Image

QUICK CONTACT













Image

3 Alasan Mengapa Brand Perlu Memasuki Online Marketplace dan Strateginya

27 Nov 2020 by Billy Gani
Pasar online yang begitu kompetitif pada era ini telah mengubah cara kita dalam melakukan pemasaran. Dengan munculnya online marketplace raksasa seperti Amazon dan Alibaba, atau yang ada di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dan marketplace raksasa lainnya, lenyaplah sudah hari-hari dimana Anda bisa berharap ide/ strategi bisnis Anda yang biasa-biasa saja bisa memenangkan masyarakat/ konsumer online. Untuk dapat berhasil melakukan penjualan dengan baik di online marketplace, tentunya, brand/ pebisnis membutuhkan perencanaan strategi yang matang dan pengelolaan bisnis online yang lebih smooth.
 
Maka dari itu, berikut ini kami berikan 3 alasan tentang mengapa brand Anda perlu memasuki ranah online marketplace dan bagaimana strateginya untuk dapat berjalan dengan baik dan mendapatkan konversi yang maksimal.
 
Banyak Konsumen yang Mengutamakan Marketplaces Sebagai Tempat Mencari Kebutuhan Mereka
 
Online marketplace saat ini merupakan representasi dari besarnya kesempatan bagi setiap brand/ bisnis untuk berkembang di ranah online. Setiap tahunnya, semakin banyak konsumen yang beralih ke marketplace. Banyak yang menjadikan marketplace sebagai pilihan utama mereka untuk berbelanja, dan bahkan ada yang menjadikannya sebagai pilihan satu-satunya berbelanja online. Di tahun 2017, lebih dari 49% konsumen di Amerika Serikat memulai pengalaman berbelanja online mereka di platform Amazon, dan kini 44% penjualan e-commerce di Amerika merupakan sumbangsih dari penjualan di Amazon.
 
Online marketplace sangat memungkinkan Anda untuk dapat lebih mudah meraih jutaan konsumen hanya melalui suatu situs yang multifungsi. Dari sisi eksposur, hal tersebut merupakan impian bagi setiap tim pemasaran brand. Hal ini dikarenakan kita bisa mendapatkan investasi yang sangat maksimal, apabila upaya pemasaran di online yang kita lakukan konsisten, memiliki target yang jelas, dan juga strategis. Jika brand Anda belum berada di marketplace saat ini, sebaiknya bergerak dengan cepat, karena mungkin saja kompetitor Anda sudah berada di sana. Jangan tunggu hingga kompetitor Anda jauh mengungguli Anda di depan, karena tentunya akan jauh lebih sulit untuk Anda dapat mengejar atau merebut pasar yang sudah dikuasai oleh kompetitor.
 
Brand Anda Harus Tampil Beda dan Menonjol di Marketplace
 
Ketika setiap bisnis/ brand berlomba untuk mendapatkan perhatian konsumen, bagaimana cara Anda untuk memastikan bahwa Anda memenangkan perhatian mereka? Ada jutaan bahkan milyaran produk yang bisa dijual di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dan lainnya. Hal ini membuktikan bahwa pemasaran Anda haruslah kuat untuk dapat mengalahkan miliaran brand/ produk-produk tersebut di marketplace. Lalu bagaimana cara Anda melakukannya? Tentunya dengan menggunakan ilmu, pengalaman dan pendekatan yang berbasis data.
 
Pada dunia digital seperti sekarang ini, setiap orang memiliki rentang perhatian yang lebih rendah dan mudah sekali terdistraksi. Jika Anda dapat berkomunikasi dengan konsumen dalam setiap perjalanan berbelanja mereka, hal ini bisa memaksimalkan visibilitas produk, daftar traffic, dan juga konversi produk Anda. Jika tidak, maka pasti tidak akan ada banyak konsumen yang bisa dikonversi konversi menjadi penjualan.
 
Bayangkan sebuah corong dengan konsumen yang masuk di bagian atas dan pembeli yang keluar dari bawah. Tanpa pemasaran yang terpadu, saluran Anda akan memiliki banyak lubang dan berpotensi kehilangan kesempatan untuk memperoleh pendapatan. 
 
Pemasaran dalam suatu situs/ platform seperti Amazon, atau marketplace lokal seperti Tokopedia, Shopee, Lazada, dsb, tentunya memiliki efek siklus yang berbeda. Kampanye pemasaran yang berbayar dapat meningkatkan traffic dan konversi. Hal ini tentunya juga dapat meningkatkan ranking produk Anda pada algoritma yang dimiliki masing-masing marketplace. Jika dilakukan dengan benar, maka kampanye pemasaran di digital dapat mendongkrak brand Anda untuk lebih mudah ditemukan, dan memberikan kontribusi pertumbuhan yang berkelanjutan untuk jangka panjang.
 
Tingkat Konversi di Marketplace Lebih Tinggi Dibandingkan dengan Mesin Pencari Lainnya
 
Orang senantiasa membuka marketplace untuk berbelanja kebutuhan. Rata-rata tingkat konversi dari para konsumen online di Amerika Serikat berkisar antara 3%, sedangkan rata-rata tingkat konversi untuk konsumen non-member Amazon berada dalam angka 13% pada tahun 2017.
 
Pemasaran digital dalam mesin pencarian, website, blog, media sosial atau situs berita juga merupakan hal yang penting, akan tetapi upaya pemasaran yang Anda lakukan akan memiliki dampak yang jauh lebih besar jika upaya tersebut dilakukan di marketplace. Hal ini dikarenakan ketika konsumen memasuki marketplace, mereka tentunya sudah memiliki intensi untuk membeli sesuatu.
 
Marketplace seperti Amazon, Alibaba dan marketplace lainnya secara berkelanjutan mengekspansi layanan pemasaran yang mereka berikan dengan menyajikan kesempatan baru untuk meningkatkan dan memperkuat strategi pemasaran mereka. Jika Anda ingin bisnis Anda lebih berkembang dalam dunia digital, memasuki marketplace mungkin bisa menjadi suatu keputusan yang tepat untuk bisnis Anda. Ditambah lagi dengan banyaknya fasilitas dan inovasi-inovasi tiada akhir yang ditawarkan oleh marketplace, memungkinkan Anda untuk lebih mudah dalam mengembangkan bisnis Anda kedepannya.
 
Ketika sudah memiliki keinginan untuk lebih mengembangkan bisnis Anda, salah satunya dengan menggunakan marketplace, terlebih dahulu kami sarankan Anda untuk memeriksa kembali tentang hal dasar dari bisnis Anda. Apakah tim Anda sudah siap untuk terjun dan mengelola pemasaran di online marketplace? Apakah Anda sudah memiliki tim yang berpengalaman dan mengerti medan serta cara kerja pemasaran di e-commerce?
 
 
Jika Anda sudah memastikan hal dasar tersebut, Anda juga perlu memperhatikan salah satu hal dasar vital lainnya yang sangat berpengaruh terhadap berhasilnya bisnis/ brand Anda di online. Hal tersebut antara lain, apakah tim Anda siap dan mampu menangani lonjakan pesanan pada waktu-waktu tertentu seperti, pesta belanja Lebaran, festival belanja 11.11 atau Harbolnas 12.12? Apakah tim Anda mampu memberikan pelayanan yang stabil dan profesional demi kepuasan pelanggan yang maksimal?
 
Jika Anda masih belum siap, sering kewalahan dalam proses tersebut, dan membutuhkan bantuan dari yang sudah ahli di bidangnya, maka layanan dari Jet Commerce bisa menjadi solusinya. 
 
Jet Commerce merupakan salah satu penyedia e-commerce solution Indonesia yang bergerak pada sektor B2B dan B2C di Jakarta. Sebagai perusahaan e-commerce enabler terpercaya se-Asia Tenggara, Jet Commerce menawarkan solusi komprehensif & terintegrasi untuk mendukung pemasaran Brand di ranah e-commerce. Layanan Jet Commerce meliputi official store management, digital marketing, design & creative, customer relationship management, dan fulfillment service.
 
Selain itu, Jet Commerce juga dilengkapi dengan fasilitas fulfillment center di Indonesia yang berlokasi di kota Tangerang. Bekerjasama dengan 8 partner logistik terpercaya, Jet Commerce Fulfillment Center mampu memproses lebih dari 4000 pesanan (online order) dalam sehari, baik pengiriman instan maupun non-instan. Memberikan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi customer Brand Partners kami, merupakan sebuah prioritas.
 
 
 
 
Reference: Retail Touch

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm