Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Dalam Melakukan Tune Up Untuk Mobil Anda Sendiri Di Rumah

10 Feb 2021 by Billy Gani
Anda tidak perlu menjadi mekanik, atau bahkan penyuka mobil untuk melakukan perawatan standar pada mobil Anda. Anda dapat lebih menghemat pengeluaran dan memahami lebih dalam tentang langkah-langkah untuk merawat kendaraan agar senantiasa memiliki umur panjang. Berikut ini kami berikan beberapa tips yang dapat Anda gunakan di rumah untuk melakukan perawatan terhadap kendaraan Anda:
 
Bagian Pertama
 
Lakukan Inspeksi Dasar Akan Mobil Anda
 
  • Periksa Oli Dan Tutupnya Jika Diperlukan - Salah satu cara paling sederhana untuk memperpanjang umur dari mobil Anda tanpa membayar jasa tune-up yang mahal adalah dengan memeriksa level oli Anda secara teratur dan menambahkan lebih banyak oli, jika sudah tinggal sedikit. Hanya perlu satu atau dua menit untuk memeriksa tingkatan, dan tongkat pengukuran yang disertakan dalam blok mesin Anda dapat membuat pekerjaan tersebut menjadi mudah bahkan bagi pemula.

    Temukan tutup mesin Anda, biasanya berlabel "Oli" dan temukan tongkat ukur celup yang seharusnya berada di dekat blok mesin tersebut. Lakukan hal ini saat mesin dingin, atau lakukan di pagi hari untuk mendapatkan pembacaan yang lebih akurat. Angkat tongkat celup dan seka oli dengan handuk kertas atau lap yang Anda miliki.
  • Periksa Elemen Oli Anda - Apakah oli khusus yang Anda gunakan berwarna hitam? Apakah Anda melihat adanya sedimen, atau minyak yang tampak seperti gumpalan? Jika terdapat hal tersebut, Anda mungkin perlu mengganti oli yang Anda gunakan. Kembalikan tongkat celup dan lepaskan sekali lagi untuk memeriksa levelnya. Takik pada tongkat celup tersebut akan memberitahu Anda seberapa penuh kompartemen oli di dalamnya. Jika tinggal sedikit, lepaskan tutupnya dan tambahkan sedikit oli motor berkualitas yang sesuai dengan jenis mesin Anda. Anda dapat bertanya pada toko suku cadang dari mobil Anda jika tidak kurang yakin tentang jenis oli yang dapat digunakan. Gunakan corong untuk menghindari tumpahan, dan periksa kembali levelnya setelah Anda menyelesaikannya.

  • Periksa Ban Anda - Tidak ada yang lebih buruk daripada ban rusak pada saat yang salah, seperti ketika Anda terlambat masuk kantor di tengah hujan. Memeriksa ban secara teratur dan memutarnya dapat membantu Anda untuk menghindari masalah ini. Periksa tekanan udara pada ban Anda, dan periksa keausan dari tapak dan ganti ban jika diperlukan.

    Anda dapat menggunakan pengukur tekanan di sebagian besar tempat pengisian bensin, atau Anda dapat membelinya dengan harga yang tidak mahal pada toko suku cadang mobil dan menyimpannya untuk pemeriksaan rutin. Buka pintu samping pengemudi dan lihat stiker di kusen pintu - hal ini akan memberitahu Anda tekanan yang disarankan untuk ban Anda. Ada juga nomor yang tercetak pada ban Anda, tetapi nomor tersebut adalah PSI maksimum untuk ban Anda, yang biasanya lebih banyak dari yang Anda inginkan dan butuhkan. Menjaga ban Anda dengan spesifikasi tekanan yang tepat dapat meningkatkan jarak tempuh dan penanganan bahan bakar yang lebih baik.
  • Periksa Level Cairan Lainnya - Temukan kompartemen cairan pencuci di bagian kaca depan, cairan transmisi, minyak rem, serta kompartemen antibeku untuk memastikan keduanya penuh dan bersih, dan tambahkan lebih banyak cairan jika diperlukan. Hal ini bukanlah hal yang perlu Anda periksa setiap minggu, tetapi melakukannya secara berkala akan memastikan bahwa mobil Anda dalam keadaan baik.

    Tongkat pencelup dari cairan transmisi harus mudah diidentifikasi dalam buku manual pemilik Anda. Kadang-kadang hal ini menjadi satu-satunya tongkat ukur dalam kendaraan transmisi otomatis, tetapi beberapa kendaraan memiliki tongkat celup untuk power steering dan pendingin juga. Hapus, bersihkan, dan baca levelnya. Seharusnya sebagian besar dapat terlihat jelas, dengan semacam warna merah. Anda hanya perlu mengganti cairan transmisi setiap 160.000 km atau lebih.
Bagian Kedua
 
Melakukan Tune-Up Secara Rutin
 
Ganti Oli Setiap 5.000 KM
 
Untuk menjaga agar mesin Anda berfungsi secara maksimal, Anda perlu menguras oli lama sepenuhnya dan mengisinya dengan oli baru yang sesuai dengan jenis mesin di mobil Anda. Anda juga sebaiknya mengganti filter oli, yang biasanya memiliki masa pakai sekitar 24.000 km. Namun, saat Anda mengganti oli, hal ini juga  menjadi kesempatan bagus untuk mengganti filter, yang meningkatkan umur kendaraan Anda.
 
Mengganti oli merupakan pekerjaan dengan tingkat kesulitan menengah. Meskipun tidak ada yang sulit tentang tugas itu sendiri, Anda harus memiliki ruang dan bahan yang diperlukan. Relatif murah dan cepat jika Anda membawanya pada bengkel mobil untuk menyelesaikannya, terutama jika Anda tinggal di kota dan tidak memiliki tempat yang tepat untuk menyetel sendiri mobil Anda.
 
Interval servis berkisar antara 5.000 km dapat bervariasi dari satu kendaraan ke kendaraan lainnya. Selalu ikuti rekomendasi dari pabrik mobil Anda; namun, tidak ada salahnya untuk lebih sering mengganti oli.
 
Ganti Filter Udara Mobil Anda
 
Bagian filter udara berada di atas mesin, di bawah penutup yang besar dan bulat, dan terbuat dari logam atau plastik. Melepas filter udara dan membersihkannya secara menyeluruh (bahkan hanya dengan meniupkan udara terkompresi secara perlahan dan mengelapnya) dapat sangat membantu memperpanjang umur mesin Anda. Ingatlah bahwa beberapa bahan filter udara sangat lembut dan rapuh. Semburan keras udara terkompresi dapat melubangi beberapa filter udara dan mencegahnya menyaring udara sama sekali.
 
Jika filter udara Anda tidak berada di atas mesin, filter tersebut mungkin terletak di kotak udara dengan saluran kerja yang bergerak dari depan kendaraan menuju boks lalu ke badan akselerasi. Beberapa pembersih udara bahkan tidak terlihat dari bawah kap dan harus diservis dari bawah mobil.
 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan dalam melakukan perawatan untuk kendaraan Anda sendiri. Meskipun memang Anda dapat melakukan beberapa tips di atas secara manual di rumah, pemeliharaan besar secara keseluruhan untuk mobil Anda jugalah diperlukan. Jika Anda ragu tentang biaya yang perlu Anda keluarkan ketika menggunakan jasa layanan dari profesional, jangan khawatir. KJS Motor dapat menjadi salah satu solusi Anda.
 
KJS Motor merupakan salah satu bengkel mobil di Jakarta Barat yang profesional dan berkualitas serta menawarkan harga terjangkau untuk melakukan pemeliharaan terhadap mobil Anda. KJS Motor menawarkan berbagai layanan perawatan seperti built up, perbaikan mesin, service transmisi mobil, ganti oli, sampai dengan bongkar mesin mobil. KJS Motor juga menawarkan penawaran gratis untuk check-up kendaraan mobil Anda.
 
 
 
 
 
 
Reference: WikiHow

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm