Image

QUICK CONTACT













Image

5 Common Google Ads Mistakes You Should Stop Paying For

11 Dec 2020 by Billy Gani
Google Ads dapat menjadi cara terbaik untuk menargetkan konsumen potensial yang secara aktif mencari apa yang Anda jual melalui mesin pencarian yang paling populer di dunia ini, Google. Namun, untuk setiap kekuatan dan potensi dari pemasaran melalui mesin pencarian, hal tersebut juga dapat menjadi rumit dan lebih teknik untuk dikuasai. Dan hal tersebut juga dapat membuat Anda mengeluarkan budget besar jika tidak digunakan secara tepat.
 
Pernyataan bahwa “Anda harus menghabiskan uang jika ingin mendapatkan keuntungan yang besar juga” mungkin cukup relevan untuk pemasaran dengan jenis pay-per-click (PPC), tetapi bukan berarti Anda tidak dapat mengoptimalkan sesedikit mungkin budget Anda. 
 
Berikut ini beberapa kesalahan dalam penggunaan Google Ads yang dapat Anda hindari untuk mendapatkan pengembalian keuntungan yang lebih baik dari investasi Anda.
 
Tidak Menggunakan Google Shopping Ads Untuk Produk Fisik
 
Ketika iklan berbentuk teks merupakan hal yang tepat untuk memasarkan layanan dan produk yang tidak berwujud (intangible), Google Shopping Ads lebih tepat untuk Anda gunakan dalam memasarkan produk fisik yang dapat menarik perhatian lebih dari pengguna. Hal ini dikarenakan penggunaan Google Shopping Ads lebih efektif jika dibandingkan dengan iklan teks karena menunjukkan gambar produk, harga, dan mempresentasikan orientasi pembelian kepada pengguna.
 
Penggunaanya juga mendapatkan investasi tepat baik dalam desktop maupun perangkat seluler dalam hasil pencarian. Hal ini dikarenakan Google Shopping Ads tersebut muncul tidak hanya di bagian atas dari kebanyakan iklan teks, tetapi juga pada bagian tab Shopping dari mesin pencarian.
 
Jika Anda menjalankan bisnis e-commerce yang menjual produk fisik, hal ini dapat Anda coba.
 
Tidak Menggunakan Keyword Negatif Untuk Menghilangkan Traffic Berkualitas Rendah
 
Dengan banyaknya bentuk dari iklan pay-per-click (PPC), rasio klik yang tinggi pada iklan Anda dapat menjadi masalah ketika traffic yang dihasilkan berkualitas rendah dan berisi orang yang tidak memiliki keinginan untuk membeli produk Anda di dalamnya. Pada akhirnya, Anda tentunya ingin iklan yang Anda produksi tersebut untuk muncul pada pencarian yang relevan. Karena itulah, menuliskan daftar kata kunci negatif merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghilangkan traffic berkualitas rendah berdasarkan kurangnya intensi pembelian dengan pencarian yang spesifik.
 
Contohnya, jika Anda menjual produk sepatu untuk berbagai warna kecuali coklat, maka Anda tidak perlu muncul untuk kata kunci pencarian dengan “coklat” di belakangnya. Jadi, kata “coklat” tersebut dapat masuk ke dalam daftar kata kunci negatif karena tentunya Anda dapat berasumsi bahwa orang yang mencari dengan kata kunci ini tidak akan menemukan apa yang mereka cari dalam website Anda. 
 
Berikut ini beberapa kata umum yang negatif dan dapat Anda hindari penggunaannya:
 
  • Gratis (pengguna yang mencari hal ini tidak mencari untuk membeli produk)

  • Murah (kecuali jika harga yang murah merupakan sisi kompetitif dari brand Anda, hal ini dapat memicu perbandingan untuk para pembeli yang hanya ingin mencari produk termurah)

  • Youtube (pengguna yang mencari dengan kata kunci ini mungkin mencari konten tertentu, bukan produk)

  • Gambar ( pengguna yang menggunakan kata kunci ini mungkin hanya mencari gambar produk)

  • Grosir (kecuali jika Anda memang menjual produk secara besar)

Anda dapat melihat bagaimana daftar kata kunci yang menyertakan jenis penelusuran ini dapat mengurangi kualitas tayangan iklan Anda dan jenis klik yang berpotensi Anda hasilkan dengan iklan Anda. Anda hampir selalu harus membuat daftar kata kunci negatif untuk meningkatkan rasio klik dan Quality Score (yang berarti Anda akan membelanjakan lebih sedikit untuk setiap klik yang dilakukan pengguna).
 
Tidak Menautkan Halaman Arahan Yang Relevan Dengan Iklan Anda
 
Pertimbangkan keseluruhan perjalanan dari intensi pencarian pengguna pada penjualan dan bagaimana setiap langkah dari kueri pencarian bertemu dengan copy dan mengarahkannya ke halaman arahan mendekatkan pengguna kepada transaksi. Semakin erat seluruh pengalaman bagi pengguna, semakin besar peluang Anda untuk mengonversi dengan setiap tayangan iklan.
 
Teks iklan Anda menetapkan ekspektasi tentang apa yang ada di sisi lain dari klik berikutnya. Bisa jadi, sangat sulit bagi pelanggan untuk mengklik ke halaman yang tidak konsisten dengan harapan tersebut, dan pada saat itu Anda dapat kehilangan potensi penjualan. Misalnya, jika seseorang mengklik tautan untuk promosi atau produk tertentu yang tidak ditampilkan secara menonjol di halaman arahan tersebut, hal itu akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mengubah mereka menjadi pelanggan.
 
Menciptakan halaman arahan yang baik dan spesifik untuk kampanye promosional Anda menciptakan lebih banyak kohesi diantara kueri pencarian dan iklan serta halaman arahan Anda yang juga meningkatkan kemampuan untuk mengubah pengunjung dari kampanye iklan berbayar Anda. Memang membutuhkan usaha yang lebih banyak, tetapi manfaatnya juga bernilai untuk membantu promosi periklanan Anda.
 
Tidak Mensegmentasikan Kata Kunci Anda Ke Dalam Beberapa Kelompok Iklan (Ad Groups)
 
Grup Iklan (ad groups) mengatur kata kunci Anda dan iklan yang menampilkan kata kunci tersebut. Itulah mengapa menambahkan terlalu banyak kata kunci — terutama berbagai istilah pencarian — ke satu grup iklan akan menurunkan angka kualitas dan peluang Anda untuk menayangkan iklan yang relevan. Sulit untuk merekomendasikan metode universal dalam mengatur grup iklan Anda. Hal tersebut dikarenakan perilaku pencarian yang berbeda tergantung pada produk atau layanan yang Anda jual.
 
Lakukan penelitian kata kunci untuk melihat apakah masuk akal untuk dikategorikan berdasarkan:
 
  • Koleksi produk -  Anda dapat memiliki satu grup iklan untuk "sepatu" dan lainnya untuk "ikat pinggang" jika Anda menjual keduanya.

  • Demografis -  Anda dapat memiliki satu grup iklan untuk pria dan satu lagi untuk wanita jika Anda memiliki produk dan layanan yang berbeda untuk masing-masing kategori.

  • Poin penting -  Grup iklan yang membahas kebutuhan spesifik calon pembeli (mis. pengiriman di hari yang sama saat Anda membutuhkan bunga di menit-menit terakhir untuk ibu Anda).

Setiap grup iklan harus terdiri dari beberapa segmen kata kunci yang relevan dengan semua iklan dalam grup iklan tersebut untuk meningkatkan relevansi iklan dan angka kualitas Anda.
 
Tidak Menggunakan Ekstensi Iklan Untuk Meningkatkan & Memperluas Teks iklan Anda
 
Saat Anda membuat iklan, Anda dapat saja kehabisan ruang — Anda hanya memiliki sedikit karakter untuk dikerjakan pada dua judul dan deskripsi iklan. Namun Anda dapat mengimbangi batasan ini dengan memanfaatkan ekstensi iklan dan teks judul tautan yang tidak dikenakan biaya apa pun untuk ditambahkan.
 
Ekstensi iklan tidak hanya memungkinkan Anda mengemas lebih banyak informasi dan tautan ke dalam iklan Anda, tetapi juga memberi Anda lebih banyak peluang copywriting untuk mengalahkan kompetitor dan membedakan iklan Anda hanya dengan mengambil lebih banyak ruang di hasil mesin pencari.
 
Ekstensi iklan meliputi:
 
  • Tautan Website - Hal ini memungkinkan Anda untuk menambahkan tautan tambahan dan menggunakan teks tautan untuk menampilkan nilai jual tambahan dan ajakan bertindak
  • Lokasi - Anda dapat menambahkan alamat Anda ke iklan untuk menekankan fakta bahwa Anda merupakan bisnis lokal yang memudahkan pelanggan untuk mendapatkan petunjuk arah ke lokasi fisik toko Anda.

  • Telepon - Menambahkan nomor kontak dapat membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel dan ekstensi ini mempermudah calon pelanggan untuk menghubungi Anda.
  • Info - Anda dapat menambahkan frasa sederhana dan persuasif yang membuat iklan Anda lebih menarik seperti "Gratis Ongkos Kirim", "Seperti Yang Dilihat ...", "Kepuasan Terjamin,” dan sebagainya.

  • Snippets Yang Terstruktur - Gunakan kesempatan ini untuk memamerkan berbagai penawaran Anda dengan contoh gaya, layanan, koleksi produk dan sebagainya.


Berikut adalah beberapa kesalahan dari penggunaan Google Ads dan tips untuk melakukan hal yang lebih tepat agar pemasaran Anda menjadi lebih efektif. Jika Anda masih membutuhkan bantuan dalam hal pemasaran di bidang digital untuk bisnis Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Shopify

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm