Image

QUICK CONTACT













Image

5 Kesalahan Umum Yang Dapat Terjadi Saat Berkemah 

27 Nov 2020 by Billy Gani
Berkemah adalah pilihan kegiatan liburan yang paling sederhana dan santai serta menjadi sebuah kesempatan emas untuk menjalin kembali ikatan dengan keluarga atau orang-orang terdekat Anda, melarikan diri dari kebisingan kota dan bersatu dengan kemegahan alam, lalu tidur di bawah taburan bintang.
 
Namun, terkadang ada saja yang membuat momen yang merusak pengalaman Anda. Niat dan tekad untuk mendapatkan istirahat yang tenang dan kebahagiaan sederhana dengan cepat dapat menjadi sebuah kisah mengesalkan dimana orang-orang tidak berhenti mengeluh; kepanasan, kedinginan, kelaparan — hingga hilang tersesat atau terjebak dalam suatu kecelakaan sepele yang dapat berujung kritis.
 
Berlibur di bawah tenda tidaklah harus berakhir dengan kekecewaan. Banyak  kesalahan yang terjadi karena keteledoran pemula yang dapat dihindari dengan perencanaan yang matang. 
 
Berikut ini adalah 6 kesalahan umum yang sering terjadi saat Anda berkemah — yang harus Anda hindari jika ingin pengalaman berkemah Anda menjadi hal yang tak terlupakan (tanpa kenangan buruk).
 
Salah Memilih Tempat Berkemah
 
Tenda? Sudah. Teman berkemah? Banyak. Tongsis untuk foto-foto? Bawa. Berangkat? Tunggu dulu.
 
Berkemah bisa saja dilakukan dalam keadaan panas menyengat ataupun hujan banjir, dengan banyak nyamuk dan lintah, jamur beracun atau poison ivy. Dengan kata lain: tidak semua area berkemah diciptakan sama.  Tidak banyak orang yang tahu bahwa lingkungan perkemahan memiliki peran penting dalam kesuksesan petualangan berkemah Anda.
 
Pelajari lebih dalam mengenai tempat tujuan Anda, bagaimana ekosistem tumbuhan dan kehidupan binatang di sekitarnya (ada tidaknya binatang buas) sebelum Anda benar-benar pergi berkemah dengan menelusuri situs resmi tempat perkemahan atau di forum-forum online. Tempat perkemahan resmi juga dapat menyediakan Anda informasi umum mengenai peraturan dan regulasi area kemah, biaya, serta kehidupan flora dan fauna di dalamnya.
 
Area tempat Anda menancapkan pasak tenda juga penting untuk dipelajari dari jauh-jauh hari. Pekemah pemula seringnya terjebak di area berkemah yang tidak strategis — tanpa peneduh, rerumputan, dan merupakan area lalu lintas pekemah lainnya. Sebuah area tenda yang baik memiliki peneduh (ranting atau pohon besar), rerumputan, dan tanah datar di sekitarnya.
 
Persiapan Yang Kurang Matang
 
Kebanyakan orang berpikir untuk terjun langsung ke ‘medan perang’ tanpa strategi, bahkan tanpa mempertimbangkan bagaimana keselamatan mereka nantinya. Kunci utama untuk menghindari risiko keteledoran adalah dengan memiliki persiapan dan perencanaan matang jauh sebelum hari-H. Misalnya dengan memastikan ukuran tenda dan kesiapan peralatan berkemah Anda.
 
Kecuali jika Anda berniat melakukan backpacking, selalu pilihlah ukuran tenda yang 2-3 kali lebih besar daripada klaim kapasitas luas tenda tersebut dibanding jumlah orang yang sebenarnya tidur di dalamnya. Misalnya, satu tenda dengan ukuran “tiga orang dewasa” sebenarnya hanya muat 1 orang dewasa dan peralatan kemahnya (atau dua orang dewasa, yang terhimpit satu sama lain); ukuran tenda “dua orang dewasa” hanya muat satu orang dewasa dan sebagian peralatan berkemahnya.
 
Dalam tenda berkemah yang akan menjadi rumah Anda untuk sementara waktu, mencoba “bertahan hidup” layaknya acara  TV bukanlah hal yang bijak. Bawalah bantal, jika Anda memang tidak bisa tidur tanpa bantal. Peralatan tidur yang seadanya justru akan membuat Anda susah untuk tidur dengan nyenyak. 
 
Periksa juga prakiraan cuaca untuk hari-hari saat Anda berkemah dan sesuaikan baju yang akan Anda bawa. Selain itu, Anda tentu tidak ingin panik saat mengetahui ada rangka tenda Anda yang patah, resleting tenda yang rusak, matras angin bocor, atau gas untuk kompor yang sudah hampir kosong — atau, skenario terburuknya, mengetahui semua kemalangan ini saat Anda sudah berada di area berkemah dimana bantuan tidak lagi memungkinkan atau sangat susah dicari.
 
Sebelum Anda berkemah, uji coba terlebih dulu untuk mendirikan tenda Anda di halaman rumah. Cobalah untuk menyiramnya dengan air untuk memastikan apakah bahan dari tenda Anda tahan air atau ada kebocoran yang terjadi. Begitu pula dengan peralatan kemah Anda yang lain, seperti kantong tidur atau senter (jangan lupa membawa baterai cadangan), terutama jika barang tersebut baru dan belum pernah Anda gunakan.
 
Hanya Mengandalkan GPS
 
Bawalah kompas dan peta manual — serta kemampuan untuk menggunakannya — dan jadikan GPS sebagai alat bantuan alternatif (yang sebenarnya tidak dapat diandalkan di alam liar dan mudah rusak). Jangan pula mudah percaya pada mitos bahwa lumut yang tumbuh di bagian utara sebuah pohon mengartikan bahwa matahari akan terbit di sisi timur pohon tersebut, dan meniti sungai hingga hilir menjamin adanya peradaban. Lumut bertumbuh di tempat-tempat lembab, dan matahari hanya dapat terlihat terbit di timur jika Anda berada di ketinggian tertentu.
 
Tidak Membawa Alat P3K
 
Bahkan dengan semua tindakan pencegahan yang sudah dilakukan, Anda tidak akan kebal dari luka lecet. Dengan segala kegiatan fisik seperti tracking, hiking, dan berlari, Anda pasti memiliki kemungkinan untuk terluka. Pastikan Anda selalu memiliki kotak P3K dengan salep antibakteri dan perban dalam tas Anda.
 
Namun, tidak perlu juga Anda membawa banyak sekali plester luka dan gulungan perban tanpa ujung. Bawalah persediaan obat-obatan seperti ibuprofen, obat benadryl, dan krim hydrocortisone. Ketiganya adalah obat non resep multiguna untuk segala situasi, seperti sakit kepala, otot tertarik, gigitan serangga, hingga ruam kemerahan di kulit. Selain itu, jika Anda memiliki daftar obat-obatan pribadi (seperti obat asma atau diabetes), jangan lupa dibawa — termasuk informasi kesehatan pribadi dan daftar resep obat.
 
Ada baiknya untuk membaca dan meneliti fungsi dan instruksi pemakaian dari setiap obat yang ada di dalam kotak P3K Anda untuk menghindari kebingungan dan salah arti saat akan menggunakannya.
 
Kurang Asupan Makan & Minum
 
Saat Anda berada di perkotaan, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya 2 liter cairan per hari. Saat di alam luar ketika berkemah, Anda lebih membutuhkan banyak asupa cairan hingga 3 liter setiap hari (tergantung dari cuaca panas dan tingkat aktivitas).
 
Sumber air bersih sulit ditemukan di alam luar. Maka dari itu, pastikan untuk membawa tablet iodin atau filter, jika perlu, untuk menyaring air. 
 
Sangat mudah untuk menyepelekan tentang seberapa banyak makanan yang Anda butuhkan jika Anda tidak merencanakannya dari jauh-jauh hari. Selama berkemah, Anda akan membutuhkan porsi makanan yang mencukupi (3 kali makan dan 2 kali makanan ringan). Perhitungkan juga banyak makanan yang harus Anda bawa dengan jumlah rombongan berkemah Anda, dan persiapkan porsi ‘cadangan’, untuk mengatasi kelaparan mendadak setelah lelahnya beraktivitas seharian.
 
Berikut adalah 5 kesalahan umum yang dapat Anda hindari dan tips untuk tidak melakukannya agar perjalanan berkemah Anda lebih nyaman dan menyenangkan. Jangan lupa juga untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan, khususnya untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 yang masih rawan hingga saat ini.
 
 
Jika Anda sudah mengetahui lebih dalam tentang beberapa kesalahan umum diatas, kini saatnya Anda untuk merencanakan perjalanan Anda dan juga mempersiapkan segala perlengkapan untuk perjalanan Anda. 
 
Tendamart dapat membantu Anda untuk mempersiapkan peralatan berkemah dasar seperti tenda dengan harga yang terjangkau dan juga tentunya dengan kualitas yang baik.

Tendamart merupakan salah satu distributor dan penjual bahan-bahan tenda dan terpal terlengkap, terbesar, dan berkualitas di Jakarta Indonesia. Selain menyediakan bahan-bahan untuk material tenda lipat dan terpal, Tendamart juga menyediakan, menjual dan memberikan jasa sewa berbagai macam jenis tenda lipat seperti Tenda Sarnafil,Tenda Kafe,Tenda Pleton,Tenda Kanopi,Tenda Roder,Tenda Membrane,dan masih banyak lagi. Bahan tenda dan terpal yang kami jual terdiri dari jenis PVC tarpaulin (IZZI Tent), Terpal PE, Mica Transparan, Tensile Membrane, dan sebagainya. Selain menyediakan bahan-bahan material tenda & terpal, Tendamart juga memproduksi TAS Motor, Terpal Penutup Kendaraan, Wingbox, dan produk lainnya yang berkaitan dengan bahan terpal/tarpaulin. Serahkan seluruh kebutuhan tenda yang berkualitas dan terbaik di Jakarta, Indonesia hanya pada Tendamart.
 
 
 
 
 
 
Reference: HelloSehat

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm