Image

QUICK CONTACT













Image

Which Web Design Platform Is Right for You?

25 Nov 2020 by Billy Gani
Jika Anda masih baru dalam dunia desain website, berbagai alat populer yang digunakan dalam desain website dan perangkat lunak mungkin rumit untuk Anda. Jika Anda hanya memerlukan website yang cepat dan mudah untuk digunakan, Anda mungkin dapat memakai jasa layanan dari web designer dan membiarkan mereka mengerjakannya. Namun, penting juga bagi Anda untuk mengetahui pro dan kontra dasar dari platform website yang umum digunakan sehingga Anda tidak berakhir dengan keputusan yang salah dan menghabiskan banyak uang ketika menjalankannya. 
 
Penting bagi Anda untuk mengetahui tentang apa yang Anda inginkan dari platform desain dan seberapa banyak uang yang dapat Anda keluarkan. Desain platform website dapat terbagi menjadi dua yaitu platform website berbasis berlangganan (subscription-based) dan platform website gratis & tidak berlangganan (non-subscription-based). Lebih jauhnya, setiap platform tersebut memiliki fitur yang berfokus pada bagian yang juga berbeda dari pasar.
 
Contohnya, Platform seperti Magento & Shopify lebih berfokus pada website berbasis e-commerce. Sedangkan Joomla dan Drupal merupakan platform yang dapat dikustomisasi dengan baik dan dapat menjadi referensi bagi pengembang dengan pengetahuan programming yang mendalam tentang HTML & PHP.
 
Berikut ini beberapa perbandingan yang dapat kami berikan dari platform desain web yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda sebagai pemilik bisnis maupun sesama desainer website.
 
Platform Gratis & Tidak Berbayar (Non-Subscription-Based)
 
Jenis platform ini memperbolehkan Anda untuk menjalankan website dengan server Anda sendiri karena tidak memerlukan biaya sewa terhadap platform tersebut. Tetapi, berhati-hatilah karena dengan jenis platform ini, karena meskipun jenisnya adalah platform yang dapat digunakan tanpa harus berlangganan, tentunya masih ada budget yang perlu anda keluarkan seperti untuk plugins, tema, dan fitur tambahan lainnya.
 
  • WordPress - Untuk beberapa tahun terakhir, platform WordPRess sudah menjadi salah satu platform gratis dan tidak berlangganan yang paling sering digunakan oleh seluruh orang di berbagai belahan dunia. Meskipun awalnya WordPress dirancang sebagai blog online dan memiliki fitur yang baik untuk website berbasis blog, platform ini sudah menjadi platform open-source yang gratis dan efektif.

    Meskipun WordPress ini gratis, Anda mungkin dapat mengeluarkan budget untuk nama domain, hosting, dan beberapa fitur seperti plugins dan tema yang sudah dibuatkan secara template. Kebanyakan fitur yang diberikan pun juga efektif dan sesuai dengan budget yang Anda keluarkan.

    Contohnya, jika Anda menggunakan SEO di dalam website berbasis WordPress, Anda dapat memasang plugins Yoast atau All in One untuk membantu mengoptimalkan website berbasis WordPress Anda dalam mesin pencarian.

    WordPress sendiri juga berupa CMS (Content Management System). CMS membuat Anda atau klien Anda lebih mudah untuk mengawasi kinerja website dan memelihara serta memodifikasi atau menambahkan fitur tertentu seperti blog.
  • Drupal & Joomla -Drupal & Joola merupakan kerabat dekat dari WordPress yang sama-sama gratis tanpa harus berlangganan (non-subscription-based) meskipun tidak sepopuler dan selengkap WordPress dalam segi fitur dan plugin. Kebanyakan pengembang juga setuju bahwa WordPress lebih mudah untuk digunakan.

    Namun, beberapa pengembang yang berpengalaman juga memiliki platform ini. Jika Anda baru saja masuk dalam bidang pengembangan, Anda mungkin harus melakukan riset tertentu terlebih dahulu sebelum menggunakan platform ini untuk website Anda.
Platform Berbasis Langganan & Berbayar (Subscription-Based Platforms)
 
Platform dengan jenis ini biasanya akan meminta biaya bulanan dan juga dapat meminta tambahan biaya untuk beberapa tambahan seperti untuk platform provider meskipun beberapa dari platform ini memiliki versi gratis. Platform ini juga memiliki fungsi yang mirip dengan e-commerce dan lebih teknis dengan dukungan keamanan. 
 
  • Wix, Weebly & Squarespace - Wix, Weebly, dan Squarespace dikenal dengan desainnya yang user-friendly dan memiliki elemen desain yang sudah dibuat dengan menarik di dalamnya. Ketiganya merupakan platform yang dapat Anda gunakan dengan berlangganan, yang berarti secara berkala Anda harus membayar untuk penggunaannya. Jenis platform ini mudah dan dapat digunakan oleh setiap orang, bahkan yang belum memiliki pengalaman dalam merancang desain website yang menarik.

    Platform
    ini memiliki format kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Karena lebih sedikit pilihan akan plugins dan template, layanannya mungkin tidak akan sebaik platform seperti WordPress, yang senantiasa mengembangkan pilihan template,plugins dan tambahan fitur secara konsisten.

    Dan juga, jika anda berada dalam pasar yang tidak dapat menggunakan trik dengan kode HTML, Weebly dan Squarespace mungkin tidak menjadi pilihan yang tepat bagi Anda. Anda harus memulai dari awal jika ingin memilih platform lainnya. Hal tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan lebih untuk Anda sebelum memilih menggunakan layanan platform diatas.
 
Platform E-Commerce
 
Jika Anda menjalankan bisnis berbasis e-commerce. Anda tentunya ingin memiliki website yang dikembangkan untuk mendukung bisnis dan konsumen Anda. Ketika beberapa platform diatas memiliki kemampuan untuk menjadi platform e-commerce, mungkin mereka bukan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Platform e-commerce yang sering digunakan dalam Wordpress x WooCommerce dan Shopify.
 
  • WordPress with WooCommerce -Jika website Anda sudah dibuat dengan platform WordPress, Anda dapat dengan mudah untuk memasang plugin WooCommerce yang dapat membantu Anda untuk memasukkan produk dan pemrosesan kartu kredit. Hal tersebut menjadi fitur yang mudah dan nyaman. Tetapi, untuk digunakan bagi bisnis yang berskala besar atau untuk website yang memiliki banyak produk di dalamnya, Shopify mungkin lebih cocok untuk digunakan.

  • Shopify - Shopify merupakan salah satu platform e-commerce yang paling sering digunakan, lebih murah, dan mudah diakses. Shopify juga menyediakan banyak tutorial untuk membantu membangun website Anda. Perlu dicatat bahwa Shopify mengenakan biaya bulanan dan biaya per transaksi, tetapi hal ini dapat dikelola karena sebagian besar platform lain mengharuskan Anda menggunakan pemroses pembayaran di dalamnya.

    Dengan menggunakan Shopify, Anda sudah langsung memiliki pemrosesan pembayaran melalui platform,. Jadi, jika Anda memutuskan untuk menggunakan pemrosesan pembayaran yang berbeda, Anda dapat dikenakan biaya tambahan sebesar 0.5% - 2%.



Berikut diatas adalah beberapa jenis platform dengan web design yang sering digunakan untuk website. Anda dapat memilih platform mana yang sesuai untuk website dari bisnis Anda. Tetapi, jika Anda masih bingung tentang pemilihan platform atau menginginkan kustomisasi tersendiri tanpa menggunakan bantuan dari beberapa platform diatas, kami dapat membantu Anda. 
 
Eannovate sebagai salah satu agency web development di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik dapat membantu anda dalam bidang UI UX Design di Jakarta. Atau jika anda hanya memerlukan aplikasi perangkat dan website sederhana yang berkualitas dengan harga yang terjangkau, ExpressWeb juga kini hadir sebagai bagian dari Eannovate untuk memenuhi kebutuhan anda dengan cepat serta harga terjangkau tanpa mengurangi kesan profesional dari perusahaan atau bisnis anda.
 
Selain itu, Eannovate sebagai salah satu SEO agency di Jakarta dengan kualitas dan layanan terbaik juga hadir untuk membantu anda dalam bidang SEO digital marketing di Jakarta. Dengan memberikan layanan terbaik untuk SEO services di Jakarta seperti FREE SEO Audit, kami menjamin bahwa website anda dapat kami diagnosa dan membuatnya muncul pada pencarian page 1 di Google. Buatlah perusahaan anda lebih dikenal oleh target audiens anda dengan menyerahkan layanan jasa Digital Marketing di Jakarta hanya pada Eannovate.
 
Anda mencari website yang menyajikan informasi teknologi kreatif yang dilengkapi dengan berita startup, info gadget terupdate, dan berita di dunia IT terbaru dan terkini? Anda dapat mengunjungi blog kami, AlterSpace.
 
Jika ada pertanyaan mengenai website development, UI UX dan SEO digital marketing Jakarta,  jangan sungkan untuk langsung menghubungi kami di
Telp : 021-5437-5601 (Senin - Jumat, 9 pagi - 5 sore) ,
 
Email : hello@eannovate.com atau menggunakan contact form.
 
 
 
 
 

CONTACT US

Let's Work Together

Have cool projects to work on ?

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.

Image
TELEPON
INDONESIA
+62813 8251 8448
Image
E-MAIL
hello@eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm
icon
icon
Free Consultation
icon