Image

QUICK CONTACT













Image

6 Tips for Designing with Type on a Photo

14 Dec 2020 by Billy Gani
Salah satu teknik terbaik yang perlu Anda miliki dan kuasai dalam desain website Anda teknik untuk merancang desain dengan teks di dalamnya atau di sekitar gambar yang Anda sisipkan. Tetapi, hal tersebut juga dapat menjadi konsep yang rumit untuk Anda.
 
Anda harus memiliki foto yang tepat, mata yang jeli untuk memilih typography dan mengetahui apa yang ingin Anda capai untuk membuat teks dalam gambar terbaik untuk desain dari website Anda. Jika Anda ingin memahaminya lebih dalam, berikut beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda.
 
Sertakan Kontras
 
Teks haruslah mudah dibaca agar sukses menyajikan pengalaman terbaik bagi pengguna. Pastikan variasi penggunaan warna teks yang Anda gunakan cukup mudah untuk dibaca dengan kombinasinya pada foto di belakangnya. Jika Anda memasukkan foto atau gambar yang memiliki warna gelap sebagai latar belakang, Anda dapat menggunakan warna putih (atau warna yang terang) dalam teks di depannya. Begitu pula sebaliknya.
 
Kontras juga dapat merujuk pada ukuran dari teks dan hubungannya dengan apa yang terjadi pada gambar yang berkaitan. Lettering haruslah bekerja sama, bukan bekerja sebaliknya dengan gambar yang Anda sertakan.
 
Buatlah Teks Menjadi Bagian Dari Gambar Yang Anda Sertakan
 

 
Terkadang, bekerja dengan teks dapat membuat Anda mencampurkan antara teks dan gambar menjadi satu kesatuan. Hal ini mungkin memang sulit untuk dicapai dan hanya dapat dilakukan dalam kasus tertentu. Anda memerlukan gambar yang sederhana dan kata di dalamnya, seperti contoh gambar diatas.
 
Ikuti Alur Visual
 
Bekerja dengan alur visual dari sebuah gambar merupakan salah satu hal penting yang perlu diperhatikan saat Anda bekerja dengan teks dan juga gambar atau foto secara bersamaan. Anda memerlukan kata yang tepat untuk masuk secara tepat sebagai bagian dari gambar. Dan juga, ingatlah bahwa Anda tidak menyertakan teks di atas bagian penting dari sebuah gambar atau foto seperti tindakan dan objek utama dalam foto, wajah, ataupun produk yang ingin Anda tampilkan dalam website Anda.
 
Dalam ranah alur visual, Anda dapat melihat ruang untuk teks dimana subjek dari gambar dapat terlihat lebih jelas.
 
Masukkan Teks Dalam Format Kotak Atau Bentuk Lainnya
 

 
Ketika sebuah foto mengandung beberapa elemen warna yang berbeda di antara bagian terang dan gelap, memasukkan teks di dalamnya dapat membuatnya lebih menonjol. Pilihlah bentuk seperti contoh diatas yang bekerja sama dengan pemilihan kata dan gambar yang Anda sisipkan. Setelah itu, Anda dapat memilih warna kotak atau bentuk lainnya yang menyajikan kontras yang cukup agar tulisan di dalamnya tetap terbaca. Pertimbangkan penggunaan bingkai di sekitar format bentuk tersebut dengan transparansi untuk nuansa yang lebih lembut dan membuat gambar Anda lebih terlihat.
 
Go Big
 
Ketika Anda kurang yakin tentang apa yang dapat Anda masukkan ke dalam desain website, Anda dapat mempertimbangkan untuk terlihat lebih “besar.” Hal ini berlaku untuk gambar - membuatnya terlihat lebih besar dari aslinya. Elemen ukuran akan menarik perhatian pengguna dan dengan satu elemen yang digunakan berukuran besar dapat mempermudah untuk membuat skala dengan teks dan gambar yang Anda sesuaikan.
 

 
Gunakan gambar yang berukuran besar, seperti contoh diatas yang dapat ditambahkan dengan bayangan dan perbedaan kontras. Penggunaan teks yang berukuran besar dapat menambahkan berat kepada lettering yang Anda tuliskan dan lebih mudah untuk dibaca.
 
Berpikirlah Dengan Out Of The Box
 
Menggeser gambar latar belakang ke samping merupakan salah satu trik modern dan tren yang populer digunakan saat ini. Namun, Anda dapat mengadopsi solusi lain ketika Anda meletakkan typography pada foto untuk membuat desain Anda terlihat lebih baik, yaitu dengan berpikir secara out of the box.
 
Konsep tersebut menyiratkan perluasan batas visual dan mendorong konten agar dapat melampaui latar belakang. Anda perlu melakukan dua hal dasar: 
 
Pertama, rentangkan judul Anda & kedua, persempit gambar di belakangnya sehingga menciptakan celah besar di sekelilingnya. Dengan cara ini, teks pada gambar akan terasa lebih dekat dengan Anda jika dibandingkan dengan elemen lain pada tampilannya. 
 
Selain itu, gambar dapat menyajikan tujuan dekoratif, sedangkan headline akan melayani tujuan informatif. Trik pelapisan ini juga menambahkan sentuhan kedalaman yang lebih halus pada desain Anda.
 

 
Berikut diatas adalah contoh desain website dari Climate History. Di sini Anda dapat melihat teks di atas gambar yang dibentangkan di luar bagian dari latar belakang. Meski tidak ada bayangan yang digunakan, captionnya terlihat wajar untuk lebih muncul ke depan. Permainan font yang menyediakan bentuk huruf dengan tampilan dan ukuran font yang tajam serta segar juga membantu header agar terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan gambar pada latar belakang.
 
 
Berikut adalah beberapa tips yang dapat kami berikan untuk Anda yang ingin menerapkan teks diatas foto untuk desain website Anda. Jika Anda mengalami kesulitan dan membutuhkan bantuan profesional dalam merancang desain website dan UI UX yang sesuai untuk bisnis dan keperluan Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: DesignModo

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon