali ditemukan genangan cairan pada garasi tempat kendaraan Anda diparkirkan.
 
Tingkat cairan yang rendah biasanya dapat dicegah sebelum terjadinya kegagalan transmisi. Bahkan jika Anda sudah biasa memberikan kuasa pada layanan perbaikan profesional tentang perawatan dari cairan transmisi, ada baiknya jika Anda juga memahaminya. Spesialis terbaik untuk transmisi adalah Anda yang mengerti kendaraan Anda sendiri jauh dibanding orang lain. Pastikan bahwa cairan transmisi Anda sudah berada pada level yang baik sehingga performa mobil Anda juga menjadi lebih baik lagi.
 
Rawat Keseluruhan Kendaraan Anda
 
Sama seperti tubuh manusia, setiap komponen dalam kendaraan Anda saling mempengaruhi satu sama lain. Kegagalan untuk memperbaiki atau merawat komponen tertentu dalam kendaraan Anda dapat menyebabkan beberapa konsekuensi terhadap transmisi Anda. Contohnya, sensor aliran udara yang besar mengukur tingkat udara yang diserap dan dalam beberapa kasus mengukur temperatur dari udara. Sensor tersebut memiliki dampak langsung pada sistem injeksi bahan bakar dan sensor yang salah dapat menyebabkan putusnya koneksi antara,mesin RPM, dan pengaktifan transmisi.
 
Transmisi yang tak terhitung jumlahnya telah dibangun kembali selama bertahun-tahun ketika, pada kenyataannya, masalahnya adalah pada sensor aliran udara massal yang buruk. Di sisi lain, transmisi yang tak terhitung jumlahnya akhirnya menjadi rusak karena sensor yang salah yang menghambat operasi transmisi yang optimal.
 
Dudukan mesin atau transmisi dapat menjadi contoh lain. Suku cadang ini mengamankan mesin atau transmisi untuk mencegah gerakan berlebihan saat mengoperasikan kendaraan. Seperti sensor aliran udara massal, banyak transmisi yang salah didiagnosis dan menjadi penyebab perpindahan gigi yang lebih sulit atau sensasi ketukan di antara gigi. Mount yang buruk dapat menyebabkan kesalahan diagnosis dalam jangka pendek dan merusak transmisi seiring berjalannya waktu.
 
Aki Yang Sehat & Sistem Listrik Yang Rapi Membantu Transmisi Untuk Bekerja Lebih Baik
 
Pada transmisi otomatis , hidrolik dan stimuli mekanis secara alami terjadi ketika perpindahan gigi terjadi. Dari tahun 1990, elektronik senantiasa mengontrol operasi dari transmisi. Tren tersebut senantiasa berlanjut dengan meningkatnya jumlah elektrisitas pada transmisi. Meskipun transmisi ini membuat pengalaman menyetir lebih mudah dan lebih irit dalam bahan bakar, transmisi mobil modern saat ini bersandar pada aki yang sehat dan sistem elektris yang rapi.
 
Korosi dari aki atau tidak berfungsinya aki dengan baik dapat mencegah transmisi untuk bekerja dengan baik. Hal ini dapat menjadi hal yang berbahaya, karena gejala ini dapat mengacu pada diagnosis masalah transmisi internal yang mungkin disebabkan oleh komponen lain seperti aki, alternator, atau rangkaian kabel. Tidak ada pelanggan atau bengkel transmisi yang kredibel yang ingin memasang transmisi yang dibangun kembali atau diproduksi ulang dengan tagihan besar hanya untuk menyadari bahwa penyebab sebenarnya adalah sistem kelistrikan yang memerlukan pemeliharaan atau perbaikan untuk harga yang sebenarnya lebih murah.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam melakukan perawatan transmisi untuk kendaraan Anda. Meskipun memang Anda dapat melakukan beberapa tips di atas secara manual di rumah, pemeliharaan besar secara keseluruhan untuk mobil Anda jugalah diperlukan. Jika Anda ragu tentang biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan jasa layanan dari profesional, jangan khawatir. KJS Motor dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
KJS Motor merupakan salah satu bengkel mobil di Jakarta Barat yang profesional dan berkualitas serta menawarkan harga terjangkau untuk melakukan pemeliharaan terhadap mobil Anda. KJS Motor menawarkan berbagai layanan perawatan seperti built up, perbaikan mesin, service transmisi mobil, ganti oli, sampai dengan bongkar mesin mobil. KJS Motor juga menawarkan penawaran gratis untuk check-up kendaraan mobil Anda.
 
 
 
 
 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm