Image

QUICK CONTACT













Image

5 Psychological Tricks to Use in Email Newsletter

08 Feb 2021 by Billy Gani
Pemasaran melalui email senantiasa memainkan peranan besar dalam mengembangkan brand. Entah dengan menulis blog atau dengan menjalankan toko online berskala besar, hal tersebut merupakan salah satu hal yang menjadi standar dari kesuksesan bisnis Anda.
 
Percaya atau tidak, meskipun media sosial saat ini sudah membanjiri kehidupan setiap orang, hal-hal tradisional seperti email masih memimpin, terutama dalam hal memasarkan produk, mengarahkan traffic, dan menghasilkan keterlibatan dari pengguna. Seperti yang mungkin dikatakan bahwa kebiasaan lama sulit dihilangkan.
 
Inti dan jiwa dari pemasaran berbasis email, tentu saja, adalah email newsletter. Hal ini merupakan salah satu alat utama untuk berkomunikasi dengan audiens, menyampaikan pesan, dan melatih keterampilan Anda. Ironisnya, seperti halnya barang yang diiklankan, email juga dapat dianggap sebagai produk yang perlu senantiasa Anda pelihara.
 
Ada banyak aturan umum dan tips tentang cara membuat pemasaran berbasis email yang akan membawa kampanye pemasaran Anda pada tingkat berikutnya. Untuk itu, berikut ini beberapa trik psikologis yang telah teruji oleh waktu yang dapat Anda pertimbangkan penggunaannya dalam email newsletter.
 
Fear Of Missing Out (FOMO)
 

 
Hal pertama dalam daftar ini adalah salah satu trik psikologis yang paling sering digunakan dan secara mengejutkan masih berjalan layaknya jarum jam. FOMO, alias Fear Of Missing Out, merupakan trik klasik yang dapat Anda temukan di mana-mana. Baik saat perayaan hari besar dalam kalender pemasaran, seperti Black Friday dan Cyber Monday Weekend, atau dalam acara kecil, lokal, dan singkat seperti Flash Sale. FOMO dapat menjadi bagian dari hari-hari tersebut. Meskipun setiap orang menyadari kehadirannya, masih banyak orang yang jatuh ke dalamnya karena tidak ada yang mau melewatkan kesempatan besar yang diberikan oleh para penjual.
 
Biasanya, FOMO sering digabungkan dengan trik psikologis lainnya, yaitu kelangkaan. Dijalankan dengan bersamaan, keduanya dengan mudah memikat calon pelanggan pada website di mana jumlah produk terbatas dengan harga diskon yang ditawarkan. Di sinilah Anda dapat menggunakan frasa seperti "Hampir terjual habis", "Hanya hari ini! penawaran terbaik yang pernah ada", "Produk yang paling dicari", atau "Teman Anda sudah memilikinya, bagaimana dengan Anda?"
 
Kekuatan Kata “Free” & “Sale
 

 
Dua kata ini sangatlah kuat dalam hal pemasaran dan praktek dari penjualan untuk bisnis Anda. Keduanya berdekatan seperti magnet yang secara alami menarik perhatian dari pengguna. Keduanya juga dapat menjual produk yang sebenarnya tidak diperlukan oleh pengguna. Ketika dengan cermat disematkan, dua hal ini dapat menjadi teknik ajaib yang meningkatkan penjualan Anda.
 
Terlebih lagi, hal ini juga mendapatkan tambahan fakta dari setiap orang yang saat ini terbiasa dengan acara tahunan dan diskon. Anda akan mendapatkan alat yang ampuh yang dapat mengubah newsletter sederhana dari bisnis Anda menjadi artikel dengan konversi yang tinggi.
 
Kata "Diskon" dan "Gratis" dapat digunakan pada baris subjek dan copy dari newsletter Anda. Baris subjek mungkin tidak memberi Anda banyak kebebasan dalam mengekspresikan diri, meskipun tentu saja hal ini membantu meningkatkan tingkat konversi terbuka dari website Anda. Copy sendiri merupakan tempat Anda dapat memanfaatkan hal ini semaksimal mungkin. Anda dapat mencoba dengan memberikan headline dari newsletter yang terbaca dengan kata "Obral Besar", "Pengiriman Gratis", "Buy One Get One Free", dan sebagainya.
 
Timbal Balik (Reciprocity)
 

 
Hal yang satu ini memang sedikit tricky. Ketika kedua jenis diatas dapat dijabarkan dengan mudah, trik pemasaran psikologis satu ini cukup rumit. Tidak setiap orang sadar akan kehadirannya - namun tetap memiliki kekuatan besar.
 
Timbal balik ini atau sering kali dikenal sebagai gestur dimana memberikan konsumen produk secara gratis, pada satu titik, membuat mereka nyaman. Tetapi, disisi lain, hal tersebut juga membuat konsumen merasa bahwa mereka memiliki hutang tertentu. Tentunya sudah menjadi sifat alamiah dari manusia untuk membalas perbuatan baik dari orang lain. Namun, terkadang untuk mendapatkan keuntungan terbaik dari konsumen, Anda perlu memberikan produk atau hal gratis kepada mereka.
 
Pada pemasaran berbasis email, hubungan timbal balik ini berada pada hadiah tertentu yang Anda berikan seperti “Beli produk topi dan dapatkan gratis sarung tangan,” atau “Dapatkan hadiah menarik jika membeli pada waktu liburan akhir tahun ini.”
 
Eksklusivitas
 

 
Setiap orang senantiasa menyukai dan ingin merasa spesial. Membangun rasa eksklusivitas merupakan daya tarik bagi sikap sombong yang terkadang dimiliki oleh manusia. Namun, hal tersebut harus dapat Anda manfaatkan dengan baik karena Anda dapat dengan mudah melewati batas dan menyinggung kontak yang awalnya Anda targetkan untuk menyenangkan mereka. 
 
Ada beberapa pilihan yang telah teruji waktu dan disetujui oleh banyak orang seperti "Promo Hanya Berlaku Untuk Anggota", "Berlaku Hanya Dengan Anggota Yang Memiliki Undangan", "Khusus untuk Anda", "Penawaran Eksklusif", dan sebagainya. Frasa ini dapat membuat pengguna merasa "VIP" dan bukan hanya pengguna biasa.
 
Anda dapat menerapkannya dengan mencoba membuat sistem keanggotaan yang eksklusif dan mempromosikannya melalui email newsletter Anda, mensegmentasikan pengikut, dan menawarkan diskon spesial untuk grup atau kontak spesifik yang Anda kirimkan undangan dengan insentif berbelanja saat mereka berulang tahun.
 
Psikologi Warna
 
Hampir mirip dengan trik psikologis pertama, trik ini merupakan trik klasik yang tidak hanya berlaku untuk pemasaran berbasis email tetapi juga untuk desain website, desain cetakan, iklan, dan industri lainnya. Hal ini berbicara tentang setiap warna yang bertanggung jawab dalam meningkatkan emosi dari setiap orang yang melihatnya. Namun, terkadang setiap warna dapat dipersepsikan secara berbeda. Berikut ini salah satu contohnya.
 
Warna merah, ketika digunakan dalam identitas berupa makanan atau minuman, dapat diasosiasikan dengan lapar. McDonald’s, KFC, Coca - Cola - seluruhnya memiliki warna merah dalam brand mereka. Hal tersebut menarik perhatian bagi yang melihatnya.
 
Namun, saat berbicara tentang desain website, warna merah menggambarkan asosiasi lain. Warna tersebut mengindikasikan kedekatan akan hal yang biasa ditolak. Jadi, tidak menarik perhatian sama sekali. Tetapi, ketika berbicara tentang pemasaran berbasis email, Anda perlu memperhatikannya lebih dalam. 
 
Warna apa yang aman untuk Anda gunakan? Yang pertama, warna biru. Warna tersebut selalu mengindikasikan hal baik dan diasosiasikan dengan persetujuan. Kedua, hijau. Namun, bukan hijau hutan - Anda perlu menggunakan warna hijau terang, ringan, dan ceria. Dan yang terakhir, setiap warna yang berkaitan dengan tema brand atau dengan musim liburan. Hal tersebut dapat berupa warna ungu, merah, atau merah muda. Jika pengguna melihat bagian dari brand Anda dalam acara tertentu, mereka lebih mudah untuk diarahkan ke dalam bisnis Anda.
 

Berikut adalah beberapa trik psikologis yang dapat Anda terapkan dalam memasarkan website dan bisnis Anda melalui email newsletter. Jika Anda masih membutuhkan bantuan, kami hadir untuk Anda.

Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda. 
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: OneExtraPixel

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm