Image

QUICK CONTACT













Image

Everything You Need to Know (But Never Asked) About a Website Privacy Policy

19 Jan 2021 by Billy Gani
Tentunya Anda senantiasa melihat hal ini tertulis hampir di setiap website yang Anda kunjungi. Anda biasanya diwajibkan untuk menekan tombol “Agree” untuk menerima cookies dan membaca syarat serta ketentuan dari website terkait. Tetapi, hal ini bukan saja menjadi dasar umum yang wajib dikembangkan oleh para desainer website. Hal ini penting untuk Anda pertimbangkan sebelum memasukkan apapun ke dalam website Anda.
 
Tantangan yang dihadapi ketika berhadapan dengan kebijakan dan privasi dari pengguna merupakan salah satu hal yang perlu senantiasa dipikirkan dan hal yang penting untuk dimasukkan ke dalamnya dapat bervariasi sesuai variasi industri dan lokasi Anda. BErikut ini beberapa ketentuan umum yang dapat Anda pertimbangkan dalam menuliskan kebijakan privasi untuk website dan mengetahui pertanyaan apa saja yang dapat Anda tanyakan terlebih dahulu sebelum merilisnya untuk publik.
 
Apakah Anda Memerlukan Kebijakan Privasi Untuk Website Anda?
 
Jawaban singkatnya adalah ya. Tetapi seperti halnya dengan hampir semua hal lain dalam desain website, hal tersebut menjadi lebih rumit. Tempat-tempat tertentu, seperti negara Uni Eropa , Inggris Raya, Kanada, Australia, dan beberapa negara bagian di Amerika Serikat, memiliki undang-undang yang mewajibkan kebijakan privasi dan pemberitahuan jika Anda mengumpulkan jenis informasi tertentu dalam sebuah website. Negara dan lokasi lain menambahkan peraturannya setiap saat.
 
Sebagai aturan yang lebih praktis, jika Anda mematuhi pedoman privasi yang ketat, Anda senantiasa akan tetap aman. Karena sifat website adalah mendunia, hal tersebut bisa menjadi cara yang aman untuk memikirkan dari mana Anda harus memulai. Faktor lain yang mempengaruhi hal ini  dapat mencakup aplikasi dan layanan pihak ketiga yang Anda sambungkan pada website Anda, seperti buletin email, iklan, alat analitik, atau platform e-commerce. Layanan ini mungkin memiliki atau mengharuskan Anda memasukkan kebijakan privasi pada website Anda sebagai bagian dari syarat dan ketentuan penggunaan mereka.
 
5 Cara Kebijakan Privasi Yang Dapat Menguntungkan Website Anda
 
Meskipun Anda secara hukum tidak memerlukan kebijakan privasi dalam website, ada beberapa alasan lain yang dapat Anda pertimbangkan dalam hal kebijakan privasi ini :
 
  • Membangun Kepercayaan Dengan Pengguna - Anda tentunya tidak akan menjual produk secara online atau meminta pengguna untuk memberikan informasi pribadi mereka tanpa memberikan keamanan pada website Anda. Kebijakan privasi juga merupakan bagian dari hal tersebut. Meskipun banyak yang tidak membaca dokumen ini, tentunya kehadirannya senantiasa diperlukan untuk berjaga-jaga ketika pengguna memiliki pertanyaan. Hal ini menciptakan tingkatan transparansi yang dihargai pengguna dan juga membuat mereka menaruh rasa percaya pada website Anda.

  • Membantu Meningkatkan Peringkat Dari Hasil  Pencarian - Hal ini menjadi salah satu dampak tidak langsung, tapi senantiasa terjadi. Lebih banyak pengunjung dan lebih banyak keterlibatan dapat meningkatkan peringkat pencarian - website yang lebih komprehensif dan melibatkan pengunjung untuk jangka waktu yang lebih lama memberitahu mesin pencarian bahwa website Anda lebih bernilai dibanding dengan kompetitor.

  • Meningkatkan Konversi Website - Manfaat ini kembali pada kepercayaan dan transparansi. Jika kebijakan privasi dari website Anda jelas, mudah ditemukan, dan mudah dibaca oleh pengguna tentang pengisian formulir, menjawab polling atau membuat pembelian, mereka akan dengan mudah untuk percaya diri dan melakukan persyaratan yang Anda butuhkan di dalam website.

  • Senantiasa Bekerja Sama Dengan Pihak Ketiga -  Anda bisa saja kehilangan kemampuan untuk menggunakan layanan buletin email atau aplikasi lain jika Anda tidak memiliki kebijakan privasi dan persyaratan penggunaan yang dibutuhkan oleh aplikasi pihak ketiga yang bekerja sama dengan Anda. Tentunya hal ini bukanlah masalah  yang ingin Anda alami.

  • Penggunaannya Sangatlah Mudah - Secara umum, membuat dan menambahkan kebijakan privasi ke dalam website Anda bukanlah tugas yang rumit. Jika Anda memiliki rekan legal dalam hukum secara bisnis, mereka mungkin dapat membuatkan draft untuk Anda dengan cepat akan hal ini. Ada juga alat dan sumber daya online lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membantu membuat draft Anda sendiri. Setelah Anda memiliki dokumen tersebut, yang harus Anda lakukan adalah membuat halaman untuk hal tersebut dalam website Anda.

Apa Yang Perlu Ada Dalam Kebijakan Privasi Website Anda?
 
Meskipun tidak ada kebijakan privasi yang cocok untuk semua website, ada beberapa informasi umum yang dicakup oleh hampir setiap kebijakan privasi website. Ingatlah, bahwa jika Anda berada di industri yang lebih ketat, seperti layanan kesehatan atau keuangan, mungkin ada pedoman kebijakan privasi yang lebih ketat untuk Anda pertimbangkan.
 
Sebagian besar kebijakan privasi berisi beberapa hal berikut ini:
 
  • URL website, pemilik, dan informasi kontak (seperti alamat email)

  • Informasi atau data apa yang Anda kumpulkan dalam website Anda (seperti meminta pendaftaran email atau informasi pembayaran)

  • Jika informasi atau data tersebut disimpan (misalnya, informasi pembayaran umumnya tidak disimpan dalam website seperti nama pengguna atau informasi akun)

  • Apa yang Anda lakukan dengan informasi atau data yang Anda kumpulkan

  • Jika orang lain, seperti vendor atau aplikasi pihak ketiga, memiliki akses ke informasi tersebut

  • informasi dari aplikasi pihak ketiga yang diperlukan sebagai bagian dari perjanjian penggunaan Anda dengan mereka.

Dimana Anda Harus Menempatkan Kebijakan Privasi Pada Website Anda?
 
Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan untuk membuat kebijakan privasi yang kuat untuk website Anda, hal tersebut harus memiliki halamannya tersendiri. Jangan terlalu memikirkannya dan namakan halaman ini sebagai "Kebijakan Privasi". Anda juga dapat memiliki halaman untuk syarat dan ketentuan atau halaman syarat penggunaan yang terpisah.
 
Menggunakan konvensi penamaan seperti kebijakan privasi memudahkan pengunjung website Anda untuk menemukannya jika mereka menelusurinya. Lokasi standar untuk kebijakan privasi biasanya berada di footer atau bagian paling bawah dari homepage. Ada baiknya untuk memastikan bahwa halaman tersebut senantiasa aktif, atau mudah diakses, dari setiap laman pada website Anda. (Itulah mengapa footer menjadi lokasi standar penempatannya).
 
Setelah Anda menyelesaikan pekerjaan untuk membuat kebijakan privasi yang solid untuk situs web Anda, itu harus ada di lama nya sendiri. Jangan terlalu memikirkannya dan menamai halaman ini "Kebijakan Privasi". Anda mungkin juga memiliki syarat dan ketentuan atau halaman syarat penggunaan yang terpisah.
 
Menggunakan konvensi penamaan seperti kebijakan privasi memudahkan pengunjung situs web untuk menemukannya jika mereka menelusuri situs web Anda. Lalu tautkan ke sana. Lokasi standar untuk kebijakan privasi ada di footer. Ada baiknya untuk memastikannya aktif, atau mudah diakses, dari setiap laman di situs web Anda. (Itulah mengapa footer adalah lokasi standar.)
 
Seberapa Sering Anda Harus Memperbarui Kebijakan Privasi Website Anda?
 
Setelah Anda menulis dan menerbitkan kebijakan privasi, Anda tidak bisa begitu saja melupakannya. Undang-undang seputar hak konsumen dan privasi internet senantiasa berubah sepanjang waktu. Terus ikuti perubahan di tempat Anda dan perbarui kebijakan Anda jika Anda melihat peraturan baru mulai berlaku.
 
Umumnya, menambahkan pembaruan kebijakan privasi ke daftar rencana website tahunan Anda merupakan hal yang efektif. Baca kebijakan untuk mengetahui hal-hal yang mungkin berubah, layanan pihak ketiga yang tidak Anda gunakan lagi, atau alat pihak ketiga baru yang Anda tambahkan. Rapihkan  bahasa yang membingungkan.
 
 
Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kebijakan privasi untuk website yang Anda miliki. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam memiliki website untuk bisnis Anda, kami dapat membantu. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
Reference: OneExtraPixel

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon