Image

QUICK CONTACT













Image

Launching a Website: Your Complete Content Checklist

28 Jan 2021 by Billy Gani
Kebanyakan pengembang memiliki banyak langkah ketika akan merilis sebuah website. Hal tersebut dapat dimulai dari pertimbangan teknis, seperti dimana host dari website dan titik domainnya berada. Jika Anda mengembangkan website berbasis WordPress, Anda harus mempertimbangkan dan mengkonfigurasikan jumlah plugin untuk menyajikan fungsi yang berdasar dari kebutuhan klien Anda. Sebelum website Anda dapat dirilis untuk publik, Anda tentunya ingin memeriksa dan menguji beberapa hal seperti muatan halaman dan tingkat responsif dari website sehingga pengguna mendapatkan pengalaman terbaik, baik dari apapun mereka mengakses website.
 
Tetapi saat ingin merilis sebuah website, seberapa jauh daftar konten yang Anda persiapkan? Jika Anda merupakan orang yang melihat konten sebagai hal kedua setelah desain website, meminta copy dan gambar yang tepat untuk dimasukkan pada saat terakhir, Anda mungkin salah langkah. Banyak pengembang yang kini mulai memperhatikan koneksi dari konten dan desain dari sebuah website. Spesifiknya, pertimbangkan beberapa fakta di bawah ini:
 
  • Konten membentuk desain

  • Menerapkan konten mulai dari proses awal desain dapat membantu Anda untuk senantiasa berada dalam jadwal dan memiliki waktu untuk beradaptasi dengan desain yang Anda rancang.

Tentunya, hanya karena Anda memahami pentingnya konten dalam setiap proses desain, tidak berarti klien Anda juga mengerti. Mereka tentunya memerlukan dorongan untuk membuat konten tersedia bagi Anda jika hal tersebut merupakan sebuah website  yang benar-benar baru tanpa dasar yang ada untuk dikerjakan. Terlepas dari itu, mendorong subjek sejak dini akan memastikan bahwa klien memikirkannya, dan membuat mereka juga berusaha untuk mengurusnya.
 
Jika Anda ingin menjadi lebih ekstrim lagi, Anda dapat membangun penerimaan konten dari klien Anda sebagai langkah dari proyek tersebut. Jika mereka tidak memberikannya kepada Anda, tentunya proyek mereka juga tidak dapat berjalan dengan lancar dari segi desain - akhir cerita.
 
Entah jika Anda memilih untuk bermain baik atau buruk, hal tersebut dapat membantu untuk menyuplai klien Anda dengan daftar konten dan aset yang Anda butuhkan untuk membuat website terkait berjalan efektif dengan desain yang Anda ajukan. Meskipun perubahan memang membutuhkan proses yang cukup lama dengan adanya resiko pemotongan beberapa konten, dan sebagainya - menjadi proaktif dapat membantu Anda untuk senantiasa berada dalam jadwal dan langkah yang tepat. 
 
Berikut beberapa konten penting yang perlu Anda minta atau sediakan ketika merilis website baru untuk klien ataupun untuk Anda sendiri.
 
Daftar Konten Lengkap Untuk Merilis Sebuah Website
 
Ketika berbicara tentang konten apa yang Anda butuhkan untuk melengkapi website Anda, penting untuk memisahkan apa yang Anda perlukan dari setiap halaman, kebutuhan untuk tiap halaman. Dan pertimbangan tambahan konten yang biasanya diimplementasikan seiring berjalannya waktu.
 
Seluruh Halaman (All Pages)
 
Berikut ini beberapa representasi dari konten yang perlu Anda pertimbangkan untuk setiap jenis halaman:
 
  • Fitur Gambar - Sebaik apapun copy yang Anda miliki, tidak ada orang yang ingin hanya melihat blok teks tanpa apapun untuk melengkapinya. Salah satu cara yang tepat untuk menangani masalah ini adalah dengan merancang setidaknya ada satu gambar dalam satu halaman. Anda dapat memasukkan gambar yang Anda inginkan atau gambar yang diinginkan oleh klien - dalam bagian proses desain.
  • Judul -  Tujuan judul adalah untuk memancing pengguna agar membuka tautan untuk melihat halaman, serta untuk mengkomunikasikan sifat konten di dalamnya.

  • Deskripsi Singkat / Panjang Halaman -  Sifat setiap halaman akan menentukan struktur dan panjang konten. Dengan memasukkan deskripsi singkat dan panjang dari setiap halaman, Anda dapat menentukan seperti apa halaman akan terlihat jika konten Anda masih belum siap selama fase desain berjalan.

  • Testimoni -  Testimoni sebaiknya tidak hanya berada pada halaman khusus - testimoni akan jauh lebih baik digunakan pada seluruh halaman website secara strategis. Halaman beranda (homepage) merupakan tempat yang tepat untuk menampilkan testimoni dari klien terkemuka atau dari orang-orang yang melakukan pekerjaan terbaik dalam menyebarkan informasi tentang perusahaan. Halaman interior dapat diisi dengan testimoni yang lebih spesifik tentang sifat halaman individual (seperti testimoni yang berkaitan dengan layanan atau produk yang ditawarkan pada halaman tersebut).

  • Tombol Ajakan Bertindak (CTA) -  Apa tujuan dari halaman ini? Apa tindakan terpenting yang dapat dilakukan pengguna selanjutnya? Jika Anda membuat website untuk bisnis yang menyediakan layanan, langkah selanjutnya mungkin adalah untuk menghubungi atau meminta demo / konsultasi. Jika website Anda merupakan sebuah blog, CTA dapat digunakan untuk memeriksa konten terkait (yang dapat diotomatiskan dengan penggunaan plugin WordPress). Jika Anda membuat website e-commerce, CTA Anda dapat ditautkan pada halaman pembelian. Seluruh hal tersebut memang relatif, tetapi ada baiknya untuk mengetahui tindakan spesifik apa yang dapat Anda coba untuk optimalkan dari sisi desainnya.

  • Informasi Meta -  Meskipun jika Anda tidak menawarkan layanan SEO, Anda tetap dapat membantu klien Anda memulai desain website mereka dengan mengingatkan mereka untuk memberi Anda judul meta dan deskripsi meta untuk setiap halaman. Jika Anda menggunakan WordPress, terapkan informasi ini dengan plugin seperti Yoast SEO. Dan jika Anda menerapkannya untuk website Anda sendiri, kami dapat membantu Anda untuk hal tersebut, disini.

Halaman Mandiri (Individual Pages)
 
Setiap halaman yang berbeda memiliki konten yang juga berbeda. Sebagai tambahan dari beberapa elemen diatas, Anda tentunya juga ingin mengetahui tentang apa saja kebutuhan Anda atau klien untuk halaman mandiri yang Anda atau mereka inginkan.
 
Beranda (Home Page)
 
Halaman ini merupakan halaman terpenting dari website Anda. Halaman ini merupakan halaman dimana tautan terbanyak berada dan dilihat oleh pengguna serta berperan sebagai proxy yang memeriksa setiap halaman lainnya pada website Anda. Dan juga, di dalamnya tentu memerlukan elemen yang menarik perhatian pengguna untuk berpindah pada halaman lainnya.
 
Berikut beberapa elemen tambahan yang mungkin Anda perlukan:
 
  • Konten Bergeser (Slider Content)  - Banyak desai beranda yang populer memiliki konten bergeser dengan gambar yang besar dan konten yang menarik perhatian pengguna untuk memeriksa halaman lain dalam website tersebut. Anda dapat memasukkan gambar, copy, dan juga CTA yang Anda inginkan di dalamnya.

  • Fitur Item Tertentu -  Heuristik desain halaman beranda lainnya melibatkan pembuatan fitur item tertentu yang mengarahkan pengguna ke 3 (atau mungkin lebih) pada halaman terpenting dari website yang berkaitan. Bagi banyak orang, hal ini dapat menjadi layanan terpenting bagi mereka. Bagi orang lain, hal ini dapat mengarahkan pengunjung ke halaman about us, halaman kontak, atau blog. Terlepas dari apa yang ingin Anda masukkan ke dalam fitur item website, Anda mungkin memerlukan foto atau ikon yang relevan, judul, 1-3 kalimat copy, dan CTA yang relevan.

  • Bukti Sosial -  Karena halaman beranda sangatlah penting, halaman tersebut harus melakukan pekerjaan terbaik untuk mengkomunikasikan mengapa bisnis Anda atau klien layak dipilih (dan / atau layak dicari  informasi tambahannya pada interiornya). Bergantung pada desain beranda yang Anda inginkan, Anda mungkin dapat membuat elemen konten termasuk seperti logo, testimoni yang kuat, dan bahkan konten yang mengarah pada portofolio Anda yang lebih mendalam.
Halaman Tentang Kami (About Us)
 
Ketika merilis website, Anda dapat merancang halaman ini dengan bayangan pengguna pada proses pembuatan Anda. Jangan membuat halaman tentang kami yang hanya berbicara tentang bisnis atau perusahaan Anda - kehadirannya harus secara efektif berkomunikasi kepada konsumen potensial dan bagaimana bekerja sama dengan Anda atau klien Anda merupakan pilihan yang tepat untuk mereka. 
 
Elemen konten tambahan yang mungkin Anda perlukan:
 
  • Kisah Di Balik Perusahaan Atau Bisnis Anda -  Jika seseorang telah mengklik ke halaman tersebut, mungkin wajar untuk berasumsi bahwa mereka setidaknya ingin tahu tentang bagaimana perusahaan atau bisnis Anda muncul dan tentang apa bisnis Anda bekerja.

  • Mengapa Mereka Harus Bekerjasama Dengan Anda -  Hal ini kembali pada bagaimana  mengetahui audiens target Anda dan menarik mereka. Pastikan untuk menyertakan tautan ke halaman kontak atau langsung menyematkan formulir kontak untuk mendorong mereka untuk segera menghubungi Anda.

  • Biografi Atau Foto Tim Anda -  Jika bisnis atau perusahaan Anda memiliki tim yang berperan penting sebagai aset, Anda harus berusaha untuk menunjukkannya pada halaman tentang kami. Agar halaman ini dapat berfungsi dengan baik, Anda memerlukan foto, judul, dan kemungkinan besar, biografi singkat tentang karyawan Anda.
Halaman Layanan (Service Pages)
 
Sebagian besar halaman layanan menyertakan beberapa atau semua elemen berikut:
 
  • Judul

  • Gambar Fitur

  • Uraian singkat atau panjang tentang layanan yang Anda berikan

  • Testimoni yang relevan

  • Tombol ajakan bertindak (CTA) untuk menghubungi Anda.

Untuk menampilkan halaman layanan pada website Anda, bergantung pada jumlah totalnya, mungkin diperlukan satu halaman untuk setiap layanan, dan mungkin halaman ringkasan dari semua layanan. Jika Anda memiliki halaman ringkasan, Anda sebaiknya Anda memasukkan ikon atau gambar untuk setiap layanan, nama layanan, dan deskripsi 1-3 kalimat yang berbeda dari yang ada di halaman layanan individual (untuk menghindari duplikat konten).
 
Halaman Kontak (Contact Page)
 
Tidak banyak konten yang diperlukan untuk halaman kontak Anda, tetapi pastikan untuk menyertakan semua informasi kontak yang relevan yang mungkin perlu dihubungi seseorang. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk mencari informasi dan juga dapat membantu bisnis lokal dengan upaya SEO organik Anda.
Pastikan halaman kontak Anda menyertakan beberapa hal berikut ini:
  • Nama Bisnis

  • Alamat

  • Nomor telepon

  • Google Map yang disematkan (jika ada)

  • Kontak email dan / atau formulir kontak.


Berikut adalah beberapa penjelasan kami tentang apa saja daftar konten yang Anda perlukan dalam proses perilisan website yang Anda miliki. Jika Anda membutuhkan bantuan akan website design atau development bagi bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: OneExtraPixel

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm