Image

QUICK CONTACT













Image

How to Improve the UX of Your E-Commerce Website Visitors

16 Dec 2020 by Billy Gani
Tidak diragukan lagi, salah satu bagian utama dari website dengan peringkat yang tinggi adalah pengalaman pengguna yang sangat baik. Hal ini pada akhirnya akan memberitahu tentang apakah website Anda mengalami peningkatan rasio keluar dari pengguna (exit rate) atau peningkatan dari rasio konversi Anda.
 
Anda akan menemukan bahwa banyak perusahaan dan bisnis yang saat ini berinvestasi dalam memberikan  pengalaman pengguna melalui website mereka, agar senantiasa kompetitif. Begitu pula dengan Anda. Anda harus dapat memandu dan membantu pengguna untuk bernavigasi saat mereka menggunakan website atau aplikasi Anda.
 
Menyediakan Akses Yang Cepat & Mudah
 
Tim dari dukungan pelanggan (customer service) Anda dapat menyajikan solusi secara cepat dan mudah untuk mendapatkan respon balik dari pengguna. Tim Anda ini menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk berbicara dengan pelanggan, dan mereka adalah orang-orang yang paling paham tentang apa yang pelanggan ingin lihat dan rasakan, serta apa yang menurut mereka harus ditingkatkan.
 
Jika Anda ingin mengetahui tentang apakah tampilan antarmuka yang Anda berikan membingungkan atau tidak, Anda dapat menanyakannya kepada pengguna aplikasi perangkat Anda. Dengan cara tersebut, Anda bisa mendapatkan respon balik secara langsung dan membuat daftar prioritas yang Anda perlukan. Terlepas dari permasalahan spesifik, berbicara dengan konsumen Anda dapat memberikan ide yang tepat bagi Anda tentang bagaimana mereka berekspektasi dari Anda untuk melakukannya.
 
Orientasi (Onboarding)
 
Jika Anda ingin proses onboarding atau orientasi Anda berhasil, Anda juga tentunya ingin pengguna website atau aplikasi Anda mencapai kesuksesan. Satu-satunya cara untuk mencapai kesuksesan ini adalah dengan mengetahui apa yang menurut pelanggan Anda dimaksud dengan kesuksesan dan apa yang ingin mereka capai dengan produk atau website Anda.
 
Setiap pengguna baru yang menggunakan website Anda, memiliki definisi tentang apa itu sukses. Yang harus Anda lakukan adalah memastikan mereka untuk berpikir bahwa mereka sedang dalam proses untuk meraih kesuksesan. 
 
Berikut beberapa tips dan trik untuk mencapainya:
 
  • Pahami Peran Website Atau Produk Anda Yang Paling Sering Mereka Gunakan

    Sebagai contoh, dengan alat manajemen pekerjaan, platform Anda dapat digunakan untuk meningkatkan produktivitas, atau sebagai alat bagi pengguna untuk meningkatkan kemampuan diri mereka ketika bekerja secara remote
  • Pahami Apa Yang Dimaksud Dengan “Sukses” Dari Setiap Peran Yang Dimiliki

    Setiap orang ingin dipromosikan, membuktikan diri mereka, atau berkumpul di balik suatu masalah dan mereka tidak menggunakan produk atau website Anda hanya untuk melakukan hal tersebut.

    Langkah sederhana yang dapat Anda lakukan adalah menanyakan pengguna Anda tentang apa yang ingin mereka capai dengan produk Anda. Anda dapat menemukan bahwa hal ini memberi Anda kesempatan untuk membuat banyak perubahan dalam waktu singkat.
  • Ajarkan Pengguna Tentang Bagaimana Mereka Mendapatkan Penawaran Anda

    Anda harus memiliki jalan spesifik yang memandu pengguna melalui fitur yang Anda miliki. Fitur tersebut membantu mereka untuk mencapai apa yang mereka kategorikan sebagai “kesuksesan.”

    Ketika Anda sudah mengetahui apa tujuan akhir mereka, Anda dapat merancang website atau alur setiap fitur yang Anda miliki untuk memandu mereka. 
  • Berbicara Dengan Pengguna, Dan Bawa Mereka Pada Tujuan Akhir

    Waktu yang dihabiskan setelah mendaftar akun ke dalam website atau aplikasi Anda tidak mensignifikankan seberapa banyak hal yang telah dilakukan oleh pengguna dan seberapa banyak dari hal tersebut yang berguna. Aktivitas dan penggunaan memang penting, dan Anda harus mengetahui dimana pengguna berada, kemana mereka ingin pergi, lalu memberikan arahan yang tepat kepada mereka.
  • Tingkatkan Halaman Untuk Mengurangi Rasio Pengabaian Keranjang Belanja

    Kebanyakan website akan menunggu hingga pengguna tidak lagi terkonversi, dan hanya melakukan tugas mereka untuk berusaha mengembalikan pengguna tersebut. Sebenarnya, di sisi lain, Anda dapat mencegah hal ini untuk terjadi di awal. Anda dapat memastikan bahwa Anda mengetahui apa bentuk kegagalan tindakan dan mulai berbicara dengan pengguna sebelum mereka memutuskan untuk meninggalkan suatu tindakan yang mereka anggap tidak berhasil dilakukan dalam website ataupun aplikasi Anda.
Cara Meningkatkan Layanan Dukungan Pelanggan Dari Website Atau Aplikasi Perangkat Anda
 
Percakapan langsung dan asisten virtual sudah sering digunakan oleh berbagai website saat ini. Tetapi, dengan perkembangan teknologi yang lebih maju saat ini, banyak hal yang lebih menarik dari sekedar hal tersebut untuk Anda amati.  Anda dapat menyimpan lebih banyak uang dengan menggunakan otomatisasi, tetapi Anda harus yakin bahwa personalisasi tidaklah dikorbankan untuk otomatisasi tersebut.
 
Ketika Anda tidak mendapatkan respon balik dari pengguna, atau mereka berkata bahwa setiap prototipe yang Anda berikan sudah baik, hal tersebut dapat berarti bahwa mereka tidak menghabiskan banyak waktu untuk menemukan kesalahan yang Anda buat, atau Anda mungkin menanyakan hal yang kurang tepat kepada mereka.
Salah satu hal yang dapat Anda ingat adalah bahwa tidak semua hal dapat menjadi sempurna. Selalu ada celah dimana Anda dapat meningkatkan diri, dan Anda dapat menerapkannya dalam website ataupun aplikasi perangkat Anda. 
 
Pengguna mungkin tidak memberitahu Anda tentang masalah yang mereka hadapi, mungkin karena hal tersebut kecil menurut mereka. Tetapi, jika Anda mencoba untuk memulai percakapan terlebih dahulu kepada mereka, Anda bisa saja mendapatkan insight yang baik dan dapat menggunakannya untuk meningkatkan produk ataupun pengalaman pengguna terhadap brand Anda.
 
Tingkatkan Navigasi Anda Secara Konstan
 
Anda dapat melihat masalah ini dengan bertanya pada tim yang bukan bagian designer tentang apa yang mereka keluhkan. Sebagian besar jawaban akan sulitnya menemukan produk yang dicari. Dan memeriksa navigasi dari website Anda adalah cara termudah yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi hal ini.
Miliki tumpukan 10 hingga 20 kartu, dan tuliskan deskripsi tujuan yang didukung sistem Anda pada masing-masing kartu. Di sisi belakang kartu, tulis judul utama dari struktur navigasi Anda saat ini.
 
Berikan kartu tersebut kepada pengguna Anda, dan minta mereka untuk memilih judul yang akan mereka gunakan jika mereka ingin melakukan tugas tertentu dari kartu tersebut. Hal ini biasa dikenal sebagai pengujian dengan metode pohon dan hanya satu dari antara banyak cara untuk melihat bagaimana pengguna Anda berpikir.
 
Inovasi lebih berkaitan dengan membuat segalanya lebih baik, daripada mengambil lompatan besar akan keyakinan yang Anda miliki. Anda harus dapat menawarkan cara baru kepada konsumen Anda untuk berinteraksi dengan layanan, bisnis, atau produk yang Anda miliki.
 
Website Anda harus senantiasa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna dan cara kerja dari kompetitor Anda. Namun, hal tersebut juga harus menanggapi tentang apa yang diharapkan pengguna. Anda harus memahami dan menerima kenyataan bahwa inovasi itu penting jika Anda ingin berkembang, dan Anda harus tahu bagaimana menanganinya dan menjadi efektif.
 
Jika suatu tindakan didasarkan pada proses yang mungkin mengarah pada kesuksesan, jadikan hal tersebut sebagai prioritas. Pastikan Anda senantiasa menjadi yang terdepan dalam inovasi, yang akan memberi Anda keunggulan kompetitif diatas orang lain. 
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan tentang bagaimana Anda dapat meningkatkan pengalaman pengguna untuk pengunjung website e-commerce. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam UI / UX untuk website Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 
 
 
Reference: DesignModo

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm