Image

QUICK CONTACT













Image

Several  Pandemic Buying Habits That Are Here to Stay—According to Shopify Research

27 Nov 2020 by Billy Gani
Seberapa banyak kebiasaan “new normal” yang bertahan hingga saat ini? Berdasarkan riset dari Shopify, kebiasaan ini sudah mengganti seluruh kebiasaan dari sebelum COVID-19 menyerang. Dalam beberapa bulan terakhir, mungkin Anda sudah pernah memesan peralatan berkebun, memesan obat yang diantar langsung ke rumah Anda, membayar kelas yoga online yang sebelumnya tidak pernah Anda lakukan. Terdengar familiar? Ya, hal ini sudah menjadi kebiasaan bagi kita di tahun 2020 ini.
 
53% pembeli dari bagian utara Amerika mengatakan bahwa pandemi ini telah mengubah cara berbelanja mereka ke depannya. Pada bulan Juni, Shopify juga melakukan survei pada pembeli di Kanada dan Amerika Serikat dengan mengajukan pertanyaan tentang bagaimana kebiasaan berbelanja mereka berubah setelah adanya COVID-19. Para partisipan tersebut menjawab bahwa mereka berbelanja dan menghabiskan uang mereka di awal tahun 2020 dan mereka menghabiskannya dalam kurun waktu 3 bulan pertama untuk konsumen di negara Amerika bagian utara sendiri.
 
Ketika banyak debu yang sudah mulai mengendap dan kita kembali pada pakaian tidur kita setiap harinya, banyak pola yang sudah berubah dan berkembang. Riset Shopify menunjukkan bahwa adanya peningkatan yang signifikan dari pembelanjaan secara online, keinginan untuk merasakan pengalaman secara virtual, adopsi pengambilan dan pengantaran makanan baru, dan semakin berkembangnya bisnis kecil yang independen saat ini.
 
53% pembeli di negara bagian Amerika Utara mengatakan bahwa pandemi telah mengubah cara mereka berbelanja di masa mendatang. Apa maksud dari hal ini untuk Anda para pemilik bisnis? Berikut ini beberapa data yang dapat kami bagikan berdasarkan referensi data dari riset Shopify untuk melihat apa saja tren yang muncul karena adanya pandemi ini dan bagaimana Anda dapat beradaptasi dalam bisnis Anda di tahun 2020 hingga kedepannya.
 
Peningkatan Dalam Perbelanjaan Online
 
Peraturan lockdown hampir di seluruh bagian dunia saat ini menyebabkan banyak toko retail yang tutup sementara atau sampai waktu yang tidak ditentukan dan juga masih banyak yang berpindah menggunakan strategi online. Efek ini juga menyebabkan para pembeli untuk menyesuaikan kembali kebiasaan berbelanja mereka. Hampir lebih dari 52% pembeli mengatakan bahwa mereka berpindah langsung ke dalam toko-toko online saat pandemi mulai berlangsung untuk mengantisipasi keamanan mereka dalam berbelanja.
 
Dan juga, mereka mengatakan bahwa pengeluaran mereka lebih banyak saat berbelanja online jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Untuk beberapa orang, transaksi secara online merupakan pilihan yang lebih aman dan menjadi preferensi mereka saat bertransaksi - bahkan jika toko favorit mereka sudah kembali buka. 51% partisipan yang disurvei menjawab bahwa mereka merasa kurang nyaman jika berbelanja ke dalam toko offline kembali dalam masa pandemi saat ini.
 
81% pembeli mengatakan bahwa mereka berencana untuk berbelanja secara online hingga akhir tahun 2020 ini. Bahkan jika sebagian besar toko sudah mulai buka, mereka akan tetap berbelanja secara online karena menjadi opsi yang lebih nyaman dengan pengiriman dan pengambilan produk yang lebih baik lagi.
 
Meskipun toko online Anda awalnya dibuka sebagai tindakan sementara untuk mengatasi penutupan bisnis, pertimbangkan untuk menjadikannya bagian permanen dari strategi Anda. Krisis ini dapat diibaratkan sebagai kotak pasir yang sempurna untuk bereksperimen dengan saluran penjualan baru dan opsi pengiriman yang beragam.
 
40% pembeli mengatakan bahwa website yang mudah di navigasikan membuat pengalaman belanja online mereka terasa menyenangkan. Untuk bisnis baru dan bisnis retail yang menggunakan saluran e-commerce untuk pertama kalinya, pastikan pengalaman online Anda dioptimalkan untuk kebiasaan membeli yang saat ini berjalan. Dapatkan kepercayaan pembeli dengan membagikan cerita Anda dan membuat kesan pertama yang luar biasa dengan homepage yang profesional dan juga friendly.
 
Di dalam halaman produk, sertakan foto yang jelas, deskripsi yang akurat, dan pengalaman belanja yang dipersonalisasi — seperti panduan yang sesuai, rekomendasi yang disesuaikan, dan fakta menarik yang dapat membantu pelanggan melakukan pembelian yang tepat ketika mereka tidak dapat mengunjungi Anda secara langsung.
 
Peningkatan Terhadap Pengambilan Mandiri Dari Produk Anda (Curbside Pickup)
 
Pengambilan produk secara mandiri telah menjadi jalur kehidupan bagi bisnis yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari toko bahan makanan hingga klinik dokter hewan. Hal ini juga menawarkan banyak manfaat bagi pembeli dan menjadi cara yang nyaman untuk mendapatkan barang pada hari yang sama tanpa harus masuk ke toko atau membayar biaya pengiriman secara terburu-buru — sesuatu yang sangat berguna bagi orang tua atau mereka yang memiliki masalah dalam mobilitas. 
 
Hal ini hanyalah beberapa alasan dari mengapa hampir 40% pembeli memilih pengambilan produk sendiri untuk pembelian online dalam tiga bulan pertama pandemi. Berikut hasil riset dari Shopify mengenai hal ini:
 
  • 31% pembeli mengatakan bahwa mereka melakukan kegiatan berbelanja secara online untuk pertama kalinya antara bulan Maret dan Juni 2020.

  • 72% pembeli melaporkan bahwa mereka memilih hal tersebut lebih sering selama periode ini dibandingkan pada awal tahun.

Riset Shopify menunjukkan bahwa permintaan untuk pickup  kemungkinan akan tetap stabil hingga akhir tahun 2020 ini. Rata-rata persentase pembeli yang sama yang menggunakan metode ini pada awal pandemi (40%) berencana untuk terus menggunakannya di masa mendatang (38%) . Di luar masalah keamanan, pengambilan produk secara pribadi ini terbukti menawarkan kenyamanan bagi banyak pembeli.
 
Jika sebagian besar basis pelanggan Anda berada dalam area yang berdekatan dengan Anda, atau Anda berencana untuk menarik lebih banyak pelanggan di sekitar Anda di masa mendatang, pertimbangkan untuk menawarkan pengambilan mandiri untuk produk Anda sebagai salah satu pilihan saat pembayaran.
 
Meningkatnya Permintaan Untuk Pengiriman Dalam Negeri (Local Delivery)
 
Dalam keadaan lockdown dengan opsi pengambilan mandiri dari produk, pengiriman lokal juga mengalami peningkatan sebagai alternatif dari berbelanja secara langsung atau pengiriman reguler (2-3 hari). Dengan kendala dan waktu pengiriman operator yang dipengaruhi oleh pandemi ini, banyak bisnis telah mengambil tindakan mereka sendiri untuk mengirimkan langsung produk kepada tangan pelanggan. Hal ini sangat penting untuk produk yang biasanya tidak cocok jika dikirimkan melalui pos, seperti barang yang mudah rusak.
 
Visualisasi data dari riset Shopify menyatakan bahwa hampir 31% pembeli berkata bahwa mereka membeli produk secara online yang bersifat lokal (dalam negeri) pada 3 bulan pertama dari pandemi ini dan 33% mengatakan bahwa mereka akan senantiasa melakukan hal tersebut ke depannya.
 
Dari 31% jumlah pembeli tersebut, hampir 19% melakukannya untuk pertama kali, dan 59% mengatakan mereka menggunakan metode ini lebih sering selama pandemi dibandingkan awal tahun 2020.
 
Tren pengiriman secara lokal tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan, terutama karena banyak logistik pengiriman yang sudah memperingatkan tentang penumpukan paket dan gangguan layanan yang mereka alami saat mengirimkan produk. Dan di banyak daerah, pergi berbelanja secara langsung masih membawa risiko, yang semakin memperkuat popularitasnya. 
 
Dalam survei Shopify,, 33% pembeli memperkirakan mereka akan memilih pengiriman lokal hingga akhir tahun — persentase yang sama dengan mereka yang mengatakan bahwa mereka telah menggunakannya.
 
Seperti yang telah kami tunjukkan, tren untuk mendukung bisnis lokal tidaklah menurun — ambil sebagian dari energi tersebut untuk memenuhi kebiasaan pembeli saat ini. Menyiapkan opsi pengiriman lokal saat pembayaran cukuplah sederhana, tetapi ada baiknya untuk mempertimbangkan tantangan logistik apa yang mungkin Anda hadapi sebelum memulai. Bagaimana jadwal pengiriman Anda? Apa saja batasan dalam pengiriman Anda? Apakah Anda perlu mempekerjakan staf tambahan untuk menyelesaikan pengantaran? Apakah Anda akan mengenakan biaya tambahan untuk pengiriman? Perjelas detail ini kepada pelanggan sebelum mereka melakukan transaksi sehingga mereka tahu persis apa yang mereka harapkan serta dapatkan.
 
 
Berikut adalah beberapa gambaran dari kebiasaan pembeli dalam masa pandemi ini. Sekiranya hal ini dapat menjadi wawasan baru untuk Anda dalam menjalankan bisnis secara digital. Jika Anda masih kesulitan dalam mendapatkan visibilitas dan untuk lebih dikenali oleh para target audiens Anda, kami dapat membantu.
 
Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk melengkapi bisnis anda dalam bidang SEO marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate. 
 
Eannovate juga sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau juga jika sebenarnya anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dalam pembuatan UI UX Design di Jakarta dengan memberikan website dan aplikasi perangkat dengan harga yang lebih terjangkau serta cepat dan mudah, tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan anda.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai aplikasi perangkat (mobile apps), UI UX dan digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
Reference: Shopify

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm