Image

QUICK CONTACT













Image

How to Audit Your Ecommerce Store’s SEO in 5 Easy Ways

15 Feb 2021 by Billy Gani
Ketika datang waktu dimana Anda harus menganalisa pengeluaran dan budget untuk pemasaran, memahami stats SEO dari website Anda juga penting untuk dipertimbangkan. Tetapi, audit SEO yang profesional terdiri dari proses teknis dan membutuhkan waktu yang lama, lebih dari 40 jam jika ingin sempurna. Bagaimana jika Anda sebenarnya hanya membutuhkan kesadaran dan pemahaman awal tentang kekuatan dan kelemahan dari website organik Anda sehingga dapat menghasilkan keputusan dan strategi yang lebih baik kedepannya?
 
Pelajari audit yang lebih ringan untuk SEO website dalam mengambil keputusan tanpa perlu mengorbankan waktu yang terlalu banyak. Berikut ini merupakan beberapa langkah mudah yang dapat kami bagikan untuk membantu Anda dalam membangun dasar pemahaman yang lebih baik akan penggunaan website, konten, tingkat crawl, dan agar dapat muncul dengan lebih baik pada hasil pencarian. Dari situ, Anda dapat mulai memprioritaskan strategi yang diperlukan untuk menentukan kata kunci berkualitas untuk website Anda - di depan pengunjung dan pengguna yang tepat.
 
Sebelum Anda Memulai
 
Pastikan bahwa Google Analytics & Search Console Anda sudah terhubung pada website dan berjalan dengan baik. Jika Anda sudah memiliki kedua hal ini sebelum menjalankan audit SEO, Anda sudah berjalan pada jalan yang tepat. Kedua alat tersebut menyajikan Anda insight terbaik dengan data yang lengkap. Jika Anda baru saja akan mengunduh alat tersebut, tidak perlu khawatir - kedua alat tersebut akan tetap membantu audit Anda, dan menjadikan data yang Anda miliki lebih baik untuk langkah Anda kedepannya.
 
Periksa “Tiket Perjalanan” Anda
 
Anda dapat mempertimbangkan beberapa elemen penting sebagai faktor "Tiket Perjalanan" Anda -  memilikinya memang tidak langsung dapat meningkatkan SEO Anda, tetapi tidak memilikinya juga dapat membuat Anda tidak terlihat sama sekali pada hasil pencarian. Hal ini merupakan hal pertama yang harus diperiksa dalam audit SEO; tanpa kehadirannya, tidak ada upaya SEO Anda yang lain yang akan menghasilkan banyak keuntungan untuk website Anda.
 
Cara termudah untuk memeriksa komponen crawl yang kritis adalah dengan menjalankan crawl dengan menggunakan alat seperti Screaming Frog (jika website Anda tidak terlalu besar, ada dapat menggunakan free trial yang diberikan). Dengan menggunakan alat tersebut, Anda dapat memeriksa beberapa “tiket” Anda, seperti:
 
  • HTTPS -  Google sangat mengutamakan website yang dihosting  dengan HTTPS yang aman daripada dari mitra HTTP-nya. Faktanya, situs e-commerce akan kesulitan untuk mendapatkan peringkat sama sekali jika tidak menggunakan HTTPS. Hal ini sangat masuk akal ketika Anda memikirkannya -  apakah Anda ingin memberikan informasi kartu kredit Anda pada website yang tidak terenkripsi? Untungnya, sebagian besar platform membuat penggunaan HTTPS menjadi lebih sederhana. Cukup beli sertifikat SSL untuk website Anda, buka variabel konfigurasi, dan cari "URL". Kemudian, tambahkan s pada URL lengkap dari toko Anda jika belum menyertakannya.

  • Crawling & Indexing - Crawling dari Screaming Frog Anda akan menampilkan daftar halaman yang tidak dapat di-crawl karena diblokir oleh tag noindex. Lihatlah daftarnya dan pastikan setiap halaman yang diblokir adalah halaman yang sebenarnya ingin Anda sembunyikan dari mesin pencari. Anda tentu tidak ingin halaman transaksional atau informasi sensitif diberikan peringkat dalam hasil pencarian, sehingga banyak halaman akan diblokir karena alasan tersebut. Namun terkadang kesalahan yang tidak diinginkan dapat menambahkan tag noindex ke halaman yang sebenarnya Anda ingin orang temukan. Setelah Anda selesai melakukannya, buka www.yoursite.com/robots.txt dan pastikan tidak ada halaman yang diblokir di file robots.txt yang harus di-crawl

  • Pemeriksaan Responsif Akan Perangkat Seluler - Google sangat menyukai website yang berjalan dan berfungsi dengan baik pada perangkat seluler. Jalankan pengujian responsif untuk perangkat seluler untuk memastikan agar website Anda memiliki fungsi yang berjalan dengan baik. Jika ada kesalahan, pengujian tersebut dapat memberitahu Anda cara memperbaikinya.

Uji Kecepatan Muatan Website Anda
 
Waktu muatan atau rendering website merupakan matriks yang semakin penting dan digunakan Google untuk mengukur kegunaan dari sebuah website. Tiga alat yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa kecepatan website adalah Google’s Pagespeed Insights, Pingdom, dan GTMetrix. Pingdom dan GTMetrix merupakan alat yang lebih baik, tetapi mendapatkan rekomendasi langsung dari sumbernya dengan alat Google bukanlah ide yang buruk.
 
Untuk salah satu dari tiga platform pengujian di atas, Anda akan diberi skor pada desktop dan seluler bersama dengan tips khusus website untuk meningkatkan skor Anda. Anda dapat mengambil daftar rekomendasi tersebut dan menyerahkannya kepada pengembang website, atau Anda dapat membuat penyesuaian yang lebih mudah sendiri. Kompresi gambar, yang dapat Anda lakukan sendiri, biasanya berdampak besar pada kecepatan muatan dari halaman website Anda.
 
Pelajari Tentang Lanskap Dari Kata Kunci Yang Anda Gunakan
 
Pertama, gunakan Search Console atau alat SEO berbayar seperti Ahrefs atau SEMRush untuk menemukan kata kunci bagi peringkat dari website Anda saat ini. Hal ini merupakan cara penting untuk memahami tidak hanya seberapa kompetitif website Anda pada SERP, tetapi juga bagaimana Google "memahami" konten dalam website Anda. Jangan terlalu khawatir tentang kata kunci individual disini dan lebih banyak lagi tentang "kategori" umum yang ditunjuk oleh kata kunci tersebut. Jika Anda tidak menarik traffic dengan kata kunci untuk topik tingkat tinggi tertentu dan hal tersebut cukup mengejutkan Anda, pengoptimalan untuk jenis kata kunci tersebut akan menjadi bagian penting dari strategi Anda.
 
Melakukan penelitian kata kunci dan merencanakan konten Anda, membangun tautan, dan strategi melalui media sosial akan mengharuskan Anda untuk mengetahui apa yang sedang dilakukan pesaing Anda sehingga Anda dapat membandingkan strategi Anda dengan pesaing terdekat Anda. 
 
Anda dapat melakukan riset pesaing Anda secara bersamaan sebelum audit Anda dimulai atau memasukkannya ke dalam audit Anda jika diperlukan. Memahami kata kunci yang diperingkatkan oleh pesaing Anda akan membantu Anda menemukan kelemahan dan peluang yang dapat ditargetkan untuk strategi kata kunci Anda. 
 
Sekarang setelah Anda mengetahui kata kunci yang tepat dan dapat melihat bagaimana kata kunci tersebut dibandingkan dengan persaingan, nilailah beberapa hal berikut ini:
 
  • Apakah relevan?

  • Apakah mereka kompetitif?

  • Apakah banyak orang mencari kata kunci itu?

  • Telusuri kata kunci Anda di Google Trends — apakah menjadi tren naik atau turun dari waktu ke waktu?

Pengamatan Anda di sini akan menginformasikan strategi kata kunci Anda ketika saatnya untuk menggabungkannya.
 
Jalankan Pemeriksaan Tambahan pada Metadata Anda
 
Pada langkah selanjutnya, Anda dapat berfokus pada kualitas judul dan deskripsi meta Anda. Hal tersebut memang menjadi prioritas pertama, tetapi kuantitas juga penting untuk diperhatikan. Bagaimanapun, Anda ingin memberikan setiap halaman yang diindeks pada website Anda kesempatan terbaik untuk diperingkatkan, tidak hanya sebagian halaman dari website Anda.
 
Anda dapat menggunakan Screaming Frog, SEMRush, atau alat SEO berbayar lainnya, dan bahkan Search Console untuk menemukan:
 
  • Judul / deskripsi duplikat

  • Judul / deskripsi yang hilang

  • Judul / deskripsi yang terlalu pendek

  • Judul / deskripsi yang terlalu panjang

  • Apakah H1 digunakan dengan benar pada setiap halaman

Nilailah  Profil Backlink Anda
 
Anda dapat menggunakan Search Console untuk melihat tautan masuk pada website Anda sendiri, atau alat SEO berbayar seperti SEMRush untuk mendapatkan lebih banyak informasi tentang bagaimana website Anda bertambah atau kehilangan tautan dari waktu ke waktu. Apa pun itu, Anda memerlukan alat berbayar untuk memeriksa tautan balik dari pesaing Anda. Mengetahui hal tersebut dapat memberi Anda beberapa tolak ukur, dan sering kali dapat mengarahkan Anda pada peluang penautan yang rendah dengan menunjukkan kepada pengguna tentang website mana yang menarik dengan materi pelajaran yang Anda berikan.
 
Setelah Anda memeriksa tautan masuk, periksa masalah seperti tautan yang rusak. Kemudian setelah itu Anda dapat menjalankan pemeriksaan pada tautan internal Anda.
 
 
Berikut adalah beberapa tips dan langkah yang dapat kami berikan untuk menjalankan audit website e-commerce yang baik. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam bidang SEO atau pemasaran digital untuk website, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Volusion

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm