Image

QUICK CONTACT













Image

Creating Great Websites By Designing For Emotion

11 Feb 2021 by Billy Gani
Tentunya tidak diragukan lagi bahwa desain merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengguna ketika mereka membuka sebuah website. Seluruh interaksi yang akan mereka lakukan bergantung pada kesan pertama saat mereka membuka halaman website yang berkaitan. Inilah mengapa banyak desainer website yang senantiasa ingin memproduksi desain yang berkualitas yang dapat meraih perhatian dari pengguna. 
 
Setiap website dan desain logo senantiasa dicetak dan dimuat secara digital dengan tujuan untuk menyentuh emosi dari setiap orang yang melihatnya. Sangat mudah untuk mengabaikan fakta dimana interaksi saat ini memberikan terlalu banyak perhatian pada konversi dan SEO dan tidak terlalu banyak pada desain. Yang lebih buruk lagi, banyak yang memilih untuk mengabaikan fakta bahwa tingkat konversi sangat bergantung pada kualitas dari desain website. Bagaimana jika Anda tidak mencapai tingkatan berikutnya dengan pelanggan Anda? Bagaimana cara Anda untuk membuat pengguna menyukai produk Anda?
 
Merancang Desain Untuk Emosi Pengguna
 
Emosi merupakan hal penting dan berkaitan langsung dengan identitas brand Anda. Bisnis yang sukses bergantung secara signifikan terhadap bagaimana setiap orang memandangnya. Pengguna senantiasa mencari pengalaman visual yang berkualitas dan dapat mengambil bahkan hanya sedikit dari emosi yang mereka rasakan terhadap brand yang berkaitan.
 
Contohnya seperti bank Setiap bank cenderung menangkap kepercayaan, optimisme dan keramahan dari interaksinya dengan nasabah. Sedangkan olahraga, di sisi lain, memanfaatkan sensasi dan kegembiraan yang dirasakan setiap orang dan bekerja dengan preferensi mereka sendiri. Ada banyak contoh lain yang dapat menjelaskan pentingnya emosi. Emosi merupakan jembatan antara bisnis dan pelanggan Anda. Emosi adalah konveyor yang tepat untuk  menyentuh perasaan setiap manusia. Anda adalah manusia dan kita cenderung menghubungkan pengalaman visual dengan efek tertentu dari pengalaman sebelumnya yang menempel di pikiran kita.
 
Bagaimana Cara Kita Menginspirasi Emosi?.
 
Mungkin kedengarannya cukup spiritual, tetapi Anda dapat menyentuh hati pengguna dengan berbagai cara. Jika perusahaan atau bisnis Anda memiliki nilai-nilai yang kuat dan kualitas emosional yang ingin Anda perjelas, ada beberapa langkah yang dapat Anda diambil.
 
Pasar target Anda dapat mengungkapkan kekuatan emosional sebagai pendorong dari kelompok sasaran Anda (keinginan, kebutuhan, pengalaman positif atau perasaan negatif seperti ketakutan). Terserah Anda untuk memutuskan tentang bagaimana Anda menyajikan produk untuk menarik dampak yang positif. Namun, kami menyarankan Anda untuk menguji target audiens Anda sebelum mempresentasikan apa pun.
 
Hanya Anda yang dapat membuat website Anda menjadi sangat personal. Anda dapat mencari inspirasi dalam diri Anda sendiri. Anda dapat menentukan apa yang Anda inginkan sebagai pelanggan dan Anda dapat mencoba membangun hubungan yang tepat dengan pelanggan Anda. Pada akhirnya, kita semua menginginkan kualitas yang sama pada produk tertentu. Panduan ini efektif hanya jika diterapkan secara bersamaan. Keduanya perlu dipertimbangkan dengan hati-hati karena jika salah satunya hilang, ada kemungkinan bagi Anda untuk terlihat seperti manipulator.
 
Membawa Emosi Dalam Desain Website
 

 
Mulai dari awal. Pikirkan dengan baik dan pahami tujuan bisnis atau perusahaan tempat Anda bekerja. Kenali target audiens Anda dan lakukan penelitian. Misalnya, jika pengguna kebanyakan terdiri dari adalah golongan remaja, beri mereka pengalaman yang menarik dan penuh warna. Hindari penggunaan filsafat dan modernisme - golongan remaja atau anak-anak biasanya hanya menyukai apa yang mereka sukai. Mereka perlu bergantung pada Anda dan kata-kata berat dari Anda tidak dapat meraih perhatian mereka.
 
Sebagai seorang desainer, Anda berdiri tepat di tengah-tengah antara ide bisnis dan perasaan dari audiens. Berbagai cara dapat Anda lakukan untuk membangun keseimbangan dan memuaskan kedua belah pihak, baik bisnis Anda maupun pengguna.
 
Langkah Dalam Membangun Emosi Pada Desain Website
 
Desain website yang emosional mungkin terlihat seperti konsepsi yang membingungkan, tetapi kenyataannya sangat sederhana. Seluruh hal tersebut berbicara tentang menjadi teman untuk pengguna dan calon pelanggan Anda serta mengubah desain website Anda menjadi rumah yang ramah untuk para pengguna yang mengunjunginya.
Hubungan emosional dapat diciptakan dengan berbagai cara. Bisnis Anda dapat menjadi sangat kreatif dalam aspek ini - Anda dapat mengembangkan tanda yang dapat dikenali (maskot, logo) dan ’merenovasi’ website Anda untuk membuatnya terlihat lebih personal untuk pengguna. Anda juga dapat memperkenalkan karya Anda secara verbal, melalui email pemasaran yang kreatif dan menceritakan kisah menarik  dari brand Anda dengan nada bersahabat untuk pengguna.
 
Setelah pengguna mulai merasa nyaman dengan ide dari website Anda, mereka mungkin saja akan mendaftar untuk menerima email dan melakukan pembelian. Untuk mencapai titik ini, Anda harus mengubah pengguna menjadi teman Anda dan menginspirasi kehidupan mereka.
 
Emosi Tidak Selalu Indah
 
Emosi dapat mengubah pengunjung biasa menjadi pelanggan setia dengan satu pengalaman positif yang mereka dapatkan. Hal ini tidak selalu benar terjadi ketika efisiensi dan fungsionalitas website Anda kurang baik, sehingga tidak ada hal yang menukarnya dengan emosi positif dari pengguna.
 
Pengalaman emosional pertama senantiasa penting karena hal tersebut merupakan ingatan yang paling lama bertahan. Emosi mengungkapkan potensi penuh dari desain website yang modern. Mari kita lihat bagaimana situs web yang luar biasa merancang untuk emosi dan mengeluarkan beberapa ’pedoman emosional’:
 
Elemen Terpenting Dalam Desain Yang Emosional
 

 
Anda senantiasa mencari emosi positif seperti: Kebahagiaan, Kesenangan, Kejutan yang menyenangkan, Perhatian, Optimisme (pesan menarik dan janji yang rendah hati),Kekhususan (apa yang Anda tawarkan ditargetkan pada grup tertentu, dan tidak ada grup lain yang memiliki akses ke sana.
 
Setiap orang senantiasa senang untuk merasa bersatu dalam hal-hal yang tidak biasa) dan juga percaya ( menyukai kehadiran dan keandalan yang kuat).
 
Saat mencoba membuat desain emosional yang sempurna, Anda dapat mengesampingkan hal-hal teknis. Anda bukan lagi seniman - Anda menjadi teman dari pengguna yang memahami kebutuhan dasar mereka dan suka bersosialisasi.
 
Kurangnya emosi merupakan alasan yang sering ditemui dari kegagalan desain. Ya, hal tersebut terjadi bahkan pada desain yang terlihat canggih karena terkadang penggunaannya gagal dalam menanggapi permintaan emosional dari pengguna. Serahkan sisi teknis, bisnis, dan perdagangan pada alam bawah sadar dan jadikan emosi Anda sebagai alat dan panduan Anda.
 
Ada banyak alasan untuk mendukung desain yang bersifat emosional. Pertama-tama, kreativitas selalu dapat membantu Anda dalam menciptakan produk yang menarik. Emosi juga dapat menemukan solusi dari masalah Anda, jika diubah menjadi perasaan bahagia dan harapan yang lebih baik.
 
Hal ini menunjukkan hubungan erat antara desain visual dan proses kognitif manusia. Hubungan tersebut memiliki tiga tingkatan: Tingkat visceral (apa yang kita lihat dan bagaimana kita mengartikannya); tingkat perilaku (apakah hal tersebut dapat digunakan); dan tingkat reflektif (apakah pengguna puas, apakah hal tersebut menjadi pengalaman yang positif dan bagaimana pengguna akan mengingatnya). Seorang desainer yang baik juga harus menjaga harapan, harapan dan kebutuhan untuk memperkirakan bagaimana memaksimalkan dampak positif dari desainnya.
 
Jangan pernah bingung antara desain dengan gaya yang Anda gunakan. Keduanya tidak memiliki hubungannya satu sama lain. Desain berkualitas tidak ditentukan dalam pembentukan atau pengisian. Hal ini berbicara tentang menempatkan hal yang benar di tempat yang tepat dan di waktu yang tepat. 
 
 
Berikut adalah beberapa pemahaman yang dapat kami berikan untuk menciptakan desain website dengan menggunakan sifat emosi yang tepat untuk pengguna dari website Anda. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam merancang desain website yang tepat untuk bisnis Anda, Eannovate dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
Reference: OneExtraPixel

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm