Image

QUICK CONTACT













Image

Prototyping A Mobile Contact List - 5 UI Design Tips

03 Feb 2021 by Billy Gani
Merancang desain dari perangkat seluler membuat Anda harus bekerja dengan pola UI, konten, dan interaksi untuk layar yang lebih kecil. Salah satu cara umum yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperkecil desain Anda menggunakan desain website yang responsif. Tetapi, ada cara lain yang lebih user-friendly untuk Anda gunakan sebagai pendekatan ketika berbicara tentang desain dari aplikasi perangkat.
 
Desain yang mengutamakan perangkat (mobile first) dapat membantu Anda untuk meraih jumlah pengguna yang lebih besar karena Anda merancang desainnya sesuai untuk perangkat seluler yang memiliki layar berukuran kecil. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara terbaik untuk membuat konten Anda tetap mudah terbaca dan di navigasikan.
 
Jika Anda baru dalam dunia desain untuk aplikasi perangkat, salah satu cara yang tepat untuk memulai hal tersebut adalah dengan merancang daftar untuk UI aplikasi perangkat. Daftar ini biasanya digunakan dalam desain UI perangkat karena mudah untuk dioptimalkan bagi keterbacaan yang komprehensif, khususnya untuk perangkat seluler dengan layar yang berukuran kecil.
 
Dalam artikel berikut ini, kami akan mencoba untuk mengeksplor beberapa praktik dalam membuat daftar prototipe untuk kontak dalam desain UI.
 
Pastikan Bahwa Daftar Desain Untuk UI Anda Bersifat User-Friendly
 
Pengguna perangkat biasanya berada dalam perjalanan mereka ketika ingin menghubungi orang lain. Kombinasi dari hal tersebut dengan kebutuhan mereka untuk meraih informasi tertentu terkadang dapat membuat aplikasi Anda terlihat buruk dari segi penggunaan jika tidak menyajikan apa yang mereka butuhkan secara cepat.
 
Hal terbaik untuk memastikan bahwa UI dari aplikasi perangkat Anda mudah dipahami adalah dengan memastikan bahwa setiap konten di dalamnya jelas, fokus, dan juga konsisten. Contohnya, ketika Anda merancang daftar kontak untuk desain UI aplikasi, Anda perlu memikirkan elemen apa saja yang perlu Anda masukkan.
 
Daftar kontak harus terdiri dari satu kolom baris yang berisikan konten dalam format item tertentu. Konten pada setiap baris biasanya menyertakan ikon, teks, dan ajakan bertindak dalam format yang konsisten. Tetap berpegang pada standar desain UI untuk aplikasi perangkat dan Anda tidak akan salah dalam merancang  konten bagi  daftar kontak Anda.
 
Perhatikan Daftar Desain Dari Tampilan UI Anda Agar Tidak Berantakan
 
Untuk menghindari kemungkinan dalam membingungkan pengguna, penting bagi Anda untuk memastikan bahwa desain aplikasi Anda bebas dari ketidakteraturan. Jika Anda berpegang pada struktur akan ikon, teks , dan tindakan yang sebelumnya sudah kami berikan - mungkin Anda memiliki kemungkinan untuk tidak bertemu dengan masalah ini.
 
Namun, untuk memastikan bahwa desain UI dari aplikasi perangkat Anda tidak berantakan, Anda perlu memperhatikan rasio konten tertentu.
 
Mirip dengan rasio emas, proporsi matematis antara setiap elemen dengan ukuran berbeda dianggap estetis bagi mata manusia, dan rasio konten-ke-krom membantu setiap elemen untuk bekerja sama dalam memaksimalkan keterbacaan dan pengalaman pengguna. Mendapatkan rasio yang tepat akan membantu Anda membuat konten yang seimbang dengan hirarki visual yang lebih efektif.
 
Membuat Desain UI Daftar Kontak Anda Interaktif
 
Daftar Desain UI Anda Harus Dapat Ditindaklanjuti
 
Fungsi daftar kontak Anda harus dapat ditindaklanjuti. Artinya, pengguna harus dapat mengidentifikasi item tertentu dalam kategori tertentu dan menindaklanjutinya untuk menyelesaikan tugas, atau bagian dari tugas pada aplikasi perangkat  Anda.
 
Untuk memastikan pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan daftar kontak Anda, penting untuk selalu memahami transisi dan isyarat yang digunakan. Transisi yang efektif dengan tujuan yang jelas dapat membantu untuk melibatkan pengguna dan menghidupkan sebuah tampilan antarmuka, tanpa menimbulkan gangguan yang tidak perlu.
 
Dalam daftar kontak perangkat, transisi yang paling umum digunakan adalah ketukan. Mengetuk item daftar UI akan memperluas kehadirannya ke seluruh layar, memberikan cara untuk informasi selengkapnya tentang item tersebut, seperti nomor telepon kontak. Untuk isyarat, sebagian besar daftar kontak menyertakan sentuhan, yang memungkinkan pengguna melakukan tindakan tambahan, seperti menghapus kontak.
 
Jaga transisi dan isyarat Anda tetap relevan dan tertarget untuk menghindari gangguan atau risiko dalam membingungkan pengguna.
 
Pola UI Untuk Desain Dari Daftar Kontak Anda
 
Pilihlah Pola Desain UI Yang Logis
 

 
Pola UI untuk daftar kontak dalam desain UI haruslah logis. Pola UI untuk perangkat seluler yang mudah diikuti membantu Anda untuk menciptakan pengalaman pengguna yang mulus dengan mengurangi banyaknya gesekan dalam alur navigasi.
 
Daftar desain UI sendiri merupakan cara yang tepat untuk memilah dan mengumpulkan informasi individu pada satu tempat yang sama dengan bagaimanapun cara Anda mengurutkan daftar tersebut. Hal tersebut akan mempengaruhi kemampuan pengguna untuk membaca dan memindainya.
 
Ketika berbicara tentang desain UI untuk perangkat seluler, banyak orang pada Google yang menyarankan untuk menyortir daftar menurut abjad, numerik, kronologis, atau preferensi dari pengguna. Untuk daftar kontak Anda, kami sarankan untuk tetap berpegang pada urutan standar alfabetis, baik dengan menggunakan nama depan maupun belakang.
 
Sajikan Pengguna Kemudahan Melalui Kolom Pencarian
 
Seperti yang pernah diutarakan oleh Nick Babich, pencarian merupakan aktivitas penting bagi perangkat seluler. Dan ketika berbicara tentang daftar perangkat seluler dengan banyak item di dalamnya, pencarian mengurangi tindakan pengguna untuk menggeser, membuat jari mereka lebih tidak mudah lelah dan membuat mereka lebih nyaman.
Untuk mendapatkan penelusuran langsung di desain UI daftar Anda, pastikan keduanya terlihat jelas dan dapat dikenali dengan cepat.
 
Untuk memastikan agar tab pencarian Anda terlihat jelas, Nick merekomendasikan untuk menempatkan tab pencarian tersebut di bagian atas layar perangkat dengan ruang teks yang terbuka. Hal ini akan memastikan bahwa pengguna tidak melewatkannya dan dapat dengan mudah mulai mencari kontak tertentu sebelum menggunakan jempol mereka dengan banyak guliran pada jari mereka.
 
Dan untuk memastikan agar tab pencarian Anda dapat dikenali dengan cepat, perhatikan representasi visual yang ditampilkan. Pertimbangkan penggunaan ikon kaca pembesar, karena pengguna akan terbiasa dengan hal tersebut dan menghubungkannya dengan tab pencarian. Alternatifnya, gunakan teks placeholder untuk memberi sinyal bahwa pengguna dapat memasukkan teks di kotak atau tab ini untuk menemukan informasi lebih langsung.
 
 
Berikut adalah beberapa tips desain untuk UI dari aplikasi perangkat yang Anda miliki. Jika Anda membutuhkan bantuan, kami hadir untuk Anda. 
Eannovate hadir dengan memberikan layanan terbaik untuk Mobile App Development di Jakarta, termasuk jasa Konsultasi Produk, Project Management, UI / UX Design, Development, Testing, Deployment (ke server App Store / PlayStore atas nama perusahaan klien), Source-Code, serta FREE Maintenance selama 3 bulan. Kami menjamin bahwa aplikasi Anda akan dibangun sesuai dengan kebutuhan usaha Anda dan menyediakan penanganan jika terjadi masalah pada aplikasi Anda.
 
Selain itu, kami juga memiliki layanan SEO Digital Marketing di Jakarta lengkap dengan copywriter yang kreatif dan berpengalaman dari tim kami untuk membuat konten asli dan berkualitas untuk mendukung aktivitas online dari bisnis Anda. Buatlah perusahaan Anda lebih dikenal oleh target audiens dengan menyerahkan layanan jasa Mobile App Development di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda sedang mencari portal berita yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru serta terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, Alterspace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
 
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore),
 
Whatsapp : +62813-8251-8448
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: JustInMind

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm