Image

QUICK CONTACT













Image

Tips Mempersiapkan & Merancang Desain Stiker Untuk Bisnis Anda

06 Jan 2021 by Billy Gani
Stiker merupakan salah satu bentuk kenangan masa kecil dan bahkan saat kita sudah dewasa sekarang, kehadirannya tetap penting untuk kita. Dapat menempelkan stiker dimanapun yang kita inginkan dapat diibaratkan sebagai keajaiban yang tidak pernah hilang nilainya dari masa ke masa. Sekarang, coba bayangkan kekuatan ini Anda gunakan untuk merek dan pemasaran dari bisnis Anda. 
 
Seperti yang sudah kami sebutkan, ada nostalgia dan ketertarikan sendiri dalam stiker, khususnya untuk generasi muda. Stiker juga tidaklah mahal jika diproduksi secara masif - yang dapat menghemat pengeluaran Anda.
 
Tetapi, ada satu kondisi yang harus Anda pertimbangkan  - Anda harus mencetak dan menggunakannya secara tepat. Berikut ini beberapa tips yang dapat kami kumpulkan untuk Anda saat merancang desain dan mencetak stiker untuk kebutuhan Anda:
 
Merancang Stiker 
 
Tentukan Ukuran & Bentuk Stiker Anda
 
Sebelum Anda memikirkan desain apa yang ingin Anda buat, Anda harus memikirkan pilihan vital terlebih dahulu. Ukuran stiker apa yang Anda inginkan? Hal ini secara jelas bergantung pada untuk apa stiker tersebut Anda gunakan. Stiker yang berukuran besar biasanya diperuntukkan untuk ditempel di depan toko dan stiker tersebut tidaklah berguna jika Anda mencetaknya hanya pada ukuran brosur A5.
 
Bentuk yang paling umum dicetak untuk stiker adalah lingkaran dan kotak yang mungkin sering Anda temui di berbagai tempat. Ada alasan di balik itu semua - bentuk ini paling terjangkau untuk dicetak dalam ukuran besar. Hal ini dikarenakan tidak perlunya bentuk custom atau pemotongan khusus seperti die-cut.
 
Jika Anda membaca artikel ini dan berpikir bahwa Anda ingin stiker tersebut menjadi berbeda dari yang lain, jangan khawatir. Mungkin bagi Anda untuk menggunakan bentuk lain dan tetap mempertahankan bentuk kotak - meskipun terdengar kurang masuk akal. Cara terbaik untuk mendapatkan keduanya adalah dengan mencetaknya pada vinyl transparan. Hal ini memperbolehkan Anda untuk merancang desain dengan bentuk custom meskipun potongan dari stiker tersebut tetap berbentuk lingkaran atau kotak.
 
Catatan tambahan - Jika Anda ingin mencetak dalam vinyl transparan, ingatlah bahwa banyak mesin cetak yang tidak menyediakan tinta putih. Tinta ini cukup mahal sehingga mungkin akan sedikit menguras biaya.
 
Namun, hal ini tidak mengartikan bahwa Anda tidak dapat merancang desain stiker yang Anda inginkan dan mencetaknya dalam vinyl transparan.
 
Perhatikan Resolusi
 
Berbicara tentang ukuran dan merancang desain sesuai apa yang Anda inginkan, ingatlah untuk memastikan ukuran file akhir Anda setidaknya sebesar 300 dpi. Hal ini mengartikan bahwa desain Anda harus berkualitas tinggi tanpa adanya pixel jika dicetak.
 
Sayangnya, terkadang beberapa orang di luar sana lupa melakukan hal ini. Percetakan tentunya ingin desain Anda terlihat luar biasa dan berkualitas tinggi. Tetapi, tidak ada percetakan manapun yang dapat melakukannya jika resolusi gambar yang Anda berikan kurang memadai. Maka dari itu, senantiasa pastikan agar rancangan desain dari merek bisnis Anda untuk beresolusi tinggi.
 
Buatlah Kehadirannya Menonjol Dibanding Yang Lain
 
Tips satu ini mungkin sudah sering Anda dengar, tetapi banyak stiker yang Anda lihat bergeser dari tandanya atau kurang baik pencetakannya. Apapun intensi Anda dalam menggunakan stiker - kehadirannya haruslah terlihat baik. Buat kehadirannya menonjol, khususnya jika Anda menggunakannya untuk memasarkan produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan. 
Selalu ingat bahwa stiker dapat dilihat dari kejauhan. Anda dapat menggunakannya sebagai aksesoris dari mobil, lampu ataupun tas laptop. Anda tidak dapat mengetahui dimana target audiens Anda akan melihat salah satu stiker Anda, sehingga kehadirannya harus menonjol dalam situasi apapun.
 
Jadilah Lebih Kuat Dengan Typography
 
Tentunya, kalimat kecil yang dicetak dalam ukuran stiker 5x5cm tidak dapat menarik perhatian. Bahkan jika warna yang digunakan dapat menarik perhatian, tentunya tidak seorang pun ingin menyipitkan mata mereka hanya untuk membaca apa yang Anda tuliskan di dalam stiker tersebut. Maka dari itu, buatlah kalimat atau kata yang kuat, jelas, dan mudah dibaca dari kejauhan. 
 
Jika Anda merancang desain dari selebaran atau brosur, tidak satupun orang yang membaca paragraf yang ditulis dengan sangat baik di dalamnya. Tetapi, pada stiker yang mengkomunikasikan pesan secara cepat, hal ini dapat membantu Anda setidaknya. Stiker Anda tidak harus menceritakan pengalaman hidup tetapi membuat kesadaran merek dalam dunia yang serba cepat ini. 
 
Buatlah Tetap Sederhana
 
Seperti yang sudah kami sebutkan di poin sebelumnya, stiker tidak dibuat untuk menceritakan setiap sejarah dari produk Anda. Sangat mudah bagi Anda ketika merancang untuk memikirkan banyak hal yang harus dimasukkan.
 
Tetapi, estetika dari sebuah stiker adalah sifatnya yang menarik perhatian dan unik untuk dilihat. Membuat orang lain kewalahan dengan banyaknya tulisan di dalam stiker menjadi hal terakhir yang menjadi alasan mereka untuk membeli produk atau layanan bisnis Anda. Terkadang, teks bahkan tidak terlalu diperlukan. 
 
Logo Anda dalam stiker yang keren di tempat yang tepat dapat mengkomunikasikan pesan Anda secara kuat dan jelas dalam berbagai kasus. Ingatlah bahwa ikon lebih mudah diingat jika visualnya menarik dan unik. 
 
Mencetak Stiker
 
Pilihlah Material Yang Tepat
 
Biasanya stiker vinyl transparan memanglah pilihan yang tepat untuk digunakan di dalam ruangan. Tetapi bukan berarti pilihan Anda hanya sebatas itu. Pilihlah material yang tepat untuk stiker Anda agar pencetakannya mendatangkan keuntungan bagi merek dan bisnis Anda. 
 
 
 
Jika Anda sudah memiliki desain yang tepat untuk bisnis Anda, kini saatnya Anda memilih percetakan digital yang juga dapat merealisasikannya. Kami punya salah satu solusi untuk membantu Anda. 
 
Instaprint merupakan salah satu digital printing yang bisa Anda percaya untuk mencetak segala jenis stiker yang Anda butuhkan. Untuk mendukung bisnis Anda, Instaprint menawarkan jasa cetak stiker meteran di Tangerang berkualitas dengan harga terjangkau. Anda hanya perlu mengirimkan hasil desain, kemudian Instaprint akan mencetaknya dengan kualitas yang tentunya berkualitas. Instaprint juga dapat memotong hasil pencetakan stiker Anda, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membuang tenaga lagi untuk memotongnya.
 
Tidak hanya itu, Instaprint juga menyediakan layanan pencetakan secara online. Anda tentunya memiliki fleksibilitas waktu mencetak yang lebih panjang, bahkan hingga 24 jam di tengah pandemi COVID-19 ini. Anda juga dapat mengawasi status pemesanan dengan mudah. 
 
Tanpa perlu bolak-balik tempat percetakan, Anda bisa mengetahui proses pesanan melalui website atau SMS dari penyedia jasa pengiriman yang Anda pilih mulai dari pembuatan desain, pengerjaan cetak, hingga status pengiriman hasil cetak ke lokasi. 
 
Jauh? Tenang saja, Anda tetap dapat mencetak stiker tanpa harus kesulitan untuk pergi ke Gading Serpong, Cengkareng ataupun Bintaro. Anda cukup membuka website-nya, order dan submit desain yang ingin Anda cetak, kemudian pilih cara pengiriman yang bervariasi. Dijamin, desain cetak stiker Anda dapat langsung selesai dan sampai ke tangan kamu secara cepat lewat ekspedisi seperti JNE ataupun Gojek.
 
 
 
 
 
 
Reference: PrintHulu
 

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm