Image

QUICK CONTACT













Image

Mengenal Lebih Dalam Tentang Pentingnya Oli Transmisi Pada Mobil Anda

19 Nov 2020 by Billy Gani
Sebagaimana oli mesin, tentunya oli transmisi juga mempunyai peranan yang peting di dalam melumaskan mesin kendaraan Anda. Oli sangat berperan vital bagi kendaraan, bahkan sangat besar pengaruhnya terhadap usia dari mesin kendaraan.
 
Jika mobil tidak dilengkapi dengan oli, maka kendaraan tersebut dapat diprediksi usianya sekitar kurang dari 10 hingga 20 tahun jika dibandingkan dengan kendaraan yang menggunakan oli. 
 
Fungsi oli transmisi adalah untuk membantu memperhalus kinerja dari setiap komponen mesin yang ada agar pergerakannya tidak terhalang oleh gesekan kasar dan terjadinya karat. Oli transmisi juga berfungsi sebagai penghantar dalam mekanisme perpindahan gigi otomatis pada transmisi matik, dan juga berperan sebagai pelumas.
 
Pada kendaraan dengan transmisi otomatis, terdapat sebuah wadah khusus yang berisikan oli transmisi. Begitu juga dengan mobil transmisi manual, ada wadah tempat oli transmisi berada. Oli transmisi sedikit berbeda dari oli mesin atau oli matic jika Anda memahaminya lebih dalam mengenai oli transmisi itu sendiri. 
 
Kapan Anda harus mengganti oli transmisi? Sebaiknya, Anda mengganti oli transmisi setiap 40.000 kilometer agar mesin transmisi mobil Anda tetap terus terjaga. Namun biasanya, mobil dengan transmisi manual akan lebih sering mengganti oli jika dibandingkan dengan mobil transmisi otomatis. 
 
Ada juga mobil dengan transmisi otomatis yang tidak dapat diganti oli transmisinya karena sudah disegel sedari mobil dibeli hingga pemakaian akhir sehingga Anda tidak dapat berbuat apa-apa. Namun, mobil dengan kondisi seperti ini biasanya sudah memberikan oli transmisi pabrikan yang sangat berkualitas sehingga Anda tidak perlu diganti selama bertahun-tahun.
 
Seberapa Penting Penggunaan Oli Transmisi?
 
Jika Anda tidak mengganti tentang oli transmisi, maka mungkin saja akan terjadi beberapa efek samping terhadap kendaraan Anda. Banyak kerusakan fatal yang dapat terjadi, salah satunya adalah tenaga mobil yang jauh berkurang dari tenaga yang biasanya. 
 
Tentu hal ini sangat fatal, karena akan terjadi kerusakan yang berkelanjutan. Contohnya dapat terjadi ketika perpindahan gigi menjadi agak berat dan kadang menghentak, lalu oli transmisinya juga sudah berwarna pekat dan sangat bau, hingga seperti bau terbakar, dan hal ini sangat tidak baik. Mengapa? Karena, semakin memperpanjang rantai kerusakan dari kendaraan Anda.
 
Kesalahan Umum Mengenai Oli Transmisi
 
Bagi pemilik kendaraan, banyak yang kurang menyadari akan pentingnya oli transmisi bagi sebuah mobil. Kesalahan pertama mengenai oli transmisi adalah jika Anda terlalu berfokus pada oli mesin kendaraan dan sering kali tidak memperhatikan oli transmisi. Maka dari itu, pengetahuan mengenai oli transmisi ini wajib dimiliki oleh Anda sebagai pengendara mobil. Selain itu, terkadang masih banyak pengendara mobil yang tidak dapat membedakan antara jumlah dan kualitas oli yang digunakan dalam kendaraan. Dan juga seringkali merasa bahwa selama oli tersebut masih banyak, maka oli tidak perlu diganti. Tetapi,  anggapan ini tentunya salah. Hal ini dikarenakan jumlah dan kualitas yang tidak berbanding lurus. 
 
Oli transmisi yang masih banyak bukan berarti masih memiliki kualitas yang juga tinggi sehingga perlindungannya tidak menjadi maksimal terhadap pergerakan dan pergesekan transmisi dari gigi kendaraan. Dan juga, banyak pengendara yang masih salah dalam memilih oli transmisi untuk kendaraannya. Contohnya seperti mengenai transmisi torque converter yang diisi dengan oli transmisi CVT. 
 
Transmisi dengan torque converter punya fungsi pengganti kopling dalam transmisi manual sehingga perpindahan tuas gigi pada mobil dengan transmisi matic masih terasa menghentak sehingga memerlukan oli transmisi khusus. Berbeda dengan CVT yang sudah jauh lebih maju secara teknologi, hentakan yang terjadi sangat halus sehingga tidak menimbulkan hentakan kasar. Karena itulah, Anda perlu mengetahui perbedaan antara 2 model transmisi ini sehingga bisa memilih oli transmisi mobil yang tepat.
 
Tanda Dimana Oli Transmisi Anda Harus Diganti
 
Anda sebagai pengendara tentunya harus menyadari hal ini. Adapun ciri-cirinya sebagai berikut:
 
  • Terasa Berat & Menghentak Saat Memindahkan Gigi Transmisi - Hal ini kerap terjadi namun terkadang kita tidak mengetahui bahwa hal ini adalah salah satu ciri agar oli transmisi Anda diganti. Jika tidak diganti, maka persneling kendaraan akan lebih sulit digerakkan karena kampas kopling yang tipis.

  • Adanya Dengungan Dari Mesin Transmisi - Dapat diibaratkan sama dengan sepeda yang rantainya tidak diberi oli, tentu hal tersebut akan memicu suara, begitu juga dengan kendaraan Anda. Mesin transmisi melalui komponen logamnya bekerja dengan pergesekan yang menggerakkan kendaraan. Jika pergesekan logam ini tidak diberi pelumas transmisi tentunya akan menimbulkan bunyi yang kasar dari mesin kendaraan, yang berdampak negatif terhadap kendaraan kita.

  • Warna Oli Transmisi Menjadi Lebih Kental & Gelap - Mungkin setiap Anda mengunjungi bengkel kendaraan, anda akan mendapatkan banyak bekas tumpahan oli yang hitam legam. Mengapa? Karena warna hitam tersebut berasal dari oli transmisi yang sudah tidak layak pakai. Warna oli yang hitam pekat tersebut itu sudah harus diganti dengan oli yang baru, dan para montir biasanya menyalin oli pada transmisi  sebelumnya untuk kebutuhan dari kendaraan Anda.

  • Kilometer Yang Sudah Lewat Dari Batas Rekomendasi - Tidak ada oli transmisi yang dapat Anda gunakan untuk selamanya. Pastinya harus ada penggantian oli secara berkala. Dan jika sudah melewati kilometer yang direkomendasikan untuk diganti, maka harap segera melakukan pergantian oli transmisi mobil. Sebelum terjadi dampak yang tidak diinginkan pada kendaraan anda.

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, sangat direkomendasikan untuk melakukan penggantian oli transmisi secara berkala. Agar tidak terjadi kerusakan pada mesin transmisi mobil, entah itu terjadinya penyumbatan pada sistem transmisi, mendapatkan tenaga kendaraan yang jauh berkurang dari biasanya, belum lagi jika usia komponen mesin yang menjadi pendek dikarenakan jarangnya pergantian oli transmisi. 
 
 
 
Jika Anda membutuhkan bantuan untuk memeriksa kendaraan Anda seperti untuk penggantian oli transmisi, tune up, servis, dan perawatan lainnya, KJS Motor dapat membantu Anda. 
 
KJS Motor merupakan bengkel spesialis mobil Eropa atau CBU (Complete Built-Up) yang terbaik dengan harga terjangkau di Jakarta. KJS dapat membantu semua keperluan Anda mulai dari Service Air Conditioning (AC) , Ganti Oli, Transmisi Mobil, sampai dengan Pembongkaran mesin mobil. KJS Motor merupakan bengkel mesin mobil spesialis kendaraan Eropa tak terkecuali mobil Jepang, Korea, dan Amerika yang berada di Jakarta Barat dengan kualitas dan tingkat profesionalitas yang tidak diragukan.
 
 
 
 
Reference: AutoChem

AYO BUAT IDEMU JADI KENYATAAN!

Hubungi kami untuk membicarakan ide anda. Ayo bersama membuatnya menjadi kenyataan!

AYO MULAI!

CONTACT

Image
LOKASI
INDONESIA

Ruko Kosambi Baru blok A ext 1 no 66. Jakarta Barat.


Image
TELEPON
INDONESIA
+6221 5437 5601
+62813 8251 8448


Whatsapp no of Eannovate
WHATSAPP
+62813 8251 8448
Click number above

Whatsapp of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
E-MAIL
hello [at] eannovate.com

Office hours of Web, UI UX Design, Mobile App Development, SEO in Jakarta, Indonesia
JAM KERJA
Mon-Fri 9.30am - 6.00pm